Mau Naik Bandros? Ada 5 Rute Yang Bisa Kamu Pilih Lho

Cung siapa yang pernah naik Bandros? Saya pernah. Duh bangga banget yak..haha.
Ya naik bandros merupakan sebuah pengalaman yang menarik buat saya. Seperti halnya sekitar satu tahun yang lalu, ketika saya pertama kali naik bandros rame-rame bareng teman dari sebuah komunitas foto.

Ya saya masih ingat, pengalaman pertama kali naik bandros keliling kota Bandung. Bandros yang merupakan singkatan dari Bandung Tour On Bus. Bis yang satu ini adalah alat transportasi umum yang bisa digunakan oleh seluruh masyarakat kota Bandung maupun para wisatawan yang datang ke Bandung untuk berkeliling kota Bandung. Wah asyik ya.


Dan minggu lalu (06/07) saya naik Bandros untuk yang kedua kalinya. Ceritanya sih nganter seorang teman, yang kepengen banget naik Bandros..ngidam katanya.

Kami beruntung bisa langsung naik, tanpa harus menunggu lama. Karena bertepatan dengan masa liburan anak-anak sekolah, bis Bandros yang kami tumpangi siang itu, dipenuhi oleh anak-anak usia sekolah beserta ibunya. Jadi berasa ngasuh anak-anak nih hehe.



Bis bandros memiliki 5 warna sesuai rute dan tujuannya masing-masing

Saat ini kota Bandung memiliki 10 unit bis bandros dengan 5 warna berbeda yaitu pink, biru, kuning, hijau, dan ungu.  Dimana ke lima warna tersebut memiliki rute dan tujuan yang berbeda. Nah lho. Jadi, jangan sampai asal naik hingga salah tujuan ya. Yuk kenali rute bis bandros sesuai warnanya, dimana aja tempat pemberhentiannya dan kemana aja sih tujuannya?
  1. Bis bandros warna pink
Bis bandros warna pink memiliki rute sebagai berikut :  gedung Sate - Kebun Binatang –  U turn Dago Tea House – Forest Walk Baksil (Babakan S  iliwangi) – teras Cikapundung – teras Cihampelas – gedung Sate.



  2.  Bis Bandros warna ungu
Bis Bandros warna ungu bisa dinaiki mulai dari rute gedung Sate – Surapati core – alun alun Ujung Berung – Arcamanik sport – lapangan Supratman – dan kembali lagi ke gedung Sate



  3.Bis Bandros warna kuning
Untuk rute bis Bandros warna kuning dimulai dari taman Dewi Sartika – gedung Sate – taman foto – gedung Merdeka – alun alun Bandung dan kembali ke taman Dewi Sartika



  4. Bis Bandros warna hijau
Bis Bandros warna hijau bisa dijumpai di teras Cihampelas dengan rute stasiun KA bandung – alun alun Bandung - rs Hasan Sadikin – kampus UPI dan kemudian kembali lagi ke teras Cihampelas


  5. Bis Bandros warna biru
Sedangkan untuk bis Bandros warna biru  memiliki tempat pemberhentian mulai dari Alun-Alun Bandung – taman veteran – Cibaduyut – taman Leuwi panjang – museum Sribaduga dan kembali ke Alun-Alun Bandung

 

Naik Bandros Bisa Nambah Pengetahuan Tentang Sejarah Tempat-Tempat Di Kota Bandung

Nah dari info diatas, saya jadi ngeh n baru tahu kalo bis Bandros tersebut mengelilingi beberapa kawasan di kota Bandung mulai dari kawasan Bandung utara, alun-alun kota Bandung hingga ke kawasan Bandung selatan dan Bandung timur.. Dan kita tinggal pilih mau jalan-jalan keliling Bandung mana.

Selama berkeliling kota menggunakan bis Bandros, kita dipandu oleh seorang city tour guide. Yang bertugas menyampaikan informasi mengenai tempat-tempat bersejarah di kota Bandung, khususnya yang ada di sepanjang rute jalan yang kita lewati.

Teteh guide yang memandu kita selama di perjalanan naik Bandros
Ketika melewati kawasan jalan Cihampelas yang terkenal akan wisata belanja celana jeans nya, si teteh guide menyampaikan sebuah informasi menarik, bahwa di jalan Cihampelas terdapat sebuah mesjid tertua di kota Bandung, yaitu mesjid Mungsolkanas. 

Mesjid tersebut didirikan pada sekitar tahun 1800an. Berada di dalam sebuah gang kecil, sekitar 30m dari jalan Cihampelas, tepatnya sebelum kampus STBA (sekolah tinggi bahasa asing) Bandung. Kalo liat ke sebelah kiri jalan, disana ada plang berwarna hijau yang bertuliskan nama mesjid tersebut.

Dan nama mesjid yang terdengar unik tersebut merupakan sebuah singkatan dari bahasa sunda yaitu Mangga urang sholawat ka nabi Muhammad SAW..duh kok kepikiran ya..bikin nama seperti itu hehe.

Selain itu, saya pun baru tahu kalo di sebelah gedung RRI ada sebuah gedung bersejarah yang menjadi lokasi tempat diadakannya kegiatan konferensi Asia Afrika, gedung tersebut adalah gedung Dwi Warna (sekarang dipakai menjadi gedung Keuangan RI). Sedangkan gedung merdeka yang ada di daerah Asia Afrika adalah gedung yang dipakai untuk acara pembukaan saja.

Dan tentunya masih banyak informasi dan pengetahuan menarik lainnya yang bisa kita peroleh dengan jalan-jalan naik Bandros.

Jadi, buat kamu yang punya waktu luang, yuk nikmati kesempatan untuk jalan-jalan keliling kota Bandung naik Bandros. Cukup dengan membayar tiket seharga Rp 20.000 kita bisa mendapatkan sebuah pengalaman menyenangkan yang tak terlupakan.

Tiket bandros

Yuk buruan naik Bandros. Dan ceritakan juga pengalaman serumu naik Bandros.



Comments

Recent Posts