Workshop Parenting Tentang Pola Asuh Grow Happy

Selasa (09/04) pagi yang menyenangkan ketika saya bisa hadir untuk kedua kalinya di acara workshop parenting bersama Nestle Lactogrow. Ya di tahun 2019 Nestle Lactogrow kembali mengadakan event workshop parenting yang menghadirkan dua orang nara sumber yaitu seorang psikolog dan seorang dokter spesialis anak. 

Workshop parenting Nestle Lactogrow yang bertema Happy From The Inside Out merupakan bagian dari rangkaian acara roadshow Nestle Lactogrow yang akan diadakan di delapan kota di Indonesia. 

Tema Happy From The Inside Out dipilih karena Nestle Lactogrow percaya bahwa orang tua perlu memenuhi kebutuhan gizi dan membantu mengembangkan kematangan emosi anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.



workshop parenting
Kika : Pramudita Sarastri (Brand Executive Nestle Lactogrow), Dr.dr Ariani Dewi Widodo Sp.A(K) (dokter spesialis anak) dan psikolog Elizabeth Santosa M.Pi, Psi,SFP, ACC


Di awal acara mba Pramudita Sarastri selaku Brand Executive Nestle Lactogrow juga menyampaikan bahwa Bandung menjadi kota pertama tempat diadakannya Workshop parenting Nestle Lactogrow 2019.


workshop parenting
Workshop parenting Nestle Lactogrow diadakan di Bilbao Brasserie Jl Cimanuk no 12 Bandung dan dihadiri oleh sekitar 30 orang

Nestle Lactogrow Susu Pertumbuhan Anak Dengan Probiotik Uteri Yang Baik Untuk Pencernaan Anak


Sekitar pukul 10.00 pagi acara pun dimulai. Dokter spesialis anak yaitu Dr.dr Ariani Dewi Purnomo hadir memberikan informasi bermanfaat mengenai kebutuhan gizi pada anak. 

Menurut Dokter Ariani, untuk memenuhi kebutuhan gizi pada anak salah satu hal yang dapat dilakukan orangtua adalah dengan memastikan bahwa pencernaannya dalam keadaan sehat. Karena pencernaan anak yang sehat dapat berpengaruh pada proses tumbuh kembang anak secara optimal. 

Usus anak yang masih belum sempurna membutuhkan asupan gizi yang seimbang dan sesuai dengan fungsinya. Dan hal tersebut dapat diperoleh dari asupan makanan bergizi seimbang yang mengandung probiotik.

Probiotik mempunyai peran penting dalam membantu nutrisi supaya dapat terserap dengan lebih baik. 

Diantara sekian banyak probiotik, Lactobacillus reuteri merupakan salah satu jenis bakteri yang telah teruji secara klinis dan aman sehingga dapat bermanfaat bagi tubuh. Pemberian probiotik ini dapat dilakukan melalui pemberian susu atau makanan yang difermentasi seperti tempe dan yoghurt.

Bakteri baik yang terkandung dalam probiotik memiliki peran menjaga kekebalan tubuh, mencerna serat dan menghasilkan nutrisi yang mendukung kesehatan saluran cerna, melindungi dari penyakit, mendukung kesehatan saluran cerna serta melindungi usus dari mikroba atau zat berbahaya lainnya.


kesehatan pencernaan anak


Dan Nestle Lactogrow hadir sebagai susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun ke atas yang mengandung Lactobacillus reuteri, omega 6, omega 3, minyak ikan, 12 vitamin dan 7 mineral. Susu Nestle Lactogrow diformulasikan secara khusus oleh para ahli di Nestle Research Centre, Switzerland, membantu tumbuh kembang si kecil Grow Happy.

Pola Asuh Grow Happy : Pentingnya Mengembangkan Kematangan Emosi Anak


Untuk menjadi tumbuh bahagia, tak hanya asupan gizi dan nutrisi baik saja yang dibutuhkan anak, orangtua juga perlu memperhatikan kematangan emosi pada anak. 

Menurut Psikolog Elizabeth Santosa, kematangan emosi pada anak dapat dibantu dengan cara mempraktekkan perilaku positif misalnya dengan mengajarkan kepada anak kebiasaan bersyukur. 

Kebiasaan bersyukur dapat dimulai dengan cara yang sederhana seperti menuliskan hal-hal baik apa saja yang sudah kita peroleh setiap hari. Kita bisa menuliskannya dalam sebuah buku atau kertas. 

Belajar mensyukuri segala hal yang sudah kita alami, mulai dari hal yang terkecil hingga hal-hal besar. Karena anak yang pandai bersyukur akan tumbuh menjadi sosok yang optimis, berempati tinggi dan lebih bahagia.

emosi anak usia dini

Mba Lizzie (sapaan Elizabeth Santosa) juga mengajak semua peserta untuk berpartisipasi dengan menjawab beberapa pertanyaan. Seperti sebutkan hal-hal baik yang terjadi selama 1 minggu terakhir dan kamu syukuri. 

Ternyata untuk menjawab hal tersebut tidak semudah yang dibayangkan. Rasanya sebagai orang dewasa saya juga harus mulai mempraktekkan hal positif tersebut. (bersyukur setiap hari dan menuliskannya). Noted !

Selain itu mba Lizzie juga sempat meberikan contoh perilaku positif lain yang bisa kita praktekkan langsung kepada anak atau pasangan seperti mengganti kalamat pertanyaan rutin yang terkesan monoton 

"Apa kabarmu hari ini ?" ada baiknya kalimat tersebut diganti dengan kalimat yang lebih baik (tujuannya sama menanyakan kabar namun memiliki arti yang lebih spesifik dan positif), yaitu "Ada kabar baik apa hari ini ?".  

Dengan melontarkan pertanyaan tersebut, lawan bicara yang kita tuju akan lebih fokus bercerita pada hal-hal positif yang dialaminya sehingga suasana yang tercipta akan lebih nyaman dan kondusif.

Dan orangtua juga bisa belajar mengekspresikan hal-hal baik yang terjadi dalam kegiatan sehari-hari kepada anak. Misal memeluk anak sambil tersenyum dan mengucapkan bahwa hari ini mama senang karena adik sudah bisa makan sendiri dan menghabiskan makanannya. Selain itu orang tua juga sebaiknya menghabiskan waktu dengan anak seperti olahraga bersama atau bermain bersama. 

Donna Mathew, Phd merangkum beberapa manfaat dari bermain di luar rumah bersama anak, yaitu : bisa meningkatkan kebahagiaan, baik untuk tumbuh kembang anak secara fisik dan mental, meningkatkan kemampuan kognitif melalui eksplorasi dan kreativitas serta memahami cara kerja lingkungan dan dunia sekitar.

Kesan Mengikuti Workshop Parenting Nestle Lactogrow


Selain banyak informasi bermanfaat yang saya peroleh, acara workshop parenting Nestle Lactogrow ini juga menyelipkan beberapa aktifitas role play yang melibatkan semua peserta. Menurut saya konsep kegiatan tersebut sangat menarik. Semua peserta dituntut untuk kreatif, seperti berkreasi membuat kerajinan tangan dari playdough dan kain flanel.

membuat playdough
Makanan sehat dari playdough hasil karya saya..haha

Semoga Nestle Lactogrow terus konsisten mengadakan acara-acara workshop parenting lainnya, dan lebih merata ke seluruh kota yang ada di Indonesia. Demi tercapainya tujuan berbagi ilmu pola asuh yang baik dengan melibatkan para pakar yang ahli di bidangnya.

anak bahagia quotes
Happiness is Not a Given. To Grow Happy is a Choice we Make Every Day


Salam,

0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .