Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Dewasa

cara menghitung berat badan ideal wanita dewasa

Tak dimungkiri banyak Wanita yang merasa insecure atau tidak percaya diri dengan berat badannya. Merasa memiliki pipi chubby, memiliki perut buncit, paha besar dan sebagainya.

Ya semua wanita pasti menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Terlihat ramping di depan kaca dan tidak kesulitan ketika memilih ukuran pakaian.

Lalu bagaimanakah cara menghitung berat badan ideal wanita dewasa ?


Rumus Umum Menghitung Berat Badan Ideal

Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menghitung berat badan ideal. Dengan menggunakan rumus umum atau mengukur berdasarkan lingkar pinggang.

Untuk menghitung berat badan menggunakan rumus biasanya dilakukan dengan cara mengurangi tinggi badan kita dengan angka 100. Selanjutnya dikalikan 10% untuk pria atau dikalikan 15% untuk Wanita.

Contoh :  seseorang memiliki tinggi badan 160 cm. Maka tinggi badan – 100 dikalikan 15%

(160 – 100) x 15%

= 60 - 9 

= 51 kg 

Maka angka ideal untuk berat badan wanita dewasa dengan tinggi 165 cm adalah 51 kg.

Namun perlu dipahami bahwa untuk orang yang memiliki berat badan yang sama, besar kemungkinan memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Ada yang keliatan lebih gemuk (berisi) dan ada juga yang terlihat lebih kurus.

Hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal seperti faktor keturunan (genetik), hormon, tingkat stress, kualitas tidur, gaya hidup, kondisi kesehatan serta obat-obatan yang sering dikonsumsi.

Ketahui bahwa angka yang tertera di timbangan tidak bisa dijadikan sebagai patokan apakah tubuh kita sehat atau tidak


Berkenalan dengan Body Mass Index

Berbicara soal menghitung berat badan, sebaiknya kita juga berkenalan dengan istilah Body Mass Index (BMI).

Body Mass Index adalah angka yang menjadi penilaian standar untuk menentukan apakah berat badan kita tergolong normal, kurang, berlebih, atau obesitas.

Untuk menghitung Indeks Massa Tubuh juga ada rumusnya. Namun secara umum, Body Mass Index seseorang disebut normal apabila berada di kisaran angka 18,5 – 22,9 (berlaku untuk kawasan Asia)

Selain itu Body Mass Index seseorang juga berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin, jenis aktivitas yang dilakukan. Apakah seorang atlet yang berolahraga secara ekstra atau ibu hamil.


Tujuan Mengetahui Berat Badan Ideal

Terlepas dari berbagai rumus yang bisa kita gunakan untuk menghitung berat badan ideal pada wanita dewasa. Kita juga harus tahu apa sebenarnya tujuan utama dari mengetahui berat badan tersebut.

Tujuannya antara lain adalah untuk mempertahankan kesehatan secara keseluruhan, menjaga dan mencegah penyakit hinggap di tubuh kita.

Karena biasanya seseorang yang memiliki berat badan berlebih akan rentan mengalami risiko nyeri sendi dan otot, kesulitan dalam melakukan banyak aktivitas serta gangguan tubuh lainnya.

Berat badan sebaiknya terus dipantau agar kita dapat segera melakukan tindakan preventif berkaitan dengan pemenuhan gizi atau pengurangan asupan kalori.


Kesimpulan

Pada dasarnya berat badan yang ideal bisa kita peroleh apabila jumlah asupan yang kita konsumsi setiap hari sebanding dengan jumlah kalori yang kita keluarkan melalui berbagai aktivitas.

Rutinlah untuk melakukan olahraga, tak perlu pergi ke gym, cukup olahraga ringan seperti jalan kaki atau jogging di sekitar tempat tinggal. Seminggu tiga kali minimal 30 menit.

Dan jangan lupa imbangi dengan asupan makanan yang sehat dan bergizi. Karena makanan memiliki kontribusi besar dalam pembentukan tubuh seseorang, terutama jenis makanan yang mengandung gula dan tepung yang dapat memicu naiknya berat badan dengan mudah.



0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .