Wednesday, May 31, 2017

3 Kuliner Ikan di Bandung Yang Wajib Dicoba Dan Bisa Bikin Ketagihan

Salah satu menu makanan sehat yang mengandung protein tinggi adalah ikan. Ikan laut seperti bawal, kerapu, kakap dan sebagainya nikmat sekali apabila diolah dengan cara digoreng, dibakar atau bahkan diasap. Nah, berikut ini informasi mengenai 3 warung makan di Bandung yang menyajikan kuliner khusus ikan :

1.   Ikan Reds Dipo

Warung Ikan Reds Dipo, sudah berdiri sejak 10 tahun yang lalu. Reds Dipo pertama kali berjualan di trotoar pinggir jalan sekitar jalan Diponegoro, Bandung. dan kemudian sempat membuka cabang di Jl. Martadinata (Jl. Riau).

Warung Reds Dipo kala itu | salah satu warung ikan yang digemari anak muda di Bandung | photo source : IG @redsdipothebest

Ikan bawal goreng yang gurih dengan sambalnya yang pedas menjadi ciri khas dan digemari oleh banyak orang termasuk saya kala itu. Dulu sepulang kerja saya sering sengaja datang ke Reds Dipo untuk makan ikan bawal gorengnya yang super nikmat.

Dan saat ini warung ikan Reds Dipo tak hanya menyajikan ikan bawal saja tapi juga makanan laut lainnya seperti kepiting, udang dan lain sebagainya. dan bisa dijumpai di jl. Dipatiukur no 1 (dekat perempatan jalan Dago-Cikapayang) bersebrangan dengan warung bakso Bujangan. Dan karena rasa ikannya yang memang enak dan berkualitas baik, warung Reds Dipo mampu bertahan sampai sekarang. Hebat yah :)

2. Ikan Sambal Pesisir

Warung ikan Sambal Pesisir pertama kali berjualan di daerah Sukaluyu (Jl. Rereng wulung) namun sejak bulan April 2017 lalu, warung ikan bakar sambal pesisir pindah lokasi ke cabangnya yang terletak di Jl. Cihapit (dekat Pet Park).

photo source : IG @ikansambalpesisir
Warung ikan Sambal Pesisir hanya menghidangkan sajian khusus ikan bakar saja. Yang menjadi favorit saya adalah ikan bakar barakuda. Bentuk ikan barakuda yang panjang menjadi salah satu daya tarik dan ternyata rasa dagingnya sangat lembut dan gurih. Dan yang menjadi ciri khas adalah sambal pesisirnya yang juara banget. Sambal pesisir merupakan racikan sambal bawang yang cocok sekali dipadankan dengan nasi hangat, ikan bakar serta lalapan segar. Wah, sambil cerita sampe jadi ngiler sendiri nih haha.
 
ikan bakar barakuda favorit saya | abaikan porsi nasi yang tampak jumbo padahal pasti habis haha
ikan bakar barakuda dengan sambal khas pesisir yang pedasnya nendang banget bikin ketagihan

3. Ikan Gombal Asap




Warung ikan gombal asap terletak di jl. Taman Cibeunying selatan persis di halaman samping rumah makan gudeg Banda. Apabila anda adalah penyuka ikan dan ingin mencoba hidangan ikan yang unik dan berbeda dari biasanya, langsung saja kunjungi warung ikan Gombal Asap ini dengan pilihan ikan laut seperti ikan bawal, ikan tongkol, ikan kuwe serta ikan pari dan juga variasi sambal seperti sambal terasi, sambal matah, sambal mangga dan sambal belimbing yang segar.

Berbeda dengan ikan Reds Dipo yang digoreng dan ikan Sambal Pesisir yang dibakar. Ikan Gombal Asap merupakan perpaduan keduanya, jadi sebelum diolah, semua ikan di gombal asap melalui proses pengasapan terlebih dahulu dan baru kemudian disajikan dalam pilihan digoreng atau dibakar, menarik ya ! :)

Jadi, segera tentukan pilihan, kuliner ikan laut  yang mana yang mau kamu coba terlebih dahulu? Digoreng, dibakar atau diasap..tiga-tiganya sama enaknya :) Saya suka ikan :) #marimakanikan #ikanituenak.                                    












Sunday, May 28, 2017

Gombal Asap Bandung, Bukan Ikan Asap Biasa!

Wisata kuliner merupakan salah satu daya tarik bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke kota Bandung. Maka seiring berkembang pesatnya aktivitas kuliner di kota Bandung, sebagian pengusaha dan pegiat kuliner semakin aktif dan kreatif dalam menawarkan varian kuliner yang unik dan tentunya lezat. 

Setelah  daging sei asap bandung yang kekinian di kalangan pecinta kuliner, di Bandung kita  bisa menemukan varian daging asap lainnya yang tak kalah lezat yaitu ikan asap. Wah, ikan asap, kayak gimana tuh?

Gombal asap bukan ikan asap biasa

Berkenalan dengan ikan asap

Ikan asap merupakan salah satu santapan populer di daerah pesisir  Indonesia. Setiap daerah pesisir mempunyai aroma dan rasa  ikan yang berbeda, tergantung dari jenis kayu dan teknik pengasapan yang digunakan. Pengasapan merupakan salah satu teknik pengawetan ikan dan  jenis kayu yang digunakan dapat membantu mengurangi bau amis yang ada pada ikan laut.

Beberapa jenis ikan yang cocok dan umum untuk diasap yaitu ikan tongkol, ikan marmoyo (jenis ikan yang hanya ada di perairan jawa timur), ikan odul (masih satu famili dengan ikan marlin), ikan putihan (kuwe), ikan bawal dan ikan pari.

Pilihan ikan di Gombal Asap

Ada Ikan Asap di Gombal Asap

Jujur, saya belum pernah mencicipi yang namanya ikan asap. Sampai suatu hari, salah seorang teman kuliah dulu, bercerita tentang sebuah menu kuliner yang unik yaitu ikan asap. Dan karena penasaran, saya pun mengajak suami mengunjungi tempat tersebut untuk mencicipi dan mencari tahu seperti apa sih rasa ikan asap itu? :)

Nama warung makan yang menawarkan menu ikan asap tersebut bernama Gombal Asap. Wah lucu ya namanya :), pake gombal-gombalan segala hehe, jadi tambah penasaran deh. Dan ternyata nama Gombal Asap ini merupakan singkatan dari kata Sego (bahasa Jawa) yang artinya nasi dan Sambal, jadi gombal asap itu adalah nasi sambal dan ikan asap.
Berkendara sekitar 15 menit dari rumah, kami pun tiba di Gombal Asap, berlokasi di jl. Taman Cibeunying Selatan no 33, tepat di area halaman rumah makan Gudeg Banda (cabang jl.Lombok), terletak pas di dekat pintu masuk (ujung kiri) diantara jajaran penjual makanan lainnya.

Begitu tiba di TKP saya langsung memesan salah satu menu yaitu paket ikan bawal asap. Satu paket menu ikan asap terdari dari satu piring nasi, ikan asap, sambal serta lalapan (berupa irisan timun dan kukus daun keciwis). Dan kesan pertama setelah mencicipi ikan asap di Gombal Asap, wah, suami saya suka sekali, sampai-sampai tambah nasi satu piring lagi loh. Saya dan suami memang sama-sama penyuka ikan, terutama ikan laut.

Makan Ikan di Gombal Asap Bareng Teman-Teman Dari Komunitas Emak Blogger Bandung

Dan beberapa hari yang lalu (h-2 menjelang bulan ramadhan), saya kembali mengunjungi warung ikan Gombal Asap, tapi kali ini sedikit berbeda, karena saya datang ramai-ramai bersama 8 orang teman lainnya dari Komunitas Emak Blogger (KEB) Bandung.

Teman-teman dari komunitas KEB (kumpulan emak blogger) Bandung berfoto bersama mba Cicilia (baju putih bercelemek selaku owner Gombal Asap)

Sekitar pukul 16.00 sore kami sudah berkumpul di Gombal Asap, mengambil beberapa foto untuk dokumentasi dan kemudian melakukan wawancara santai bersama mba Cicil (Cicilia), pemilik warung ikan Gombal Asap.

Mba Cicil memaparkan tentang latar belakang berdirinya warung ikan Gombal Asap ini, yang mana berawal dari hobi mba Cicil yang suka masak dan suka menjamu teman-temannya yang berkunjung ke rumah.

Teh Tian (kanan), mewakili komunitas KEB (Kumpulan Emak Blogger) Bandung sedang mewawancara mba Cicilia (kiri), owner warung ikan Gombal Asap
Warung ikan Gombal Asap ini dirintis sejak tanggal 02 Februari 2015 oleh mba Cicil bersama suaminya (mas Indra). Mereka memilih ikan karena mereka dibesarkan di daerah pesisir penghasil ikan yaitu Jawa Timur dan Kalimantan Timur.

Dan selain itu, Mba Cicil juga mempunyai harapan bahwa dengan membuka warung ikan sekaligus dapat membantu mensosialisasikan manfaat ikan pada masyarakat luas. Karena selama ini, masyarakat cenderung masih lebih memilih daging daripada ikan.

Berdasarkan penelitian, jumlah masyarakat yang mengkonsumsi ikan di Indonesia masih termasuk kategori rendah yaitu sekitar 32kg per kapita untuk pulau Jawa dan untuk pulau Sumatera dan Kalimantan jauh lebih baik yaitu antara 32 sampai dengan 43kg per kapita (sumber : mogabay.co.id).

Dan sebagai salah satu bentuk dukungan mba Cicil terhadap program pemerintah dalam meningkatkan minat masyarakat pada konsumsi ikan, mba Cicil juga pernah bekerjasama dengan salah satu komunitas kreatif yang ada di Bandung untuk membuat kerajinan tangan (handcraft) berbentuk ikan yang kemudian dibagikan kepada pengunjung yang makan ikan gombal asap. Wah seru ya .

Sebagai penyuka ikan, saya juga turut mendukung sekali akan program #marimakanikan ini, mudah-mudahan melalui tulisan ini sedikit banyak bisa membantu membuka mata dan  pikiran kita akan pentingnya makan ikan sebagai sumber gizi yang bermanfaat bagi tubuh terutama bagi anak-anak yang masih tumbuh dan berkembang.
Karena sejatinya, kebiasaan anak-anak mengkonsumsi makanan termasuk diantaranya ikan dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga. Orang tua yang sedari dini sudah mengenalkan dan memberi contoh bahwa mengkonsumsi ikan itu adalah hal yang biasa dan menyehatkan tentu akan lebih mudah ditiru oleh anak-anak.

Yuk makan ikan biar pintar #marimakanikan karena ikan adalah makanan kaya gizi yang mengandung protein, lemak, vitamin dan mineral :

1. Protein 
 - Kandungan protein pada ikan lebih tinggi dari protein serealia yang terdapat pada kacang-kacangan.
 - Protein ikan sangat mudah dicerna, sehingga baik bagi sistem pencernaan balita (anak dibawah usia lima tahun) yang belum sesempurna orang dewasa.
 - Protein ikan mengandung asam amino dalam bentuk yang mendekati asam amino yang ada di dalam tubuh manusia. komposisi asam amino (taurin) pada ikan juga lebih lengkap dibanding bahan makanan lain. Taurin berfungsi merangsang pertumbuhan sel otak balita.

2. Lemak 
- Asam lemak yang terdapat pada ikan merupakan asam lemak esensial yang sifatnya tidak jenuh. Asam lemak tidak jenuh sangat bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan menjaga kestabilan kadar kolesterol.
- Beberapa ikan laut seperti salmon, tuna, sarden dan makarel mengandung asam lemak yang tergabung dalam kelompok asam lemak omega 3 yang didalamnya terkandung zat EPA (asam eikosa pentae noat) dan DHA (asam dokosa heksae noat). Keduanya bermanfaat dalam menurunkan kolesterol dalam darah dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak kecil.

3. Vitamin
Vitamin A : banyak terdapat pada minyak hati ikan, bermanfaat mencegah kebutaan pada anak.
- Vitamin D : terdapat pada bagian daging, telur serta minyak hati ikan, penting bagi pertumbuhan dan kekuatan tulang.
- Vitamin B6 : membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf.
- Vitamin B12 : bermanfaat dalam pembentukan sel-sel darah merah, membantu metabolisme lemak dan melindungi jantung menjaga dari kerusakan syaraf.

4. Mineral 
- Zat besi : zat besi pada ikan lebih mudah diserap oleh tubuh dan berfungsi untuk membantu mencegah terjadinya anemia.
- Yodium : mencegah terjadinya penyakit gondok serta hambatan pertumbuhan dan kecerdasan anak.
- Selenium : berperan membantu metabolisme tubuh dan sebagai zat antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas, mencegah terjadinya penyakit degeneratif (turunan) seperti jantung koroner.
- Seng (Zync) : membantu kerja enzim dan hormon.
- Fluor : menguatkan serta menyehatkan gigi anak.
Sumber : penyuluhankelautanperikanan.blogspot.co.id
 
Yuk makan ikan biar pintar ☺

 
Ikan kakap asap favorit saya | rasanya gurih tanpa ada bau amis sama sekali


Menu mangut Iwak Pe alias Ikan Pari dengan kuah santan | salah satu menu khusus yang hadir setiap hari minggu

Gombal asap juga menerima orderan via Go-food | order online via aplikasi di handphone


 Video (vlog) dokumentasi mas Parmadi (keponih.com) featuring mba Cicilia dan mas Indra (pemilik warung ikan Gombal Asap).














Tuesday, May 23, 2017

3 Toko Kue Basah di Bandung Utara Yang Recommended, Selain Prima Rasa dan Kartika Sari

 
Makanan pencuci mulut seperti kue basah, menjadi salah satu makanan favorit saya. Ga tau kenapa, wujud kue basah yang mungil dan biasanya warna-warni itu tampak menarik di mata, dan membuat saya mudah tergoda untuk mencicipinya awalnya sih satu buah dan akhirnya pasti nambah hehe, one is never enough :)

Sama seperti halnya kalo makan  gorengan, satu ga pernah cukup. Iya ga sih? Guilty pleasure yang masih belum bisa saya kendalikan sampai sekarang :). Gorengan mudah sekali kita temui dimana saja, di setiap pinggir jalan pasti ada saja tukang gorengan yang mangkal, namun untuk toko yang menjual kue basah yang sesuai selera dan harganya cukup terjangkau masih bisa dihitung oleh jari.

Untuk toko kue, biasanya ingatan saya  langsung tertuju pada toko kue terkenal di kota Bandung yang berinisial PR dan KS, walah walah pake inisial segala yahh, macam rahasia aja haha, padahal di judul udah terpampang jelas tuh :).

Namun, seiring dengan popularitas kedua toko kue tersebut, yang selalu ramai dikunjungi pengunjung terutama wisatawan, maka harga kue-kue di tempat tersebut  menurut saya cenderung menjadi  lebih mahal .


Nah, berikut ini, 3 toko kue basah di daerah Bandung utara yang recommended dan bisa kamu kunjungi, apabila sewaktu-waktu membutuhkan kue-kue basah untuk menjamu tamu :

       1. Toko kue Sari-Sari


Toko kue Sari-Sari terletak di daerah Dago yaitu di jalan Sultan Tirtayasa dekat toko buah Total. Lokasinya yang berada di jalur yang tak terlalu ramai menjadikannya sedikit luput dari perhatian. Namun begitu masuk ke dalam ruangan, kita akan langsung disambut oleh  2 etalase berisi kue-kue basah yang memikat hati dan berderet memanjang di bagian kiri ruangan.
Tampak depan toko kue Sari-Sari | photo source cullinary-travelling.blogspot.co.id


Berbagai macam kue basah di Sari-sari yang membuat saya tergoda untuk mencicipi | photosource : buahatiku.com

Selain varian kue basah, toko kue Sari-Sari juga menjual berbagai macam menu sarapan seperti nasi kuning, nasi gudeg, rujak dan sebagainya. Pengunjung pun bisa menikmati langsung makanan-makanan tersebut sambil duduk dengan bonus minuman teh hangat tawar yang memang sengaja disediakan gratis untuk para pengunjung.


2. Toko kue Vitasari

Entah hoki atau kebetulan, nama toko kue rata-rata mengandung unsur nama sari, selain Kartika Sari dan Sari-Sari ada juga Vitasari :). Toko kue Vitasari terletak di sebuah ruko di pinggir jalan Surapati (dekat lapangan gasibu), tepatnya di sebelah rumah makan khas sunda Sindang Reret.



Toko kue Vitasari cabang Surapati sudah berdiri sejak tahun 1998 yang artinya sudah hampir  20 tahun ya, wahh, hebat ya masih bertahan sampai sekarang :). Maka tak heran apabila toko kue Vitasari mempunyai banyak pelanggan setia.


Tampak depan toko kue Vitasari cabang Surapati | photo source : zomato.com

Selain berbagai macam kue basah seperti lemper, soes, risoles, kue pelita, kue bingka dan lain sebagainya, roti juga menjadi salah satu jenis makanan yang khas di toko kue Vitasari ini. Berbagai macam roti isi menjadi salah satu makanan favorit pelanggan karena merupakan roti buatan sendiri (home made), dan harganya sangat terjangkau.



Dan selain di jl.Surapati no 55A yang paling deket sama lokasi rumah saya :), toko Vitasari juga  tersebar di beberapa wilayah lain di kota Bandung yaitu di daerah Cihapit (Jl.Sabang   samping pasar Cihapit), daerah Jl.Kurdi (daerah Moh.Toha), daerah Buah batu (sebrang Domino Pizza dan McD), dan daerah Holis (cijerah).


3. Toko kue Vitarasa  

Toko kue Vitarasa, terletak di daerah Sukaluyu yaitu  di Jl. Sidomukti no 92, berada di sebuah rumah yang bagian halamannya dimanfaatkan menjadi tempat  makan. 

Toko kue Vita rasa berada di jl Sidomukti no 92 tak jauh dari Taman Makam Pahlawan Bandung
Walaupun varian kuenya tidak selengkap di Vitasari dan Sari-Sari, rasa kue di Vitarasa lumayan istimewa, enak dan cocok dengan selera saya. Puding marmer dan bubur sumsum nya favorit saya :). Dan  untuk menghemat waktu, toko kue Vitarasa juga bekerjasama dengan salah satu perusahaan ojek online yang menyediakan jasa layanan pesan antar makanan yaitu go-food sehingga kita tinggal pesan melalui aplikasi dan menunggu kue diantar ke alamat, praktis dan lebih cepat. 

Oya selain kue basah,  toko kue Vitarasa juga menyajikan menu makanan dan minuman sebagai menu sarapan atau makan siang. Dan saya suka sekali nasi goreng kampung di Vitarasa ini karena jarang sekali saya menemukan tempat makan yang menyajikan menu nasi goreng kampung. Nasi goreng kampung adalah nasi goreng yang disajikan tanpa kecap, original dan itu yang menjadikannya istimewa.
  
Jadi, kalo perlu kue basah, langsung kunjungi saja 3 toko kue tersebut dan saya jamin kamu bakal lapar mata, pengen nyicip karena one is never enough :)

Saturday, May 20, 2017

Sei Sapi Bandung, Daging Asap Yang Wajib Kamu Coba

Dari sekian banyak menu makanan olahan daging, sate dan steak merupakan makanan favorit yang sudah dikenal banyak orang. Namun belum banyak orang yang mengenal daging sei sapi alias  daging sapi asap.
 
Saya pertama kali mengetahui daging sei, sekitar beberapa tahun yang lalu, ketika suami dinas ke Kupang dan kemudian pulang membawa oleh-oleh khas Kupang yang salah satunya merupakan daging sei berbentuk daging kering mirip dendeng.

Dan sekarang, di kota Bandung, terdapat sebuah tempat makan baru yang menyajikan hidangan daging sei yang bernama sei sapi Lamalera dan sedang digemari oleh para pecinta kuliner termasuk saya ðŸ˜˜

Daging sei sapi sambal matah dengan tumisan daun pepaya yang endes surendes :)

Berkenalan Dengan Daging Sei 


Daging se’i atau se’i adalah makanan khas yang berasal dari daerah Kupang, Nusa tenggara timur, salah satu provinsi di daerah timur Indonesia. Daging sei berasal dari bahasa Rote yang artinya daging yang diiris tipis memanjang. Awalnya daging sei menggunakan daging rusa akan tetapi karena daging rusa sudah mulai langka dan dilindungi oleh pemerintah maka masyarakat NTT menggunakan daging babi dan daging sapi.

Di daerah asalnya daging se’i ini dibakar menggunakan kayu khusus yaitu kayu kosambi karena tekstur kayu kosambi yang keras (kenyal) dan tahan terhadap perubahan cuaca dipercaya dapat mempengaruhi cita rasa daging.

Daging sei dibakar menggunakan kayu yang jaraknya diatur berjauhan, sehingga bukan api yang mematangkan daging tersebut melainkan asap panasnya, makanya daging sei disebut juga sebagai daging asap. Daging sei paling cocok disantap dalam keadaan panas dan didampingi oleh tumisan paprika atau tumisan daun pepaya serta sambal.

Sei Sapi Bandung Alias Sei Sapi Lamalera


Saya baru tahu kalo sei sapi hadir di kota Bandung setelah membaca postingan salah seorang teman pecinta kuliner, di akun media sosialnya, yang menceritakan tentang lezatnya kuliner sei sapi tersebut. Wah, langsung bikin saya penasaran tuh 😃. Sepertinya akun media sosial memang merupakan salah satu media promosi yang paling ampuh ya? 😃

Kebetulan sekali, rumah makan sei sapi Lamalera ini terletak tak jauh dari area gedung sate, yang sering kami lewati, maka ketika kami sedang dalam perjalanan pulang menuju rumah dan merasa lapar, kami pun memutuskan untuk mampir ke rumah makan sei sapi Lamalera tersebut.

Rumah makan sei sapi Lamalera berlokasi di Jl. Bagus rangin No 24 A Bandung
 
This se'i contain something that make you not remember all your problems.. 
haha nice wall art quotes :)
Rumah makan sei sapi Lamalera menyajikan 3 jenis varian daging, yaitu sei sapi, sei ayam dan lidah asap.

Varian daging sei yang bisa kamu pilih sesuai selera
Menurut saya, selain cara pengolahan dagingnya yang diasap, pilihan sambal yang ditawarkan menjadi  daya tarik yang membuat para pecinta kuliner dan penyuka kuliner pedas untuk mencoba daging sei sapi ini.

Sambal yang ditawarkan terdiri dari 4 pilihan, yaitu sambal matah, sambal luat, sambal ijo, rica-rica dan ada juga lada hitam. Dan sambal luat merupakan salah satu sambal khas Kupang yang wajib kamu coba. Berdasarkan informasi, sambal luat itu terbuat dari campuran cabe rawit, jeruk nipis dan daun kemangi. Wah, seger nih kayaknya :)

4 pilihan sambal yang bisa bikin kamu balik lagi tuk makan daging di sei sapi Lamalera

Satu porsi daging sei sapi dihargai sekitar Rp 20.000 dan tersedia juga menu paket (long board platter) yang bisa disantap beramai-ramai bersama teman atau keluarga.

Hobi kuliner dan suka pedas? Yuk cobain daging sei sapi Lamalera..dagingnya lembut dan sambalnya bikin nagih 😊plus tumis daun pepayanya pun dijamin ga ada rasa pahitnya sama sekali. Must try !

Harga murah meriah sesuai kantong :)

Tuesday, May 16, 2017

Pancake Manis Korea Alias Hotteok, Sudah Pernah Coba?

Apabila mendengar kata pancake, apa yang kemudian kamu bayangkan? Hmm, tentunya makanan manis yang diberi topping sirup dan es krim serta buah strawberry yang segar.
Tekstur empuk pancake yang dikombinasikan dengan es krim yang lumer di mulut, membuat pancake menjadi salah satu kudapan yang tidak pernah bisa saya tolak haha. Saya suka pancake terutama pancake dengan saus strawberry, rasanya manis seger-seger gimana gitu :)

Dan beberapa waktu yang lalu, secara tak sengaja, saya mencicipi pancake yang berbeda dari biasanya yaitu pancake manis Korea :). Waktu itu saya sedang mengunjungi salah satu restoran Korea di kota Bandung yang sedang happening dan cukup menarik perhatian karena desain interior restorannya yang unik. 


Dan pancake manis tersebut akhirnya saya pesan sebagai makanan teman ngobrol sambil menunggu hujan reda. 

Pancake Manis Korea Alias Hotteok

Hotteok merupakan makanan terkenal khas Korea mirip pancake yang sudah ada sejak abad 19. Di negara asalnya hotteok masuk ke dalam kategori street food alias bisa ditemui di pinggir jalan, terbuat dari tepung beras dengan isian pasta kacang. Hotteok mempunyai ukuran yang lebih kecil dibanding pancake pada umumnya. Pancake manis ala Korea ini berukuran bulat pipih tebal, kira-kira sedikit lebih besar dari bakpia dan dihidangkan satuan (tidak dihidangkan bertumpuk seperti halnya pancake biasa). 

Pancake manis ala Korea atau tepatnya Hotteok versi Indonesia :)
Pancake manis Korea yang saya coba adalah pancake isi coklat dengan topping es krim vanilla. Teksturnya renyah dan nuttiness (mengandung unsur kacang), berbeda dengan tekstur pancake biasa yang lembut seperti sponge. Pancake manis Korea digoreng menggunakan minyak dan dihidangkan hangat karena berdasarkan asal usulnya pancake manis Korea merupakan salah satu makanan favorit yang dinikmati disaat musim dingin.
Rasa pancake manis korea ini lumayan enak, namun sedikit terlalu manis buat saya, dan apabila disuruh memilih, tentunya saya lebih suka pancake biasa. :)

Pancake sebagai menu sarapan

Selain sebagai menu dessert, pancake dikenal sebagai salah satu menu sarapan yang praktis. Cara membuat pancake pun lumayan mudah dan bahan-bahannya gampang ditemukan di toko-toko sekitar kita. Pancake berbahan dasar tepung terigu, tinggal dicampur dengan telur, margarine, gula putih, susu serta baking powder

Berikut ini resep pancake sederhana yang bisa kamu coba di rumah, karena cara membuatnya relatif mudah, cepat dan praktis. Namun apabila kamu ingin mencoba pancake ala-ala restoran dengan topping yang beragam, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat berikut di kota Bandung, yang terkenal dengan hidangan pancake-nya yang lezat yaitu antara lain : Nanny’s pavillon ( jl. RE martadinata no 125, Bandung), Pancious (mal Paris Van Java, jl. Sukajadi, Bandung), dan Le Marly (jl. Citarum no 10, Bandung).

Banana Pancake di restoran Nannys Pavillon | photo source IG @nannyspavillon

 
Oreo pancake di Pancious | photo source : IG @panciouspancious

Fruit pancake di Lemarly | photo source IG @lemarly10








Follow @sarrahgita On Instagram

© sarrah gita's blog. Made with love by The Dutch Lady Designs.