7 Tips Renovasi Rumah untuk Masa Tua dengan Reksadana

renovasi rumah untuk masa tua

Kehidupan masa tua perlu dipersiapkan sebaik mungkin. Selain dalam bentuk tabungan, Anda juga perlu menyediakan hunian terbaik agar bisa menghabiskan masa tua dengan lebih nyaman. 

Apabila sudah memiliki sebuah rumah, maka Anda cukup melakukan sedikit renovasi agar hunian tersebut lebih ramah untuk ditinggali saat hari tua nanti. 

Untuk bisa mendukung renovasi tersebut, Anda bisa merencanakan modalnya dengan berinvestasi instrumen Reksadana Saham Reksadana Saham

Dengan berinvestasi, Anda jadi bisa memanfaatkan keuntungannya untuk segala kebutuhan renovasi.

Artikel ini akan memberikan tips-tips yang bisa dilakukan agar sebuah rumah menjadi lebih nyaman untuk masa tua. Ikuti pembahasan lengkapnya!


7 Tips ketika Melakukan Renovasi Rumah untuk Masa Tua

Ketika hendak merenovasi sebuah rumah menjadi hunian yang ramah untuk ditinggali saat masa tua, maka Anda perlu melakukannya dengan hati-hati. 

Supaya hasilnya bisa memuaskan, berikut ini akan dibahas tentang tips-tips yang bisa Anda aplikasikan dalam merenovasi rumah untuk masa tua.

Membuat Rencana Renovasi

Sebelum melakukan renovasi terhadap sesuatu, tidak terkecuali renovasi rumah untuk masa tua, hal pertama yang perlu dilakukan yaitu membuat perencanaannya terlebih dahulu. 

Rencana tersebut biasanya meliputi banyak hal, mulai dari anggaran dana, desain dan konsep rumah, hingga tujuan perbaikan. 

Ketika rencana yang disusun sudah matang, Anda bisa mulai tahapan renovasi berdasarkan rencana tersebut.

Menentukan Desain Rumah

Tips selanjutnya dalam rencana melakukan renovasi yang akan ditinggali saat tua nanti, yaitu Anda perlu menentukan desain rumah yang ingin diaplikasikan. 

Tentu, pemilihan desain ini perlu disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan di usia senja.

Sebagai rekomendasi, sebaiknya Anda menentukan desain rumah yang minim tangga atau lantai yang berbeda ketinggian. 

Meski kondisi Anda saat ini masih kuat dan berenergi, namun tidak ada yang menjamin bahwa energi tersebut masih 100% ada saat Anda sudah memasuki usia pensiun. 

Supaya lebih aman dan nyaman, maka tips ini bisa dipertimbangkan.

Mempersiapkan Biayanya dengan Reksadana

Ketika ingin melakukan renovasi rumah, maka selain perlu menyediakan rancangan desainnya, Anda juga perlu mempersiapkan dananya dengan matang. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan dana renovasi rumah untuk masa tua yaitu dengan investasi Reksadana Saham.

Besar kecilnya modal untuk merenovasi rumah tentu tergantung kepada tingkat renovasi yang akan dilakukan. 

Apabila Anda ingin merombak hampir sebagian besar desain dari rumah sebelumnya, tentu Anda perlu mempersiapkan dananya jauh lebih besar daripada jika hanya ingin merenovasi satu atau dua ruangan saja.

Menghadirkan Taman yang Sejuk

Tujuan awal dari melakukan renovasi rumah untuk masa tua ialah supaya bisa lebih nyaman ditinggali. Selain perlu memperhatikan desain bangunannya, Anda juga bisa mencoba menghadirkan taman yang sejuk di rumah tersebut.

Apabila memiliki lahan yang luas, Anda tidak hanya bisa membuat teras yang teduh untuk bersantai di pagi hari, tetapi juga bisa membangun kolam ikan untuk menambah suasana ketenangan di rumah tersebut.

investasi untuk masa tua
foto : freepik



Memperhatikan Struktur Bangunan

Supaya bisa tahan lama dan kokoh, maka dalam melakukan renovasi rumah untuk masa tua, Anda perlu memperhatikan bagian struktur bangunannya. 

Apabila terdapat kerusakan parah maupun sekadar retak, maka Anda perlu segera memperbaikinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Menggunakan Material yang Sesuai

Supaya rumah untuk masa tua menjadi lebih aman dan nyaman untuk dihuni, tentu salah satu faktor yang menjadi alasannya yaitu berkaitan dengan material yang hendak digunakan. 

Agar rumah tersebut tahan terhadap cuaca, Anda bisa mengusulkan untuk menggunakan material berkualitas. 

Dukung pembelian material berkualitas untuk renovasi rumah masa tua dengan keuntungan dari Reksadana Saham.

Mencari Tukang Bangunan yang Bisa Diandalkan

Tips lainnya yang juga perlu diperhatikan saat berencana untuk merenovasi rumah yang akan dihuni saat masa tua, yaitu Anda perlu mencari dan bekerja sama dengan tukang bangunan yang bisa diandalkan.

Anda bisa mencari tukang bangunan yang memang sudah dikenal agar lebih nyaman untuk berkomunikasi dan menyampaikan hal-hal yang diinginkan terkait renovasi tersebut. 

Pastikan juga Anda memilih tukang yang memang handal bekerja agar anggaran dana renovasi tidak habis untuk kebutuhan membayar tukang harian saja.

Merenovasi rumah untuk dihuni saat masa tua harus dilakukan dengan hati-hati. 

Supaya rumah tersebut bisa kembali nyaman untuk dihuni, beberapa tips renovasi yang bisa dilakukan antara lain menyusun rencana renovasinya, menentukan desain yang ramah untuk usia tua, maupun mempersiapkan anggaran renovasi yang mencukupi.


Kesimpulan 

Bicara soal anggaran untuk kebutuhan renovasi rumah masa tua, solusi yang bisa diambil untuk merencanakan pendanaannya yaitu melakukan investasi Reksadana Saham. 

Salah satu mitra yang menjadi rekomendasi untuk berinvestasi pada instrumen ini, yaitu perbankan prioritas DBS Treasures. 

Tidak perlu ragu untuk mulai invest Reksadana Saham bersama DBS Treasures, karena pengelolaan investasi dilakukan Manajer Investasi terkemuka, sehingga kinerja produk bisa semakin optimal. 

Selain itu, tersedia diversifikasi penyebaran dana Anda ke berbagai jenis aset untuk mengurangi risiko. Kemudian, Anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan tentang analisis pasar serta peluang terkini.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. 

Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). 

Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Menariknya lagi, Anda dapat menggunakan Aplikasi digibank by DBS untuk melakukan segala aktivitas dalam berinvestasi. 

Mulai dari jual, beli, switching, bahkan proses registrasi SID (Single Investor Identification).

Apabila Anda tertarik memulai invest Reksadana Saham bersama DBS Treasures untuk kebutuhan renovasi rumah masa tua, maka dapatkan informasi lebih lanjut dengan klik di sini!








0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .