Lindungi Wisatawan, Manfaatkan Penggunaan CCTV Ini!

fungsi cctv di tempat wisata

Tempat wisata merupakan salah satu wilayah yang di banyak didatangi oleh orang-orang setiap hari, terutama di hari weekend dan hari libur. Untuk itu sudah sepantasnya dilakukan peningkatan keamanan dengan cara pemasangan smart CCTV

Seperti diketahui, di setiap objek wisata di Indonesia khususnya berkerumun banyak orang asing. Dari sini tentu sangat dipertimbangkan potensi kejahatan yang semakin tinggi dan bisa dilakukan oleh siapa saja. 

Maka dari itu perlu adanya pemanfaatan smart CCTV camera di beberapa titik di tempat wisata. Salah satu fungsinya, tentu saja untuk mengawasi orang-orang dengan gerak-gerik cukup mencurigakan.

Manfaat Pemasangan Smart CCTV Di Lokasi Wisata

Penggunaan smart CCTV memang penting dan tidak hanya digunakan pada area indoor saja tapi juga outdoor, salah satunya pada area taman rekreasi.  

Apalagi didukung pula dengan harga CCTV yang saat ini sudah semakin terjangkau dan berkualitas baik pula. 

Berikut beberapa fungsi pemasangan CCTV di lokasi wisata :

Meminimalisir Tindak Terorisme

Salah satu ketakutan masyarakat ketika sedang berada di luar rumah adalah  bertemu dengan orang asing. 

Apalagi saat ini, tindak terorisme merajalela di mana saja dan tidak menutup kemungkinan bahwa lokasi wisata menjadi salah satu sasaran. 

Tentu saja ini disebabkan karena ada banyak masyarakat di sana yang sedang berkumpul dan berkerumun menikmati suasana tempat wisata.

Oleh karena itu penggunaan CCTV sangat penting di tempat-tempat wisata ini. 

Setidaknya dengan adanya smart CCTV camera, bisa menjadi bentuk pencegahan tindak terorisme ini. Para penjaga ataupun ruang kontrol bisa memantau gerak-gerik orang yang mungkin cukup mencurigakan dengan penggunaan CCTV. 

Mengurangi Angka Kemalingan

Tempat wisata juga sangat rawan dengan yang namanya kehilangan barang. Tentu saja sebuah tempat wisata tidak ingin kehilangan para pengunjung, hanya karena tempat tersebut dicap buruk sebab sering terjadi kemalingan di sana. Oleh karena itu untuk meningkatkan kewaspadaan, maka dipasang kamera CCTV di berbagai titik. 

Angka kehilangan memang cukup tinggi di tempat wisata, bisa jadi karena para pengunjung ataupun hal-hal lain di luar keinginan. Dengan penggunaan kamera CCTV, tentu orang yang ingin bertindak jahat akan mempertimbangkan lagi apakah akan melakukan aksinya sementara ada kamera yang mengintai. 

Kamera CCTV juga sangat berguna sebagai bukti kejahatan ataupun cara memantau pelaku kejahatan di area outdoor. Karena CCTV bisa dimanfaatkan untuk melacak siapa maling ataupun orang-orang yang ingin berniat jahat lainnya. 

Memudahkan Seseorang Menemukan Anggota Keluarga yang Hilang 

Apakah Anda pernah mengalami kehilangan anggota keluarga di tempat rekreasi? Biasanya hal ini umum terjadi apalagi untuk usia anak-anak, di mana kurangnya penjagaan dari orang tua sehingga anak bisa bepergian sendirian di tempat rekreasi. 

Dengan penggunaan kamera CCTV yang ada di lokasi wisata, hal ini akan memudahkan untuk menemukan anggota keluarga yang hilang atau tersesat. 

Nantinya para pengunjung yang kehilangan anggota keluarga akan melapor ke bagian keamanan, setelah itu bisa diteruskan ke pengontrolan CCTV, untuk melacak orang yang dicari. 

Dengan begini tentu akan semakin mudah untuk membantu pencarian orang hilang di tempat wisata, jadi penggunaan kamera CCTV sangat efektif memang untuk area outdoor

Media Penjaga Lokasi Wisata Tetap Aman

Lokasi wisata terus ditingkatkan keamanannya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih lokasi wisata yang aman juga cukup dipertimbangkan untuk didatangi oleh para pengunjung, demi kenyamanan saat berada di tempat tersebut. Apalagi jika sedang membawa keluarga besar, pastinya kualitas tempat wisata sangat diutamakan.

Dan perlu diketahui, bahwa saat ini penjagaan ketat oleh bagian keamanan tentu tidak cukup. 

Bantuan dari penggunaan CCTV yang dipasang pada beberapa lokasi sangat wajib ada agar  meningkatkan keamanan di area wisata. 

Memantau Aktifitas Pengunjung

CCTV juga dapat membantu memantau aktivitas para pengunjung. Tempat-tempat wisata pasti punya peraturannya masing-masing yang harus ditaati oleh setiap pengunjung. Dengan adanya kamera CCTV, maka dapat membantu untuk memantau aktivitas pengunjung yang tidak menaati peraturan. 

Selain itu dengan adanya kamera CCTV ini, sangat mudah dalam memantau pengunjung yang mungkin sedang terjadi sesuatu di sana dan cukup membahayakan. 

Di mana dari kamera CCTV ini tim pengamanan bisa langsung mengunjungi lokasi kejadian dengan cepat, jadi meminimalisir kemungkinan adanya korban pada suatu peristiwa yang terjadi di lokasi wisata misalnya. 

Gunakan CCTV Hikvision Untuk Keamanan Tempat Pariwisata

cctv hikvision

Dari banyaknya pilihan kamera CCTV, salah satu smart CCTV yang bisa diandalkan adalah AcuSense dari Hikvision

Kamera CCTV ini memiliki banyak keunggulan untuk meningkatkan keamanan lokasi wisata ke level yang lebih tinggi, sebagai berikut :

Deteksi Lebih Cepat

AcuSense merupakan kamera dengan teknologi yang mampu mendeteksi ancaman orang asing atau para penyusup dengan sistem yang real time

Jika dideteksi adanya gerak-gerik yang mencurigakan, maka CCTV langsung bisa memberikan peringatan ke smartphone. Sistem seperti ini tentu sangat dibutuhkan untuk tempat wisata sebagai pengamanan yang cepat  tanggap.

Deteksi Akurat

Selain cepat, deteksi yang dilakukan juga sangat akurat dengan teknologi AcuSense untuk membedakan orang dan kendaraan dari objek bergerak lainnya. 

Hal ini tentu sangat membantu para tim keamanan untuk lebih fokus pada ancaman yang nyata saja. 

Ketika ada suatu kejadian tim pengamanan lebih cepat dalam pemantauan karena menggunakan model kamera kelas atas.

Sangat Efisien

Di zaman yang serba canggih ini tentu masyarakat ingin menggunakan berbagai produk yang efisien. Tidak terkecuali pada penggunaan produk CCTV dengan teknologi AcuSense. Karena CCTV cerdas ini, menerapkan label pada rekaman video untuk orang dan kendaraan.

Dengan begitu secara otomatis memudahkan tim keamanan untuk melakukan pencarian pada video. Jadi efisien misalnya dalam menemukan orang yang hilang di tempat wisata. Dengan cara ini juga, sangat berdampak pada pengurangan biaya keamanan.

Mudah Dalam Penggunaan

Hikvision AcuSense juga merupakan kamera yang cerdas karena mudah dalam pemasangan dan penggunaannya. Cara pemasangan kamera ini sama seperti dengan kamera keamanan konvensional. Terlebih didukung pula dengan keamanan AI, untuk semua pengguna dari berbagai kalangan. 

Itu tadi beberapa manfaat penggunaan smart CCTV untuk area tempat wisata. Pastinya untuk para mengelola tempat wisata, wajib meningkatkan keamanan jika ingin bertahan pada bisnis tersebut. Untuk pilihan kamera CCTV, hanya percayakan pada Hikvision AcuSense. 


Sumber foto : freepik.com

0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .