Skip to main content

Tips Bisnis Online Untuk Pemula

Sebagai seorang ibu rumah tangga saya pengen banget punya pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah.  Memiliki pekerjaan sebagai seorang blogger freelance juga sebenarnya bekerja di rumah sih, namun melihat trend bisnis online yang sedang marak sekarang ini, sempat terfikir kalo saya ingin memiliki online shop lagi

Tips bisnis online bagi pemula (foto dari sini)


Beberapa tahun yang lalu, selepas saya menikah dan kemudian resign dari tempat bekerja, saya sempat coba-coba berjualan via online. Waktu itu saya mencoba berjualan produk fashion yaitu kerudung dan baju.

Namun setelah dijalani selama beberapa waktu, ternyata berjualan online itu selain membutuhkan keuletan juga membutuhkan banyak persiapan, seperti harus konsisten meng-upload foto produk yang kita jual, juga harus memiliki catatan administrasi (pembukuan) berupa catatan keluar masuk barang dan sebagainya.

Dan saat itu saya memang tidak memiliki pembukuan yang baik, akibatnya bisnis online saya pun hanya bergerak di tempat huhu. Keuntungan yang diperoleh pun ga jelas masuk kemana.

Pembukuan Adalah Salah Satu Faktor Pendukung Penting Dalam Bisnis Penjualan (Bisnis Online)


Berkaitan dengan masalah tersebut, sampai saat ini banyak pelaku bisnis UKM (usaha kecil dan menengah) yang sudah bergerak di bidang online dan mendapatkan pemasukan yang cukup besar, namun belum merasakan hasilnya, karena mereka belum memiliki pembukuan yang rapih.

Sebuah bisnis memang tidak hanya dibangun lewat produk yang unik dan memiliki nilai jual saja, tapi juga melalui strategi marketing yang menarik serta adanya pembukuan usaha yang rapih.

Dan kabar baiknya sekarang sudah ada lho aplikasi pembukuan canggih yang bisa membantu kita untuk memiliki pembukuan yang cepat, efisien dan teratur.

Saya mendapatkan informasi bermanfaat tersebut dari sebuah acara sharing yang bertema Digital Breakfast #5. Wah seru ya judulnya. Identik dengan digital lyfe gaya hidup anak milenial jaman sekarang.  Ga heran mayoritas peserta yang hadir di acara tersebut adalah anak muda.

Acara Digital Breakfast #5 diadakan pada Jumat (07/09) lalu di Lo.ka.si (coffee & space) Jl. Ir.H.Juanda No 92 Bandung

Tips Bisnis Online Untuk Pemula


Berdasarkan pemaparan yang disampaikan oleh mas Kunto Wiyoga (Strategic Director  Panenmaya Group) di acara tersebut, ada beberapa poin penting yang berhasil saya rangkum. Poin-poin penting yang berkaitan dengan tips dalam berbisnis online bagi pemula, supaya usahanya dapat berkembang dan survive di era digital, diantaranya yaitu :

  • Miliki pembukuan yang baik. Pembukuan yang bisa mencatat semua transaksi penjualan dengan cepat, efisien dan real time. Karena adanya laporan keuangan yang rapi dan terkontrol bisa menjadi tolak ukur sehat tidaknya sebuah bisnis.Solusi untuk memiliki pembukuan yang rapih pun bisa diperoleh melalui layanan yang diberikan oleh solusiukmcom yang menggandeng sebuah perusahaan developer ternama di Indonesia yaitu PT.CPSSoft dengan brandnya yang bernama Accurate (software akuntansi berbasis cloud). Fyi PT.CPSSoft sudah berdiri selama 17 tahun lho (sudah berpengalaman).
  • Miliki mentor dalam bisnis. Memiliki mentor yang sudah berpengalaman dan bisa membimbing kita dalam berbisnis sangatlah penting. Temans bisa mencoba mengakses situs solusiukm.com yang menyediakan fitur online consultation untuk kita berkonsultasi seputar dunia bisnis online. Terpercaya karena menggandeng praktisi keuangan, perpajakan hingga professional di bidang digital marketing. Atau kalau butuh mentor yang dapat membantu untuk membangun digital asset seperti website dan social media intip saja www.coconutindonesia.co
  • Jeli melihat peluang bisnis yang ada. Yaitu dengan menjual produk yang memberikan solusi. Seperti misalnya menjual produk minuman yang dipercaya bisa mengatasi sebuah penyakit yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia yaitu penyakit panas dalam misalnya. Ada kalanya customer memiliki sugesti  pada produk-produk tertentu yang dikemas secara khusus padahal minum air putih yang banyak pun sebenarnya sudah cukup. Dan hal tersebut memang terbukti bisa menjadi peluang bisnis.
  • Selalu berikan respon yang baik pada setiap customer dan calon customer yang sedang atau akan berbelanja di online shop kita. Ini penting banget lho, noted ! karena sebagai seseorang yang suka berbelanja online saya pernah mengalami ga jadi beli hanya gara-gara respon yang diberikan tidak memuaskan (adminnya menjawab seperlunya dan tidak komunikatif). Siapa sih yang mau dicuekin?
  • Selain berjualan via e-commerce, saat ini banyak orang yang memanfaatkan media instagram sebagai sarana untuk berjualan. Aplikasi Instagram memang berfokus pada tampilan visual  sehingga instagram dianggap lebih menarik dan lebih efektif untuk menjaring konsumen. Selain menampilkan foto yang baik, salah satu tips yang bisa kita praktekkan di instagram adalah yaitu dengan melakukan sharing. Berbagi (sharing) informasi yang bermanfaat baik yang berhubungan langsung dengan produk yang kita jual atau tidak, akan menimbulkan sebuah hubungan (engagement) yang kemudian bisa mengarah pada terjadinya transaksi jual beli di kemudian hari.
h    Hal-hal detail seperti demikian memang menjadi sebuah hal penting yang tidak boleh  diabaikan begitu saja. Terutama apabila kita ingin terus bertahan dan bersaing dengan kompetitor lain. Retail is detail.

6 Fakta Tentang Bisnis Online Di Indonesia

Di acara yang dihadiri oleh sekitar 50 orang peserta tersebut, saya mendapatkan banyak pengetahuan baru termasuk diantaranya 5 fakta (based on data) mengenai bisnis online di Indonesia.

1. Bisnis e-commerce adalah bisnis yang sedang berkembang pesat di Indonesia. Terbukti jumlah pengunjung e-commerce pada triwulan pertama di 2018 mencapai 450 juta pengunjung. Wow!  Dan Tokopedia terdaftar sebagai e-commerce no 1 dengan jumlah visitor tertinggi setiap bulannya yaitu 111.484.100 visitors/month. Disusul oleh Bukalapak, Lazada, Shopee dan Blibli. 



2. Selain alat elektronik dan fashion (pakaian), groceries alias kebutuhan sehari-hari masuk dalam urutan nomor tiga jenis barang yang sering dibeli via online (memiliki prosentase sebesar 17%). Hal tersebut menunjukkan bahwa sudah banyak ibu rumah tangga yang mulai mengubah gaya hidupnya dengan berbelanja kebutuhan bulanan via online. Berbelanja via online memang lebih praktis dan lebih menghemat waktu. Dalam hitungan menit kita tinggal order via online dan tinggal menunggu barang tersebut dikirim ke rumah atau kantor. Ga perlu lagi harus keluar rumah, terkena macet, hingga harus antri di kasir. Mas Yoga pun menyebut bisnis online sebagai solusi bagi masyarakat 'malas' hehe.

3. Jumlah rata-rata belanja online orang Indonesia adalah sebesar Rp 481.000 setiap bulannya. Nilai tersebut masih jauh dibawah apabila dibandingkan dengan nilai belanja negara tetangga seperti Singapura yang mencapai Rp 900.000 setiap bulannya. Namun hal tersebut merupakan angka yang potensial apabila dikalikan dengan jumlah pengunjung e-commerce di Indonesia yang mencapai ratusan juta pengunjung itu. Pasar konsumen belanja online di Indonesia memang sangat besar.



4. Orang Indonesia berbelanja online disaat jam kerja dan pada hari kerja. Jadi kalo sebelumnya ada asumsi bahwa seseorang berbelanja online di saat waktu senggang seperti selepas pulang kerja atau di saat waktu istirahat, hal itu ternyata adalah salah besar. Karena berdasarkan pengalaman saya belanja online memang bisa menjadi sebuah sarana refreshing alias hiburan di sela-sela tumpukan pekerjaan kantor yang seperti ga ada habisnya. Siapa yang setuju sama saya..? Cung! Hihi.



5. Harga produk yang diminati oleh konsumen berada di kisaran harga mulai Rp 100.000 s/d Rp 500.000. Jadi harga produk yang lebih murah tidak jadi jaminan lho kalo barang tersebut akan diminati oleh banyak orang. Ada sebagian opini yang mengatakan kalo kemurahan mah takut palsu katanya haha. Yang pasti ada harga pasti ada kualitas.




6. Poin yang terakhir ini merupakan salah satu fakta yang cukup bikin saya terkejut karena sebuah data menyebutkan bahwa gender yang mendominasi belanja online di Indonesia adalah kaum pria. Oya? hihi. Hal ini menunjukkan bahwa target market pria sangat terbuka luas. Jadi buat temans yang masih mikir-mikir produk apa yang bisa dijual via online, temans bisa pilih produk yang diminati oleh kaum pria.


Well sebenarnya masih banyak tips-tips bisnis online lain yang lebih bermanfaat dan bisa temans terapkan dalam bisnis online masing-masing. Namun semua ilmu tersebut akan menjadi tak bermanfaat apabila tidak dipraktekkan sekarang juga. Karena practice makes perfect.


Untuk fitur lengkap aplikasi pembukuan canggih Accurate Online bisa dilihat di http://aol.solusiukm.com


Selamat berbisnis online.

Salam,

 


Comments

  1. Acaranya bermanfaat, ngikutinnya menambah wawasan sebagai salah seorang hadirin. Wach keche'

    ReplyDelete
  2. acaranya muantap, banyak ilmu banyak kenalan dan pastinya banyak makan wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Saya sendiri juga lagi mulai belajar bisnis online nih, masih banyak belajar mengenai hal2 seperti ini. :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.

Popular posts

Resep kuah suki

Suki adalah salah satu menu makanan enak dan sehat yang bisa kita nikmati rame-rame bersama teman dan keluarga.

Menu makanan khas negara-negara di Asia timur ini dikenal sebagai salah satu makanan sehat karena, minim penggunaan minyak dan bebas lemak.

Cara memasak suki yaitu dengan cara merebus. Kita tinggal memilih beraneka ragam jenis Suki yang rata-rata terbuat dari berbagai macam seafood, seperti baso udang, baso kepiting, baso ikan dan sebagainya. Dan ada  juga sayuran nya berupa sawi hijau dan jamur untuk kemudian dimasukkan / direbus ke dalam panci/pan yang berisi kuah sup panas. Suki sangat nikmat apabila disajikan hangat, tinggal diberi cocolan saus Suki yang khas.

3 Toko Kue Ulang Tahun Di Bandung Yang Recommended

Hari ulang tahun adalah hari yang istimewa bagi setiap orang. Adakalanya kita menginginkan sesuatu yang istimewa seperti halnya kue ulang tahun.
Walaupun tidak dirayakan secara meriah,biasanya kehadiran kue ulang tahun bisa membawa kesan tersendiri bagi orang yang sedang berulang tahun. #SayItWithCakes 😘
Dan saya pun kerap membeli kue ulang tahun, khusus untuk orang-orang tersayang di tiga tempat berikut :



3 Toko Kue Ulang Tahun di Bandung, Yang Recommended Versi Saya :
1.Cizz Cheesecake &  Friends
Siapa sih yang ga kenal sama toko kue Cizz, toko yang khusus menyediakan kue berbahan dasar keju yaitucheese cake. Ya toko kue Cizz adalah toko kue favorit saya, yang sudah berdiri sejak tahun 2004, dan tetap bertahan hingga saat ini.
Toko berukuran mungil yang berada di jl.Laswi no 1A Bandung ini, memang sudah memiliki banyak pelanggan setia.Dan setiap berkunjung ke toko kue Cizz saya pasti memilih Fruity Cheese Cake untuk ibu saya. Perpaduan krim keju dan buah-buahannya terasa pas di lidah…

Arti kucing datang ke rumah (belajar tentang sebuah keikhlasan dari seekor kucing)

Disadari atau tidak, banyak sekali kejadian sepele yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Dan hal tersebut ternyata memiliki arti banyak untuk kita, seperti halnya sebuah kejadian yang saya alami beberapa minggu yang lalu. Hingga kemudian saya pun belajar memaknai akan arti dari kedatangan seekor kucing ke rumah saya. 
Sore itu, ketika pulang ke rumah, saya mendapati seekor kucing yang sedang duduk di bawah pohon dekat pintu pagar. Seekor kucing hitam dengan warna putih di bagian dada serta ke empat bagian ujung kakinya. Pertama melihatnya, saya langsung memanggilnya dengan sebutan kucing kaos kaki yang kemudian saya singkat dengan sebutan Mengkoska ☺.

Beberapa lama kemudian,saya masih mendapati kucing tersebut duduk di bawah pohon. Posisi badannya kelihatan sedikit terkulai,saya pun menghampirinya dan memegangnya ternyata kaki belakang si kucing  lemas sehingga si kucing tidak bisa berjalan dengan normal. Melihat hal tersebut, saya jadi merasa kasihan dan membawanya masuk ke tera…

Mie Ayam Enak Di Bandung, Yang Mana Favoritmu ?

Selain mie bakso, salah satu makanan favorit yang digemari banyak orang adalah mie ayam. Mie ayam sedikit berbeda dibanding mie bakso. Yang membedakan adalah ukuran mie nya yang sedikit lebih besar, racikan minyak, sawi hijau serta taburan ayam suir yang sudah dibumbui dengan rasa manisnya yang khas. 
Biasanya mie ayam disajikan dengan pangsit goreng, namun ada kalanya mie ayam juga dinikmati dengan tambahan bakso. Penjual mie ayam di kota Bandung identik dengan pedagang keliling dengan gerobak dorongnya yang berwarna biru tua. Walaupun ada juga beberapa penjual mie ayam yang berjualan menetap di sebuah tempat.

Keseruan Acara Hokben Blogger Gathering Bdg Bersama Menu Hoka Suka

Irasshaimase .. Ya itu adalah sambutan istimewa bagi setiap customer yang datang ke store Hokben. Sebuah sapaan hangat yang memiliki arti Selamat Datang. 
Saya jadi inget masa kuliah dulu nih, pernah ngambil jurusan bahasa Jepang, punya impian pengen pergi ke Jepang dan beberapa hari yang lalu saya baru saja berkunjung ke sebuah restoran Jepang..lengkap deh haha 😁.

Belajar Berkuda dan Memanah di Muslimah Academy

Tak kenal maka tak tahu, seperti itulah yang saya rasakan, sebelumnyasaya tidak mengenal sama sekali seperti apa kegiatan berkuda dan seperti apa kegiatan memanah. 
Yang saya tahu berkuda identik dengan hobinya princess Syahrini haha atau sebatas mengantar anak-anak untuk naik kuda di hari minggu haha (baca : naik kuda beda bangetdengan berkuda). 
Kalo naik kuda, sebagai penumpang kita cenderung 'pasrah' dan hanya duduk manis di atas kuda karena si kuda dituntun oleh si mamang, tetapi melalui berkuda kita belajar untuk menjadi seorang leader (pemimpin) untukberani mengarahkan dan mengendalikan kuda supaya berjalan sesuai tujuan. 
Begitupun dengan memanah, yang saya tahu sebelumnya, memanah hanya dilakukan oleh para atlet ataupun identik dengan sebuah aktivitas bagian dari peperangan di jaman dahulu..hehe. 
Ternyata memanah merupakan salah satu kegiatan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk wanita dan anak-anak. Di jaman sekarang kegiatan memanah sudah mulai famili…

RS Melinda Bandung, Rumah Sakit Nyaman Dengan Pelayanan Lengkap

Setelah sekian lama tak berkunjung ke rumah sakit. Siang itu saya datang berkunjung ke RS Melinda bersama empat orang teman. Namun di kunjungan kali ini, kita tidak datang untuk berobat ataupun untuk menjenguk orang lain. Kita datang untuk melakukan hospital tour (tour berkeliling rumah sakit Melinda1 dan Melinda 2) dengan tujuan untuk mengetahui layanan dan fasilitas apa saja yang tersedia di rumah sakit Melinda.