Asuransi Jiwa Syariah untuk Keluarga, Seberapa Pentingkah?

asuransi jiwa syariah prudential


Selain asuransi kesehatan, asuransi jiwa merupakan salah satu bentuk proteksi finansial yang dapat kita gunakan untuk melindungi anggota keluarga

Asuransi jiwa adalah program perlindungan bagi keluarga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti meninggal dunia karena kecelakaan hingga meninggal dunia karena penyakit kritis pada pemegang polis asuransi.

Namun, sebagai umat muslim, ada baiknya kita memilih produk asuransi jiwa yang sesuai dengan  ajaran agama islam seperti asuransi jiwa Syariah.

Seiring meningkatnya minat dan kebutuhan Masyarakat akan asuransi jiwa yang sesuai ajaran Islam, jumlah  peserta asuransi jiwa Syariah pun terus bertambah setiap tahunnya.


Pengertian Asuransi Jiwa Syariah

Secara garis besar, asuransi jiwa syariah adalah bentuk perlindungan finansial yang bersifat menyeluruh bagi setiap anggota keluarga dari risiko kematian yang dapat terjadi sewaktu-waktu dengan mengacu pada syariat islam.

Apabila peserta asuransi meninggal dunia maka ahli waris dapat memperoleh santunan dari perusahaan asuransi.


Perbedaan Prinsip Asuransi Jiwa Konvensional dan Asuransi Jiwa Syariah

Nah buat yang masih penasaran, sebenarnya apa sih perbedaan antara asuransi jiwa konvensional dan asuransi jiwa syariah itu?

Dari segi prinsip, asuransi jiwa konvensional dan asuransi jiwa syariah memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Asuransi jiwa syariah menganut prinsip tabarru’(tolong-menolong), mudharabah (bagi hasil),dan wakalah (perwakilan).

Tabarru’ artinya setiap peserta memberikan sumbangan untuk membantu peserta lain dalam kelompoknya yang mengalami kerugian.

Mudharabah artinya terdapat kesepakatan antara Perusahaan asuransi syariah dan dan peserta untuk berbagi hasil investasi yang dilakukan oleh Perusahaan.

Wakalah artinya perusahaan asuransi syariah sebagai perwakilan peserta memiliki peran untuk mengelola dana yang telah dikumpulkan.

Sementara itu, asuransi jiwa konvensional menganut prinsip indemnity (ganti rugi), subrogation (subrogasi) dan utmost good faith (kesetiaan yang paling tinggi).

Indemnity artinya perusahaan asuransi akan membayar sejumlah uang pada peserta asuransi sesuai dengan kerugian yang diderita.

Subrogation artinya perusahaan asuransi memiliki hak untuk mengambil alih hak-hak peserta dalam proses klaim.

Utmost Good faith artinya peserta asuransi memiliki kepercayaan yang paling tinggi dalam memberikan informasi yang benar dan lengkap kepada perusahaan asuransi.


Pentingnya Asuransi Jiwa Syariah untuk Perlindungan Semua Anggota Keluarga

Hal lain yang penting untuk diketahui dalam kepemilikan asuransi jiwa yaitu mengenai pengawasan dana, bentuk akad perjanjian, proses bagi hasil, sistem kepemilikan dana, proses klaim asuransi, pengelolaan risiko hingga siapa yang menjadi pemegang polis.

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa pada asuransi jiwa syariah nama yang didaftarkan adalah untuk satu keluarga dengan tujuan agar memiliki manfaat Bersama.

Sedangkan untuk asuransi jiwa konvensional hanya ditujukan kepada pemegang polis.

Maka dengan memiliki asuransi jiwa syariah semua anggota keluarga bisa mendapatkan perlindungan. 

Dalam hal ini asuransi jiwa syariah menjadi wadah tolong-menolong bagi para peserta untuk melindungi satu sama lain dengan menggunakan prinsip syariat islam.


Produk Asuransi Jiwa PRUAnugerah Syariah 

asuransi syariah untuk keluarga
foto : prudentialsyariah.co.id

Bagaimana, mulai tertarik dengan asuransi jiwa syariah?

Nah sebagai salah satu perusahaan asuransi jiwa terpercaya di Indonesia, yang sudah berdiri sejak 1995.

Prudential Syariah memiliki beberapa produk asuransi jiwa syariah yang bisa menjadi sarana bagi Anda untuk melindungi semua anggota keluarga. 

Salah satu rekomendasi produk asuransi jiwa syariah tersebut adalah PRUAnugerah Syariah.

PRUAnugerah Syariah merupakan produk Asuransi Jiwa Syariah Tradisionaldari Prudential Syariah yang bisa memberikan perlindungan hingga usia 120 tahun.

Produk ini tersedia dalam mata uang rupiah dan memberikan manfaat perlindungan selama polis masih aktif.

Polis asuransi adalah surat perjanjian atau kontrak sebagai bukti pengalihan risiko dari tertanggung (peserta) kepada penanggung (pihak penyedia layanan asuransi).

Polis asuransi juga memuat segala hal rinci terkait hak dan kewajiban di antara kedua pihak secara tertulis.


8 Anugerah dari PRUAnugerah Syariah

Sebelum menggunakan produk asuransi Syariah tentu kita harus tahu terlebih dahulu apa saja manfaat yang akan kita peroleh.

PRUAnugerah Syariah memiliki 8 manfaat yang disebut 8 Anugerah PRUAnugerah Syariah. Berikut ini 8 manfaat utama dari asuransi PRUAnugerah Syariah :


  1. Manfaat Dana Usia Mapan yang diproyeksikan hingga 100% dari total kontribusi yang akan dibayarkan sekaligus*. Dengan dana ini, Peserta Yang Diasuransikan dapat tetap memenuhi kebutuhan keluarga, menyiapkan masa pensiun, dan membantu mewujudkan gaya hidup yang ingin dicapai.
  2. Perlindungan hingga usia 120 tahun meskipun Manfaat Dana Usia Mapan telah dibayarkan.
  3. Santunan Asuransi hingga 150% sejak awal Manfaat ini dapat digunakan sebagai peninggalan jika terjadi risiko meninggal dunia
  4. Santunan Meninggal Akibat Kecelakaan hingga 350%* jika terjadi kecelakaan dalam periode mudik lebaran idulfitri serta perjalanan ibadah umrah dan haji
  5. Manfaat Bebas Kontribusi apabila Peserta Yang Diasuransikan terdiagnosis 1 dari 60 kondisi penyakit kritis sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dalam polis
  6. Hemat kontribusi hingga 50%
  7. Fleksibilitas Pilihan Pembayaran dengan periode pembayaran 5, 10, atau 15 tahun, untuk mempersiapkan dana peninggalan dan bentuk perencanaan finansial jangka panjang dalam masa produktif
  8. Tersedia Layanan Wakaf sehingga sebagian manfaat santunan asuransi dapat diwakafkan (maksimal 45% dari total santunan asuransi dan maksimal 33% dari Manfaat Dana Usia Mapan) untuk mencapai hidup yang lebih berkah

Selain manfaat utama, produk PRUAnugerah Syariah dari Prudential juga memiliki manfaat lain yaitu manfaat Dana Usia Mapan serta Manfaat Bebas Kontribusi.

Manfaat dana usia mapan merupakan manfaat dana nilai tunai yang diproyeksikan hingga 100% dari total kontribusi dan dibayarkan sekaligus.Ketika usia peserta yang diasuransikan mencapai 60 tahun atau ulang tahun polis ke 25 (mana yang lebih lama).

manfaat asuransi jiwa syariah
foto : prudentialsyariah.co.id

Sedangkan manfaat kontribusi adalah manfaat yang diperoleh apabila peserta yang diasuransikan terdiagnosis salah satu dari 60 kondisi kritis tahap akhir dalam masa pembayaran kontribusi.

Maka pengelola akan membebaskan pembayaran sisa kontribusi selanjutnya yang belum dibayarkan oleh pemegang polis. 



Kesimpulan 

Berikan perlindungan asuransi terbaik untuk keluarga Anda dengan memilih produk asuransi jiwa yang sesuai dengan syariah islam.

Namun akan lebih baik apabila anda mempelajari terlebih dahulu secara detail tentang produk yang anda pilih.

Mulai dari kriteria umum hingga kriteria khusus.

Pastikan anda memperoleh manfaat sesuai dengan yang anda dan keluarga butuhkan.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai asuransi jiwa syariah PRUAnugerah Syariah silahkan kunjungi website prudential syariah.

Melalui website prudential syariah anda juga dapat berkonsultasi secara gratis mengenai kebutuhan Anda akan produk asuransi yang tepat untuk anggota keluarga.


layanan konsultasi asuransi prudential
sumber : prudentialsyariah.co.id


0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .