Monday, March 6, 2017

Menikmati Olahraga Yoga Bersama di Ruang Terbuka (Taman Musik, Bandung )

Siapa suka olahraga? Saya..saya..saya..dalam hati saya berharap menjawab demikian haha. Saya memang senang olahraga, tepatnya senang melihat orang yang rajin berolahraga *oemji #LOL

Coba tengok beberapa publik figur yang rajin dan konsisten berolahraga seperti Sophia Latjuba (aktris) dan Andien Aisyah (penyanyi). Tubuh mereka dengan jelas terlihat ideal dan nyaris sempurna karena rajin berolahraga.

Olahraga memang merupakan sebuah kegiatan yang apabila konsisten dilakukan dapat memberikan manfaat dan efek positif bagi tubuh. Di usia nya yang sekarang sudah menginjak 46 tahun, Sophia Latjuba tetap terlihat langsing dan cenderung awet muda. Tak heran, teman dekatnya yang sekarang pun berusia jauuh lebih muda haha..kok jadi ngegosip yah? :p

Begitu pun dengan penyanyi Andien, beberapa bulan yang lalu Andien baru saja melahirkan anak pertamanya, dan coba lihat, sekarang tubuh Andien sudah kembali ke ukuran awal seperti sedia kala sebelum ia hamil dan melahirkan, karena sebelum dan ketika hamil andien tetap konsisten berolahraga.

Melakukan kegiatan olahraga memang harus dibarengi dengan niat dan komitmen yang tinggi terutama apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal dan itu adalah tantangan yang lumayan berat bagi semua orang termasuk saya hihi.


Mengenal Olahraga Yoga 

Salah satu jenis olahraga yang digeluti oleh Sophia Latjuba dan Andien sejak lama adalah olahraga yoga.

Olahraga yoga merupakan sebuah kegiatan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja, tua dan muda bahkan anak-anak. Biasanya dilakukan di dalam ruangan walaupun ada juga yang diadakan di luar ruangan seperti pada event-event tertentu. Seiring dengan tingginya minat masyarakat akan manfaat yang bisa diperoleh dari olahraga yoga, maka mulai banyak kelas latihan yoga yang dibuka untuk umum.

Saya sendiri mengenal olahraga yoga sekitar 7 tahun yang lalu. Waktu itu ketika masih tinggal di kota Makassar, saya sempat rutin mengikuti olahraga yoga di sebuah sanggar yoga di daerah jl. Andi Tonro, Makassar, tak jauh dari rumah. Sebuah sanggar yoga yang mengkhususkan semua pesertanya adalah wanita. Sebagai perempuan yang memakai jilbab saya pun merasa senang sekali dan nyaman berolahraga di tempat tersebut. Sehingga saya bisa melakukan setiap gerakan dengan bebas tanpa harus merasa risih, berbeda apabila pesertanya digabung dengan laki-laki.

Sebelum mengenal yoga, saya mengikuti olahraga Aerobik dan sempat mencoba Zumba. Akan tetapi olahraga Aerobik dan Zumba sepertinya kurang cocok untuk saya. Karena menurut saya gerakan di olahraga Aerobik terutama Zumba memang cenderung ‘aktif’ dan membutuhkan tenaga ekstra.

Sedangkan di olahraga yoga, gerakan-gerakannya cenderung berpusat pada pernafasan dan gerakan yang dilakukan pun lebih fleksibel tapi tetap mengeluarkan keringat. Itu yang luar biasa :)

Kata ‘yoga’ berasal dari bahasa sansekerta yang memiliki makna memusatkan seluruh pikiran agar bisa mengendalikan panca indera. Jadi ketika kita melakukan gerakan yoga kita harus mampu berkonsentrasi sambil mengontrol tubuh supaya tercipta keselarasan dan keseimbangan antara pikiran, jiwa dan tubuh.

Gerakan-gerakan dalam yoga bisa membantu kita untuk lebih mengenali diri sendiri (sejauh mana kemampuan kita dalam melakukan gerakan yoga tanpa harus memaksakan diri) dan gerakan-gerakan yoga juga bisa membantu untuk memperbaiki postur tubuh yang kurang baik seperti bongkok dan sebagainya.


Berolahraga Yoga di Ruangan Terbuka (Taman Musik, Bandung)

Pengalaman pertama berolahraga yoga di ruangan terbuka yang pernah saya ikuti yaitu bertempat di pantai Akkarena, Makassar. Waktu itu beramai-ramai bersama teman-teman dari sanggar yoga Nur’s studio di Makassar. *sayang fotonya lupa saya save dimana.
Seru dan menyenangkan, sebuah pengalaman yang tak terlupakan berolahraga yoga di tepi pantai beramai-ramai bersama teman-teman :)

Dan beberapa hari yang lalu tepatnya pada hari Minggu pagi tanggal 05 Maret 2017 saya kembali mengikuti kegiatan yoga di luar ruangan. Bertempat di Taman Musik, Bandung, saya bergabung bersama banyak teman baru untuk berolahraga yoga bersama.

Taman Musik, Bandung yang berlokasi di Jln. Belitung bersebelahan dengan SMU Negeri 3 Bandung

Taman musik dahulu dikenal juga dengan sebutan Centrum | yang se-usia saya pasti kenal apa itu Centrum :)

Saya mendapatkan informasi tentang kegiatan yoga bersama tersebut dari sebuah akun instagram salah satu brand yoga mat yang berpusat di kota Bandung. Maka saya pun mengajak seorang teman untuk ikut bersama-sama berpartisipasi di acara tersebut.

Kegiatan olahraga yoga bersama dengan tema Ngayoga bersama Lana | sumber foto : IG @Mylanaco

Ternyata kegiatan olahraga yoga bersama di Taman Musik ini sudah beberapa kali diadakan oleh Mylanaco dengan menggandeng instruktur yoga yang berbeda setiap minggunya. Dan instruktur yoga hari minggu kemarin adalah mba Ganis Handini Dewi, seorang instruktur perempuan berhijab.

Pagi itu, sekitar 25 orang peserta yang mengikuti olahraga yoga bersama di Taman Musik, mayoritas pesertanya adalah perempuan, dan ada juga peserta pria sekitar 4 orang-an.  Salah satu peserta pria bahkan ada yang datang dengan bersepeda. Interesting :). Dan ada juga pasangan suami istri, ini baru namanya hubungan sehat haha. Sehat dalam arti melakukan olahraga bersama pasangan :) That’s good :) Patut dicontoh ya temans :)

Sesi awal kegiatan yoga | mendengarkan arahan dari Mba Ganis selaku instruktur Yoga

Kegiatan olahraga minggu pagi lalu menjadi tambah berwarna karena diselingi dengan lewatnya bis Bandros (Bandung Tour on Bus) yang akan berkeliling kota Bandung, pemandu bus Bandros pun kemudian menyapa kita :). Serta tetesan air yang tertiup angin dari pepohonan sisa hujan semalam pun ikut mewarnai aktivitas olahraga di Taman Musik :)
Oya, selain kegiatan olahraga yoga bersama, minggu pagi itu banyak juga anak muda yang berolahraga basket di Taman Musik.

 
Pemandangan indah yang terlihat ketika berbaring di atas Yoga Mat | Pepohonan hijau yang rimbun di sekitar area Taman Musik

Semua peserta Yoga sedang melakukan gerakan Down Dog | btw saya yang mana yaa? :D | sumber foto | IG @Mylanaco

Olahraga yoga berjalan dengan lancar selama sekitar 1 jam lebih. Lumayan berkeringat dan membakar kalori. Satu botol air minum pun menjadi pelepas dahaga.

Dan setelah olahraga yoga selesai, semua peserta dipersilahkan untuk mengisi daftar hadir dan kemudian bersama-sama mencicipi kue berupa cookies homemade yang dibawa oleh seorang perempuan berkacamata berkemeja putih bernama Saskia yang dengan sukarela ikut meramaikan acara ngayoga tersebut. Senangnya bisa berolahraga di taman bersama teman-teman baru :).

Berfoto bersama teman-teman baru setelah berolahraga yoga di Taman Musik :) | sumber photo : IG @Mylanaco

Yuk kita mulai berolahraga dari sekarang, karena olahraga bisa dilakukan dimana saja, yang penting ada niat dan kemauan. Dengan rutin berolahraga insyaAllah badan kita bisa selalu fit dan tetap sehat sehingga dijauhkan dari berbagai macam penyakit.

Berolahragalah dengan tujuan ingin sehat, kalo soal langsing mah itu adalah bonus :)

Salam :) 










7 comments:

  1. asiknya bisa kumpul2 dan yogabersama, sekarang memang yoga sedang hit yah

    ReplyDelete
  2. iya mas dhanang..olahraga rame2 apalagi di taman memang bikin tambah semangat :)yoga is fun :)

    ReplyDelete
  3. Terimakasih sarrah, baru baca artikelnya. Rajin terus yoganya ya 😘❤️🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. masama mba ganis :0..makasih ya udah mampir ke blog ku :)

      Delete
  4. Replies
    1. iya rutin kang asep. tuk info nya bisa dilihat di instagram @mylanaco ya

      Delete