Skip to main content

Tips Memelihara Kucing Di Rumah Bagi Pemula


Ga kerasa udah hampir 5 tahun saya mulai menyukai kucing dan kemudian memeliharanya di rumah. Karena sebelumnya tak pernah terpikirkan sama sekali kalo saya bakalan ‘jatuh cinta’ sama binatang lucu berbulu yang satu itu.

Tips memelihara kucing bagi pemula

Saya jadi teringat pengalaman pertama ketika memelihara kucing. Waktu itu sekitar tahun 2013 ketika kami sedang tinggal di Surabaya. Kucing pertama kami adalah seekor kucing betina berwarna abu-abu yang saya beri nama Shaggy namun lama-kelamaan dia kami panggil dengan nama kesayangan yaitu Didut.. Haha..jauh banget yak. Padahal Didut engga berbadan gendut. Nah lho. Apalah arti dibalik nama hehe.


Seiring berjalannya waktu, Didut pun berkembang biak dan melahirkan 2 kali, anak Didut ada 4 ekor.  Jadi waktu itu total jumlah kucing yang saya pelihara di rumah yaitu 5 ekor.


Sebagai seseorang yang baru saja memelihara kucing, saya pun mulai ‘kewalahan’ harus memelihara banyak kucing di rumah. Makanannya cepat sekali habis, sedangkan kotorannya cepat sekali penuh #eh (baca : dua kucing saja cukup).  haha.


Hingga akhirnya saya harus merelakan tiga anak kucing Didut untuk dibagikan ke saudara sepupu yang memang juga tertarik untuk memelihara kucing.

Nah Berikut Ini Tips Memelihara Kucing Bagi Pemula Yang Harus Diperhatikan :

  1. Sebaiknya pelihara satu ekor kucing saja dulu, pilih mau kucing betina atau kucing jantan. Dengan resiko kalo kucing betina kita harus siap memiliki banyak kucing (akan melahirkan anak-anak kucing), sedangkan kalau kucing jantan, kita harus siap-siap mencarikan pasangan ketika kucing tersebut masuk masa birahi. Fyi ketika sedang birahi kucing jantan akan cenderung berisik (sering bersuara). 
  2. Hindari sengaja membeli kucing dengan tujuan ingin memelihara. Kucing bukanlah binatang untuk diperjualbelikan. Sebaiknya adopsi saja, minta dari teman atau pelihara kucing yang memang membutuhkan 'rumah'.
  3. Sediakan tempat yang layak dan nyaman bagi si kucing. Jangan pernah memelihara kucing kalau hanya untuk ditaruh alias dipajang di dalam kandang. It’s a big No No. Kucing juga adalah mahluk hidup yang butuh kebebasan untuk bergerak, bermain dan berlari.
  4. Kucing yang sering dikurung di kandang, cenderung ingin kabur dan lari. Kalo udah kabur dan ga balik lagi tentu kita sendiri yang bakalan sedih. Saya udah pernah ngerasain gimana 'sakitnya' ditinggal kucing kesayangan yang kabur hiks. Sampe nangis n bikin Baper banget deh pokoknya.
  5. Sediakan makanan khusus kucing (bisa dibeli di pet shop atau supermarket) dan beri minum air matang yang bersih (air mentah mengandung bakteri yang bisa mengganggu pencernaan kucing).
  6. Sediakan sarana untuk kucing BAB (buang air besar) dan BAK (buang air kecil) berupa bak pasir.
  7. Rajin membersihkan bak pasir tersebut supaya kesehatan kucing dan kesehatan kita sebagai pemilik rumah tetap terjaga.
  8. Rutin memandikan kucing minimal satu minggu sekali. Memandikan kucing bisa di pet shop (salon khusus binatang peliharaan) atau di rumah. Mandikan kucing menggunakan air hangat.
  9. Memberikan vaksinasi khusus kucing dengan cara membawa kucing ke dokter hewan. Supaya kucing peliharaan kita tetap sehat.
  10. Rutin mengajak kucing bermain (belikan mainan khusus kucing ), untuk menjaga supaya kucing tetap lincah dan juga melatih ketangkasannya. Selain itu bermain dengan kucing dipercaya bisa menghilangkan stress dan menjadi hiburan tersendiri.
  11. Sisiri bulu kucing menggunakan sisir khusus kucing. Terutama pada jenis kucing yang memiliki bulu panjang. Menyisir bulu kucing selain menjaga supaya bulunya tetap rapi juga berfungsi untuk membuang bulu-bulu mati di tubuh kucing.
Jadi, bagaimana? Sudah siap untuk memelihara kucing di rumah? Karena memelihara kucing itu (ternyata) seru dan menyenangkan lho.


Comments

Popular posts

Resep kuah suki

Suki adalah salah satu menu makanan enak dan sehat yang bisa kita nikmati rame-rame bersama teman dan keluarga.

Menu makanan khas negara-negara di Asia timur ini dikenal sebagai salah satu makanan sehat karena, minim penggunaan minyak dan bebas lemak.

Cara memasak suki yaitu dengan cara merebus. Kita tinggal memilih beraneka ragam jenis Suki yang rata-rata terbuat dari berbagai macam seafood, seperti baso udang, baso kepiting, baso ikan dan sebagainya. Dan ada  juga sayuran nya berupa sawi hijau dan jamur untuk kemudian dimasukkan / direbus ke dalam panci/pan yang berisi kuah sup panas. Suki sangat nikmat apabila disajikan hangat, tinggal diberi cocolan saus Suki yang khas.

3 Toko Kue Ulang Tahun Di Bandung Yang Recommended

Hari ulang tahun adalah hari yang istimewa bagi setiap orang. Adakalanya kita menginginkan sesuatu yang istimewa seperti halnya kue ulang tahun.
Walaupun tidak dirayakan secara meriah,biasanya kehadiran kue ulang tahun bisa membawa kesan tersendiri bagi orang yang sedang berulang tahun. #SayItWithCakes 😘
Dan saya pun kerap membeli kue ulang tahun, khusus untuk orang-orang tersayang di tiga tempat berikut :



3 Toko Kue Ulang Tahun di Bandung, Yang Recommended Versi Saya :
1.Cizz Cheesecake &  Friends
Siapa sih yang ga kenal sama toko kue Cizz, toko yang khusus menyediakan kue berbahan dasar keju yaitucheese cake. Ya toko kue Cizz adalah toko kue favorit saya, yang sudah berdiri sejak tahun 2004, dan tetap bertahan hingga saat ini.
Toko berukuran mungil yang berada di jl.Laswi no 1A Bandung ini, memang sudah memiliki banyak pelanggan setia.Dan setiap berkunjung ke toko kue Cizz saya pasti memilih Fruity Cheese Cake untuk ibu saya. Perpaduan krim keju dan buah-buahannya terasa pas di lidah…

Arti kucing datang ke rumah (belajar tentang sebuah keikhlasan dari seekor kucing)

Disadari atau tidak, banyak sekali kejadian sepele yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Dan hal tersebut ternyata memiliki arti banyak untuk kita, seperti halnya sebuah kejadian yang saya alami beberapa minggu yang lalu. Hingga kemudian saya pun belajar memaknai akan arti dari kedatangan seekor kucing ke rumah saya. 
Sore itu, ketika pulang ke rumah, saya mendapati seekor kucing yang sedang duduk di bawah pohon dekat pintu pagar. Seekor kucing hitam dengan warna putih di bagian dada serta ke empat bagian ujung kakinya. Pertama melihatnya, saya langsung memanggilnya dengan sebutan kucing kaos kaki yang kemudian saya singkat dengan sebutan Mengkoska ☺.

Beberapa lama kemudian,saya masih mendapati kucing tersebut duduk di bawah pohon. Posisi badannya kelihatan sedikit terkulai,saya pun menghampirinya dan memegangnya ternyata kaki belakang si kucing  lemas sehingga si kucing tidak bisa berjalan dengan normal. Melihat hal tersebut, saya jadi merasa kasihan dan membawanya masuk ke tera…

Mie Ayam Enak Di Bandung, Yang Mana Favoritmu ?

Selain mie bakso, salah satu makanan favorit yang digemari banyak orang adalah mie ayam. Mie ayam sedikit berbeda dibanding mie bakso. Yang membedakan adalah ukuran mie nya yang sedikit lebih besar, racikan minyak, sawi hijau serta taburan ayam suir yang sudah dibumbui dengan rasa manisnya yang khas. 
Biasanya mie ayam disajikan dengan pangsit goreng, namun ada kalanya mie ayam juga dinikmati dengan tambahan bakso. Penjual mie ayam di kota Bandung identik dengan pedagang keliling dengan gerobak dorongnya yang berwarna biru tua. Walaupun ada juga beberapa penjual mie ayam yang berjualan menetap di sebuah tempat.

Keseruan Acara Hokben Blogger Gathering Bdg Bersama Menu Hoka Suka

Irasshaimase .. Ya itu adalah sambutan istimewa bagi setiap customer yang datang ke store Hokben. Sebuah sapaan hangat yang memiliki arti Selamat Datang. 
Saya jadi inget masa kuliah dulu nih, pernah ngambil jurusan bahasa Jepang, punya impian pengen pergi ke Jepang dan beberapa hari yang lalu saya baru saja berkunjung ke sebuah restoran Jepang..lengkap deh haha 😁.

Belajar Berkuda dan Memanah di Muslimah Academy

Tak kenal maka tak tahu, seperti itulah yang saya rasakan, sebelumnyasaya tidak mengenal sama sekali seperti apa kegiatan berkuda dan seperti apa kegiatan memanah. 
Yang saya tahu berkuda identik dengan hobinya princess Syahrini haha atau sebatas mengantar anak-anak untuk naik kuda di hari minggu haha (baca : naik kuda beda bangetdengan berkuda). 
Kalo naik kuda, sebagai penumpang kita cenderung 'pasrah' dan hanya duduk manis di atas kuda karena si kuda dituntun oleh si mamang, tetapi melalui berkuda kita belajar untuk menjadi seorang leader (pemimpin) untukberani mengarahkan dan mengendalikan kuda supaya berjalan sesuai tujuan. 
Begitupun dengan memanah, yang saya tahu sebelumnya, memanah hanya dilakukan oleh para atlet ataupun identik dengan sebuah aktivitas bagian dari peperangan di jaman dahulu..hehe. 
Ternyata memanah merupakan salah satu kegiatan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk wanita dan anak-anak. Di jaman sekarang kegiatan memanah sudah mulai famili…

RS Melinda Bandung, Rumah Sakit Nyaman Dengan Pelayanan Lengkap

Setelah sekian lama tak berkunjung ke rumah sakit. Siang itu saya datang berkunjung ke RS Melinda bersama empat orang teman. Namun di kunjungan kali ini, kita tidak datang untuk berobat ataupun untuk menjenguk orang lain. Kita datang untuk melakukan hospital tour (tour berkeliling rumah sakit Melinda1 dan Melinda 2) dengan tujuan untuk mengetahui layanan dan fasilitas apa saja yang tersedia di rumah sakit Melinda.