Skip to main content

Posts

Showing posts from May, 2017

3 Kuliner Ikan di Bandung Yang Wajib Dicoba Dan Bisa Bikin Ketagihan

Salah satu menu makanan sehat yang mengandung protein tinggi adalah ikan. Ikan laut seperti bawal, kerapu, kakap dan sebagainya nikmat sekali apabila diolah dengan cara digoreng, dibakar atau bahkan diasap. Nah, berikut ini informasi mengenai 3 warung makan di Bandung yang menyajikan kuliner khusus ikan :
1. Ikan Reds Dipo

Warung Ikan Reds Dipo, sudah berdiri sejak 10 tahun yang lalu. Reds Dipo pertama kali berjualan di trotoar pinggir jalan sekitar jalan Diponegoro, Bandung. dan kemudian sempat membuka cabang di Jl. Martadinata (Jl. Riau).

Ikan bawal goreng yang gurih dengan sambalnya yang pedas menjadi ciri khas dan digemari oleh banyak orang termasuk saya kala itu. Dulu sepulang kerja saya sering sengaja datang ke Reds Dipo untuk makan ikan bawal gorengnya yang super nikmat.
Dan saat ini warung ikan Reds Dipo tak hanya menyajikan ikan bawal saja tapi juga makanan laut lainnya seperti kepiting, udang dan lain sebagainya. dan bisa dijumpai di jl. Dipatiukur no 1 (dekat perempatan jalan D…

Gombal Asap Bandung, Bukan Ikan Asap Biasa!

Wisata kuliner merupakan salah satu daya tarik bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke kota Bandung. Maka seiring berkembang pesatnya aktivitas kuliner di kota Bandung, sebagian pengusaha dan pegiat kuliner semakin aktif dan kreatif dalam menawarkan varian kuliner yang unik dan tentunya lezat. 

Setelahdaging sei asap bandung yang kekinian di kalangan pecinta kuliner, di Bandung kita bisa menemukan varian daging asap lainnya yang tak kalah lezat yaitu ikan asap. Wah, ikan asap, kayak gimana tuh?

Berkenalan dengan ikan asap
Ikan asap merupakan salah satu santapan populer di daerah pesisirIndonesia. Setiap daerah pesisir mempunyai aroma dan rasaikan yang berbeda, tergantung dari jenis kayu dan teknik pengasapan yang digunakan. Pengasapan merupakan salah satu teknik pengawetan ikan dan jenis kayu yang digunakan dapat membantu mengurangi bau amis yang ada pada ikan laut.
Beberapa jenis ikan yang cocok dan umum untuk diasap yaitu ikan tongkol, ikan marmoyo (jenis ikan yang hanya ada di pera…

3 Toko Kue Basah di Bandung Utara Yang Recommended, Selain Prima Rasa dan Kartika Sari

Makanan pencuci mulut seperti kue basah, menjadi salah satu makanan favorit saya. Ga tau kenapa, wujud kue basah yang mungil dan biasanya warna-warni itu tampak menarik di mata, dan membuat saya mudah tergoda untuk mencicipinya awalnya sih satu buah dan akhirnya pasti nambah hehe, one is never enough:)
Sama seperti halnya kalo makan gorengan, satu ga pernah cukup. Iya ga sih? Guilty pleasure yang masih belum bisa saya kendalikan sampai sekarang :). Gorengan mudah sekali kita temui dimana saja, di setiap pinggir jalan pasti ada saja tukang gorengan yang mangkal, namun untuk toko yang menjual kue basah yang sesuai selera dan harganya cukup terjangkau masih bisa dihitung oleh jari.


Untuk toko kue, biasanya ingatan sayalangsung tertuju pada toko kue terkenal di kota Bandung yang berinisial PR dan KS, walah walah pake inisial segala yahh, macam rahasia aja haha, padahal di judul udah terpampang jelas tuh :).
Namun, seiring dengan popularitas kedua toko kue tersebut, yang selalu ramai dikunju…

Sei Sapi Bandung, Daging Asap Yang Wajib Kamu Coba

Dari sekian banyak menu makanan olahan daging, sate dan steak merupakan makanan favorit yang sudah dikenal banyak orang. Namun belum banyak orang yang mengenal daging sei sapi alias daging sapi asap. Saya pertama kali mengetahui daging sei, sekitar beberapa tahun yang lalu, ketika suami dinas ke Kupang dan kemudian pulang membawa oleh-oleh khas Kupang yang salah satunya merupakan daging sei berbentuk daging kering mirip dendeng.
Dan sekarang, di kota Bandung, terdapat sebuah tempat makan baru yang menyajikan hidangan daging sei yang bernama sei sapi Lamalera dan sedang digemari oleh para pecinta kuliner termasuk saya 😘
Berkenalan Dengan Daging Sei 
Daging se’i atau se’i adalah makanan khas yang berasal dari daerah Kupang, Nusa tenggara timur, salah satu provinsi di daerah timur Indonesia. Daging sei berasal dari bahasa Rote yang artinya daging yang diiris tipis memanjang. Awalnya daging sei menggunakan daging rusa akan tetapi karena daging rusa sudah mulai langka dan dilindungi oleh peme…

Pancake Manis Korea Alias Hotteok, Sudah Pernah Coba?

Apabila mendengar kata pancake, apa yang kemudian kamu bayangkan? Hmm, tentunya makanan manis yang diberi topping sirup dan es krim serta buah strawberry yang segar. Tekstur empuk pancake yang dikombinasikan dengan es krim yang lumer di mulut, membuat pancake menjadi salah satu kudapan yang tidak pernah bisa saya tolak haha. Saya suka pancake terutama pancake dengan saus strawberry, rasanya manis seger-seger gimana gitu :)
Dan beberapa waktu yang lalu, secara tak sengaja, saya mencicipi pancake yang berbeda dari biasanya yaitu pancake manis Korea :). Waktu itu saya sedang mengunjungi salah satu restoran Korea di kota Bandung yang sedang happening dan cukup menarik perhatian karena desain interior restorannya yang unik. 
Baca juga : Restoran Korea kekinian di kota Bandung
Dan pancake manis tersebut akhirnya saya pesan sebagai makanan teman ngobrol sambil menunggu hujan reda. 
Pancake Manis Korea Alias Hotteok
Hotteok merupakan makanan terkenal khas Korea mirip pancake yang sudah ada sejak…