Mengirim Uang ke Luar Negeri dengan digibank by DBS

transfer uang ke luar negeri

Dunia yang semakin modern membuat berbagai transaksi keuangan kita semakin mudah, cepat, dan aman. Terdapat berbagai layanan perbankan yang ditawarkan banyak bank maupun perusahaan non-bank. 

Salah satu layanan yang disediakan ialah transfer dana. Layanan ini menyediakan jasa pengiriman uang dari satu orang ke orang lainnya. 

Umumnya, tipe transfer uang yang paling sering dilakukan ialah mengirim uang menuju rekening bank. Lalu, bagaimana apabila yang dibutuhkan adalah layanan pengiriman uang antar negara? Layanan remittance jawabannya.

Remittance atau remitansi adalah layanan pengiriman uang dari pengirim di Indonesia ke penerima di luar negeri ataupun sebaliknya. 

Pengiriman uang dari Indonesia ke luar negeri menggunakan mata uang asing adalah remitansi keluar atau Outward Remittance, contohnya seperti mengirim uang untuk anak yang sedang bersekolah di luar negeri. 

Sedangkan pengiriman dari luar negeri dalam mata uang asing menuju Indonesia adalah remitansi masuk atau Inward Remittance. Pekerja Indonesia di luar negeri dapat mengirimkan uang ke keluarganya menggunakan jenis pengiriman ini. 

Pengiriman uang jenis ini memudahkan pengirim dan penerima dana yang berada di negara yang berbeda. Namun seringkali layanan ini memerlukan waktu yang lebih lama serta proses yang lebih sulit dikarenakan perbedaan sistem perbankan. 

Terdapat beberapa cara transfer uang ke luar negeri. Kita dapat melakukannya di kantor pos dan menggunakan layanan weselpos atau datang ke kantor cabang bank terdekat untuk melakukan pengiriman ke luar negeri. 


Berikut adalah proses untuk mengirimkan uang ke luar negeri melalui bank: 

1. Pengirim mendatangi bank yang menyediakan layanan pengiriman uang ke luar negeri atau Remitting Bank

2. Setelah itu, pengirim diharuskan mengisi form yang berisi identitas pengirim, identitas penerima atau beneficiary, nominal uang yang akan dikirim, serta bank yang dituju atau beneficiary bank

3. Uang tersebut dapat langsung dikirim apabila bukan nasabah sedangkan apabila pengirim adalah nasabah, maka dana akan didebet dari rekening valuta asing yang dimiliki. Ini berarti pengirim harus memasukkan dahulu dananya ke dalam rekening valuta asingnya.

4. Remitting bank akan memproses pengiriman tersebut dan menunjuk correspondent bank untuk menjadi perantara remitting bank dan beneficiary bank

5. Setelah itu beneficiary bank akan menerima dana dan diteruskan pada penerima transfer.

Proses di atas memakan cukup banyak waktu sehingga tentu saja tidak menguntungkan. Kita memerlukan proses pengiriman yang cepat dan mudah diakses pengguna, apalagi untuk hal-hal yang tidak terduga. 

Salah satu solusi masalah ini adalah dengan menggunakan digital banking dari aplikasi digibank by DBS yang menyediakan dua jenis transfer valuta asing :

1. Transfer Valas Bebas Biaya

Transfer valuta asing dengan biaya gratis ini dapat mengirimkan uang ke lebih dari 20 negara dengan mata uang USD, SGD, GBP, AUD, EUR, HKD, dan CAD.

2. Transfer Valas Reguler

Transfer valas reguler ditujukan untuk selain dari tujuh mata uang yang ada pada transfer valas bebas biaya. Transfer valas regular akan memiliki proses normal dan dikenakan biaya.


Terdapat banyak keuntungan yang ditawarkan oleh digital banking digibank by DBS bagi pengguna, yaitu :

1. Layanan Transfer Valuta Asing ke Luar Negeri 24/7

Dengan aplikasi digibank by DBS, Anda tidak perlu lagi pergi ke kantor cabang bank dan tinggal melakukannya secara langsung mempergunakan gawai Anda dan  Anda juga dapat mengakses aplikasi ini dimanapun dan kapanpun. 

2. FX Rate Terkini dan Juara

Transfer valas di digibank by DBS menawarkan FX rate yang terkini, dengan nilai tukar akan sangat kompetitif.

3. Diterima di Hari yang Sama

Untuk pengiriman mata uang Amerika Serikat (USD), Singapore (SGD), Inggris (GBP), Australia (AUD), Eurozone (EUR), Hongkong (HKD), dan Canada (CAD), maka Anda bisa mendapatkan layanan same day

Pastikan Anda mengirimkannya dalam batas waktu layanan same day ini sesuai dengan jenis mata uang-nya karena setiap mata uang memiliki batas waktu yang berbeda-beda. 

Jika Anda lakukan ini maka pengiriman dana pun akan dilakukan pada hari yang sama, yang Anda perlu pastikan adalah melakukan pengecekan batas waktu mata uang yang digunakan.

4. Gratis Biaya 

Jangan lupa. Sebagaimana disampaikan di atas layanan pengiriman uang tidak akan memakan biaya. Asalkan Anda mempergunakan transfer valas bebas biaya untuk lebih dari 20 negara dan untuk 7 mata uang berikut ini; USD, SGD, GBP, AUD, EUR, HKD, dan CAD.

Bagaimana mengirimkan uang ke luar negeri melalui gawai kita dengan digital banking digibank by DBS?


Tata cara transfer uang ke luar negeri melalui aplikasi digibank adalah :

1. Download aplikasi digibank yang tersedia di App Store dan Play Store

2. Masuk ke aplikasi digibank anda

3. Pilih menu “Transfer”

4. Lalu pilih “Transfer Valas”

5. Pilih negara penerima atau negara yang akan dituju

6. Pilih bank penerima dan isi data penerima uang

7. Masukan sandi dan lakukan autentikasi

8. Masukan nominal uang yang akan dikirim

9. Masukan sandi dan lakukan autentikasi

10. Klik tombol “Lanjut” dan digibank akan memproses transfer valas Anda.

Dengan berbagai macam keuntungan yang ditawarkan, Anda tidak perlu lagi bingung untuk mengirim maupun menerima dari bank luar negeri. Transfer uang ke luar negeri semakin cepat, mudah, dan hemat dengan digibank by DBS. 

Yuk, segera download dan install aplikasinya untuk pengiriman valuta asing yang juara! 



0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .