Coffee And Friends – Seduh Kopi Sendiri Di Kopi Dewa

Coffee And Friends – Seduh Kopi Sendiri Di Kopi Dewa - Di hari Rabu (01/01) lalu, tepat di hari pertama memasuki tahun baru 2020 saya mengajak seorang teman lama yaitu Amel untuk bertemu di sebuah kedai kopi. Kedai kopi memang menjadi pilihan yang tepat untuk bertemu dengan teman. Apalagi saya dan Amel terakhir bertemu sekitar 4 tahun yang lalu. Kita pun sepakat untuk bertemu langsung di Kopi Dewa. Sebuah kedai kopi yang lokasinya ada di tengah-tengah antara rumah saya dan Amel. Yaitu di kawasan jalan Margacinta, Buah Batu, Bandung, sekitar 1 km dari Carefour Kiara Condong. 

“Coffee With A Friend Is Like Capturing Happiness In A Cup”



Selamat Datang di Kopi Dewa


Namun ada yang sedikit berbeda dengan kedai kopi yang satu ini. Saya datang ke kopi Dewa tidak hanya untuk menikmati segelas kopi bersama teman saja. Minum kopi bareng teman sambil ngobrol ngalor ngidul terdengar biasa. Tapi di kopi Dewa saya bisa mendapatkan hal lainnya yang lebih bermanfaat. Seperti belajar nyeduh kopi sendiri menggunakan alat-alat seduh kopi yang disediakan dan tentu saja berkenalan dengan ilmu tentang kopi dari kang Restu, owner kopi Dewa. 


Sudut kopi di kopi Dewa


Selain ahli meracik kopi, kang Restu juga pandai meracik teh

Kopi Dewa memang berbeda dengan kedai kopi lainnya. Kopi Dewa lebih tepat disebut sebagai sebuah Mini Lab bagi para pecinta kopi, untuk berbicara tentang kopi, mengenal kopi lebih jauh dan tentu saja menikmati kopi.

Saling nyicipin kopi hasil seduhan masing-masing


Biji kopi yang menjadi best seller di kopi Dewa adalah jenis Grape Candy dan Berry Juice.

Di kopi Dewa tersedia aneka biji kopi dan alat-alat kopi. Pengunjung yang datang bisa membeli biji kopi dan menggilingnya langsung disana. Atau kalo mau lebih praktis bisa juga beli kopi dalam bentuk bubuk yang sudah dikemas. 



Minum kopi sambil baca buku tentang kopi..Mantul !

 
Minum kopi sambil ngemil donat original..perfect combo !

Jujur, kedai kopi Dewa berhasil membuat saya tertarik lebih jauh tentang kopi. Banyak sekali cerita menarik tentang kopi yang disampaikan oleh Kang Restu. Mulai dari jenis biji kopi, cara menyeduh kopi, cara mencicipi kopi yang baik dan benar, cara menyimpan kopi supaya rasanya ga berubah dan masih banyak lagi.

Menyimpan kopi sebaiknya tidak di tempat yang kedap udara

 

Belajar Menyeduh Kopi Sendiri Di Kopi Dewa #SeduhGoceng

Ngomongin soal nyeduh kopi, banyak sekali alat seduh yang bisa digunakan untuk membuat kopi. mulai dari cara manual hingga menggunakan alat seperti mesin espresso dan lain sebagainya.

Dan bersama Amel, di kopi Dewa saya belajar menyeduh kopi sendiri dengan cara manual menggunakan alat seduh yang bernama V60. Alat seduh kopi yang berbentuk seperti huruf V dan konon katanya memiliki kemiringan 60 derajat.

Aneka alat seduh V60 di kopi Dewa, ada yang berbahan keramik, stainless, plastik hingga batu alam

V60 ini terdiri dari berbagai macam bahan dan bentuk. Ada yang terbuat dari keramik, plastik,stainless hingga batu alam seperti bahan ulekan. Dan setiap bahan dan bentuk alat seduh V60 tersebut bisa menghasilkan rasa kopi yang berbeda. Menarik ya..





Dan menyeduh kopi itu ada ilmunya. Ga semudah seperti kelihatannya. Suhunya harus sekian derajat, takarannya harus sekian gram. Ketinggian teko ketika nuangin air pun berpengaruh pada rasa kopi yang dihasilkan lho. Pas praktek sendiri dan dikasi tau kalo posisi teko saya ketinggian, saya langsung panik, takut salah. Deg-degan banget haha. 

 
Muka super tegang..bikin kopi itu selain harus pake hati juga harus full konsentrasi

Kira-kira kopi buatan saya seperti apa ya rasanya ? hehe

Namun saya cukup lega karena berdasarkan penuturan kang Restu sebuah minuman kopi itu tidak bisa dikatakan enak atau tidak. karena rasa itu tergantung pada selera. Yang namanya selera pasti beda-beda dong ya. Ada yang suka kopi manis ada juga yang suka kopi pahit.

Kegiatan seduh kopi sendiri yang saya lakukan ini merupakan bagian dari program Seduh goceng. Seduh Goceng adalah sebuah program dimana para pengunjung bisa belajar menyeduh kopinya sendiri, mulai dari memilih jenis biji kopi yang diinginkan, menggiling kopi, belajar menuangkan air panas ke dalam bubuk kopi menggunakan teko leher angsa, hingga membereskan dan mencuci sendiri gelas bekas kopi yang kita minum tadi. Dan program #seduhgoceng ini ternyata banyak sekali peminatnya.


Sesuai namanya #seduhgoceng, pengunjung cukup membayar goceng alias Rp 5000 saja.Nice concept !

 

Cara Mencicipi Kopi Ala Kang Restu


Setelah belajar menyeduh kopi sendiri, kopi #seduhgoceng hasil buatan saya tadi tentu saja harus saya cicipi. Dan Kang Restu pun mengajarkan bagaimana cara mencicipi kopi supaya kita bisa mendeskripsikan berbagai rasa yang ada di kopi tersebut.

Cara mencicipi kopi ala kang Restu :

  1. Gunakan sendok berbentuk bulat, yang biasa dipake makan sup itu lho.
  2. Ambil sesendok kopi, tempelkan ujung sendok di bibir bawah untuk mengetes apakah minuman kopi tersebut masih panas atau tidak.
  3. Kalo sudah ga panas, sedot atau sesap sedikit kopi ke arah hidung hingga mengeluarkan bunyi atau suara seruput yang agak keras. Menyesap kopi dengan suara keras akan menyebarkan cita rasa kopi ke seluruh area lidah. Sehingga kita dapat mendeteksi rasa yang terkadang sering tidak disadari.
  4. Saat menyesap, hidung akan menghirup aroma kopi secara bersamaan. Dan hidung memiliki kemampuan mendeteksi ratusan atau bahkan ribuan aroma. Berbeda dengan lidah yang hanya dapat mendeteksi beberapa rasa saja.

Cara tersebut rupanya merupakan salah satu bagian dari proses cupping (cara minum kopi ala professional). FYI kang Restu ini adalah seorang Q Grader. Q Grader adalah sebutan untuk pencicip kopi professional yang sudah tersertifikasi oleh Coffee Quality Institute (CQI) di seluruh dunia. Wah hebat ya. Tak heran Kopi Dewa terus berkembang dan tetap bertahan hingga sekarang (kopi Dewa berdiri pada tahun 2016 ).

Sedikit penasaran saya pun mencoba mencicipi kopi dengan cara kang Restu tadi, tapi suara seruputnya ga berhasil keluar tuh. Nyicipinnya sambil malu-malu soalnya haha. Sebuah pengalaman yang menarik dan hari Rabu sore yang menyenangkan di kopi Dewa. Bagaimana dengan ceritamu di awal tahun baru 2020 ini? Semoga sama-sama menyenangkan ya 😘.


FYI Kopi Dewa membuka aneka workshop tentang kopi dan menerima kursus tentang ilmu administrasi dalam mengelola coffee shop. Keren !



Kopi Dewa
Komplek Bahagia Permai Raya no 2
Jl. Margacinta, Buah Batu, Bandung
Instagram : @kopidewa
website : www.kopidewa.com


20 Comments

  1. Jadi pengen bikin sendiri deh kopinya..pengalaman seru nih nyeduh kopi sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Hida..biasanya di kedai kopi kita tahu beres..tapi di kopi dewa kita bisa belajar nyeduh langsung kopi kita n sekaligus beresin n cuci sendiri juga gelasnya. seru sih hihi

      Delete
  2. Wah kabita, setiap orang bisa kesana dan nyobain #seduhgoceng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bu maria..kalo mau nyobain seduh goceng kita tinggal datang langsung kesana..bukanya mulai jam 2 siang smpe jam 9 malam

      Delete
  3. Eh beneran wajahnya serius bangeeet.. deg2an ya kalau harus sesuai kemiringan berapa derajat. Suka juga nih sama aroma kopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya nih..secara baru pertama kali n sambil diliatin langsung sm owner kedainya

      Delete
  4. Wah asyik nih ya, bisa sambil belajar nyeduh kopi sendiri, dinikmati sendiri dan eits jangan lupa difoto dulu demi feed di instagram hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini..posting di feed instagram..wajib itu haha

      Delete
  5. wah . seru banget kayaknya ya mba. nambah pengalaman juga nih. jarang-jarang ada tempat begini. jadi bisa racik kopi sendiri sesuka hati

    ReplyDelete
  6. ternyata nyeduh kopi ada aturannya ya. pantesan selama ini kalo diminta bapak membuatkan kopi selalu aneh rasanya. kata bapak gak enak kopi seduhanku. beliau akhirnya meminta ibu untuk menyeduhkan kopi

    ReplyDelete
  7. Penasaran pengen ke sini euy. Saya lagi senang-senangnya nih belajar tentang kopi, dan ngopi di tempat ngopi yang nyaman kayak gini.

    ReplyDelete
  8. Wah udah bayar, ga dilayani malah disuruh bikin sendiri yaaa. Hahaha. Unik. Berarti jual pengalaman ya. Secara alat ya kita ga punya di rumah.

    ReplyDelete
  9. Wah, seru banget ini bisa seduh kopi sendiri. Surga banget ini mah kalo buat pecinta kopi kayak saya

    ReplyDelete
  10. Eh, cafenya deket sama rumah sahabatku.
    Mau doonk..kapan-kapan diajarin nyeduh kopi yang nikmat.
    Secara minum kopi sachetan terus, hihii...dan dimarahin Ibu karena gak baik buat kesehatan (banyak pengawetnya, dll)

    ReplyDelete
  11. cuma seduh saja ya bukan negraciknya, kaalu negracik sendiri takutnya gak enak jadinya

    ReplyDelete
  12. Sebagai penikmat aroma kopi sepertinya boleh deh kuberkunjung kesana nih. Apalagi bisa ikutan menyeduh dan langsung menikmati secangkir kopi. Di Kopi Dewa ini lengkap banget ya bisa beli biji kopi dan alat juga, cocok deh untuk menjadi referensi.

    ReplyDelete
  13. Saya sering ngopi tapi belom pernah nyeduh sendiri. Ini jadi pengalaman tersendiri untuk mengenal berbagai macam aroma kopi

    ReplyDelete
  14. Wah bisa belajar cara bikin kopi ynag bener dong ya biar makin disayang suami hehehhe

    ReplyDelete
  15. seru juga kalo ada kopi yang bisa memberikan kesempatan ke pengunjung untuk belajar meracik & mengolah sendiri kopinya

    ReplyDelete
  16. Asyik. Anget ya mbak bisa eksplor kopi dewa. Saya trmsuk org yg ga gitu paham ttg dunia perkopian, tapi saya suka bgt sama aroma kopi 😍

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.