Jalan Pagi Bareng Komunitas Sobbaj_bandung Ke Kampung Pelangi 200

Hari Rabu pagi lalu (05/09) adalah hari yang saya nanti. Hari dimana saya udah janjian sama temen-temen dari komunitas fotografi sobbaj_bandung untuk jalan pagi bareng ke kampung pelangi.
Ya kami memutuskan untuk melakukan kegiatan hunting foto bareng dengan tujuan ke kampung pelangi 200 yang terletak di daerah jalan Siliwangi Bandung.

Jembatan di gerbang kampung pelangi 200

Fyi Kampung Pelangi 200 adalah sebuah area perkampungan warga yang sebagian bangunannya di cat menggunakan cat warna-warni (disponsori oleh salah satu perusahaan cat yang tahun ini berulang tahun ke 45). 

Baru saja diresmikan oleh kepala dinas pariwisata kota Bandung pada akhir Agustus 2018 lalu, kami pun tertarik untuk berkunjung kesana. 

Setelah sebelumnya kami pun pernah berkunjung ke kampung warna yang berada di jalan Cibunut (area jalan Veteran Bandung).

Oya berdasarkan informasi nama 200 tersebut diambil dari nominal angka ganti rugi ketika mereka pindah dari area pemukiman yang sekarang menjadi gedung Sabuga.

Kampung pelangi berlokasi tak jauh dari gedung Sabuga alias di belakang teras Cikapundung.


Akses Menuju Kampung Pelangi 200 Bandung


Untuk menuju kampung pelangi ada dua akses yang bisa digunakan. Dari arah teras Cikapundung dan dari arah jalan Sangkuriang (daerah Cisitu) Dago. Dan berhubung kami bertemu di titik kumpul teras Cikapundung, kami pun memutuskan untuk menggunakan akses dari teras Cikapundung saja.


Selamat datang di Kampung pelangi 200 Bandung

Masuk melalui sebuah gang yang terletak sebelah kiri teras Cikapundung, kami berjalan sekitar 700 meter menyusuri jalan setapak. 

Sambil berjalan kaki banyak pemandangan yang bisa kita lihat di sepanjang jalan tersebut. Pemandangan sederhana namun menarik untuk dilihat seperti kucing yang sedang berjemur di teras rumah, bapak yang sedang memandikan ayam peliharaannya serta sebuah lorong yang penuh dengan dedaunan kering yang cocok untuk dijadikan sebagai objek foto.


Lorong menuju kampung pelangi dengan sinar matahari pagi yang menembus pepohonan


Hasil foto ala-ala dengan background daun kering

Akses jalan menuju kampung pelangi ini memang sudah tertata rapi, mayoritas permukaan jalannya rata karena dilapisi oleh semen (batu sikat). 


Namun karena ukuran jalan di gang tersebut tidak terlalu besar, ketika ada motor lewat sesekali para pejalan kaki harus berhenti sejenak untuk membiarkan motor tersebut lewat.

Setelah berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit di ujung jalan kami mendapati sebuah jembatan berwarna merah dengan beberapa payung di bagian atasnya, dimana jembatan tersebut merupakan gerbang untuk menuju ke kampung pelangi.


Emak-emak narsis dulu di bawah payung merah

Dan yang bikin surprise, setelah melewati jembatan kami mendapati anak tangga yang jumlahnya cukup banyak (lebih dari dua puluh anak tangga) dan  ketinggiannya pun lumayan  cukup curam. 



Setelah sempat galau akhirnya kami memutuskan untuk naik ke atas sampai puncak. Sebuah pengalaman yang cukup menantang dan cukup menguras tenaga haha.




Kegiatan hunting foto bareng ini merupakan bagian dari agenda rutin komunitas foto sobbaj_bandung.

Seru deh kalo udah kumpul bareng sama emak2 yang memiliki minat dan hobi yang sama dengan kita yaitu fotografi. Fyi semua member yang terdaftar di komunitas ini ga semuanya pake kamera DSLR, ada juga sebagian yang menggunakan kamera jenis mirrorless ataupun kamera handphone.
Karena selain praktis, fitur kamera handphone jaman sekarang juga udah canggih-canggih lho.

 


Sweet Escape In The Morning Buat Para Emak


Nah kegiatan hunting bareng seperti ini merupakan salah satu kegiatan yang diminati oleh para anggota komunitas sobbaj_bandung yang mayoritas adalah para emak2, yang sebagian diantaranya adalah ibu rumah tangga dan juga pekerja kantoran.

Menyempatkan diri untuk bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan teman-teman di komunitas, sebelum pergi kerja atau mencuri waktu disela-sela jadwal rutin mengantar anak sekolah di pagi hari bisa menjadi sebuah moment me time bagi kami.

Tak lupa tentunya moment foto bareng sebagai kenang-kenangan.

Sampai jumpa lagi di acara hunting bareng lainnya.


Mayoritas anggota komunitas sobbaj_bandung adalah perempuan

Ingin bergabung atau ingin tahu lebih banyak tentang aktifitas komunitas fotografi sobbaj_bandung?
Silahkan follow akun Instagram : @Sobbaj_bandung

Terima kasih 😊

Comments