Arti Kucing Datang Ke Rumah (Belajar Tentang Sebuah Keikhlasan Dari Seekor Kucing)

Disadari atau tidak, banyak sekali kejadian sepele yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Dan hal tersebut ternyata memiliki arti banyak untuk kita, seperti halnya sebuah kejadian yang saya alami beberapa minggu yang lalu. Hingga kemudian saya pun belajar memaknai akan arti dari kedatangan seekor kucing ke rumah saya. 

Sore itu, ketika pulang ke rumah, saya mendapati seekor kucing yang sedang duduk di bawah pohon dekat pintu pagar. Seekor kucing hitam dengan warna putih di bagian dada serta ke empat bagian ujung kakinya. Pertama melihatnya, saya langsung memanggilnya dengan sebutan kucing kaos kaki yang kemudian saya singkat dengan sebutan Mengkoska .

arti kucing datang ke rumah
Warna putih di ujung kaki mengkoska mirip lagi pake kaos kaki :)

Beberapa lama kemudian, saya masih mendapati kucing tersebut duduk di bawah pohon. Posisi badannya kelihatan sedikit terkulai, saya pun menghampirinya dan memegangnya ternyata kaki belakang si kucing  lemas sehingga si kucing tidak bisa berjalan dengan normal. 

Melihat hal tersebut, saya jadi merasa kasihan dan membawanya masuk ke teras belakang dan memberinya alas tidur, dus sepatu bekas beralas kain supaya si kucing bisa beristirahat dengan nyaman.

Melihat tampilannya sekilas, Mengkoska tampak seperti seekor kucing garang dengan tatapan matanya yang tajam, tetapi nyatanya Mengkoska adalah seekor kucing lumpuh dengan suaranya yang kecil dan nyaris hampir tak terdengar.

Hingga kini, sudah hampir satu bulan Mengkoska saya pelihara di rumah. Saya bersyukur suami mendukung saya untuk memelihara kucing tersebut. Saya merasa penasaran kenapa kaki belakangnya bisa lumpuh seperti sekarang.

Semula saya sempat berfikir kalo kakinya mungkin tertabrak motor atau keseleo, dan saya berharap mudah-mudahan kakinya akan kembali pulih dalam beberapa hari, sehingga apabila dia sudah bisa berjalan normal, saya akan melepaskannya kembali ke dunia luar.

Tetapi nyatanya, kaki Mengkoska tidak mengalami kemajuan sama sekali, bahkan cenderung mengalami kemunduran. Ketika pertama datang saya sempat memperhatikan kalo kaki belakangnya masih bisa dipake bertumpu, tapi lama-kelamaan kedua kaki belakangnya semakin lemas, dan Mengkoska harus berjalan ngesot.

Melihat hal tersebut, hati saya seolah remuk, saya merasakan sebuah pengalaman yang belum pernah saya rasakan sebelumnya. Melihat seekor kucing yang hanya bisa duduk terkulai lemas, dia harus berusaha keras untuk bergerak, buang air kecil dan buang air besar pun, otomatis spontan di tempat dia berada.

Koska tidak bisa menggerakkan kaki nya untuk menggali tanah untuk buang air besar, padahal tadinya saya ingin membelikan Koska bak pasir tempat dia bak (buang air kecil) dan bab (buang air besar).

Koska selalu setia menemani saya, Koska senang sekali dielus dan dibelai, tatapan matanya yang seolah seperti berbicara membuat saya sayang kepadanya. Dengan tatapannya Koska seolah berbicara kalo dia membutuhkan kasih sayang dan perhatian. Dan saya bersyukur kalo Koska datang ke ‘rumah’ yang tepat. Our blessing home.

Sebelumnya saya pernah mendengar sebuah ungkapan, bahwa apabila kita didatangi oleh seekor kucing, hal tersebut merupakan pertanda khusus, bahwasanya ada sebagian rejeki si kucing yang ada di kita dan harus kita bagi. Maka berilah kucing yang menghampiri kita tersebut, makanan atau air minum atau bahkan tempat tinggal untuknya misal dengan mengadopsi kucing tersebut.

Belajar Tentang Sebuah Keikhlasan Dari Seekor Kucing

Dari hari ke hari Koska tidak menunjukkan kemajuan, dia lebih sering tiduran di dalam kardusnya tapi dia terlihat tetap semangat. Setiap pagi saya jemur di bawah sinar matahari dan saya sapa dengan mengajaknya bicara *kalau sesama pecinta kucing pasti tau rasanya gimana rasanya mengobrol sama kucing peliharaan kita :) . Its fun and relaxing

Apalagi ketika si kucing gelendotan di kaki kita dan mengeluarkan dengkuran halus yang memberikan efek menenangkan.

arti kucing datang ke rumah
Koska sedang berjemur di pagi hari *abaikan pengki yang menggantung

Dengan datangnya Koska ke rumah saya, seolah mengingatkan bahwa kucing juga merupakan mahluk ciptaan Tuhan yang harus kita sayangi dan sudah seharusnya kita perlakukan seperti kita memperlakukan mahluk hidup lainnya.

Mudah-mudahan ada keajaiban yang bisa membuat Koska menjadi bisa berjalan kembali atau setidaknya membuat dia tetap sehat dan tetap bertahan dalam kondisinya yang terbatas. 

PS : Setelah kondisi Koska semakin menurun, saya memutuskan untuk membawa Koska ke dokter. Setelah sempat disuntik dan diberi obat, sekitar seminggu kemudian, akhirnya Koska menghembuskan nafasnya yang terakhir. Dan kami pun menguburkannya di halaman depan rumah. Good bye Koska. #RIPkoska



2 Comments

  1. nangis aku bacanya kak, selamat tinggal mengkoska. aku ngerasain kok gimana rasanya berkomunikasi sama kucing, kaya ada semacam vibe tersendiri ya. seolah - olah diapaham apa yang kita omongin, tatapan matanya itu lho. oh iya, kucing tetangga aku pernah jatoh dari lantai dua, ngejar saingannya. dia jatoh langsung terkulai kedua kaki belakangnya. harus di operasi. karena biayanya mahal, si pemilik gak mampu jadi dibiarin aja lumpuh sampai sekarang. ada kemungkinan mengkoska juga sama kaya gitu. tapi bersyukur ketemu teteh sebelum meninggal, dia gak sendirian dan sempat merasakan disayangi. hiks hiks

    ReplyDelete
  2. Aku sedih tiap kali baca kucing yg akhirnya harus pergi :(. Tp aku yakin koska pasti sempet seneeeeng bisa nemuin rumah mba :). Walo singkat setidaknya dia msh ngerasain di sayang.

    Dulu salah satu kucingku sempet punya masalah sama. Kaki belakangnya ga sengaja kelindes mobil papa. Awalnya kami masih optimis dia bisa bertahan, apalagi msh lincah, msh mau makan. Tp ga bertahan lama. Hanya sebulan trus akhirnya dia ttp meninggal :(. Itu nyeseeel banget. Tp dari dulu aku slalu sedih kalo kucing2 ku sampe ada yg hilang apalagi meninggal .semuanya dianggab kayak anak sendiri

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .