Tuesday, August 15, 2017

RS Melinda Bandung, Rumah Sakit Nyaman Dengan Pelayanan Lengkap



Setelah sekian lama tak berkunjung ke rumah sakit. Siang itu saya datang berkunjung ke RS Melinda bersama teman-teman dari blogger Bandung. Namun di kunjungan kali ini, kita tidak datang untuk berobat ataupun untuk menjenguk orang lain. Kita datang untuk melakukan hospital tour (tour berkeliling rumah sakit Melinda1 dan Melinda 2) dengan tujuan untuk mengetahui layanan dan fasilitas apa saja yang tersedia di rumah sakit Melinda.

Dan ini adalah kunjungan saya yang kedua, setelah kunjungan pertama sekitar 6 tahun lalu. Waktu saya menjenguk seorang teman yang melahirkan putri pertamanya. Wah udah lama juga ya . FYI RS Melinda1 berdiri pada tahun 2004.

RS Melinda 1 adalah rumah sakit bersalin sekaligus rumah sakit ibu dan anak (RSIA) yang terletak di Jl. Pajajaran no 46, Bandung. Sedangkan RS Melinda 2 beralamat di Jl.Dr Cipto No 1 , dekat pusat perbelanjaan Istana Plaza. Lokasi kedua rumah sakit tersebut saling berdekatan karena berada pada satu jalur jalan yang sama.

RS Melinda memiliki konsep yang sedikit berbeda dibanding rumah sakit pada umumnya. Terlihat dari desain interior rumah sakit yang lebih mirip hotel serta fasilitas unggul yang diberikan seperti layanan kecantikan, restoran dan kolam renang. Wihh ☺

Ruang facial yang nyaman dan bersih di Melinda care (RS Melinda 1)
Tomodachi Cafe bisa dijumpai di lobby rumah sakit Melinda 2
Fasilitas kolam renang yang disediakan oleh RS Melinda 2
Kalo mulai bikin penasaran, yuk kita cari tahu, pelayanan dan fasilitas apa saja yang diberikan oleh RS Melinda untuk masyarakat

Rumah Sakit Melinda 1

RS Melinda 1 adalah rumah sakit khusus ibu dan anak yang tentu saja memfokuskan pelayanannya untuk melayani ibu hamil yang akan melahirkan atau ibu hamil yang akan menjalankan perawatan pra dan pasca melahirkan.

Ternyata rumah sakit berlantai 3 ini juga memberikan pelayanan berupa perawatan kecantikan bagi ibu dan anak (Melinda Care). Melinda Care atau Melbycare.beauty memberikan berbagai macam jenis perawatan mulai dari perawatan wajah seperti facial, perawatan rambut seperti creambath dan juga perawatan tubuh seperti program sliming (menguruskan badan). Sedangkan untuk anak, melbycare.beauty memberikan jasa pelayanan baby spa. 

Apabila kita berminat untuk melakukan perawatan disana, kita bisa melakukan reservasi dengan cara menelepon ke bagian customer service.

Dengan mem-follow akun social media melbycare pengunjung bisa mendapatkan diskon 10% lumayan nih | untuk reservasi silahkan hubungi 022-426-6621
 
Salah satu paket layanan facial di melinda Care (RS Melinda 1)

 
Melinda Care terletak di Lantai M (lantai paling atas ) RS Melinda 1 Bandung

Semua orang tentu sudah tak asing, dengan pemilik RS Melinda, ya nama Melinda diambil dari nama belakang dr. Susan Melinda sebagai pemilik RS Melinda,  yang juga merupakan seorang pecinta seni (kolektor lukisan). Maka tak heran apabila, hampir di seluruh koridor rumah sakit, terpasang koleksi lukisan yang dimiliki oleh ibu Susan.

Salah satu lukisan koleksi dr. Susan Melinda
Untuk menjaga supaya lukisan tetap bersih dan aman, semua lukisan dilindungi oleh plastik fiber
Mayoritas objek lukisan di RS Melinda 1 adalah lukisan perempuan
Hingga RS Melinda pun pernah mendapatkan penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia), untuk kategori rumah sakit dengan galeri seni budaya pertama di Indonesia. 

Penghargaan MURI untuk Melinda Hospital kategori Rumah Sakit dengan galeri seni budaya pertama di Indonesia

Dan tak kalah dengan RS Melinda 1, di RS Melinda 2 pun terpajang sekitar 40 buah lukisan koleksi bu Susan yang terbuat dari ukiran kayu. Lukisannya bagus banget dan bikin saya mupeng alias pengen juga punya lukisan kayak gitu, haha. Lukisan kayunya keren banget lho. Soalnya dibuat dengan cara diukir terlebih dahulu, kemudian diwarnai, lukisan tersebut merupakan hasil karya seni seorang seniman asal Bali. *dan saya lupa namanya, padahal udah sempet dikasih tahu waktu itu hehe.

Salah satu lukisan ukir bernilai seni tinggi yang ada di Rs Melinda 2
Lukisan-lukisan tersebut menjadi daya tarik sekaligus menambah nilai estetika interior rumah sakit. Jadi ketika kita berkunjung ke rumah sakit Melinda, kita seolah sedang mengunjungi sebuah galeri seni.

Rumah Sakit Melinda 2

RS Melinda 2 baru berdiri pada tahun 2014, dan memiliki pelayanan yang lebih lengkap dibanding RS Melinda 1. RS Melinda 2 juga merupakan rumah sakit bedah yang meliputi gynaecology surgery, oncology surgery, plastic surgery, pediatric surgery, dygestive surgery serta neuro surgery. Dan di lantai 2 terdapat pelayanan khusus untuk anak-anak berkebutuhan khusus, seperti kelas untuk terapi pendengaran dan terapi gangguan motorik.

RS Umum Melinda 2 memberikan berbagai macam pelayanan medis
Dan selain piano besar dan restoran (yang wajib ada di pintu masuk RS Melinda), di RS Melinda 2 juga terdapat play ground (arena bermain) untuk anak yang lumayan luas, seperti sarana permainan di mal. Wahh, anak-anak pasti senang. Bisa bebas bermain sesuka hati.
Arena bermain anak di area lobby RS Melinda 2 | mirip di mal yak ☺

Piano di area Lobby Rumah sakit Melinda | yang biasanya dimainkan setiap hari sabtu dan minggu
Salah satu arena bermain anak di RS Melinda 2
 
Play house di RS Melinda 2

 
Selama berkunjung ke RS Melinda 2, anak-anak bisa bermain naik kereta api ini..seru ya

Dan saya pun baru tahu, kalo adik perempuan kang Emil alias Ridwan Kamil yaitu walikota Bandung saat ini, adalah seorang dokter anak yang buka praktek di RS Melinda 2.

Oya, selain menangani ibu hamil dan anak-anak, di RS Melinda 2 ini, juga terdapat layanan khusus di bidang Urologi (kandung kemih). Dimana yang menangani adalah para dokter spesialis ternama bidang Urologi yang tergabung dalam sebuah  wadah bernama Bandung Urology Centre. 
Bandung Urology Centre RS Melinda merupakan Urology Centre terbesar di Jawa Barat

Tenaga medis ternama di BUC (Bandung Urology Centre) RS Melinda 2 Bandung
Selain itu, mungkin masih banyak yang belum tahu, kalo RS Melinda 2 bekerja sama dengan Morula Centre sebagai salah satu rumah sakit yang memberikan pelayanan program bayi tabung di kota Bandung.

Peralatan dan teknologi yang canggih sudah merambah dunia kedokteran, sehingga berbagai macam masalah yang sepertinya sulit diatasi menjadi mungkin dan bisa ditangani segera.

Kenyamanan merupakan salah satu hal yang menjadi prioritas di RS Melinda, maka pihak rumah sakit pun berusaha memberikan pelayanannya yang terbaik, seperti memberikan pilihan kamar atau ruangan perawatan berdasarkan kelas tertentu, apakah ingin yang ada balkonnya dengan pemandangan kota Bandung, atau kah ingin ruangan dengan privacy khusus?. Hal tersebut diakomodir oleh RS Melinda 2.

Fasilitas di RS Melinda memang lebih unggul karena memberikan pelayanan sesuai standar internasional dengan tenaga medis profesional.
Jadi, kalo cari rumah sakit yang mengutamakan kenyamanan pasien dan anggota keluarga, RS Melinda bisa menjadi pilihan. Selain lokasinya yang berada di pusat kota, pelayanannya pun termasuk lengkap.



8 comments:

  1. Jjs gaya baru ini mah. Biasanya orang takut kalo disuruh ke rumah sakit. Ke Melinda sigana betahnya 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebetah-betahnya, kalo namanya rumah sakit,tetep pengen buru-buru pulang aku mah hehe

      Delete
  2. Udah kayak galeri itu mah ya. Tapi emang Melinda mah salah satu rumah sakit bersalin termewah di Bandung. Ada harga ada rupa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya becull, ada rupa ada harga :)..bahkan ada layanan special berupa candle light dinner buat pasien yang mau pulang. seru ga tuh hehe

      Delete
  3. Jadi pengen perawatan di Melinda, nih hahaha.... Konsep seni dan medis kalau digabungkan bisa bikin rumah sakit punya imej artistik, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk perawatan yuk..facial cocok kali ya? :) asal jangan botox ato operasi plastik #eh

      Delete
  4. aku pernah masuk pas besuk teman habis melahirkan mak. emang bagus banget sihh RS nya. aku baru tahu malah ada kolam renangnyaaa... hehehe

    ReplyDelete
  5. Permisi, saya mau tanya kira-kira ada yang tau siapa designer interior / arsitek dari RS. Melinda 1/2 ? terimakasih :)

    ReplyDelete