Sunday, September 20, 2015

5 hal yang wajib anda lakukan sebelum melakukan wisata kuliner




Weekend merupakan waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan wisata kuliner bersama teman, sahabat, pasangan ataupun keluarga.
Setelah melakukan kegiatan rutin di hari senin sampai jumat tentunya anda ingin melepaskan lelah dengan melakukan refreshing. Nah, wisata kuliner ini merupakan salah satu bentuk refreshing yang bisa anda pilih.

Banyaknya jenis restoran dan jenis makanan baru yang bermunculan, kadang membuat anda bingung, pilih restoran dan pilih menu yang mana ya?


Maka, ada baiknya sebelum melakukan wisata kuliner, lakukan 5 hal berikut :



  1. Tentukan waktu

Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan wisata kuliner. Misal : siang hari pas waktu makan siang atau di sore hari menjelang waktu makan malam.

Biasanya di saat jam-jam makan siang, sekitar jam 12an s/d jam 2 siang, restoran-restoran cenderung lebih ramai oleh pengunjung. Maka dengan memilih waktu yang tepat, anda tidak akan kerepotan karena harus mengantri terlebih dahulu atau bahkan sampai tidak kebagian tempat duduk.

Untuk menyiasati hal tersebut anda bisa datang lebih awal ataupun melakukan reservasi terlebih dahulu.


  1. Tentukan akan pergi bersama siapa.

Kegiatan wisata kuliner bisa dilakukan bersama siapa saja, baik itu teman, sahabat, pasangan ataupun keluarga. Apabila anda berwisata kuliner dengan teman-teman anda bisa lebih bebas memilih tempat makan, yang penting tempatnya enak untuk nongkrong dan memiliki fasilitas sarana wifi. Lain hal nya apabila anda berwisata kuliner dengan keluarga, apalagi membawa seluruh anggota keluarga terutama anak kecil. Anda pasti akan memilih tempat makan yang aman untuk keluarga seperti tempat yang luas dan memiliki kids playground (tempat bermain anak-anak), jadi selain makan anak-anak pun bisa sekalian bermain.

Dan apabila anda memutuskan untuk pergi berdua saja bersama pasangan tentunya anda akan cenderung memilih tempat makan yang menyajikan suasana romantis dengan pemandangan indah. Berikut ini pilihan restoran di bandung dengan pemandangan indah yang cocok untuk anda kunjungi bersama pasangan http://www.opensnap.com/id/bandung/editor/15-resto-dengan-pemandangan-indah



  1. Tentukan budget

Jumlah budget yang anda miliki, tentunya akan berpengaruh pada pilihan restoran yang akan anda pilih, terutama apabila jumlah anggota keluarga yang akan anda ajak untuk berwisata kuliner lumayan banyak (lebih dari 5 orang).

Anda bisa memanfaatkan pembayaran dengan kartu kredit yang biasanya ada  bank-bank tertentu yang memberikan penawaran bagi customernya berupa fasilitas diskon di beberapa restoran. Hal ini tentunya bisa memberikan benefit bagi anda. Perut tetap kenyang, keluarga happy, dan keuangan pun tetap terkendali.



  1. Tentukan tema restoran yang akan anda pilih.
Setiap orang pasti suka makan, tapi tak semua orang suka semua jenis makanan. Ada orang-orang yang hanya menyukai jenis makanan tertentu, misal : ga suka makan sayur, ataupun menghindari makanan yang mengandung daging.

Maka, ada baiknya anda memilih restoran yang menyajikan berbagai macam pilihan menu. Karena biasanya ada restoran yang hanya menyajikan makanan dengan satu varian. Misal : restoran steak  yang menyajikan makanan dengan bahan baku dasar daging.


  1. Download aplikasi Open Snap di handphone anda.

Open snap merupakan aplikasi khusus kuliner yang memberikan berbagai macam informasi mengenai review tempat makan / restoran yang recommended di berbagai kota besar yang ada di Indonesia. Aplikasi terbaru lansiran Open rice (pemain lama dalam review kuliner) ini sangat cocok bagi anda yang hobi berwisata kuliner.


Aplikasi Open Snap ini memiliki beberapa FITUR BARU yang bisa memudahkan anda dalam berwisata kuliner, yang diantaranya adalah menu Personalized Your Food App by Bookmark. Dengan menu Personalized Your Food App by Bookmark ini anda dapat memberi bookmark atau tanda pada restoran, jenis masakan atau makanan favorit anda. Selain itu anda juga bisa memperoleh filter daftar-daftar restoran berdasarkan Bookmark yang terbanyak oleh para penggemar kuliner. Semakin restoran / jenis masakan / makanan tersebut di bookmark, maka semakin banyak digemari.


  
Dan berdasarkan pengalaman pribadi, dalam jangka beberapa tahun terakhir ini banyak sekali restoran-restoran baru yang bermunculan di kota tempat tinggal saya, yaitu Bandung. Sementara saya sendiri belum mengetahuinya. Itupun saya baru tahu ketika ada teman atau kerabat yang tinggal di luar kota melihat liputan tayangan kuliner di televisi dan kemudian menanyakan tentang menu makanan atau tentang restoran tersebut kepada saya. Sebagai seorang pecinta wisata kuliner tentunya kita ga mau ketinggalan informasi alias kurang update dong hehe. Maka dengan adanya menu Personalized Your Food App by Bookmark di aplikasi Open Snap ini  pengetahuan kita tentang tempat wisata kuliner senantiasa akan selalu terupdate terus.


Salah satu menu favorit saya di aplikasi Open Snap adalah adanya menu 'location', dimana kita bisa tahu lokasi tempat makan berdasarkan wilayah-wilayah (area nama jalan tertentu). Menu tersebut dirasakan sangat membantu, terutama ketika saya berada di luar kota dan saya ingin mencari makanan sekaligus berwisata kuliner. 
Seperti halnya waktu awal-awal saya tinggal di Surabaya, sebagai penyuka bebek goreng, salah satu tempat makan bebek favorit saya di Surabaya adalah bebek Harissa karena lokasinya yang berada dekat dengan tempat tinggal saya di daerah Sukolilo. Padahal masih banyak pilihan restoran lain di Surabaya yang menyajikan menu bebek yang tak kalah nikmatnya http://www.opensnap.com/id/surabaya/editor/spicy-duck


contoh pilihan lokasi wisata kuliner di kota Bandung ex : asia afrika, buah batu


Daftar kota besar yang ada di aplikasi Open Snap untuk saat ini yaitu Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, Semarang dan Yogyakarta. Tapi ada juga beberapa menu pilihan editor  di kota lain seperti Medan, Palembang, Pontianak, Batam yang masuk ke dalam kategori Other Cities.




Untuk mengetahui lebih banyak mengenai aplikasi Open Snap ini, anda tinggal menginstall aplikasi Open Snap langsung dari handphone anda dengan cara yang sangat MUDAH dan GRATIS, anda cukup cari menu Play store (khusus android) atau Appstore (khusus i-phone) di handphone anda, kemudian ketik ’Open Snap’ maka otomatis akan muncul aplikasi open snap yang bisa langsung anda download.



Atau anda juga bisa menggunakan aplikasi open snap melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan sebagainya.




Nah, apabila anda sudah berhasil menginstall aplikasi Open Snap di handphone anda masing-masing, saya ucapkan SELAMAT ya :), kenapa ? karena dengan memiliki aplikasi Open Snap anda bisa mulai mengunggah hasil foto-foto kegiatan wisata kuliner anda. Posting foto anda yang paling menggugah selera dan sertakan juga hashtag #sarrahgita sebagai bukti bahwa anda adalah seorang pecinta kuliner sejati dan juga sebagai dukungan bahwa anda menyukai aplikasi Open Snap. 

Terima kasih.

Say it with FOOD


 
Be inspired by what your friends eat (menu Social Visited)







No comments:

Post a Comment