Friday, January 20, 2017

3 Akun Instagram Wajib Follow untuk Menyalurkan Hobi Fotografi mu

Saat ini, kegiatan fotografi tidak hanya bisa dilakukan menggunakan kamera professional seperti kamera DSLR, sekarang sudah banyak orang yang berhasil memanfaatkan kamera handphonenya untuk mengabadikan sebuah benda atau peristiwa menjadi objek foto yang menarik.
Apalagi sekarang banyak sekali handphone yang menawarkan fitur kamera berkapasitas tinggi, yang bahkan fungsinya kemudian menjadi terbalik. Bukan lagi handphone dengan kamera tapi menjadi kamera dengan handphone #haha.

Hobi cekrak-cekrekmu bisa kamu salurkan dengan berbagi hasil foto pada followers yang mempunyai minat yang sama atau setidaknya ingin ikut menikmati keindahan sebuah objek yang instagramable banget. 

My best nine Instagram post at 2016

Yuk tampilkan hasil karya fotomu dengan follow 3 akun instagram berikut :

  1. Upload kompakan (@uploadkompakan)
  2. Jepret Indah (@jepret.indah)
  3. Cekrek Asyik (@cekrek.asyik)

Ketiga akun instagram tersebut hampir serupa tapi tak sama. Masing-masing memiliki kesamaan sebagai wadah yang menampung hasil karya foto para instagramers dan memiliki tema harian  tapi juga memiliki beberapa perbedaan.

Upload kompakan


Sepertinya akun Upload Kompakan ini merupakan akun perintis yang menerapkan daily theme dalam meng-upload foto via instagram, karena sampai saat ini akun instagram @uploadkompakan sudah memiliki pengikut berjumlah sekitar 89.000-an followers. Komunitas Upload Kompakan ini tersebar di seluruh penjuru kota besar di Indonesia, dan saya pun ikut bergabung menjadi salah satu anggota dari komunitas Upload Kompakan Bandung yang dikenal dengan sebutan Kompakers Bandung.

Foto sebelah kanan bawah : My Top Post Instagram via Upload Kompakan

Oya, supaya tertib, Upload Kompakan menerapkan beberapa rules (peraturan) yang harus dipatuhi oleh para followersnya seperti :

-       Foto yang diupload hanya 1 buah photo saja, photo terbaru atau belum pernah di upload sebelumnya
-       Hasil jepretan sendiri
-    Tidak memperlihatkan anggota tubuh manapun selain jari tangan, tidak juga kaki meski berkaos kaki
-       Tidak mengandung unsur pornography, SARA, no hewan (kecuali lauk yang sudah di pesiang)
-       No kartun, No boneka, No patung, No rokok / miras & No pork.
-       Menetapkan waktu upload mulai pukul 06.00 sampai pukul 19.00 wib.

Rules posting foto instagram yang berlaku di Upload Kompakan

Dengan adanya peraturan tersebut, kita dituntut untuk menjadi lebih kreatif dan it is challenging. Beneran deh :)

Dengan mem-follow akun IG Upload Kompakan kita bisa dapet ilmu baru tentang istilah Fotografi


Jepret indah

Akun instagram Jepret Indah memiliki rules dasar yang hampir mirip dengan akun Upload Kompakan. Tapi bedanya, Jepret Indah menerima open sponsor untuk tema hariannya yang mana sponsor tersebut akan memberikan hadiah berupa souvenir atas challenge harian yang diberikan. Beserta rules tambahan yaitu ‘ wajib follow dan mention sponsor’. Akun Jepret Indah ini memiliki pengikut sekitar hampir 4000 followers. 

Di akun Jepret Indah, daily theme (tema harian) diinfokan secara bersamaan untuk beberapa hari ke depan | sehingga memudahkan kita yang mau hunting objek foto terlebih dahulu


Cekrek asyik

Selain open sponsorship seperti Jepret Indah, akun instagram Cekrek Asyik juga mempunyai tema mingguan (weekly challenge) dimana dua orang yang berhasil terpilih akan mendapatkan hadiah menarik dari sponsor tersebut.
Dan di akun Cekrek Asyik ini peserta diperbolehkan menampilkan unsur hewan dan patung asalkan No SARA. Cekrek Asyik baru memiliki 2000an orang followers dan akan terus bertambah.

Tema mingguan (weekly challenge) di akun instagram Cekrek Asyik | yang beruntung bisa dapet hadiah menarik lho


Nah, untuk kamu yang hobi fotografi dan belum follow ketiga akun instagram tersebut, silahkan mem-follow dan ikut eksis dengan menampilkan hasil karya fotografi keren mu.
Bukan hal yang tidak mungkin, jumlah followers akun instagram kita akan ikut bertambah sehingga semakin terbuka peluang untuk dilirik para endorser yang ujung-ujungnya bisa menghasilkan uang.

Mau doong? Mau bangeet....:) bisa dapet penghasilan dari hobi cekrak-cekrek :)
i'm still a smartphone photographer and kamera DSLR is on my wish list.

I walk..
I look..
I see..
I stop..
I photograph.

-Leon Levinstein-





No comments:

Post a Comment