Friday, March 17, 2017

Keseruan Acara 1st Meet Up Komunitas Fotografi @bukan_asaljepret Bandung

Selain facebook dan twitter, salah satu aplikasi media sosial yang saat ini sedang digemari oleh masyarakat luas adalah instagram. Berbeda dengan facebook yang berupa update status, Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang lebih berfokus pada gambar atau foto yang kemudian diberi caption (keterangan).

Foto-foto di akun instagram resmi @bukan_asaljepret
Dan saya termasuk salah seorang yang mulai beralih ke instagram. Sebenarnya akun instagram pribadi saya sudah dibuat sejak  tahun 2014 namun saya baru aktif menggunakan instagram kira-kira sejak 7 bulan-an yang lalu.

Ketertarikan saya pada instagram berawal ketika saya melihat postingan foto beberapa orang yang tampak menarik karena diupload secara berbarengan yang rupanya postingan tersebut merupakan postingan bertema yang berasal dari beberapa akun instagram yang mengusung tema harian.

Wah seru juga ya ternyata..dan sejak saat itu saya pun mulai ketagihan untuk bisa posting di instagram setiap hari sesuai tema yang diberikan.

Mengenal akun instagram @bukan_asaljepret

Akun instagram @bukan_asaljepret merupakan salah satu akun dari sekian banyak akun instagram yang memberikan tema harian yang disertai dengan program give away dari sponsor.

Setiap harinya akan ada tema serta sponsor yang berbeda, maka hadiah atau reward yang akan diberikan oleh sponsor pun berbeda-beda juga, bisa berupa barang (produk), pulsa atau bahkan uang cash. Seru banget khan? 
Selain hadiah berupa produk, pulsa ataupun uang, hadiah give away ada juga yang didonasikan ke panti asuhan :)

Maka, melalui akun instagram seperti @bukan_asaljepret ini, kita bisa menyalurkan hobi memotret sekaligus mengasah skill supaya bisa menampilkan foto yang menarik sesuai tema yang diberikan tanpa mengurangi kreatifitas masing-masing.

Peraturan yang berlaku di akun instagram @bukan_asaljepret

Saat ini jumlah followers akun instagram @bukan_asaljepret ada sekitar 3000-an followers dan jumlahnya akan terus bertambah , maka di setiap wilayah terdapat koordinator antar daerah yang mewakili komunitas @bukan_asaljepret. Seperti misalnya sobbaj_Bandung, sobbaj_Surabaya, sobbaj_Medan dan sebagainya.

Followers akun @bukan_asaljepret tersebar di seluruh Indonesia dan akan terus bertambah

1st Meet Up Komunitas @bukan_asaljepret Bandung

Dan pada tanggal 11 maret 2017 yang lalu, saya berkesempatan untuk hadir di acara 1st meet up komunitas @bukan_asaljepret Bandung (sobbaj_bandung) yang diadakan di salah satu café di daerah jalan Cendana, Bandung.
Informasi mengenai acara 1st meet up komunitas @bukan_asaljepret Bandung

Berhubung mayoritas peserta komunitas @bukan_asaljepret, Bandung adalah perempuan (99%). Maka disepakatilah dress code untuk acara tersebut yaitu abu dan pink.
Acara dimulai pada pukul 09.00 wib karena selain meet up (bertemu muka) dan bersilaturahmi antara sesama anggota komunitas, akan ada mini workshop yang membahas mengenai ilmu-ilmu dasar di bidang fotografi.

Madame Vivera selaku mentor di acara mini workshop dan Teh Treesna selaku kepala suku komunitas baj_bandung | photo source : IG @trbelfot
Oya, di komunitas @bukan_asaljepret, Bandung selain menggunakan kamera DSLR, atau mirrorless, ada juga beberapa anggota yang menggunakan kamera handphonenya sebagai sarana untuk memotret objek foto.

Madame Vi sedang menjelaskan tentang perbedaan antara kamera DSLR dan kamera mirrorless

Madame Vi sedang mengeluarkan difuser | difuser adalah salah satu alat bantu yang digunakan dalam kegiatan fotografi yang berfungsi untuk menyebarkan cahaya
Teh Momet alias teh Mareen 'yang pendiam' sedang fokus mendengarkan penjelasan dari madame Vi :)

Komunitas sobbaj_bandung alias baj_degeboy

Begitu mendengar istilah degeboy, rasanya kok agak-agak lucu gimanaa gitu..kok namanya degeboy sihh? Haha.
Geboy merupakan bahasa Sunda yang artinya gemulai dan cenderung moleg :D. Tapi apalah arti sebuah nama, yang pasti grup degeboy ini merupakan grup yang ‘aktif’, hangat dan penuh tawa canda.

Terbukti di acara 1st meet up tersebut, semua peserta berbaur dan saling bercanda tawa padahal baru pertama kali bertemu. Kehebohan pun terlihat jelas ketika acara kuis dadakan diadakan, pertanyaan diberikan oleh Teh Treesna selaku kepala suku bAj_bandung dan kemudian harus dijawab secara langsung melalui aplikasi WA (whatsapp).

 
Keseruan ketika acara kuis berlangsung *hebohh| video taken by Nurmayunita

Waduhh, beneran itu mah da, saya sampe kalah cepet terus, salahin sinyal yang kurang kenceng atau salahin jempol yang kegedean yah? *LOL.. jadinya ga kebagian hadiah deh huhu. Padahal jumlah hadiah yang disediakan lumayan banyak lho.*heuheu

Mungkin memang belum rejeki dapet hadiah kuis, tapi setiap anggota yang ikut acara tersebut tidak pulang dengan tangan kosong kok karena masing-masing anggota mendapatkan kenang-kenangan berupa properti foto hasil dari acara tukar kado.

Hasil tuker kado berupa properti foto

Minuman air mineral dalam kemasan botol kaca yang sempet bikin galau :) | special design by Tex Saverio salah satu perancang terkenal Indonesia | lumayan khan buat props foto *eaa

Sungguh menyenangkan bisa bergabung di sebuah komunitas yang bisa menularkan banyak hal positif. Dikelilingi oleh teman-teman yang memiliki minat dan hobi yang sama di bidang fotografi. Saling belajar dan saling berbagi ilmu sambil terus berkarya.

Semoga pertemanan ini menjadi ajang silaturahmi yang membawa keberkahan dan rejeki. Amiin .


Cant wait for another next meet up with komunitas @bukan_asaljepret bandung :)

Seru visan :)

Dan ini dia beberapa foto oleh-oleh dari keseruan acara meet up komunitas @bukan_asaljepret Bandung di Madame Sisca, hari minggu, 11 maret 2017 lalu :

Praktek langsung memotret makanan menggunakan kamera handphone masing-masing

Gaya Fitri dan Winda lagi motret | mpe jinjit segala :)
Budok Rika dan Teh Lellya lagi moto apa tuhh?


Makan bersama pun dimulai setelah sempat tertunda karena ritual 'foto-foto makanan dahulu baru makan kemudian' :p

Berfoto sebelum pulang | Nurma bawa 2 botol | catet *haha
Datang ke acara meet up sambil bawa anak, why not :)

The ladies in pink and grey | foto-foto teruus :) | sumber foto : IG @trbelfot
















3 comments:

  1. Waa~ kayaknya seru acaranya. Jadi nambah ilmu dan nambah temen juga.
    Tapi gimana dong saya malah kebita sama foto sop buntutnya hehe :P (berarti fotonya sukses ya haha)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha..kabita sop buntut yah..btw sop buntut indo sama sop buntut jepang enakan mana yah? tar kalo sekar kangen makanan indo aku kirim deh fotonya *hihi

      Delete
  2. Seruuu abizzz yah acaranya. Lanjooottt 😍😄

    ReplyDelete