3 Peluang Usaha untuk Gen Z

peluang bisnis modal kecil

Beberapa waktu yang lalu sempat viral di media sosial, bahwa ada jasa terima screen shot Iphone. Antara percaya dan tidak, tapi hal tersebut nyata adanya.

Entah, mungkin bagi Sebagian besar gen Z, menggunakan Iphone bisa menaikkan gengsi dan sudah dianggap sebagai symbol status sosial.

FYI gen z merupakan sebutan untuk generasi yang lahir dalam rentang waktu mulai 1996 hingga 2012.

Yang artinya di tahun 2022 sekarang usia mereka berada di kisaran usia sekolah menengah atas hingga usia pertengahan dua puluhan.


Gen Z Identik Sebagai Anak Muda Kreatif

Tak dimungkiri sebagai anak muda yang penuh energi, gen z juga identik sebagai anak muda kreatif yang jeli melihat peluang.

Apalagi di era teknologi digital seperti saat ini, banyak terbuka peluang usaha yang bisa mereka manfaatkan untuk menghasilkan uang.

Saat ini banyak sekali anak muda yang berprofesi sebagai influencer, selebgram atau youtuber dengan penghasilan yang fantastis untuk ukuran seusia mereka.

Ketika seorang anak muda melihat sebuah peluang dan kemudian memanfaatkannya makai a akan menjadi anak muda yang selangkah lebih maju dibanding teman-temannya.

Karena selalu ada peluang bagi mereka yang mau bergerak dan berusaha.


3 Peluang Usaha bagi Gen Z

Berikut ini tiga peluang usaha yang bisa dimanfaatkan oleh gen Z dan menarik untuk dicoba :

1. Jasa Nulis Caption

Media sosial bisa menjadi sarana bagi seseorang atau bagi sebuah usaha untuk eksis di masyarakat. Nyatanya banyak orang yang mudah meng-upload foto namun merasa kesulitan ketika giliran harus menulis caption yang pas dan menarik. Padahal caption memiliki peran penting untuk membantu menekankan pesan.

Mengacu dari kebutuhan tersebut maka muncullah jasa nulis caption. Dan untuk kamu yang hobi nulis atau curhat bisa memanfaatkan skill tersebut untuk membuka jasa nulis caption di media sosial khususnya Instagram.


2. Jasa Jual Foto

Kecanggihan teknologi kamera smartphone menjadi keuntungan sendiri bagi para penggunanya. Untuk kamu yang hobi foto-foto aesthetic kamu bisa menyalurkan hobi tersebut dengan memanfaatkan platform tempat jual foto online yang menawarkan jasa jual foto. Contoh platform tersebut antara lain Shutterstock, Getty Images, Alamy, Free digital photo dan masih banyak lagi.


3. Jadi Affiliator di Market Place

Ketika sedang scrolling di Instagram, sadarkah kamu bahwa banyak postingan yang seolah seperti sedang mereview sebuah produk namun nyatanya mereka sedang menjadi afiliator dari market place tertentu. 

Ya saat ini menjadi afiliator ternyata bisa menjadi sumber tambahan penghasilan. Cara kerjanya yaitu apabila ada orang yang tertarik untuk membeli produk yang kamu review maka kamu akan mendapatkan komisi sebesar 10% (bervariasi tergantung kebijakan dari market place tempat kamu mendaftar). 

Menarik bukan? Jadi kamu bisa jualan tanpa terlihat sedang jualan. Market place yang menawarkan jasa afiliasi adalah Shopee dan Tokopedia.


Kesimpulan

Selain ketiga peluang usaha bagi gen z yang disebutkan diatas sebenarnya masih banyak peluang usaha lainnya yang potensial dan bisa menghasilkan tambahan uang.

Seperti jadi reseller produk fashion, thrift shop online (jual baju layak pakai), jasa foto produk, jasa pembuatan konten, party planner, jastip dan sebagainya.

Hari gini Cuma mengandalkan uang jajan dari orangtua? Hmm, bagaimana menurutmu?

Yuk manfaatkan gadget yang kamu miliki untuk berkarya dan produktif di bidang yang positif.





0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .