Hobi Berkebun Di Rumah Bisa Bikin Hepi Lho

March 03, 2019

Dari sekian banyak hobi yang saya miliki, berkebun atau bercocok tanam di rumah adalah salah satu hobi baru saya. Setiap hari Sabtu dan Minggu saya menikmati sekali ber me-time ria dengan melakukan kegiatan berkebun ala-ala di halaman belakang rumah.

Sebenarnya jumlah tanaman yang saya miliki saat ini tidaklah banyak, tapi sebanding dengan waktu yang saya miliki untuk merawat mereka. Setiap pagi dan sore saya rutin menyiram tanaman-tanaman tersebut. 


Belanja Tanaman Ke Daerah Parongpong, Cihideung

Oya beberapa dari tanaman yang saya miliki saya peroleh dari daerah Cihideung, Parongpong, Lembang salah satu tempat di dataran tinggi  Bandung yang terkenal sebagai tempat berkumpulnya para penjual tanaman. Disana banyak sekali beragam tanaman hias. Tanaman-tanaman tersebut terlihat di sepanjang jalan Cihideung dan tampak menggoda. 


Salah satu tanaman indoor yang saya letakkan di kamar | tanaman lidah mertua ini kabarnya bagus untuk sirkulasi udara (mengeluarkan oksigen di malam hari)

tanaman jenis sukulen yang cara merawatnya relative mudah. Cukup disiram seminggu sekali 


Tanaman lidah buaya memiliki banyak manfaat, bisa untuk perawatan kulit dan rambut


Tanaman rosemary yang wanginya enak banget. Bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan atau untuk perawatan rambut 

Dari Cihideung saya memboyong 7 buah tanaman untuk dibawa pulang ke rumah. Oemji. Gimana bawanya nih. Secara dua orang teman saya yang menemani saya saat itu, sama-sama membeli beberapa buah tanaman. Oya saya bahkan membeli 1 buah pot tanah liat berukuran sedang. Bagasi mobil pun jadi penuh oleh tanaman haha. Belanja tanaman emang bisa bikin ketagihan ya!





Ada dua jenis tanaman indoor yang saya beli di Cihideung, yaitu tanaman jenis Calathea, (zebra plant & rattle snake plant) dan tanaman jenis sukulen yaitu Lidah Mertua, lidah buaya dan Rosemary. Jenis tanaman hias tersebut memang sudah saya incar sejak beberapa waktu lalu. Dengan pertimbangan perawatannya mudah dan memiliki beberapa manfaat yang saya butuhkan. Walaupun ternyata masih ada 2 jenis tanaman lain yang terlewat karena kelupaan. Mungkin itu artinya saya harus kembali berkunjung ke Cihideung untuk belanja tanaman lagi. Dan harus bikin list supaya ga lupa dan ga kalap hehe.

Tanaman Bisa Bikin Saya Hepi


Buat saya kehadiran tanaman memang terbukti bisa bikin saya hepi alias bahagia. Wujud tanaman yang berwarna hijau sanggup menyegarkan kedua mata saya dan bisa membuat saya ‘jatuh cinta’. Bahkan tak heran ada beberapa jenis tanaman yang bisa membuat orang yang memang gemar tanaman, rela untuk merogoh koceknya dalam-dalam untuk membeli tanaman tersebut. Meski harganya mencapai jutaan rupiah. Wow. Sedangkan untuk saya sendiri, saya hanya akan membeli tanaman yang harganya terjangkau dan sesuai dengan budget yang saya miliki. Hehe.

Karena memang ada sebuah kebahagiaan tersendiri ketika tanaman yang kita tanam kemudian tumbuh subur dengan sehat. Begitupun halnya ketika kita menanam jenis tanaman berupa sayuran atau buah-buahan. Sebuah perasaan yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Duh seneng deh..pokoknya bahagia.

Seperti halnya ketika pohon rambutan yang ada di halaman belakang rumah berbuah untuk pertama kalinya. Walaupun jumlah buah rambutan yang berhasil saya panen jumlahnya belum banyak. Hanya 10 buah saja. Tapi saya bangga dan senang sekali bisa menyantap buah rambutan hasil dari kebun sendiri.

Dan satu hal lain, saya juga ingin sekali belajar menanam jenis sayuran seperti cabe rawit, tomat, daun bawang dan sebagainya. Jadi semisal perlu saya tinggal metik dari halaman sendiri. Ciyee. Haha. Ga usah ke warung gitu. Kan perlunya juga cuma dikit. Btw dulu pernah sih nyoba nanam tapi belum berhasil. Haha. Semangat kakak. Harus belajar sama ahlinya dulu nih kayaknya.

So bagaimana dengan pendapat teman-teman setuju nggak sih dengan istilah tanaman bisa bikin hepi ?


You Might Also Like

18 comments

  1. Aku juga suka berkebun walau lahan disamping rumah cukup Sempit

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama halaman rumahku juga ga luas kok..lumayanlah ya buat nambah ijo2

      Delete
  2. Nah ini nih, lagi mau mulai berkebun di rumah, kayaknya seruu..semoga bikin happy

    ReplyDelete
  3. Saya juga suka berkebun dirumah. Terkadang jika ada waktu luang suka tanam dilahan kosong di pekarangan. Hobi mama nurun ke saya.

    salam,
    kidalnarsis.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah senangnyaa..jadi bisa berkebun bareng sama mama

      Delete
  4. Duluuuu... Sebelum negara api menyerang aku suka nanam segala macem di halaman rumah (di Bogor). Sekarang lebih banyak ngurusin kucing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah penyuka kucing juga ya mba? aku juga pelihara kucing tapi cuma 2 ekor sih..ga sanggup kalo banyak2 hehe

      Delete
  5. aku kok ya nggak pernah berhasil ya, kalau nanam apa-apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba yang mudah aja dl mba..kayak sukulen..harganya murah cm 5000an trus nyiramnya juga cukup seminggu sekali

      Delete
  6. Wah, samaaan gening. Saya juga lagi senang bercocok tanam. Nanam kangkung.

    ReplyDelete
  7. Iya ya,,
    Tanaman bisa jadi penghilang stres

    ReplyDelete
  8. ih lucu2
    itu bisa buat ikutan green school atau adiwiyata
    penataannya bagus...

    ReplyDelete
  9. tanam duren teh, nanti kalau udah berbuah saya maen kerumah wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw nanam duren mah susah, butuh perjuangan n waktu lama. mending beli aja haha

      Delete
  10. 2 tanaman terakhir tergolong tanaman yang mahal, perawatannya juga susah. Gak terlalu suka panas

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jenis calathea itu saya beli cuma sekitar 20ribuan ko mba..nah iya yg jenis zebra itu jenis indoor, ga tahan cuaca panas..kl kepanasan daunnya jadi keriting gitu ya hehe. kl yg jenis snake relatif aman buat ditaro di luar

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.

Follow @sarrahgita on Instagram