Srimulat Jadul VS Srimulat Kekinian : Hil Yang Mustahal

srimulat the movie hil yang mustahal

Siapa yang ga kenal dengan nama besar Srimulat. Grup komedi pertama yang berhasil tampil di televisi ini terbukti sukses menghibur masyarakat Indonesia selama puluhan tahun.

Mengutip dari Wikipedia, Srimulat adalah kelompok lawak Indonesia yang didirikan di Surakarta pada tahun 1950 oleh seorang seniman bernama Teguh Slamet Raharjo. 

Dan mungkin banyak yang belum tahu kalo nama Srimulat diambil dari nama istri Teguh pada saat itu yaitu Raden Ayu Srimulat.

Dalam perkembangannya Srimulat kemudian membuka cabang di beberapa kota seperti Surabaya, Semarang dan Jakarta.

Grup lawak Srimulat dapat dikatakan sebagai satu-satunya grup lawak Indonesia yang memiliki anggota paling banyak.

anggota-srimulat
Anggota Srimulat ternyata banyak juga ya | foto : Wikipedia


Anggota Srimulat memiliki Ciri Khas Masing-masing 

Setiap anggota Srimulat memiliki ciri khas berupa penampilan dan gaya bicara, hingga kalimat-kalimat yang menjadi trade mark masing-masing. 

Sebut saja seperti Mamiek Prakoso yang terkenal dengan kalimat Mak Bedunduk, dan Mak Jegagik yang dalam Bahasa Indonesia memiliki arti sekonyong-konyong alias tiba-tiba.

Timbul yang akan membuat penonton tertawa ketika ia mengucapkan kata ‘Akan Tetapi’ dan ‘Justeru’.

Hingga Asmuni yang identik dengan kalimat Hil yang mustahal dan Tunjep poin (dalam hal ini merupakan plesetan dari hal yang mustahil dan to the poin)

Selain itu ada Tarzan yang dikenal dengan penampilannya yang rapi ala militer, Tessy dengan dandanan khasnya (memakai cincin batu warna-warni berukuran besar).

Atau Gogon dengan gaya rambut mohawk-nya yang mempunyai sikap berdiri yang khas sambil melipat tangan serta cara duduknya yang selau melorot dan masih banyak lagi.


srimulat jadul


Perjalanan Srimulat 

Para komedian Srimulat memulai karir mereka di daerah dan diminta untuk tampil di panggung nasional mulai tahun 1981. Dan mereka harus membawakan guyonan dalam bahasa Indonesia.

Sebuah Hil yang Mustahal alias Hal yang Mustahil.

Dan tak disangka walaupun mengalami pasang surut dan sempat dinyatakan bubar pada tahun 1989. Srimulat mulai bangkit lagi di industri hiburan sejak awal 90-an.


Berikut ini Beberapa Penampilan Srimulat di Televisi :

1. Srimulat 1986 -1987 (TVRI)

2. Aneka Ria Srimulat 1995 -2003 (Indosiar)

3. Srimulat Plus 1992 (SCTV) dan 2006 (Indosiar)

4. Srimulat Cari Bakat 2008-2011 (ANTV)

5. Srimulat Night Live 2014 (Net TV)

6. Saatnya Srimulat 2015 (Trans TV)

7. Temu Lawak 2020 (Indosiar)


Bahkan beberapa mantan anggota Srimulat sampai saat ini masih aktif dalam dunia hiburan tanah air seperti Nunung, Polo, Tessy, Tarzan, Nurbuat, Mamiek dan Gogon. Beberapa diantaranya main sinetron dan menjadi bintang iklan.


Kolaborasi MNC Pictures dan IDN Pictures Memproduksi Film Srimulat : Hil yang Mustahal

Hingga ada dua perusahaan film tanah air yaitu MNC Pictures dan IDN Pictures memutuskan untuk berkolaborasi membuat film Srimulat : Hil yang Mustahal.

Dengan visi ingin membawa semangat nasionalisme ke dalam film dan menjadikannya sebagai sumber hiburan yang cocok untuk semua generasi di seluruh nusantara.

Menggandeng beberapa aktor dan aktris muda hingga aktor senior Indonesia, MNC Pictures dan IDN Pictures melakukan press conference film Srimulat : Hil yang Mustahal pada tanggal 06 Desember 2021.


Pemain film Srimulat : Hil yang Mustahal

film srimulat


1. Bio One sebagai Gepeng, 

2. Elang El-Gibran sebagai Basuki, 

3. Dimas Anggara sebagai Timbul, 

4. Ibnu Jamil sebagai Tarzan, 

5. Rifnu Wikana sebagai Asmuni, 

6. Erick Estrada sebagai Tessy, 

7. Zulfa Maharani sebagai Nunung, 

8. Morgan Oey sebagai Paul, 

9. Rukman Rosadi sebagai Teguh, 

10. Erica Carl sebagai Jujuk, 

11. Indah Permatasari sebagai Royani, 

12. Naimma Aljufri sebagai Ana, dan 

13. Rano Karno sebagai Babeh Makmur. 

Selain deretan nama aktor dan aktris di atas, guyonan Srimulat yang masih sering dipakai hingga saat ini menambah optimisme MNC Pictures dan IDN Pictures akan keberhasilan dari Srimulat: Hil yang Mustahal.

Ternyata lelucon Srimulat dinilai masih relevan di kehidupan generasi muda.


Penutup

Semoga semua pemain film Srimulat : Hil yang Mustahal dapat menghidupkan kembali karakter pemain Srimulat. 

Sekaligus bisa menjadi sarana nostalgia dan hiburan bagi masyarakat Indonesia setelah pandemi.  Walaupun tentu saja dalam nafas dan tampilan yang berbeda dari Srimulat jadul.

Kebayang ga sih sosok Ibnu Jamil ketika harus memerankan tokoh Tarzan Srimulat?

Seperti apa sih Dimas Anggara ketika memerankan tokoh Timbul?

Dan yang patut diacungi jempol, Bio One yang memerankan tokoh Gepeng melakukan riset, observasi, datang ke keluarga tokoh yang diperankannya (bertemu anak dan istri mendiang Gepeng di Solo) hingga belajar bahasa Jawa. 

Hingga sengaja menurunkan berat badannya hingga 9 kilogram. Dan sempat disangka mengkonsumsi narkoba lho. Hehe.

Besar harapan Fajar Nugros selaku sutradara film Srimulat Hil yang Mustahal, anak-anak sekarang bisa lebih kenal siapa itu Srimulat, siapa saja mereka dan apa peran mereka. Karena selama ini sebagian besar anak muda hanya tau jokes-jokes-nya saja.

Rencananya film Srimulat versi terbaru ini akan tayang di tahun 2022.

Kita nantikan saja ! 


4 Comments

  1. Wah iya ini udah lama nggak dengar kabarnya Srimulat nah ini mau ditayangkan film Srimulat : Hil yang Mustahal ya dengan aktor/aktris keren. Duh jadi penasaran dengan filmnya, pastinya bikin ngakak ya. Namanya juga film Srimulat, hehe

    ReplyDelete
  2. Ya ampuuuuun aku kangeeen loh Ama lawakan Srimulat ❤️❤️. Paling suka itu Ama Tessi dan Nunung 🤣. Tapi sbnrnya lawakan mereka kalo udah ngumpul selalu lucu kok. Sedih juga Krn banyak yg sudah almarhum.

    Baru tahu loh mba bakal dibikin film.

    ReplyDelete
  3. wahahaha inget banget nih aku nonton Srimulat dari jaman SD lohhh, dan ternyata sampe sekarang masih eksis yaa, sampe bikin film nya juga nih, top! Emang kalo lawakan srimulat tuh lintas generasi ya, tep bisa bikin ngakak hahhahha, aku inget banget gimana bodornya nunung bisa sampe pipis pas manggung ya lord

    ReplyDelete
  4. Wah saya baru tau ternyata grup srimulat ada yang dibuat kekinian ya kak, semoga hebohnya dan lawakannya mirip dengan yang lawas

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .