7 Cara Mencari Pekerjaan Lewat Internet

cara mencari pekerjaan lewat internet

Ga kerasa udah hampir sepuluh tahun saya bekerja dari rumah memanfaatkan layanan internet. Ya saya bersyukur di era perkembangan teknologi seperti saat ini banyak sekali informasi lowongan pekerjaan yang bisa diperoleh hanya lewat internet.

Sekarang setiap orang bisa mengakses informasi lowongan kerja melalui berbagai platform mulai dari media sosial hingga aplikasi pencari kerja.


Cari Kerja Jaman Dulu vs Cari Kerja Jaman Sekarang

Kalo flashback sejenak, saya jadi ingat pengalaman di masa lalu ketika saya melamar pekerjaan dengan cara manual.

Setiap hari Sabtu, saya rajin sekali membuka info lowongan kerja di surat kabar. Pada masanya hari Sabtu adalah hari dimana para perusahaan memasang iklan lowongan pekerjaan di berbagai koran.

Dan setelah menemukan lowongan yang sesuai dengan kriteria, saya akan membuat surat lamaran kerja dan mengirimkan surat lamaran kerja tersebut lewat kantor pos. 

Tuk generasi 90an seperti saya pasti pernah mengalami masa pencarian pekerjaan manual seperti ini yekan? 😁

Bikin CV (Curriculum Vitae), nge-print dan nyetok amplop coklat berukuran besar. Haha. Entah sudah berapa puluh lembar CV dan foto ukuran 3x4 yang saya kirim ke perusahaan-perusahaan itu.

Sungguh sebuah pengalaman yang menguji kesabaran. Harus sabar menunggu jawaban, antara mendapat panggilan, kemudian wawancara dan ternyata masih belum berhasil hingga terus berusaha dan tetap pantang menyerah.

Saya juga ingat, selain mengirimkan surat lamaran kerja lewat pos, saya memanfaatkan informasi lowongan kerja yang berasal dari word of mouth (dari mulut ke mulut).

Terkadang peluang untuk mendapatkan pekerjaan dari informasi word of mouth lebih terbuka lebar lho. Faktanya Alhamdulillah saya sudah mendapatkan pekerjaan di semester akhir ketika saya masih kuliah.


Bagaimana Cara Mencari Pekerjaan Lewat Internet

kerja online di rumah

Lalu untuk saat ini, bagaimana cara mencari pekerjaan lewat internet? Simak yuk 7 cara mencari pekerjaan lewat internet berikut ini yang bisa kamu coba dan langsung praktekkan.

1. Download aplikasi pencari lowongan kerja seperti Jobstreet, Indeed job search, Jobsdb, Kalibrr, Urban hire, bursa kerja depnaker dan lain-lain. Atau kamu juga bisa langsung mengunjungi website milik perusahaan yang kamu incar. 

Cari menu karir dan kamu bisa langsung apply. Buatlah CV online yang anti main stream alias jangan yang biasa-biasa saja agar perusahaan melirik kamu dan menghubungimu untuk interview.

2. Manfaatkan kolom Google Search. Caranya ketik nama pekerjaan yang kamu mau. Dan selanjutnya akan muncul ribuan link pekerjaan yang kamu mau. 

Kamu tinggal membuka dan membacanya satu-satu. Dan pilih yang sesuai dengan kriteria. Jangan lupa pastikan informasi tersebut valid dan terpercaya.

3. Manfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Linkedin. 

Di Facebook banyak tersedia grup pencari lowongan kerja. Atau kamu juga bisa mencari info untuk praktik kerja (magang) di perusahaan. 

Selain sebagai pengalaman kerja dan melatih kepercayaan diri, praktik magang juga bisa meningkatkan keterampilan serta kesempatan untuk membangun relasi (networking). Setelah ikut magang biasanya peluang kerja terbuka lebih lebar. 

Untuk Instagram, kamu bisa follow akun Instagram perusahaan yang berkaitan dengan lowongan pekerjaan dan rutin mengeceknya. Dan pastikan profil sosial media kita pantas untuk dilihat dan memiliki personal branding yang baik. 

Untuk Linkedin, kamu bisa memanfaatkan menu Linkedin Jobs untuk meningkatkan kesempatan direkrut melalui koneksi kamu. 

64% pencari kerja di Linkedin direkrut melalui referensi. 

Sumber linkedin.com

4. Manfaatkan skill yang kamu miliki

Misal dengan menjadi penulis lepas. Seiring dengan bertambahnya pengguna internet, profesi penulis online lepas pun menjadi naik daun dan  peluang untuk mendapatkan penghasilan dari menjadi penulis online semakin besar. 

Skill lain yang bisa kamu manfaatkan adalah berjualan online.Salurkan jiwa bisnis kamu dengan berjualan online di berbagai market place yang digemari masyarakat pecinta online shop.

5. Monetisasi Youtube

Sudah bukan rahasia lagi, banyak orang yang memonetisasi Youtube untuk mendapatkan penghasilan. Dan sudah banyak orang yang berhasil. 

Tentu hal tersebut tidak diperoleh dengan mudah dan instan. Asalkan kamu memiliki niat untuk belajar dan konsisten, selama ada keinginan pasti ada jalan.

6. Jadi Influencer

Untuk kamu yang senang tampil di muka umum, kamu bisa memanfaatkan kesempatan untuk menjadi seorang influencer

Secara garis besar influencer adalah seseorang yang bisa memberikan pengaruh di masyarakat. Contohnya seperti vlogger (youtuber), blogger ataupun seseorang yang dianggap penting dalam sebuah komunitas. 

Kamu tak harus menjadi selebriti untuk menjadi seorang influencer. Kamu bisa menjadi influencer di berbagai bidang yang kamu minati. 

Contoh influencer di dunia masak : @tintinrayner @xanderskithen @fridajoincoffee . Influencer dunia fashion berhijab : @nisacookie @dwihandaanda @intankhasanah dan masih banyak lagi

7. Isi Survey Online

Saat ini banyak lho perusahaan yang membutuhkan data hasil survey dari user.  Kalau tertarik kamu bisa masuk ke website Yougov Indonesia, Ipanel, Toluna, Viewfruit dan sebagainya. Bahkan bayarannya ada yang menggunakan kurs dollar lho. 

Ketahui hal penting sebelum mendaftar di situs survey online bahwa untuk menjadi seorang surveyor kita tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis. Waspadalah apabila terjadi indikasi penipuan seperti harus membayar uang admin dan lain-lain.

Dan untuk mengakses semua informasi yang berhubungan dengan mencari pekerjaan, sebagai syarat utama, kamu harus memiliki support system berupa layanan internet cepat. 

Tak dimungkiri saat ini semua orang tidak bisa lepas dari kebutuhan akan layanan internet cepat. Baik untuk mengakses informasi, berkomunikasi hingga menyelesaikan pekerjaan.

Fasilitas internet cepat bisa kamu peroleh dari layanan Indihome dari Telkom Indonesia.


Kesimpulan

Dengan adanya media teknologi yang canggih, mencari pekerjaan dulu dengan saat ini memang berubah drastis. Kegiatan mencari lowongan pekerjaan pun menjadi jauh lebih praktis dan mudah.

Selain proses interview menjadi lebih cepat. Dimanapun kamu berada, kamu tetap bisa berkomunikasi dan menyelesaikan semua pekerjaan.

interview online


So, ga ada lagi alasan sulit mencari pekerjaan di internet karena semua orang bisa mengakses semua informasi di seluruh dunia dengan internet cepat. 




Referensi : https://www.pricebook.co.id/article/tips_tricks/13012/mencari-pekerjaan-dulu-vs-kini-perubahan-drastis-di-era-digital

19 Comments

  1. ia sekarang lebih mudah, cepat dan praktis ya...

    ReplyDelete
  2. Jadi ingat saat lulus kuliah dulu. harus nyari kerja ke sana kemari dengan membawa CV dan surat lamaran yang ditulis tangan. sekarang sih lebih mudah karena bisa dikirimkan lewat email. satu Cv bisa dikirim berkali-kali nggak perlu fotocopy kertas dan nyiapin amplop coklat

    ReplyDelete
  3. Sungguh anak-anak zaman now patut bersyukur ya, mereka nggak ngerasain gimana hecticnya belu amplop cokelat buat ngelamar kerjaan hahaha.
    Sekarang mah, no ngeprint-ngeprint, no copy ijazah dll :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya bener, no ngepring-ngeprint sama fotocopy berkas haha

      Delete
  4. Huhuhu untung gak ngalamin nyari kerja yang dari koran.. Tapiii nyari kerja online aja gak gampang.. pernah dulu sampai puluhan apply tapi ujung ujungnya dapet dari koneksi orang dalam.

    ReplyDelete
  5. gara2 teknologi sekarang, cari duit bahkan gak butuh ijazah. skill nomor 1. klo cara konven tambah 1 lg, orang dalam

    ReplyDelete
  6. Teknologi hadir untuk memudahkan hidup, termasuk mencari pekerjaan. Sejak tahun 2010an saya memang sudah mencari kerja lewat online sih, dan beberapa pekerjaan terakhir memang hasil hunting online. Lebih hemat dan praktis.

    ReplyDelete
  7. Internet yg lancar jadi salah satu kunci mudah mencari pekerjaan via online ya mbak. Soalnya klo internet lemot kan malesin juga, haha.

    ReplyDelete
  8. Jadi ngebayangin zaman saya mencari pekerjaan. Masih cari lewat koran, trus ngeprint CV dan dikirim satu per satu ke banyak perusahaan hehehe. Zaman digital memang jadi lebih memudahkan. Banyak peluang kerja yang bisa dicari dan diraih.

    ReplyDelete
  9. Internet cepat memang sudah menyatukan banyak tempat, ya, Kak. Termasuk hubungan antara seorang pencari kerja dengan pekerjaan yang ia impikan.

    ReplyDelete
  10. Iyess mba betul banget apa yang kamu tulis, mau cari apapun pakai Internet pasti tersedia apalagi Internetnya super cepat dan gak ada kendala sinyal

    ReplyDelete
  11. Hehehe, masih ngalamin sih ngeprint lamaran, nyimpen amplop cokelat, terus ke kantor pos buat ngeposin ke perusahaan yang dituju. Segalanya lebih mudah sekarang buat cari kerja, cukup via internet, banyak aplikasi pencari kerja. Kesempatan buat anak zaman now, tinggal menambah keahlian lainnya.

    ReplyDelete
  12. Merasa terpanggil sebagai generasi 90' Mba :-D
    Bener banget sih ini, sekarang serba mudah ya Mba, akses internet makin oke, kerja bisa dari mana saja. Saya rasanya pengen balik lagi jadi maba kinyis-kinyis biar bisa nyobain pengalaman intership atau magang yang fleksibel gitu dengan memanfaatkan akses internet..

    ReplyDelete
  13. heem, aplikasi cari kerja tuh sekarang ada banyak yaa, memudahkan banget buat cari referensi kerjaan baru, internet is our life helper :))

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah, terberkati sekali anak-anak zaman sekarang bisa melakukan segala aktivitasnya dengan mudah bersama jaringan internet cepat IndiHome ya..
    Aku juga dulu cari kerja lewat buletin bahkan sering nongki di papan pengumuman ITS sama Unair selain cari loker via koran. Huhuhu..

    ReplyDelete
  15. Proses sekarang makin mudah, cari info kerja pakai internet cepat, kirim lamaran modal internet, wawancara didukung internet cepat, keterima pengumumannya di internet, bahkan kerjanaya remote alias wfh. Semua bisa berjalan lancar dengan adanya internet

    ReplyDelete
  16. Sampai sekarang aku selalu dikirimi email dari salah satu situs pencari kerja terkenal, dan ini sangat memudahkan kita menemukan pekerjaan yg sesuai passion dan bidang keahlian yg kita kuasai. Sampai aku referensiin ke anak2 supaya mereka juga ikutan

    ReplyDelete
  17. Banyak situs dan aplikasi
    Tinggal kuota internetnya lancar apa enggak
    Jadinya memang butuh IndiHome

    ReplyDelete
  18. Aku ingat dulu langganan Kompas hari sabtu yang ada rubrik Klasika lowongan kerjaannya, hihi. Sekarang udah jauuhh lebih mudah ya, lewat fesbuk aja udah banyak banget lowongannya. Tinggal kemauan aja...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .