Rencanakan dengan Matang, Siap Tembus UTBK 2023 dengan 5 Tips Ini!

tips persiapan tembus utbk 2023

Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan sistem Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dikenal dengan sistem seleksi yang kompetitif karena diikuti calon mahasiswa dari seluruh Indonesia. Hal ini dikarenakan peserta yang mengikuti UTBK datang dari berbagai daerah dengan berbagai prestasi akademis di level SMA. 

Namun, kamu nggak perlu khawatir dan takut tidak bisa menghadapi UTBK dengan baik. Selama kamu mempersiapkan semuanya, maka kamu bisa menghadapi bahkan hingga lolos diterima masuk ke perguruan tinggi favorit. 

Kamu dapat gunakan jasa bimbel online Quipper sebagai persiapan tembus UTBK 2023 melalui link berikut ini https://www.quipper.com/id/video/. Meski begitu, kamu tetap perlu berjaga-jaga dengan mempersiapkan diri mengikuti UTBK agar nantinya tidak terjadi hal diluar kendali, klik di sini untuk mulai persiapan lebih dini. 


Tips Persiapan Tembus UTBK 2023

Berikut ini 5 tips yang bisa kamu pakai untuk bersiap menghadapi UTBK :


1. Perhatikan Aturan UTBK

Setiap tahunnya, bisa jadi ada aturan baru yang diberlakukan untuk tes UTBK. Maka dari itu, yang perlu kamu lakukan adalah memperhatikan setiap aturan yang berlaku, baik saat pendaftaran, ujian berlangsung, hingga penetapan kelulusan. 

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan sebelum mendaftar UTBK adalah mempelajari aturan yang ditetapkan. Caranya adalah dengan memahami aturan umum dan aturan khusus agar bisa mendaftar UTBK. 

Kamu bisa memulainya dengan mencari tahu syarat untuk ikut ujian tulis tersebut, mekanisme pendaftaran, dan mekanisme pelaksanaan. Jika Kamu sudah memahami dan menjalaninya dengan benar, peluang kesalahan teknis pun akan makin berkurang dan kesempatan tembus UTBK pun makin tinggi. 

2. Tentukan Kampus Tujuan

Lalu, jangan lupa untuk menentukan kampus tujuan. Lakukan hal ini dengan lengkap, mulai dari menentukan kampus hingga mengecek passing grade program studi yang kamu inginkan. Dengan mengecek passing grade, kamu bisa mendapatkan gambaran awal mengenai jurusan serta kampus yang diinginkan. 

Meski bukan tidak dikeluarkan secara resmi oleh kampus, dengan mengacu pada passing grade, kamu dapat memperkirakan peluang kamu untuk lulus. Misal, makin tinggi passing grade program studi tujuanmu, kamu perlu mempersiapkan diri kamu untuk belajar lebih rajin agar mencapai standar kelulusan yang ditentukan. 

Sedikit tips, passing grade jurusan pasti akan berbeda di setiap kampus dengan jurusan favorit pada kampus atau jurusan yang banyak diminati lebih memiliki standar yang tinggi. 

Untuk bidang saintek, jurusan teknik kemungkinan memiliki passing grade yang lebih tinggi sedangkan jurusan hukum dan ekonomi jadi favorit di bidang soshum (sosial dan hukum). 


3. Melengkapi Dokumen Pendaftaran

Hal yang satu ini mungkin seringkali luput dari perhatian, namun Kamu tak boleh menyepelekannya. Agar tak lupa, kamu bisa mencari tahu dokumen apa yang dibutuhkan nanti saat pendaftaran karena penyerahan dokumen pendaftaran UTBK biasanya akan dilakukan saat pengumuman sudah dirilis. 

Dengan begitu, Kamu akan punya banyak waktu jika mengalami masalah terkait dokumen tersebut, seperti rusak atau hilang. Sedikit bocoran, dokumen penting yang sering digunakan seperti SKL (Surat Keterangan Lulus) dan ijazah adalah beberapa dari dokumen yang wajib kamu unggah nantinya. 

4. Belajar Materi UTBK

Kamu bisa menyicil untuk mempersiapkan diri menghadapi UTBK dengan belajar materi UTBK dari tahun sebelumnya. Caranya, pelajari setiap materi ujian sesuai kelompok yang dipilih, seperti kelompok saintek dan kelompok soshum. 

Perbedaan pemilihan kelompok sangat berpengaruh pada soal UTBK yang diujikan.

Selain itu, pelajari materi TPS atau Tes Potensi Skolastik. Tipsnya, kamu bisa memahami tipe dan karakter soal dan latihan untuk menjawab pertanyaan dari soal tersebut dengan cepat dan tepat. Agar lebih nyaman, sesuaikan waktu dan frekuensi belajarmu dengan cara dan gayamu sendiri namun pastikan tetap terjadwal dan catat setiap progress yang kamu alami.  

Perlu kamu perhatikan bahwa UTBK 2023 akan berfokus pada tiga kata kunci yang penting untuk diingat, yaitu Kognitif/Kognisi, Penalaran, dan Literasi.

Kognitif/Kognisi berkaitan dengan keterampilan kamu sebagai siswa dalam menggunakan hingga memperoleh informasi dan pengetahuan. 

Penalaran berkaitan dengan pengujian analisa, memprediksi, hingga menyimpulkan suatu informasi menjadi sebuah rangkuman singkat. Terakhir, Literasi berkaitan dengan kemampuan baca tulis dan peserta UTBK 2023. 

Agar bisa lebih update informasi UTBK 2023, kamu dapat mengikut sosial media Kemendikbud Ristek atau sosial media dan website atau blog Quipper. 

5. Ikut Bimbel

Untuk menambah keyakinan dan kemampuanmu dalam menghadapi UTBK, kamu bisa mengikuti bimbel online sebagai bentuk persiapan. 

Keuntungan bimbel online adalah kamu bisa lebih cepat dan mudah untuk mengupdate materi pembelajaran, tak terkecuali materi UTBK. 

Selain itu, keuntungan belajar bimbel online kamu bisa membahas materi UTBK dengan lebih terukur dan terarah dengan bantuan tutor. Tambahannya, kamu bisa mengikuti simulasi atau try out yang disediakan. 

Salah satunya dengan mengikuti bimbel online di Quipper. Kamu bisa mendapatkan support penuh bimbingan online lewat tips belajar efektif disertai dengan laporan belajar untuk orang tua. 

Khusus jenjang SMA dalam menghadapi UTBK, Kamu bisa mendapatkan penjelasan materi sesuai dengan jurusan dan universitas yang diminati. Selain itu, ada coach pribadi sebagai konsultan akademis yang akan mendengarkan keluhan akademik yang Kamu alami. 

Kamu juga bisa mengakses materi lengkap dengan lebih interaktif lewat Quipper Video, yang bisa diakses di mana saja dengan gadget. Bergabunglah dan persiapkan diri kamu menghadapi UTBK dengan belajar bersama Quipper, karena Tutor dan Coach siap membantumu termotivasi dan yakin maju menuju sekolah dan kampus impian!

Yuk klik di sini dan langsung saja daftarkan diri Kamu di program SMA Super Plus Quipper dan jadikan masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) impian menjadi nyata bukan cuma mimpi.


 

0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .