Hobi Jalan-Jalan? Kenali Manfaat Asuransi Perjalanan yang Wajib Dimiliki

manfaat asuransi perjalanan

Memiliki hobi traveling? Maka Anda perlu memiliki asuransi perjalanan karena ada banyak manfaat yang bisa dirasakan. Jangan ngaku hobi traveling tapi asuransi perjalanan saja tidak punya.

Asuransi travel atau perjalanan merupakan salah satu produk asuransi yang berfungsi memberikan perlindungan selama Anda melakukan perjalanan, baik traveling maupun perjalanan bisnis. 

Dengan asuransi ini, perjalanan akan lebih aman, nyaman dan tenang karena mendapatkan perlindungan.

Selain memberikan kenyamanan perjalanan, asuransi perjalanan juga memberikan perlindungan dari resiko sakit saat ditempat tujuan atau keberangkatan pesawat dibatalkan karena ada hal tak terduga di tempat tujuan. 

Jadi kerugian yang dialami tidaklah terlalu besar karena Anda memiliki asuransi yang dapat menanggulangi kerugian Anda.

Asuransi perjalanan ada dua tipe yang ditawarkan, tipe asuransi perjalanan yang pertama adalah single trip yaitu menjamin perlindungan untuk satu kali perjalanan dengan kurun waktu tertentu yaitu biasanya 180 hari per perjalanan.

Sedangkan tipe yang kedua adalah asuransi perjalanan tahunan yang merupakan asuransi yang bisa menanggung setiap perjalanan maksimal 90 hari per perjalanan sepanjang tahun. 

Tapi perlu diketahui bahwa premi serta tanggungan yang diperoleh berbeda-beda tergantung perusahaan serta paket yang dipilih.

Sekadar info bahwa ada hal-hal yang tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi perjalanan apabila negara atau daerah tujuan merupakan wilayah yang tidak aman baik dari segi bencana alam atau terorisme.

Apa Saja Sih Manfaat Asuransi Perjalanan?

Bagi orang-orang yang hobi traveling dan orang yang sering melakukan perjalanan bisnis, tentu asuransi perjalanan sangat penting karena memberikan manfaat seperti berikut:


1. Mendapatkan Kompensasi Ketidak Nyamanan

Setiap perjalanan memang tidak selalu mulus, pasti ada saja kendala mulai dari pembatalan keberangkatan maupun keterlambatan pesawat. Mungkin bagi orang yang tidak memiliki asuransi perjalanan akan sangat rugi selain rugi waktu juga rugi materi. 

Tapi berbeda hal dengan orang-orang yang memiliki asuransi perjalanan, karena perusahaan asuransi akan memberikan kompensasi atau hal-hal yang terjadi. Kompensasi yang diberikan bisa berupa uang tunai atau menginap di hotel dengan gratis.

2. Mengganti Rugi Atas Kehilangan Dokumen Atau Uang

Jika Anda mengalami kehilangan dokumen maupun uang, maka pihak asuransi akan memberikan ganti rugi atas kehilangan yang Anda alami. Kompensasi ganti rugi bisa berupa uang tunai atau biaya pembuatan dokumen baru.

3. Jaminan Bagasi serta Barang-Barang Pribadi

Asuransi perjalanan memberikan perlindungan dari resiko terjadinya kerusakan bahkan kehilangan bagasi atau barang-barang pribadi. Anda akan mendapatkan ganti rugi berupa uang tunai atas kerusakan atau kehilangan bagasi atau barang pribadi Anda.

4. Jaminan Biaya Medis

Siapa sih yang mau sakit saat traveling atau perjalanan bisnis, pastinya semua orang tidak mau. Tapi sakit kan tidak bisa diprediksi bisa datang kapan saja bahkan saat sedang traveling

Tapi tenang, meskipun tidak bisa menikmati liburan karena sakit, Namun nasib Anda tidak akan ngenes banget jika Anda memiliki asuransi perjalanan. Karena asuransi perjalanan akan memberikan ganti rugi biaya medis Anda.

asuransi medis


5. Bantuan Hukum

Biasanya perusahaan asuransi perjalanan terpercaya akan memberikan jaminan bantuan hukum. Jadi, saat Anda sedang traveling atau perjalanan bisnis dan mengalami masalah hukum di wilayah atau negara tujuan, maka pihak asuransi akan memberikan santunan untuk membayar pengacara.

6. Kecelakaan Diri

Musibah tidak bisa dihindari, saat Anda sedang melakukan perjalanan dan mengalami kecelakaan diri, maka pihak asuransi memberikan santunan biaya medis.

Nah jika Anda tertarik menggunakan asuransi perjalanan untuk setiap perjalanan yang Anda lakukan, gunakan saja Garda Trip, Asuransi perjalanan yang memberikan banyak keistimewaan.


Sumber foto : freepik

17 Comments

  1. Ternyata banyak banget manfaat asuransi perjalanan ya Mba. Selama ini tiap kali pesen tiket mau pergi pergi, selalu aja skip tentang asuransi. Thank you for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba Efa, urusan asuransi perjalanan ketika traveling kadang terlihat sepele, padahal manfatnya banyak sekali

      Delete
  2. Sangat penting sekali bagi backpack maupun ekslusif traveller punya asuransi perjalanan. Kita tidak tau risiko selama perjalanan. Dg asuransi perjalanan semua akan tercover.

    ReplyDelete
  3. baru tahu kalau ternyata dengan menggunakan asuransi perjalanan bisa mendapatkan konpensasi ketidak nyamanan. terimakasih untuk informasinya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kak Rendi sudah mampir ke blog saya :)

      Delete
  4. Wah penting bangett nih Mbak buat para traveller yang rutin melakukan perjalanan, karena benar sih dengan melakukan perjalanan jauh itu kadang resiko yg terjadi kita gak dpat prediksi jadinya asuransi dapat mengkover kemungkinan resiko itu yaa..

    ReplyDelete
  5. Jujur selama ini beli asuransi perjalanan kalau berangkat ke luar negeri doang, kalau di dalam negeri masih ngerasa ga perlu, padahal namanya kesehatan dan keselamatan juga perlu ya dijamin tapi mindset masih gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, saya sendiri juga kadang masih punya mindset yng sama. Masih menganggap sepele padahal benefitnya sangat penting

      Delete
  6. Penting banget ya buat para traveller ikutan asuransi ini karena yang namanya dijalan kita nggak bisa memprediksi. Adanya asuransi bukan berharap terjadi apa-apa tapi agar lebih aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mba, karena asuransi ini tujuannya adalah proteksi. Alias sedia payung sebelum hujan

      Delete
  7. Tentunya dalam perjalanan jadi menenangkan ya kak. Gak grasak-grusuk ataupun cemas, apalagi urusan barang yang dibawa

    ReplyDelete
  8. Setiap kali melakukan perjalanan terutama dengan transportasi umum aih biasanya memang ditawarkan juga biaya tambahan untuk asuransi perjalanan single trip. Sesederhana pesawat super duper delay kan bisanya penumpang daat penggantian atau layanan tambahan, jadiaku sering ambil yang itu saja. Kalau yang tahunan malah belum eungeuh.

    ReplyDelete
  9. aku sama sekali gak kepikiran punya asuransi perjalanan loh Teh, traveling ya traveling aja. tapi ternyata harus prepare asuransi ya, karena kita gak tahu what's gonna happen selama traveling. apalagi dalam traveling kadang kita bisa aja mengalami kehilangan uang atau dokumen. waahhh ini gawat urusannya ya

    ReplyDelete
  10. Wah, aku gak memikirkan asuransi perjalanan kalo traveling, padahal sepenting itu manfaatnya.

    ReplyDelete
  11. Penting ambil asuransi perjalanan bagi yang belum pernah melakukan perjalanan ke luar negeri.

    ReplyDelete
  12. Krn aku rutin traveling, apalagi skr ini banyak negara yg sudah dibuka lagi, aku selalu beli asuransi perjalanan di tiap trip mba. Krn ngerasain bangettttt manfaatnya.

    Tapi awal2, aku memang anggan itu ga penting. Sampe ngalamin kejadian di Clark, Phillipines, pesawat ku di reschedule ke 2 hari berikutnya, tanpa ada notifikasi samasekali. Kalang kabut pastinya. Apalagi besoknya itu aku ada meeting penting, JD hrs pulang ke JKT HR itu. Mau ga mau harus beli tiket baru utk aku dan suami, di hari yg sama. Bayangin aja mahalnya beli tiket mendadak 🤣🤣. Trus maskapai cuma mau ganti tiket dari clark-singapur. Sementara singapur -jkt yg pake Garuda airways, mereka ga mau, Krn beda maskapai 😅🤣.

    Rugi banyak aku. Dan ga ada asuransi. Sejak itu aku selalu beli. Ga mau lagi kejadian begitu .pelajaran yg juga aku ambil, mendingan kalo book tiket, jgn beda2 maskapai. Kalo ada kejadian begini, mereka cuma mau ganti maskapai yg sama aja 😅

    ReplyDelete
  13. Penting ya karena kita gak bisa memastikan apa yang bakal terjadi ke depannya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .