Aplikasi Kasir iREAP, Bantu Monitor Penjualan Toko Secara Real Time

aplikasi kasir ireap

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pemilik usaha dalam menjalankan bisnis adalah manajemen keuangan yang buruk. 

Ya saat ini banyak pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang masih menggunakan dan mengandalkan pembukuan manual.

Padahal pembukuan secara manual sangat rentan mengalami kesalahan, mulai dari salah rekap, buku yang rusak (kena tumpahan air atau sobek) hingga buku yang hilang. 

Dan jika laporan penjualan dalam satu hari tidak akurat maka laporan penjualan secara keseluruhan pun akan berantakan.

Faktanya kunci evaluasi sebuah bisnis adalah adanya manajemen keuangan yang baik. Sehingga kita bisa menganalisa penjualan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan selanjutnya.

 

Manfaatkan Aplikasi Kasir iREAP POS ( Point of Sales) untuk Memantau Aktivitas Penjualan di Toko

Untuk mengatasi masalah pengaturan keuangan toko, para pelaku usaha bisa memanfaatkan aplikasi kasir iREAP.

Aplikasi kasir iREAP adalah aplikasi kasir android terbaik yang ideal untuk memantau semua aktivitas di toko. Mulai dari transaksi penjualan/retur, penerimaan barang, pengeluaran barang hingga laporan keuangan.


Aplikasi kasir dapat membantu melakukan pencatatan setiap barang yang dijual, memeriksa ketersediaan produk, mencatat berbagai data transaksi, mencetak bukti transaksi, hingga mengurangi risiko terjadinya kesalahan pencatatan transaksi dari orang yang bertugas.

Menggunakan aplikasi kasir iREAP merupakan salah satu cara untuk mengembangkan bisnis sekaligus bentuk inovasi.

Tak dimungkiri sekarang semuanya sudah serba digital. Hampir semua aktivitas sehari-hari sudah melibatkan teknologi canggih yang bisa memudahkan manusia dalam mencapai sebuah tujuan.

Dalam hal ini inovasi diperlukan tak hanya untuk mengikuti tren melainkan sebagai bentuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Aplikasi kasir iREAP bisa digunakan di UMKM seperti warung makan, café, restoran, salon, barbershop, bengkel, butik, klinik, toko kelontong hingga bisnis online.

 

aplikasi kasir online
Aplikasi kasir dapat digunakan di toko kelontong hingga bisnis online


Manfaat dan Kegunaan Aplikasi iREAP untuk Toko Kelontong

Toko kelontong adalah toko yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Produk yang dijual biasanya peralatan dan kebutuhan rumah tangga, seperti beras, bumbu dapur, peralatan mandi, sabun mencuci pakaian, pembersih rumah, dan lain sebagainya.

Toko kelontong terdiri dari dua jenis, yaitu toko kelontong tradisional dan toko kelontong modern. Namun masih banyak pemilik toko kelontong yang belum berani berinovasi untuk mengembangkan bisnisnya.

Nah berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh pemilik toko kelontong apabila menggunakan aplikasi kasir iREAP, yaitu :

  1.   Transaksi Dapat Lebih Cepat dengan Menggunakan Barcode Scanner.

Setiap pelanggan tentu menginginkan pelayanan yang cepat. Tak ingin mengantri dan menunggu lama. Penggunaan barcode scanner dapat membuat proses jual beli menjadi lebih mudah dan cepat. 

Barcode scanner adalah perangkat yang banyak digunakan untuk mengurutkan berbagai produk berdasarkan jenis, nilai, dan harga. 

Cukup memindai barcode yang terdapat pada kemasan suatu barang. Alat ini dapat mengidentifikasi harga dan jenis produk yang dijual.

barcode scanner cable
Contoh barcode reader pada aplikasi kasir iREAP

 2.Dapat Mengetahui Perbedaan Satuan Barang pada Penjualan

Pada aplikasi kasir terdapat product set yang dirancang untuk menghitung secara otomatis dan real time atas barang keluar karena adanya penjualan. Artinya, setiap terjadi transaksi penjualan, jumlah stok barang akan langsung berkurang sesuai jumlah barang yang keluar.

 3.       Dapat Menerapkan Sistem Diskon untuk Pembelian Barang dalam Jumlah Banyak.

Kuantitas Diskon (Discount Quantity) adalah suatu fungsi untuk memberikan diskon pada produk berdasarkan jumlah kuantitas barang yang dibeli pelanggan. Cara ini digunakan agar peritel dapat mendorong pelanggan untuk membeli lebih banyak, sehingga dapat meningkatkan penghasilan secara keseluruhan.

 4.  .Memiliki Fungsi Absensi Karyawan

Pengawasan terhadap operasional toko salah satu nya mencakup kepada team atau karyawan toko, selain pencatatan performa tim toko dalam hal penjualan, maka juga penting untuk mengetahui kehadiran mereka sehari-hari. 

Fitur Product Set, Discount Quantity serta fitur absensi karyawan dapat diperoleh apabila memilih paket iREAP POS Pro.

Aplikasi kasir iREAP Pos terdiri dari dua jenis, yaitu iREAP POS Lite dan iREAP POS Pro. Keduanya memiliki fitur yang sedikit berbeda. 

iREAP POS Lite ditujukan bagi usaha mikro, sedangkan iREAP POS Pro ditujukan bagi bisnis kecil hingga menengah. 

Usaha mikro adalah usaha yang dimiliki perorangan maupun badan usaha dengan kriteria omzet tahunan maksimal Rp 300 juta/tahun. Sedangkan usaha kecil biasanya memiliki omzet antara Rp300 juta sampai Rp2,5 miliar. Sementara  usaha menengah memiliki pendapatan usaha Rp2,5 miliar sampai Rp50 miliar.

Dalam hal ini fitur iREAP Pos Pro lebih lengkap (memiliki penyimpanan database cloud & dalam device), memiliki fitur transfer barang antar toko, menerima laporan konsolidasi banyak toko dan masih banyak lagi.

 

Manfaat Aplikasi Kasir iREAP untuk Bisnis Online

Selain memudahkan dalam memantau jumlah stok barang (barang masuk dan barang keluar) hingga barang retur. Menggunakan aplikasi kasir dapat memudahkan pelaku bisnis online dalam melihat jumlah profit, audit stok, penjualan terbanyak, dan laporan penjualan pada menu laporan.

Dan berkaitan dengan layanan pelanggan tak dimungkiri setiap pembeli di online shop membutuhkan pelayanan yang cepat dan praktis. Pelayanan yang baik kepada pelanggan tentu akan membangun loyalitas sehingga pelanggan senang dan berbelanja lagi di toko online kita.

Apabila menggunakan aplikasi kasir pemilik bisnis online juga bisa menerima berbagai metode pembayaran dari pelanggan.

Ya sebagai seorang penggemar online shop saya senang sekali apabila sebuah toko online menyediakan metode pembayaran dengan berbagai pilihan. Praktis dan terlihat professional.

Aplikasi kasir iREAP dilengkapi dengan metode pembayaran digital, fitur QRIS (transaksi E-Money) seperti OVO, Gopay, Dana, Shopeepay, Link Aja, BCA, BNI, Mandiri dan BRI.

 

Biaya Berlangganan Aplikasi Kasir iREAP POS

Dengan biaya yang terjangkau Rp 41.667/bulan (apabila dibayar langsung satu tahun) dan Rp 99.000 apabila dibayar bulanan para pelaku usaha sudah bisa mendapatkan fasilitas dari iREAP POS Pro.

Sedangkan apabila menggunakan aplikasi kasir iREAP POS Lite tidak dikenakan biaya alias gratis.

Info lebih detail tentang perbedaan fitur iREAP POS Pro dan fitur iREAP POS Lite bisa dibaca di website ireappos.com

Aplikasi kasir iREAP POS berada di bawah naungan PT Sterling Tulus Cemerlang, memiliki kantor pusat di Ruko Graha Arteri Mas kav 30, Kebon Jeruk, Jakarta Pusat, dan sudah berdiri sejak tahun 2016.

aplikasi kasir ireap untuk toko
Aplikasi kasir iREAP terpercaya karena sudah digunakan lebih dari 400.000 bisnis baik di dalam maupun luar negeri

 

Kesimpulan

Dengan menggunakan aplikasi kasir iREAP POS pemilik bisnis UMKM dapat memperoleh banyak keuntungan antara lain :

1.       Efisiensi waktu dalam pengelolaan semua transaksi.
2.       Meminimalkan resiko terjadinya kesalahan transaksi.
3.       Mengontrol ketersediaan barang lebih cepat.
4.       Laporan keuangan langsung jadi.
5.       Sistem keamanan lebih baik.
6.       Proses analisa bisnis dan penentuan strategi yang lebih efektif.
7.       Pelayanan bisnis lebih baik dan lebih cepat.
8.       Pengelolaan bisnis bisa dilakukan dari mana saja.
9.       Hemat biaya operasional.
10.   Memudahkan integrasi dengan banyak saluran penjualan

Apabila tertarik, jangan ragu untuk langsung menggunakan aplikasi kasir iREAP.

Tersedia layanan free trial (mencoba secara gratis) selama 14 hari, tanpa kontrak tanpa kartu kredit.

aplikasi kasir iREAP
Cara Menggunakan aplikasi kair iREAP sangat mudah




19 Comments

  1. Saya termasuk orang yang sering merasa malas kalau udah ketemua namanya pembukuan, wkwkw.. tapi berbeda dengan sekarang, apalagi sudah tersedia aplikasi kasir ireap sebagai sarana pembantu. Memulai usaha jadi lebih mudah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali kang, giliran urusan pembukuan kadang bawaannya suka males padahal pembukuan itu penting banget buat bisnis dan semua aktivitas sehari-hari. Bersyukur ada aplikasi iREAP yang bisa memudahkan

      Delete
  2. Makasih kak infonya. Sekarang pelaku usaha makin! Dimudahkan dlm pencatatan ya dg aplikasi ini

    ReplyDelete
  3. Iya benar mbak Gita, manajemen keuangan memang faktor utama dalam sebuah usaha. Yang sering saya alami uang usaha dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Terima kasih info nya tentang aplikasi iREAP. Bisa membantu dalam menyusun laporan keuangan usaha.

    ReplyDelete
  4. Setiap usaha perlu pengaturan penjualan secara akurat. Wah membantu sekali bagi mereka yang belum punya sistem penjualan, stock, bahkan sampai pengaturan absensi. Tepat ini bagi mereka yang punya usaha supaya semua penjualan terecord dg baik.

    ReplyDelete
  5. Pencatatan keuangan dalam sebuah usaha memang wajib ada yaa. Syukurlah sekarang sudah banyak aplikasi seperti ini salah satunya ireap ini

    ReplyDelete
  6. Ibu saya punya warung kelontong di desa, jadi pembukuannya manual bahkan terkadang nggak dicatat. Membaca artikel ini saya jadi pengen ngajarin ibu saya biar warungnya tambah keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba rekomendasikan sama ibu kak, selain praktis tentunya akan sangat memudahkan beliau. Ibu bisa coba yang gratis dulu

      Delete
  7. Lengkap ya fitur dan manfaat iReap. Bahkan bisa itung perbedaan satuan barang dan absensi karyawan segala. Benar2 one aplication for all.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba aplikasi kasir iREAP ini memang one application for all, praktis dan support bisnis UMKM banget.

      Delete
  8. Meski kuliah jurusan akuntansi sy termasuk malas melakukan pencatatan keuangan....seneng banget ada aplikasi kasir ini.. usaha kita jd lebih termenej keuangannya karena jelas cashflownya ya... Masya Allah...

    ReplyDelete
  9. Benar juga ya Kak, kalau pake cara manual ini kadang banyak masalahnya belum lagi saat buku hilang atau robek makin amburadul. Emang plg benar dah pake app iREAP ini buat manage keuangan toko kita, harganya sangat terjangkau sih demi kesehatan keuangan nanti, hehe

    ReplyDelete
  10. Dulu aku ga terlalu ngeuh aplikasi semacam ini ternyata setelah aca postingan ini kebayang sih betapa sangat membantunya pakai aplikasi ini untuk bisnis baik mikro, menengah maupun besar. Apalagi kalo udah berkaitan dengan uang tuh harus jeli banget.

    ReplyDelete
  11. kereenn ya, sekarang sudah tersedia juga aplikasi yang memudahkan kita dalam berbisnis. Karena kalo menggunakan cara manual selain ribet juga harus hti2 agar tidak ada kesalahan.

    ReplyDelete
  12. wah canggih ya aplikasi Ireap ini ada scan barcodenya juga. pastinya membantu banget bagi mereka yang berjualan biar nggak bingung ngapalin harga produk yang dijualnya

    ReplyDelete
  13. saat ini, sistim pembayaran pada usaha yang kita punya memang harus up to date yaa. kalo bisa sistim pembayarannya memudahkan pembeli. keren nih aplikasi kasir ireap ini

    ReplyDelete
  14. Wah aplikasi ini jadi memudahkan para pelaku usaha bisnis yang baru memulai. Fiturnya yang banyak, bisa dinikmati apalagi kalau sudah berlangganan.

    Terima kasih infonya, Mbak. Kebetulan mertua buka toko di rumah, jadi bisa rekomendasikan yang praktis

    ReplyDelete
  15. Enaknya sistem aplikasi kek gini, ribetnya hanya diawal saat memasukkan Data Master (jenis barang beserta kondisi harganya) saja.
    Tapii jika semua data sudah dimasukkan, maka langkah selanjutnya mudah banget, tinggal barecode saja.
    Simple banget.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .