Taman Sejarah Bandung, Taman Kebanggaan Orang Bandung

sarrahgita.com - Kota bandung adalah kota kelahiran saya, yang pada masanya dikenal dengan sebutan Bandung kota kembang. Namun seiring dengan berjalannya waktu, gelar tersebut berganti dan hilang, entah mungkin karena di Bandung sudah tidak banyak lagi kembang yang tumbuh?  Sebutan Bandung kota kembang melekat karena pada jaman dulu, kota Bandung dinilai sangat cantik dengan banyak pohon dan bunga yang tumbuh disana dan menjadi kota tujuan wisata.
 
 
Berbicara soal kembang, di bawah kepemimpinan kang Ridwan Kamil selaku walikota Bandung saat ini, kota Bandung kembali berkembang dengan bersolek menjadi kota Bandung yang penuh dengan taman. Apabila dihitung, sepertinya sudah ada lebih dari 10 jumlah taman yang dibangun di kota Bandung dan diberi nama khusus seperti halnya salah satu taman terbaru yang ada di kota Bandung, yang baru saja saya kunjungi beberapa hari yang lalu, yaitu Taman Sejarah, Bandung.
 
 
taman sejarah

  

Taman Sejarah – Taman di Kawasan  Balai Kota Bandung


Taman kota secara umum, merupakan sebuah area terbuka yang berada di tengah kota dengan beragam  jenis pohon dan tanaman indah yang dapat dinikmati oleh setiap orang. Begitupun halnya dengan taman sejarah, taman sejarah merupakan salah satu taman kota yang berada di tengah kota yaitu tepatnya di kawasan balai kota, jalan Wastu Kancana, Bandung, yang bisa dikunjungi oleh masyarakat setiap saat (kecuali hari senin, taman ditutup untuk kepentingan pemeliharaan).

Banyak warga yang sengaja datang ke taman Sejarah untuk sekedar berfoto
 
 
Lokasi taman sejarah berada tepat di sayap kanan gedung balai kota Bandung, bersebelahan dengan jalan Aceh, menjadikannya mudah untuk diakses dan dikunjungi oleh setiap orang. Taman sejarah merupakan sebuah taman yang nyaman dan indah serta menarik untuk dikunjungi bersama teman ataupun bersama keluarga.  

 
Begitu memasuki area taman sejarah, kita akan disambut oleh beberapa memorabilia yang terbuat  dari bahan kaca yang bertuliskan informasi tentang tokoh-tokoh hebat yang pernah memimpin kota Bandung, mulai dari bapak Husein Wangsaatmadja (1978-1983), bapak Ateng Wahyudi (1983-1993), bapak Wahyu Hamijaya (1993-1998), bapak Aa Tarmana (1998-2003), bapak H.Dada Rosada (2003-2013) sampai dengan walikota yang sekarang yaitu bapak Ridwan Kamil (2013-2018).

 
Selain itu, salah satu spot yang menarik di taman sejarah adalah adanya sebuah kolam berukuran besar, yang bisa dipakai anak-anak untuk bermain air 😊. Terbukti setiap weekend (hari sabtu dan minggu), area taman sejarah ini penuh dikunjungi oleh warga Bandung yang datang sekedar untuk menikmati keindahan dan suasana taman ataupun sengaja untuk mengantar anak bermain sambil berekreasi.
 

taman sejarah bandung
Setiap hari terutama weekend kolam yang ada di taman sejarah ini ramai dikunjungi anak-anak  

Buah mahoni yang berjatuhan ke dalam kolam dikumpulkan oleh petugas


Jalan-Jalan ke Taman Sebagai Sarana Rekreasi dan Edukasi Keluarga


Ya, dengan adanya taman kota sebagai sarana publik, masyarakat seolah mendapatkan sarana rekreasi  gratis yang nyaman dan mudah diakses. Jadi masyarakat sudah bisa mendapatkan hiburan dengan cara berkunjung ke taman kota, duduk-duduk bersama sambil ngobrol, menikmati keindahan dan keanekaragaman tanaman serta pohon yang rimbun.


Tiga orang siswa penyandang tunanetra ingin ikut menikmati suasana di Taman Sejarah, Bandung

Selain itu jalan-jalan di pagi hari mengunjungi taman kota bersama keluarga merupakan sebuah kegiatan  seru yang menyenangkan dan perlu dicoba. Karena banyak sekali unsur edukasi yang bisa diterapkan di sela kegiatan tersebut. Orang tua juga bisa berkreasi sekreatif mungkin, mulai dengan menyiapkan bekal sendiri dari rumah untuk kemudian disantap bersama di taman dan kemudian membuat sebuah permainan yang melibatkan semua anggota keluarga. Kedekatan dan rasa kekeluargaan pun bisa bertambah walaupun hanya dengan acara jalan-jalan berkunjung ke taman karena bahagia itu sebenarnya sederhana 😊
 



Berfoto bareng teman-temans di Taman Sejarah (03/05/17)

Jadi, yuk segera luangkan waktu untuk berkunjung ke taman sejarah dan kenali siapa saja tokoh-tokoh hebat yang pernah memimpin kota Bandung!

I love Bandung😘
We love Bandung 😘😘



  

0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .