Daftar Belanja Mingguan dibawah 100 Ribu

Bagi sebagian ibu rumah tangga belanja kebutuhan pokok berkualitas dengan harga terjangkau adalah hal yang menyenangkan. 

Nah, bagaimana jika uang belanja mingguan kamu kurang dari Rp. 100.000, apakah masih bisa memasak berbagai makanan selama seminggu? 

Yap, ini tentu bisa, kamu hanya perlu berhemat dan memilih dengan bijak apa saja bahan belanja yang perlu dibeli. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan promo aplikasi belanja online Titipku lho!

Berikut ini ada daftar belanja mingguan dibawah 100 ribu lengkap dengan menu satu minggunya. Buat kamu yang ingin berhemat, bisa banget untuk coba ikuti daftar belanja ini ya.

daftar belanja mingguan di bawah 100ribu


Daftar Belanja Seminggu

Sayuran:

- Cabe rawit hijau: Rp. 2.000

- Sawi hijau: Rp. 2.000

- Kecambah tauge 1/4 kg: Rp. 2.000

- Brokoli hijau 1/2 kg: Rp. 6.000

- Wortel 2 bungkus: Rp. 3.000

- Pakcoy 3 ikat kecil: Rp. 3.000

- Kacang hijau:  Rp. 4.000

- Cabe gendot 1/4 kg: Rp. 6.000

- Petai 3 Papan: Rp. 5.000

- Mie gepeng 2 bungkus: Rp. 4.000

- Terong ungu 1 bungkus: Rp. Rp. 2.000

- Tahu 4 bungkus: Rp. 10.000

- Jamur kancing 1/4 kg: Rp. 7.000

- Tempe 2 potong: Rp. 2.000

Daging:

- Cumi-cumi kering 1 ons: Rp. 11.000

- Asin sepat kecil: Rp. 4.000

- Kulit kikil sapi 2 ons: Rp. 5.000

- Paha ayam 1/2 kg: 14.000


Bawang:

- Bawang merah 1/4 kg: Rp. 6.000


Total Belanja: Rp. 98.000


Daftar Masakan Selama 1 Minggu

 Hari Pertama:

- Bubur kacang hijau

- Kwetiau Mie kikil goreng kecap

-Tumis tahu pakcoy saus teriyaki

Hari Kedua:

- Tumis tempe kecap rempah (daun salam, serai dan daun jeruk)

- Tumis tahu kecambah tauge bumbu lada hitam

- Terong crispy

- Ayam mini crispy (bahan dada ayam diiris kecil-kecil tidak dibeli karena masih ada stok belanja minggu sebelumnya)

Hari Ketiga:

- Tahu goreng bumbu

- Goreng asin sepat

- Tumis wortel brokoli saus teriyaki

tumis brokoli wortel saus teriyaki
foto : IG @cooking.with.dila


- Sambel

- Lalap timun

Hari Keempat:

- Terong crispy

- Tempe goreng bumbu ketumbar

- Tumis tahu pakcoy jamur saus lada hitam

Hari Kelima:

- Oseng cumi pedas bumbu petai

oseng cumi pedas
foto : IG @ketutarsini

- Oseng mie sayur kikil

Hari Keenam:

- Oseng wortel brokoli saus lada hitam

- Tumis jamur kancing saus teriyaki

Hari Ketujuh:

- Paha ayam bumbu merah

- Oseng cumi kikil pedas bumbu petai

- Tumis tahu pakcoy kecambah tauge saus teriyaki

Semua menu yang dimasak cukup untuk porsi satu keluarga yang terdiri dari ibu, ayah, dan dua anak. 

Menu mingguan ini tidak termasuk cemilan dan buah-buahan ya. Nah, jika kamu memiliki budget untuk buah selama sebulan kurang dari Rp. 50.000, maka jenis buahnya dapat disesuaikan dengan musim buah, sehingga harganya jauh lebih hemat.


Tips Berhemat:

Agar belanja bulanan kamu semakin hemat, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba:

- Siapkan semua daftar menu untuk 1 minggu lengkap dengan harganya

daftar belanja mingguan
foto : IG @fatmahdja


- Belanjalah sedini mungkin, biasanya pasar dibuka sekitar jam 02.00 hingga 06.000, sebab harganya akan jauh lebih murah dan produknya lebih segar.

- Siapkan beberapa wadah untuk penyimpanan belanjaan.

food prep
foto : IG @luthfianisahan

Tata rapi semua belanjaan kamu tanpa dicuci. Cucinya jika nanti akan digunakan, agar tidak cepat busuk.

- Simpan hasil belanjaan di kulkas, lalu pisahkan makanan berprotein, serta hewani di freezer.

Jadi, itulah daftar belanja mingguan dibawah 100 ribu untuk kamu yang ingin berhemat.

Jangan lupa ikuti juga tips belanjanya ya, agar kamu bisa berhemat dengan maksimal.


10 Comments

  1. Wah senang banget dapat tips belanja dibawah 100 ribu per minggu (super minim). Hanya utk minggu pertama-ketiga, kurang protein telur atau ikan yach. Terima kasih atas rekomendasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat bu Ina, dan betul menunya memang super minim hehe, tapi bisa disesuaikan dengan keinginan apabila ada budget lebih.

      Delete
  2. ternyata cukup dengan Rp 100.000/minggu bisa menyajikan menu yang lengkap ya?
    yang sesuai dengan gizi seimbang menurut Kemenkes, yaitu 'isi piringku'
    kalo udah tau ilmunya begini, kita bisa hidup hemat ya?

    ReplyDelete
  3. Murah kak Pete 3 papan 5000...
    Di tempatku mah 5000 itu 1 papan..
    Kalau mau banyakan ada 10.000 4 papan...
    Boleh nitip gak kak Sarrah, eh 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga pete di tiap daerah beda-beda kayaknya ya kak hihi. dan tergantung lagi musim engganya juga kali ya

      Delete
  4. Daftar belanjaan dan jenis masakan yang menarik. Walau memang tergantung juga harga di daerah masing-masing ya. Kalau di saya di Sukabumi, rata-rata 15-20 ribu lah sehari, masih bisa masak untuk empat orang. jadi ya seminggu masih sekitaran 100 ribuan lah.

    ReplyDelete
  5. Ya Allah rasanya gak mungkin tapi nyata ya ... aku mau coba lah ini. dari dulu memang di budgetin 100k / minggu. karena gaji paksu gak naik jd sejak 5 tahun lalu tetap segitu uang belanjanya. Pintar Pintar Ibu belanja dan mengolah bahan makanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini, semoga bermanfaat ya mba :)

      Delete
  6. Mbaak terong crispy itu jatuhnya lauk atau sayur? Hehe penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut saya sih masuknya ke lauk, soalnya jadi semacam gorengan gitu, makannya bisa dicocol sama sambal :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .