Skip to main content

Nasi Cikur Warung Inul Bandung

Kulineran di Bandung menjadi sebuah kegiatan yang ditunggu-tunggu di saat weekend tiba. Ga aneh apabila setiap menjelang weekend sebagian jalanan di kota Bandung menjadi padat dan ramai oleh wisatawan, terutama warga Jakarta yang sengaja datang ke Bandung hanya untuk berwisata kuliner.

Salah satu area kuliner yang terkenal di Bandung berada di kawasan Bandung utara yaitu di daerah Dago. Di Dago atas banyak sekali tempat hang out berupa restoran yang menawarkan beragam makanan dengan suasana yang nyaman dan udaranya yang sejuk hingga pemandangan city view yang menarik.

Selain restoran yang menyajikan menu western dan menu ngopi-ngopi cantik, di kawasan Dago atas terdapat sebuah warung makan sederhana bernama warung Inul yang menyajikan makanan khas sunda seperti nasi timbel, ayam goreng dan juga nasi cikur.

Awalnya warung inul terletak di area komplek perumahan mewah Dago Resort dekat sebuah taman tak jauh dari pintu gerbang komplek (sebelum hotel Marbella Suites), dan kemudian warung Inul pindah ke area parkir Tahura (Taman Hutan Raya) Juanda, Dago pakar yang kemudian diberi nama warung Inul 2.

Warung Inul 2 di area Taman Hutan Raya Juanda, Dago Pakar Bandung | photo source :serbabandung.com
Oya, warung Inul ini tak ada hubungan sama sekali dengan penyanyi dangdut terkenal Inul Daratista ya, kabarnya diberi nama warung Inul karena anak sang pemilik warung sering menonton video penyanyi Inul dan kemudian terinspirasi karena mudah diingat.

Makan Nasi Cikur di Warung Inul Setelah Jalan-Jalan di Tahura

Hari Sabtu (15/04) lalu saya berkunjung ke Tahura Juanda bersama teman-teman untuk berburu foto sekalian berburu biji buah pinus haha, ya di Tahura banyak sekali pohon pinus yang tumbuh tinggi menjulang dan biji-bijinya jatuh berserakan di tanah. 
 
Seseruan berfoto ria di Tahura

Dan beberapa dari pohon pinus tersebut dimanfaatkan oleh pihak pengelola Tahura untuk memasang hammock (ayunan yang diikat diantara batang pohon) dan menjadi salah satu daya tarik wisata anak muda kekinian di Tahura.

Hammock warna-warni diantara pohon pinus di Tahura | photo source : IG @sarrahgita

Di Tahura ada Goa peninggalan jaman penjajah yaitu goa Jepang dan Goa Belanda

Sebelum pulang wefie dulu di depan patung Ir.H.Juanda
Setelah berjalan-jalan dan berfoto, kami memutuskan untuk makan siang di warung Inul. Warung inul 2  terletak sekitar 20 meter dari pintu masuk Tahura. Dan saya pun memesan salah satu menu favorit di warung Inul yaitu nasi cikur.

Cikur berasal dari bahasa sunda yang artinya kencur. Jadi nasi cikur adalah nasi yang digoreng bersama rajangan kencur yang sudah dicampur dengan bumbu penyedap lain termasuk irisan bawang daun. Di bagian atas nasi cikur tersebut diberi taburan bawang goreng garing yang menambah rasa gurih. Terlihat sederhana namun dibalik kesederhanaan itulah yang membuat nasi cikur ini menjadi menu favorit.
Nasi cikur salah satu menu favorit di warung Inul | tumis kangkungnya juga enak lohh | photo source : pergidulu.com
Nasi cikur ini cocok dimakan dengan ayam goreng atau ikan asin kemudian dipadukan dengan sambal, petai goreng dan lalapan segar khas sunda. Wahh, pokoknya endes surendes, apalagi makannya sambil lesehan yang bisa menambah hangat suasana dan mengikat rasa kebersamaan bareng keluarga atau teman.

Makan lesehan bareng di warung Inul | sederhana dan nikmat
Jadi kalo lagi jalan-jalan kulineran di Bandung dan pengen nyobain makanan khas Bandung kayak nasi cikur atau batagor Bandung yang enak dan terkenal itu kamu sudah tahu harus datang kemana :)

Selamat  kulineran :)

                                                                                                                                                        

Comments

  1. Pgn nyobain ih nasi cikurnya... Sama tidur2an di hammock :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk atuh kita ngabring ke tahura teh nathalia :)..aku juga belum nyobain hammock nya :)

      Delete
  2. Tiba-tiba aku jadi pengen bikin nasgor cikur eh apa seblak, ya? Hehehe galau dan lapar kalau ketemu gini deh jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua-dua nya aja teh efi :)..nanti kalo udah jadi aku minta #eh *jadi pengen nyobain masakan teh efi #kode

      Delete
  3. Replies
    1. iya teh susi, warung inul lebih dikenal sama orang jakarta dibanding sama orang bandung :)

      Delete
  4. Nah, aku kira punyanya mba Inul, ternyata anak pemilik warungnya sering nonton video mba Inul :D. Unik. Aku belum pernah ke Tahura, jadi kabita pengen ke sana plus nyoba nasi cikurnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, brati berkunjung ke tahura sama makan nasi cikur di warung inul jadi daftar kunjung wajib gilang nih :)..yuk aku temenin :)

      Delete
  5. Ya ampun nasi cikurnya bikin ngiler

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.

Popular posts

Resep kuah suki

Suki adalah salah satu menu makanan enak dan sehat yang bisa kita nikmati rame-rame bersama teman dan keluarga.

Menu makanan khas negara-negara di Asia timur ini dikenal sebagai salah satu makanan sehat karena, minim penggunaan minyak dan bebas lemak.

Cara memasak suki yaitu dengan cara merebus. Kita tinggal memilih beraneka ragam jenis Suki yang rata-rata terbuat dari berbagai macam seafood, seperti baso udang, baso kepiting, baso ikan dan sebagainya. Dan ada  juga sayuran nya berupa sawi hijau dan jamur untuk kemudian dimasukkan / direbus ke dalam panci/pan yang berisi kuah sup panas. Suki sangat nikmat apabila disajikan hangat, tinggal diberi cocolan saus Suki yang khas.

3 Toko Kue Ulang Tahun Di Bandung Yang Recommended

Hari ulang tahun adalah hari yang istimewa bagi setiap orang. Adakalanya kita menginginkan sesuatu yang istimewa seperti halnya kue ulang tahun.
Walaupun tidak dirayakan secara meriah,biasanya kehadiran kue ulang tahun bisa membawa kesan tersendiri bagi orang yang sedang berulang tahun. #SayItWithCakes 😘
Dan saya pun kerap membeli kue ulang tahun, khusus untuk orang-orang tersayang di tiga tempat berikut :



3 Toko Kue Ulang Tahun di Bandung, Yang Recommended Versi Saya :
1.Cizz Cheesecake &  Friends
Siapa sih yang ga kenal sama toko kue Cizz, toko yang khusus menyediakan kue berbahan dasar keju yaitucheese cake. Ya toko kue Cizz adalah toko kue favorit saya, yang sudah berdiri sejak tahun 2004, dan tetap bertahan hingga saat ini.
Toko berukuran mungil yang berada di jl.Laswi no 1A Bandung ini, memang sudah memiliki banyak pelanggan setia.Dan setiap berkunjung ke toko kue Cizz saya pasti memilih Fruity Cheese Cake untuk ibu saya. Perpaduan krim keju dan buah-buahannya terasa pas di lidah…

Arti kucing datang ke rumah (belajar tentang sebuah keikhlasan dari seekor kucing)

Disadari atau tidak, banyak sekali kejadian sepele yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Dan hal tersebut ternyata memiliki arti banyak untuk kita, seperti halnya sebuah kejadian yang saya alami beberapa minggu yang lalu. Hingga kemudian saya pun belajar memaknai akan arti dari kedatangan seekor kucing ke rumah saya. 
Sore itu, ketika pulang ke rumah, saya mendapati seekor kucing yang sedang duduk di bawah pohon dekat pintu pagar. Seekor kucing hitam dengan warna putih di bagian dada serta ke empat bagian ujung kakinya. Pertama melihatnya, saya langsung memanggilnya dengan sebutan kucing kaos kaki yang kemudian saya singkat dengan sebutan Mengkoska ☺.

Beberapa lama kemudian,saya masih mendapati kucing tersebut duduk di bawah pohon. Posisi badannya kelihatan sedikit terkulai,saya pun menghampirinya dan memegangnya ternyata kaki belakang si kucing  lemas sehingga si kucing tidak bisa berjalan dengan normal. Melihat hal tersebut, saya jadi merasa kasihan dan membawanya masuk ke tera…

Mie Ayam Enak Di Bandung, Yang Mana Favoritmu ?

Selain mie bakso, salah satu makanan favorit yang digemari banyak orang adalah mie ayam. Mie ayam sedikit berbeda dibanding mie bakso. Yang membedakan adalah ukuran mie nya yang sedikit lebih besar, racikan minyak, sawi hijau serta taburan ayam suir yang sudah dibumbui dengan rasa manisnya yang khas. 
Biasanya mie ayam disajikan dengan pangsit goreng, namun ada kalanya mie ayam juga dinikmati dengan tambahan bakso. Penjual mie ayam di kota Bandung identik dengan pedagang keliling dengan gerobak dorongnya yang berwarna biru tua. Walaupun ada juga beberapa penjual mie ayam yang berjualan menetap di sebuah tempat.

Keseruan Acara Hokben Blogger Gathering Bdg Bersama Menu Hoka Suka

Irasshaimase .. Ya itu adalah sambutan istimewa bagi setiap customer yang datang ke store Hokben. Sebuah sapaan hangat yang memiliki arti Selamat Datang. 
Saya jadi inget masa kuliah dulu nih, pernah ngambil jurusan bahasa Jepang, punya impian pengen pergi ke Jepang dan beberapa hari yang lalu saya baru saja berkunjung ke sebuah restoran Jepang..lengkap deh haha 😁.

Belajar Berkuda dan Memanah di Muslimah Academy

Tak kenal maka tak tahu, seperti itulah yang saya rasakan, sebelumnyasaya tidak mengenal sama sekali seperti apa kegiatan berkuda dan seperti apa kegiatan memanah. 
Yang saya tahu berkuda identik dengan hobinya princess Syahrini haha atau sebatas mengantar anak-anak untuk naik kuda di hari minggu haha (baca : naik kuda beda bangetdengan berkuda). 
Kalo naik kuda, sebagai penumpang kita cenderung 'pasrah' dan hanya duduk manis di atas kuda karena si kuda dituntun oleh si mamang, tetapi melalui berkuda kita belajar untuk menjadi seorang leader (pemimpin) untukberani mengarahkan dan mengendalikan kuda supaya berjalan sesuai tujuan. 
Begitupun dengan memanah, yang saya tahu sebelumnya, memanah hanya dilakukan oleh para atlet ataupun identik dengan sebuah aktivitas bagian dari peperangan di jaman dahulu..hehe. 
Ternyata memanah merupakan salah satu kegiatan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk wanita dan anak-anak. Di jaman sekarang kegiatan memanah sudah mulai famili…

RS Melinda Bandung, Rumah Sakit Nyaman Dengan Pelayanan Lengkap

Setelah sekian lama tak berkunjung ke rumah sakit. Siang itu saya datang berkunjung ke RS Melinda bersama empat orang teman. Namun di kunjungan kali ini, kita tidak datang untuk berobat ataupun untuk menjenguk orang lain. Kita datang untuk melakukan hospital tour (tour berkeliling rumah sakit Melinda1 dan Melinda 2) dengan tujuan untuk mengetahui layanan dan fasilitas apa saja yang tersedia di rumah sakit Melinda.