3 Makanan Khas Aceh Ini Berhasil Bikin Saya Ketagihan !

by - June 12, 2019

3 Makanan Khas Aceh Ini Berhasil Bikin Saya Ketagihan! - Makanan khas Aceh yang gurih dan berempah adalah salah satu makanan favorit saya. Dan saya baru ngeh kalo di dekat rumah ada sebuah kedai yang menyajikan makanan khas Aceh. Kedai tersebut bernama kedai kopi Tarik Ulur. Lewat sih sering, tapi sekalipun saya belum pernah mampir ke kedai tersebut.

Hingga akhirnya di bulan Ramadan lalu, saya dan beberapa orang teman berkunjung ke kedai kopi Tarik Ulur untuk berbuka bersama. Sekali-kali berbuka puasa sama makanan khas Aceh..seru juga kali ya?

Btw selama ini makanan khas Aceh yang saya kenal hanya sebatas mie Aceh dan roti Cane saja. Duh kemana aja neng hihi. Padahal masih banyak lho aneka makanan khas Aceh lainnya yang wajib coba dan recommended.

makanan khas aceh
Aneka makanan khas Aceh di kedai kopi Tarik Ulur

Makanan Favorit Di Kedai Kopi Tarik Ulur


Dan diantara menu makanan dan minuman yang ada di kedai kopi Tarik Ulur, ada 3 pilihan makanan yang yang menjadi favorit saya dan berhasil bikin saya ketagihan.

  1. Ayam Tangkap



Kabarnya di kedai kopi Tarik Ulur ini ada salah satu menu andalan yang wajib coba dan recommended. Menu tersebut adalah ayam Tangkap. Jujur saya belum pernah coba dan penasaran ingin segera mencicipi.

Ayam tangkap ini adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari ayam goreng dengan bumbu gurih dan rempah-rempah khas. Rempah-rempah khas tersebut terdiri dari dedaunan seperti daun pandan dan daun kari. Daun kari juga biasa disebut sebagai salam koja. Bentuk daunnya hampir mirip dengan daun salam biasa, cuma ukurannya lebih kecil dan baunya lebih tajam.

Daun Kari
Daun Kari alias daun Temurui a.k.a salam Koja | foto : Kaskus


Oya begitu pesanan ayam Tangkap muncul di atas meja, saya cukup surprise lho karena menu ayam Tangkap hadir dengan sajian yang sedikit berbeda. Ayamnya ga keliatan hehe. Karena ayamnya memang sengaja diletakkan di bawah tumpukan rempah dan dedaunan. Dan hal tersebut justru yang menjadi daya tariknya.

ayam tangkap khas aceh
1 porsi Ayam Tangkap bisa kamu nikmati dengan harga Rp 35.000  | foto : fb Agung Pecunk


Saya pikir tumpukan rempah tersebut sekilas mirip parutan kelapa, tapi ternyata bukan. Berdasarkan informasi dari Kang Agung Pecunk selaku owner kedai kopi Tarik Ulur, tumpukan rempah yang rasanya gurih dan agak kriuk-kriuk itu adalah parutan lengkuas yang dibumbui. Sehingga rempah tersebut bisa dijadikan sebagai lalapan kering pelengkap potongan ayam. Hmm. Unik juga ya. Enak enak enak. Saya suka. Apalagi kalo dimakan pake nasi anget plus sambelnya. Hmm. Dijamin nambah hehe.




Kang Agung Pecunk (tengah), owner kedai yang juga merupakan mantan anak Band hits Bandung di tahun 90an. Dan saat ini blio menjadi dosen di salah satu universitas swasta di Bandung


  1. Mie Rendang Sapi ala Kedai kopi Tarik Ulur

Kurang lengkap rasanya kalo datang ke rumah makan khas Aceh dan ga makan mie Aceh. Di kedai kopi Tarik Ulur terdapat 3 varian rasa mie, yaitu mie rasa Tomyam Seafood, rasa Kari kambing dan rasa Rendang Sapi. Hmm yang rasa rendang sapi agak menarik juga nih buat dicicipi.


Kami pun memesan 2 porsi mie, satu mie goreng rasa tomyam seafood dan satu lagi mie tumis rasa rendang sapi. Udah mulai kalap nih kayaknya..pengen coba ini itu haha. Ternyata selain mie, ada juga menu bihun. Dan saya belum pernah coba. Maybe next time yes.

menu kedai tarik ulur
Ada 3 pilihan mie, berdasarkan cara pembuatannya, ada mie goreng, mie rebus atau mie tumis


Setelah mencicipi mie tumis rasa rendang sapi. Ternyata rasanya enak banget. Dagingnya empuk dan bumbunya terasa meresap di lidah. Hmm. Buat yang doyan kulineran wajib coba nih.


  1. Es Timun (Es Sirop Timun Kerok)


Selain berbagai macam makanan utama (ayam tangkap, sate bebek, nasi goreng) dan makanan kudapan (ketan durian, martabak aceh, roti Cane), kedai kopi Tarik Ulur juga menyediakan beberapa jenis minuman seperti kopi/es kopi, minuman coklat, teh Tarik dan tentu saja Es Timun Serut, minuman wajib penggemar kuliner Aceh.


Es Timun Serut atau es Timun Kerok, rasanya sangat segar. Ada sensasi dinginnya gitu pas saya menggigit butir-butir serutan timunnya. 

es timun serut
Es timun serut (kiri) & teh Tarik (kanan) | foto : tribun jabar

Cara membuat es timun memang relative mudah dan cukup sederhana. Berbahan dasar mentimun, gula pasir, sirup, es batu dan jeruk nipis (apabila suka sesuai selera). Menurut saya es Timun ini cocok banget, buat dijadiin sebagai minuman pembuka di saat berbuka puasa. Atau bisa juga disantap ketika cuaca sedang panas. Karena Mentimun memiliki banyak manfaat penting buat tubuh baik dari segi kesehatan ataupun kecantikan.

Lokasi Kedai Kopi Tarik Ulur


Buat man-teman yang ada di kota Bandung n penasaran pengen coba juga makanan khas Aceh di kedai kopi Tarik Ulur. Silakan mampir aja ke Jl. Terusan Cigadung No 6 Bandung (sekitar 30 meter dari RM. Ampera jl Tubagus Ismail). Dan catat waktu operasionalnya ya..buka setiap hari Selasa s/d Minggu (mulai pukul 11.00 s/d 22.00 wib), hari Jumat (buka mulai pukul 13.00 s/d 22.00 wib) dan tutup setiap hari Senin.

Hati-hati ketagihan kayak saya hihi.


  Salam,






You May Also Like

29 comments

  1. Destinasi yang pengen bgt bgt didatangi nih Aceh. Saya suka bgt makanan khas Aceh (walaupun blm pernah ke sana). Terutama mie goreng tumis Aceh dan martabak telornya. Kebetulan juga suami lahir dan besar di Lhokseumawe. So, sy pgn bgt liburan ke sana brg keluarga.. semoga ada rejeki ke sana.. Thank you Mbak telah memuat tulisan tentang kuliner Aceh 🙏🏻😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. masama mba Ika..aamiin..saya juga pengen banget bisa jalan-jalan ke Aceh..semoga dimudahkan rejekinya ya mba :)

      Delete
  2. Waduw di Bandung pula. Jam siang begini lirik Es Timun Kerok saya tuh langsung meleleh. Teman terbaik buat makan Mie Aceh ya Es Timun Kerok dengan rasa segar yang seimbang sama makanan berempah. Duh duh duh ... tergoda saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuja..teman terbaik buat makan mie aceh ya es timun :)

      Delete
  3. Kalo ayam tangkap udah jadi rahasia umum deh kak enaknya, lidahku yang Jawa banget aja demen sama ayam tangkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya enak banget..dan saya baru pertama kali coba hehe..nagihh :)

      Delete
  4. Seriu bikin laper seketika kak pas baca artikel kaka. Aku pernah nyobain Mie Aceh dan Es Mentimun walapun bukan di Acehnya langsung hehe. Dan aku penasaran banget sama Ayam Tangkapnya kak, asli itu bikin nafsu banget ayamnyaa hahaha.

    ReplyDelete
  5. Belum pernah ke Aceh dan nyicip masakan Anceh. Tapi kalau aku lihat pakai daun kari, aku jadi bayangin mungkin ada persamaan dengan kuliner di Malaysia kali ya. Berempah gitu.

    ReplyDelete
  6. Ayam tangkap sama mie goreng aceh itu favorit saya banget. Alhamdulillah di Jakarta udah nemu tempat yang jualan dan enak rasanya. Es timun jadi pelengkapnya, biar gak numpuk kolestrol ya mbak. Hehehe. Btw, baru tahu ini ada tempat makan aceh di Jalan Cigadung. Kalau ke Bandung boleh di coba nih

    ReplyDelete
  7. Waaa ada di Bandung rupanya. Rasanya nggak terlalu jauh juga nih dari kantorku di sekitar Telkom Gasibu.

    Ayam Tangkap memang menggoda bangeeettt. Aku pun belum pernah coba. Mie Aceh itu porsinya banyak wkwkwk, kenyang dah!

    ReplyDelete
  8. Catet ah alamatnya. Kalau ke Bandung cobain makan di sini. Agak jarang kayaknya resto yang khusus makanan aceh. Kalaupun ada paling jualannya mie goreng/rebus Aceh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul..di Bandung jarang banget kedai yang jual makanan khas Aceh khususnya ayam tangkap. Kalo ke Bandung kabari ya..tar tak anter n temenin makannya :)

      Delete
  9. Nah, kalau lengkuasnya di suir-suir gitu lan enak, bisansimakan dan nggak jadi jebakan.


    Udah baca sampe ngiler, eh ternyata ada di Bandung. Jauh juga yaaa 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha..jangan sampe semacam lagi makan rendang dan kebagian lengkuas yang disangka daging juga ya kak..:)..iya nih edisi makan makanan khas Aceh di Bandung :))

      Delete
  10. Cukeup kedai kopi yg ditarik ulur, hati jangan

    ReplyDelete
  11. Dari ketiga menu itu baru es timun kerok yang pernah aku coba. Seger. Ini di Bandung kan ya?! Next pulang ke Bandung mau coba ah. Dulu deket rumah ada rumah makan Aceh, belum sempat kesana udah keburu tutup.

    ReplyDelete
  12. Nama kedainya unik yah.. Tarik Ulur. Hehe.. BTW, andaikan dekat aku langsung ke TKP utk nyicip menu2 yg sangat mengundang ini deh. Hehe..

    ReplyDelete
  13. wahh pas ke aceh saya gak cobain menu di warung ini.. tapi emang makanan khas aceh selalu ngangenin..

    ReplyDelete
  14. Aku belum pernah ke Aceh. Aku doyan banget makan mie aceh. Udangnya banyak dan gede2. Kuahnya terasa banget rempah2nya. Ada tuh yang enak di sekitar Pasar Minggu Komp. AL Jaksel namanya resto Jambo Kupi. AKu biasanya minum teh tarik anget hhhhmm sedapnyaaa :D

    ReplyDelete
  15. Haduuuh makanan aceh yang aku tau hanya mie aceh dan ayam tangkap. Dan semuanya aku suka
    Ternyata banyak ya ragam makanan Aceh. Mau cobaaaaa, terutama es timunnya. Tampak segar banget

    ReplyDelete
  16. Ayam tangkapnya itu yang menarik. Saya kirain selama ini yang namanya lengkuas itu kudu ditumis, bukan diparut begitu aja. Menbayangkan parutan lengkuas membanjiri tumpukan daun kari yang menindihi badan ayam aja bikin saya jadi lapar sekarang.

    ReplyDelete
  17. Duh, beneran menggoda selera pisan ya menunya, otentik gitu sama dengan daerah asal kulinernya..sayang di Semarang jarang ada kuliner Aceh padahal pengen coba ayam tangkap..

    ReplyDelete
  18. Ayam tangkap nya sukses jadi kepingin saya kak.. Di jakarta ada gak ya mau coba

    ReplyDelete
  19. Nah, es timun serut tuh favorit aku. Suka pesen nih kalau ke Kedai Mie Aceh. Di Bandung ada.
    Tapi kalau Ayam Tangkap dan Mie Rendang Sapi belum pernah nyoba nih...

    ReplyDelete
  20. Aku juga ping suka sama ayam tangkap, kadang kalau pesan ini selalu habis sama daun-daunnya juga. Kalau mie rendang sapi aku belum pernah nyobain sih. Es timun ini juara apalagi kalai pas siang-siang minumnya tambah segaaarrrr

    ReplyDelete
  21. Waah pengen banget deh cobain ayam tangkap. Kalau selama ini sih makanan Aceh yang favorit itu mie Aceh dg aromanya yang YUMMYYYYY

    ReplyDelete
  22. Duh ya ampuun itu tampilan foto ayam tangkapnya jadi bikin lapar. Mana bacanya udah tengah malam lagi haha. Baru tau kalau ayam tangkap ternyata khas Aceh.

    ReplyDelete
  23. Wow melihat foto dan membaca ulasannya saya juga jelas suka dan gak nolak dengan tuh amwnu itu. Eh dua menu ya, yang satu minumnya.
    Harganya juga lumayan terjangkau ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes harganya cukup trjangkau..porsinya lumayan banyak n bisa dimakan sama 2 orang :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.