Skill untuk Melamar Pekerjaan yang Wajib Dimiliki Calon Karyawan

Untuk memasuki dunia kerja, setiap orang harus membekali dirinya dengan berbagai kemampuan dasar. 

Keterampilan dasar (skill) adalah kemampuan yang harus dikuasi oleh setiap karyawan sebagai bekal dalam mencetak berbagai prestasi dalam pekerjaannya. 

Sebagian orang mungkin lebih menonjol dalam salah satu atau beberapa keterampilan, namun merasa kurang di beberapa keterampilan lainnya.

Skill dasar ini bisa dilatih dan dipelajari agar kita bisa menguasai kemampuan tersebut dengan baik.


5 Skill dalam Melamar Kerja 


Berikut ini 5 skill dasar yang wajib dimiliki calon karyawan sebelum terjun ke dunia kerja :


skill untuk melamar pekerjaan



1. Kemampuan Komunikasi

Kemampuan komunikasi penting dimiliki seorang pekerja.  

Tugas karyawan yang saling berhubungan membuat kita harus berkomunikasi satu sama lain agar tujuan perusahaan dapat dicapai dengan baik. 

Komunikasi terbuka dapat membantu meningkatkan produktivitas dan partisipasi dari karyawan.

Pekerjaan dan masalah bisa terselesaikan dengan cepat dan efisien jika karyawan mampu berkomunikasi dengan baik.   


2. Kecerdasan Emosional dan Empati

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain.

Maka kecerdasan emosional penting untuk dimiliki oleh seorang pekerja.  

Skill empati juga penting dan dibutuhkan di dunia kerja. Karena dengan mengenali emosi orang lain (empati) kita belajar untuk lebih peka dengan lingkungan sekitar. 

Sehingga lebih mudah untuk memahami kebutuhan dan mendengarkan ide dari orang lain.

Di dunia kerja, kita dituntut untuk bersikap profesional. Jangan sampai permasalahan pribadi membuat pekerjaan terganggu.  Mulailah untuk melatih kecerdasan emosional agar lebih siap saat bekerja kelak.

Kemampuan ini penting untuk mengembangkan dan memunculkan ide-ide baru.  


3. Integritas

Melatih integritas sangat membantu kita dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.  

Integritas merupakan sikap jujur, loyal, dapat diandalkan, serta dapat dipercaya.  

Contoh sikap integritas antara lain jujur mengakui kelemahan. Jika kita tidak bisa melakukan suatu pekerjaan, jangan berpura-pura bisa mengerjakannya.

Seseorang yang memiliki integritas juga memiliki ciri akan mengerjakan sebuah pekerjaan secara maksimal walaupun tidak ada orang lain yang melihat atau memuji.

Tak heran perusahaan selalu mencari karyawan yang memiliki integritas tinggi.

 

4. Kemampuan Negoisasi


Kemampuan negosiasi meliputi skill berbicara, mendengarkan dan inovasi yang baik. 

Apabila kita mampu bernegosiasi dengan baik, peluang kita untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan akan terbuka lebar.

Karena negosiasi bisa diterapkan dalam berbagai aktifitas kerja termasuk dalam proses rekrutmen.

Skill ini bisa membantu kita ketika "merayu" HRD agar kita mendapatkan posisi dan gaji yang diinginkan.  


5. Menguasai Microsoft Office

Salah satu skill dasar yang sering dianggap sepele oleh calon pekerja adalah skill mengoperasikan Microsoft office.

Karena nyatanya masih banyak pelamar yang buta dalam mengoperasikan Microsoft Office terutama Excel dan PowerPoint (PPT).  

Padahal dua program ini akan banyak digunakan selama bekerja. 

Tidak jarang karyawan gagap saat harus mengolah data menggunakan rumus Excel.

Begitupun dengan Microsoft Power Point, karyawan harus mampu menggunakan Microsoft Power Point agar bisa membuat slide presentasi yang jelas dan menarik, lengkap dengan animasi atau grafik.

Skill menggunakan Microsoft Office ini penting untuk dipahami agar setiap laporan bisa dikerjakan dengan benar dan cepat.  

Sebenarnya skill untuk menguasai Microsoft office mudah untuk dipelajari secara mandiri. Kita bisa memanfaatkan internet untuk membantu kita belajar.


Belajar Microsoft Office Melalui Aplikasi Prakerja

Untuk meningkatkan keahlian menggunakan Microsoft Office kita bisa mengikuti pelatihan melalui program Kartu Prakerja yang diberikan oleh pemerintah.

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Kartu Prakerja tak cuma dihadirkan untuk peningkatan kompetensi, tapi juga membantu para peserta menjadi wirausahawan. Tujuannya tentu saja menekan angka pengangguran.


program prakerja
Program kartu prakerja gelombang ke 23 sudah resmi dibuka mulai hari kamis tanggal 17 Februari 2022 


Dengan mengikuti kelas siap kerja dengan tema Mengoperasikan Microsoft Office dan Korespondensi untuk Sekretaris Umum, dipastikan skill Microsoft Office kita akan meningkat seiring berjalannya waktu..

Paket pelatihan ini bisa didapatkan melalui mitra pelatihan prakerja di Skill Academy.

Dan yang menarik skill academy merupakan mitra pelatihan prakerja tanpa webinar. Sehingga menjadi favorit para peserta di program kartu prakerja.

Pelatihan tanpa webinar, artinya peserta tidak diharuskan untuk hadir dalam waktu spesifik yang sudah ditentukan oleh Lembaga Pelatihan. 

Peserta hanya diharuskan menonton video pembelajaran yang bisa diakses kapan pun.


Manfaatkan Segera Program Kartu Prakerja untuk Meningkatkan Skill yang Kita Butuhkan

Mengingat di prakerja kali ini, kelas yang ditawarkan bisa habis (ada kuotanya),  jadi sebaiknya kita cepat dan gesit untuk membeli paket tersebut agar bisa mengikuti pelatihannya.

Setiap harinya juga ada 1 kelas pilihan yang bakalan kasih bonus pulsa 50 ribu untuk 100 orang pertama yang beli kelas pilihan di hari tersebut. 

Pantau terus social media Skill Academy  atau event.skillacademy.com/giveaway-harian untuk tahu kelas apa saja yang dipromosikan setiap harinya


skill dasar untuk melamar pekerjaan
Kelas Microsoft Office dan Dasar Korespondensi di Skill Academy



19 Comments

  1. Beberapa hal yang harus dimiliki saat mau melamar kerja salah satunya kemampuan komunikasi ini bner banget karena pasti yang dilihat pertama adalah komunikasi yang baik apalagi kepada atasan kerja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, seperti terlihat sepele tapi kemampuan komunikasi itu penting banget

      Delete
  2. aku juga pengguna skill academy untuk belajar. enak sih materinya bisa ditonton dari mana aja. suka ada promo juga.

    ReplyDelete
  3. Gemess karena udah 2x daftar Kartu Prakerja, belum lolos mulu dapat insentifnya, kwkwkwk. Meski gitu, aku tetep kok semangat belajar dari mana aja. Apalagi sekarang banyak platform belajar online macam Skill Academy, ya.

    ReplyDelete
  4. Aku sampe sekarang masih belajar mengelola kecerdasan emosional, kadang masih susah banget menjaga emosi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. melatih kecerdasan emosional memang susah-susah gampang ya mba

      Delete
  5. Untuk melamar kerja memang enggak bisa cuma bermodal ijazah ya... Ada skill yang harus dikuasai... Untung ada skill academy...

    ReplyDelete
  6. Program kartu prakerja dapat menjadi solusi bagi para karatan wan calon karyawan untuk upgrade skill sehingga dapat menambah nilai jual kapasitas diri ke perusahaan

    ReplyDelete
  7. Bener banget mbak, aku sering liat kalau ada tawaran pekerjaan salah satu syaratnya tuh mesti bisa Microsoft office. Makanya emang baiknya kita ikut pelatihan ini biar lancar

    ReplyDelete
  8. Wah ini skill wajib dikuasai ya agar bisa meyakinkan sebagai calon karyawan. Biasanya kadang sering mendapati menguasai office, setelah diminta Ms Access ga bisa, ternyata hanya Ms Word dan ms Powerpoint

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul ayahUgi microsoft office bukan hanya ms word sama powerpoin aja, terlihat sepele tapi penting banget sebenarnya.

      Delete
  9. Betul banget. Jaman sekarang kalau mau diterima cepat kerja harus bisa komputer ya. Lalu bisa aktif di sosmed juga hehehe

    ReplyDelete
  10. benar banget. Kalo udah memiliki 5 skill di atas, insyaallah gak bakalan sulit mendapatkan pekerjaan

    ReplyDelete
  11. Kecerdasan emosional dan bagaimana berempati memang diperlukan dalam bekerja, karena kaitannya amat luas buat hubungan pekerjaan

    ReplyDelete
  12. Ditambah kemampuan bahasa jadi nilai plus tentunya ya kak? Alhamdulillah sekarang makin lengkap ya platform pelatihan online untuk prakerja

    ReplyDelete
  13. Poin2 yg disebutkan emang penting bgt. Btw kayaknya anak muda jaman skrg udah pada ahli Ms. Office. Sebaliknya malahan karyawan senior atau para bos yg ga begitu paham. Jd inget waktu itu pak bos nyuruh saya melengkapi ppt yg dibuatnya, pas dibuka, aduh sakit mata. Ini mah bukan nambahin tapi revisi besar2an😅

    ReplyDelete
  14. Terima kasih kak sharing yang sangat bermanfaat sekali untuk kebutuhan kerja

    ReplyDelete
  15. setujuuu, selain hard skill untuk pekerjaan itu sendiri, soft skill seperti komunikasi penting banget dimiliki sama semua orang yang ingin bekerja!

    ReplyDelete
  16. aku penasaran sama prakerja ini, pengin coba ikut tapi waktu lagi daftar ke-skip apa gitu jadi lupa XD

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .