Skip to main content

3 Hal Istimewa Di Acara World #quranhour Di Mesjid Pusdai, Bandung

Sebuah pengalaman yang menarik untuk saya, bisa hadir di acara world quran hour yang diadakan pada hari Kamis lalu, 31 agustus 2017. Bertempat di mesjid Pusdai (Pusat Dakwah Islam), Jl.Diponegoro, Bandung. Pagi itu hadir lebih dari lima ribu jamaah yang memadati ruangan lantai 1 dan lantai 2 masjid Pusdai. Mayoritas masyarakat yang hadir adalah ibu-ibu dan bahkan ada juga anak sekolah yang sengaja datang untuk berpartisipasi dalam acara tersebut.

World #quranhour 09 dzulhijah 1438 Hijriah
Diantara ribuan jamaah ibu-ibu yang hadir di acara world quran hour | foto by Zia

Selain beberapa orang tokoh agama, ustad ustadzah serta hafiz yang hadir di acara tersebut, hadir juga wakil gubernur Jawa Barat yaitu bapak Dedi Mizwar. 

Pak wagub memberikan sambutan setelah kegiatan mengaji bersama selesai dilantunkan. Dan setelah itu hadir sosok ustad Evie Effendie yang memberikan tausyiah singkat dengan topik yang cukup menghibur. ustad Evie Efendie adalah ustad asal Bandung yang sedang digemari oleh anak muda dan juga ibu-ibu, karena cara penyampaian dakwahnya yang santai dan mengena di keseharian anak muda sekarang. Selain itu, yang cukup menarik perhatian adalah Muzamil Hasbalah (anak muda hafiz quran yang viral di internet karena lantunan bacaan qurannya yang indah), terlihat dari setelah selesainya acara, banyak ibu-ibu yang ingin berfoto bareng dengan Muzamil, sampe-sampe jalan menuju pintu keluar sedikit tersendat terhalang oleh mereka yang sedang berfoto. 

Bapak Dedi Mizwar wakil gubernur Jawa Barat di acara world quran hour 09 djulhijah 1438 hijriah | foto by Uwien Budi

Hafiz kembar 3 Hamanis (Hannan, Mannan dan Ihsan) juga cukup menarik perhatian saya | foto by : Nchie Hanie

Dan, berikut ini 3 hal istimewa tentang acara world #quranhour 2017 :

  1. Acara world quran hour ini diadakan secara serentak di berbagai tempat di seluruh dunia. Dan kota Bandung menjadi tuan rumah acara world #quranhour untuk Indonesia.
Bandung mengadakan acara world #quranhour untuk yang kedua kali, setelah world #quranhour pertama yang diadakan pada tahun 2016 lalu (1437 hijriah), di mesjid agung Trans Studio, Bandung, yang kala itu dihadiri oleh sekitar 3500 orang yang datang dari berbagai tempat.

Acara world quran hour ini merupakan pengingat bagi kita supaya kembali kepada alquran, karena keseharian kita yang sering melupakannya. Alquran seringkali dibaca hanya pada saat-saat tertentu saja, seperti misalnya pada acara syukuran, pernikahan dan sebagainya. Bahkan alquran cenderung hanya menjadi pajangan saja di rumah.

Program tahunan world quran hour ini mempunyai tujuan mulia untuk mengajak masyarakat kembali pada alquran, untuk kembali membacanya, menghayati isinya dan kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Di acara  world quran hour tersebut, setiap jamaah yang hadir diberi tugas untuk membaca 1 lembar ayat quran, hingga dalam waktu kurang dari setengah jam, semua surat di dalam alquran selesai dibaca oleh semua jamaah.

 2.  Acara world quran hour yang bertema Nation of Compassion ini disponsori oleh sebuah perusahaan penerbit Alquran terkemuka di Indonesia yaitu Cordoba.

Cordoba memberikan kontribusi melalui berbagi ribuan alquran secara gratis kepada masyarakat yang hadir di acara world quran hour tersebut. Selain itu ada juga hadiah voucher umroh ke tanah suci untuk 1000 orang pertama yang mendaftar melalui layanan sms untuk hadir di acara tersebut.

     3. Sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap acara world quran hour ini, terdapat salah satu sekolah menengah pertama yang khusus meliburkan kegiatan belajar mengajar pada hari itu, dengan tujuan supaya bisa ikut menghadiri acara tersebut. Sekolah menengah pertama tersebut adalah SMPN 27 Bandung, yang tak lain adalah sekolah tempat saya menimba ilmu dulu, selama 3 tahun. Wah, jadi kangen juga nih sama masa-masa SMP dahulu. Lokasi SMPN 27 ini memang terletak tak jauh dari mesjid Pusdai, Bandung, yaitu di daerah Katamso Jl.Yudha Wastu Pramuka (komplek TNI AD).

Acara world quran hour tahun ini, berjalan dengan lancar dan cukup khidmat, dan saya pun merasakan sebuah momen tak terlupakan dimana ketika sedang dibacakan salah satu ayat alquran (surat al-kahfi), air mata saya tiba-tiba menetes tak tertahan. Entah kenapa, yang pasti kala itu saya merasakan sebuah atmosfer luar biasa, dimana suasana begitu syahdu dengan suara lantunan alquran yang dipimpin oleh salah seorang ustad dan kemudian diikuti oleh ribuan jamaah. 

Ya, melalui acara tesebut saya merasa diingatkan kembali akan pentingnya kebiasaan untuk membaca dan menghayati isi alquran, seperti salah satu kutipan dari ustad Evie yang menempel di ingatan saya, yaitu membaca alquran itu hendaknya tak hanya sekedar membaca saja (formalitas), akan tetapi lebih baik apabila kita juga tahu apa arti dari ayat-ayat quran yang kita baca tersebut, dan ketika sudah mengetahui artinya maka hendaknya kita pun mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dan tausyiah dari ustadzah Mimin Aminah pun juga berhasil menohok hampir semua jamaah yang hadir disana, termasuk saya pastinya #eh .Bahwa fenomena yang terjadi saat ini adalah, kita sudah membiarkan Allah cemburu pada gadget kita, terbukti dengan kehadiran gadget yang selalu kita bawa dan baca setiap saat, berbalik 360 derajat dengan alquran. Padahal alquran adalah obat hati sekaligus petunjuk bagi manusia di dunia ini. 

Jadi, sudahkah kita membaca quran hari ini?

Baca juga : Waqaf Quran di Toko Buku Gramedia Bareng Cordoba

Yes, we support world quran hour

Comments

  1. Ih, seru banget acaranya. Sayang aku gak bisa ikut. Wikdey sih. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah tar bisa ikutan di world quran hour taun depan ya Teh Nia :)

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.

Popular posts

Resep kuah suki

Suki adalah salah satu menu makanan enak dan sehat yang bisa kita nikmati rame-rame bersama teman dan keluarga.

Menu makanan khas negara-negara di Asia timur ini dikenal sebagai salah satu makanan sehat karena, minim penggunaan minyak dan bebas lemak.

Cara memasak suki yaitu dengan cara merebus. Kita tinggal memilih beraneka ragam jenis Suki yang rata-rata terbuat dari berbagai macam seafood, seperti baso udang, baso kepiting, baso ikan dan sebagainya. Dan ada  juga sayuran nya berupa sawi hijau dan jamur untuk kemudian dimasukkan / direbus ke dalam panci/pan yang berisi kuah sup panas. Suki sangat nikmat apabila disajikan hangat, tinggal diberi cocolan saus Suki yang khas.

3 Toko Kue Ulang Tahun Di Bandung Yang Recommended

Hari ulang tahun adalah hari yang istimewa bagi setiap orang. Adakalanya kita menginginkan sesuatu yang istimewa seperti halnya kue ulang tahun.
Walaupun tidak dirayakan secara meriah,biasanya kehadiran kue ulang tahun bisa membawa kesan tersendiri bagi orang yang sedang berulang tahun. #SayItWithCakes 😘
Dan saya pun kerap membeli kue ulang tahun, khusus untuk orang-orang tersayang di tiga tempat berikut :



3 Toko Kue Ulang Tahun di Bandung, Yang Recommended Versi Saya :
1.Cizz Cheesecake &  Friends
Siapa sih yang ga kenal sama toko kue Cizz, toko yang khusus menyediakan kue berbahan dasar keju yaitucheese cake. Ya toko kue Cizz adalah toko kue favorit saya, yang sudah berdiri sejak tahun 2004, dan tetap bertahan hingga saat ini.
Toko berukuran mungil yang berada di jl.Laswi no 1A Bandung ini, memang sudah memiliki banyak pelanggan setia.Dan setiap berkunjung ke toko kue Cizz saya pasti memilih Fruity Cheese Cake untuk ibu saya. Perpaduan krim keju dan buah-buahannya terasa pas di lidah…

Arti kucing datang ke rumah (belajar tentang sebuah keikhlasan dari seekor kucing)

Disadari atau tidak, banyak sekali kejadian sepele yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Dan hal tersebut ternyata memiliki arti banyak untuk kita, seperti halnya sebuah kejadian yang saya alami beberapa minggu yang lalu. Hingga kemudian saya pun belajar memaknai akan arti dari kedatangan seekor kucing ke rumah saya. 
Sore itu, ketika pulang ke rumah, saya mendapati seekor kucing yang sedang duduk di bawah pohon dekat pintu pagar. Seekor kucing hitam dengan warna putih di bagian dada serta ke empat bagian ujung kakinya. Pertama melihatnya, saya langsung memanggilnya dengan sebutan kucing kaos kaki yang kemudian saya singkat dengan sebutan Mengkoska ☺.

Beberapa lama kemudian,saya masih mendapati kucing tersebut duduk di bawah pohon. Posisi badannya kelihatan sedikit terkulai,saya pun menghampirinya dan memegangnya ternyata kaki belakang si kucing  lemas sehingga si kucing tidak bisa berjalan dengan normal. Melihat hal tersebut, saya jadi merasa kasihan dan membawanya masuk ke tera…

Mie Ayam Enak Di Bandung, Yang Mana Favoritmu ?

Selain mie bakso, salah satu makanan favorit yang digemari banyak orang adalah mie ayam. Mie ayam sedikit berbeda dibanding mie bakso. Yang membedakan adalah ukuran mie nya yang sedikit lebih besar, racikan minyak, sawi hijau serta taburan ayam suir yang sudah dibumbui dengan rasa manisnya yang khas. 
Biasanya mie ayam disajikan dengan pangsit goreng, namun ada kalanya mie ayam juga dinikmati dengan tambahan bakso. Penjual mie ayam di kota Bandung identik dengan pedagang keliling dengan gerobak dorongnya yang berwarna biru tua. Walaupun ada juga beberapa penjual mie ayam yang berjualan menetap di sebuah tempat.

Keseruan Acara Hokben Blogger Gathering Bdg Bersama Menu Hoka Suka

Irasshaimase .. Ya itu adalah sambutan istimewa bagi setiap customer yang datang ke store Hokben. Sebuah sapaan hangat yang memiliki arti Selamat Datang. 
Saya jadi inget masa kuliah dulu nih, pernah ngambil jurusan bahasa Jepang, punya impian pengen pergi ke Jepang dan beberapa hari yang lalu saya baru saja berkunjung ke sebuah restoran Jepang..lengkap deh haha 😁.

Belajar Berkuda dan Memanah di Muslimah Academy

Tak kenal maka tak tahu, seperti itulah yang saya rasakan, sebelumnyasaya tidak mengenal sama sekali seperti apa kegiatan berkuda dan seperti apa kegiatan memanah. 
Yang saya tahu berkuda identik dengan hobinya princess Syahrini haha atau sebatas mengantar anak-anak untuk naik kuda di hari minggu haha (baca : naik kuda beda bangetdengan berkuda). 
Kalo naik kuda, sebagai penumpang kita cenderung 'pasrah' dan hanya duduk manis di atas kuda karena si kuda dituntun oleh si mamang, tetapi melalui berkuda kita belajar untuk menjadi seorang leader (pemimpin) untukberani mengarahkan dan mengendalikan kuda supaya berjalan sesuai tujuan. 
Begitupun dengan memanah, yang saya tahu sebelumnya, memanah hanya dilakukan oleh para atlet ataupun identik dengan sebuah aktivitas bagian dari peperangan di jaman dahulu..hehe. 
Ternyata memanah merupakan salah satu kegiatan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk wanita dan anak-anak. Di jaman sekarang kegiatan memanah sudah mulai famili…

RS Melinda Bandung, Rumah Sakit Nyaman Dengan Pelayanan Lengkap

Setelah sekian lama tak berkunjung ke rumah sakit. Siang itu saya datang berkunjung ke RS Melinda bersama empat orang teman. Namun di kunjungan kali ini, kita tidak datang untuk berobat ataupun untuk menjenguk orang lain. Kita datang untuk melakukan hospital tour (tour berkeliling rumah sakit Melinda1 dan Melinda 2) dengan tujuan untuk mengetahui layanan dan fasilitas apa saja yang tersedia di rumah sakit Melinda.