5 Alasan Kenapa Saya Pengen Punya Usaha Kuliner

by - April 11, 2019

5 Alasan Kenapa Saya Pengen Punya Usaha Kuliner - Halo..besok udah weekend lagi nih. Sebagai orang yang hobi kulineran, weekend kerap kali saya jadikan sebagai moment special untuk mencicipi menu makanan baru. Tapi itu duluu hehe.


Seiring berjalannya waktu, sepertinya saya semakin ‘bisa menahan diri’ untuk tidak konsumtif dengan sering makan di luar dan lebih cerdas dalam memilih jenis makanan yang akan masuk ke dalam perut saya.

Dan ketika melihat trend gaya hidup sehat yang sedang berkembang di masyarakat saat ini, saya jadi teringat pada salah satu mimpi saya di masa lalu. Yaitu ingin punya usaha kuliner sendiri. Kayaknya seru juga nih kalo punya restoran yang menyajikan menu makanan sehat yang berbahan dasar sayuran dan buah-buahan organik. Hmm.


Mimpi Pengen Punya Usaha Kuliner Sendiri


Siapapun boleh bermimpi. Dan dari mimpi tersebut saya mempunyai keinginan untuk merealisasikannya dengan mulai melangkah. Saya bisa mulai dari hal-hal kecil seperti menuliskannya, membagi ide tersebut kepada teman, keluarga dan pasangan. Serta mencari informasi sebanyak mungkin apa aja sih yang harus disiapkan sebelum memulai usaha kuliner.

Dan berikut ini 5 alasan kenapa saya pengen punya usaha kuliner sendiri :

  1. Usaha kuliner adalah salah satu jenis usaha yang tak lekang dimakan waktu. Mungkin man-teman pernah mendengar sebuah istilah yang mengatakan bahwa selama manusia masih membutuhkan makanan dan minuman, maka peluang usaha di bidang kuliner menjadi salah satu jenis usaha yang akan terus eksis di dunia ini

  1. Saya doyan makan apalagi kalo makannya sambil kumpul rame-rame bareng teman. Dan dengan membuka sebuah warung makan atau restoran, saya bisa mengajak mereka berkumpul sambil menikmati aneka sajian makanan yang ada di restoran saya itu. Jadi ga usah bingung lagi kalo mau cari tempat nongkrong buat ngumpul bareng temen. Tapi udahnya jangan lupa bayar ya #eh haha.

  1. Ingin mengajak masyarakat untuk  mulai mengkonsumsi makanan sehat. (mengurangi daging dan lebih sering mengkonsumsi buah dan sayur). Dari sekian banyak jenis kuliner yang ada di sekitar lingkungan kita. Mayoritas makanan masih diolah dengan cara yang kurang sehat seperti digoreng dalam minyak banyak (deep frying) contoh ayam goreng, bebek goreng dan aneka gorengan lainnya. Atau makanan lain yang diolah secara instan menggunakan bahan-bahan yang mengandung pengawet serta mengandung banyak gula.   
    Saya punya keinginan untuk mengedukasi masyarakat dengan mindset positif bahwa makanan sehat itu juga enak lho.
  1. Usaha kuliner di bidang online semakin terbuka. Zaman terus berkembang dan semakin praktis. Siapa sih yang ga kenal dengan jasa layanan pesan antar makanan seperti Go-Food. Masyarakat semakin dimudahkan dengan adanya layanan tersebut. Tinggal buka aplikasi, pilih makanan yang diinginkan, pesan, dan makanan pun akan diantar ke alamat kita. Dalam hal ini selain masyarakat, pihak produsen alias pemilik usaha kuliner juga menjadi ikut terbantu. Jadi kalopun saya belum punya budget untuk memiliki bangunan fisik berupa warung makan atau restoran, saya tetap bisa membuka usaha kuliner dengan cara online (jasa pesan antar).

  1. Teknologi semakin canggih. Dalam mengelola usaha kuliner tentu dibutuhkan manajemen keuangan yang baik. Dan saya bersyukur di jaman sekarang sudah banyak teknologi canggih yang mendukung hal tersebut. Untuk pilihan mesin kasir saya akan memilih menggunakan Aplikasi Kasir online seperti SPOTS.   Dengan menggunakan aplikasi kasir tentu akan menghemat waktu dan menghemat uang karena aplikasi kasir dapat membantu mengotomatisasi banyak tugas penjualan sehari-hari.                                                                         


SPOTS – Aplikasi Kasir Online Yang Praktis Dan Cocok Untuk Pelaku Usaha Kuliner / UMKM


Adakalanya para pelaku usaha kuliner / UMKM merasa kesulitan dalam mengelola pesanan online dan offline, seperti kesulitan merekap transaksi keuangan,  terbatasnya SDM (sumber daya manusia) yang mengerjakan,  hingga terbatasnya akses dalam menerima pembayaran non tunai.

Dan SPOTS hadir sebagai sistem Point Of Sale yang dilengkapi dengan beragam fitur untuk membantu operasional usaha jenis apa pun termasuk usaha kuliner. Dari mulai terima pesanan Go-Food, pembayaran Go-Pay (pembayaran non tunai) hingga laporan harian dan beragam tipe pembayaran instant lainnya.

Dalam aplikasi SPOTS terdapat beberapa fitur praktis seperti : Mengatur Menu (isi manual atau impor menu Go-Food, atur jumlah, foto, harga serta kategori menu sesuai kebutuhan), Terima Pesanan Go-Food (notifikasi realtime setiap menerima pesanan dari Go-Food, dengan catatan fitur ini berlaku bagi partner Go-Food yang sudah terdaftar), Terima Pembayaran Go-Pay (pelanggan dapat membayar hanya dengan scan kode QR dan dana langsung masuk ke akun Go-Pay), Cetak Resi Instan (perangkat dilengkapi dengan printer, jadi tidak perlu mesin tambahan untuk resi transaksi), dan kita juga bisa Mendapatkan Laporan Harian (monitor perkembangan omzet melalui rekap yang dapat dipantau melalui aplikasi atau email yang dikirim setiap hari). Ini nih yang penting. 

Kegiatan operasional sebuah usaha memang sebaiknya didukung oleh perangkat kasir seperti SPOTS yang praktis, aman serta mudah cara penggunaannya .





SPOTS adalah perangkat multifungsi dari GOJEK untuk semua kebutuhan pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Harga pemasangan aplikasi SPOTS sangat terjangkau (biaya aktivasi Rp 290.000 dan biaya pemeliharaan Rp 2900/hari).

Ingin tahu lebih banyak tentang SPOTS? Silahkan cek video dan website SPOTS untuk informasi lebih lanjut.

Dan jangan lupa bantu doakan supaya mimpi saya tersebut bisa segera tercapai ya..😀











You May Also Like

26 comments

  1. Huaaa keren bgt ada appsnya. Jadi makin terpercaya nih klo belanja ke olshop yg ngasih struk kaya gini :)

    ReplyDelete
  2. nah aku mupeng nih pengen cobain spots buat usaha aku hehehe jadi pengen kasih tahu akang suami aplikasi kerennya

    ReplyDelete
  3. Wah makin kreatif aja nih ada jg aplikasi seperti ini membantu banget ya...jd pengen bisnis kuliner lagi..

    ReplyDelete
  4. Jadi praktis ya dengan adanya aplikasi ini. Membantu para wirausawan. Seneng liat perkembangan aplikasi sekarang yang makin variatif, kreatif, dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  5. Waah sama dong Teh aku pun ingin punya usaha sendiri nih di bidang kuliner dan fashion juga
    Btw, SPOTS ini bermanfaat banget yaa Teh baru tau aku hehehe

    ReplyDelete
  6. Terjangkau juga ya harganya. Apalagi banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  7. Aamiin teteh aku juga mau buka kedai kopi ahhhh

    ReplyDelete
  8. aplikasi ini juga membantu untuk para customer yaitu biar gak usah kelamaan pas nunggu di depan kasir dan hitungan belanjaannya insyaAllah lebih akurat dan cepat :D

    ReplyDelete
  9. oh makanan di Kehidupan enak-enak? Mau nyobain maju mundur, brandnya aneh :D :D

    Keren ya SPOTS, ngebantu banget untuk pembeli maupun penjual karena kemajuan digital sering bikin bingung pemakainya :)

    ReplyDelete
  10. Eh, menu jamur dan yang sehat-sehat ini, persis di salah satu Rumah Sakit kristen di Bandung, teh..

    Ada steak tempe, rendang tempe.
    Unik yaa..


    Aplikasinya canggih banget siih...teh.
    SPOTS sangat memudahkan para pengusaha UMKM di bidang kuliner.

    ReplyDelete
  11. Semoga nanti beneran bisa punya usaha kuliner sendiri ya, Gita. Aku sedang memperbaiki pola makan. Kayaknya nanti bakal jadi pelangganmu nih :)

    ReplyDelete
  12. Salah satu mimpi Ima juga Teh Gita, punya usaha dibidang kuliner. Apalagi zaman sekarang banyak disupport sama berbagai unsur, baik pemerintah maupun orang2 yang makin kreatif. Salah satunya dengan munculnya SPOTS, inovatif dan bantu proses usaha.

    ReplyDelete
  13. Aamiin semoga mimpinya bisa terwujud dan menggunakan SPOTS dalam bisnisnya ya Teh :)

    ReplyDelete
  14. Kalau misalnya beli spots nih, untuk kertasnya apa sudah disediain atau bisa pake kertas yang lain mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setauku sih kertasnya khusus mas bimo..ato tuk info detil sila langsung meluncur ke web nya spots aja ya mas hehe

      Delete
  15. Semoga keinginannya terwujud ya mba, aplikasi SPOTS cocok sekali buat usaha kuliner saat ini :)

    ReplyDelete
  16. Saya juga berencana pake aplikasi SPOTS ini.

    ReplyDelete
  17. Aplikasi ini beneran ngebantu banget semua UKM kuliner ya
    Duh, saban hari aku jadi makin semangat jajan GoFood :D
    https://bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  18. Semoga keinginan ya terwujud mba,.. dan SPOTS menjadi bagian dari usaha kulinernya :)

    ReplyDelete
  19. Alasan ketiganya mulia banget. Semoga tercapai, Mbak.

    ReplyDelete
  20. Semoga dimudahkan dan dikabulkan keinginannya ya mbak.. yang penting udah tahu arahnya mau seperti apa, pasti semuanya bisa lancar... :-D

    ReplyDelete
  21. tapi kalo sudah punya usaha harus totalitas mba..biar nggak bangkrut kayak usaha kuliner saya..
    Mungkin klo dlu sudah ada SPOTS bisa semakin memudahkan saya juga

    ReplyDelete
  22. wah boleh nih dicoba untuk pelaku usaha baru :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.