5 Kepribadian Investor menurut Bailard, Biehl, Kaiser (BB&K)

jenis kepribadian investor

Investasi jenis Obligasi merupakan salah satu opsi untuk Anda yang menginginkan kestabilan dan risiko yang minim. 

Sebelum itu, Anda perlu tahu bahwa investor juga memiliki perbedaan kepribadian dalam berinvestasi. Hal tersebut dapat jelas terlihat dari tujuan, toleransi risiko dan jenis instrumen yang dipilih.

Terdapat banyak klasifikasi mengenai kepribadian investor dan sangat menarik untuk diketahui. Langsung saja, simak selengkapnya pada tulisan kali ini!


Ketahui Apa itu Kepribadian Investor?

Kepribadian investor adalah klasifikasi yang menunjukkan karakteristik mulai dari jenis serta produk investasi yang dipilih hingga tinggi dan rendahnya risiko yang mampu ditanggung. Kepribadian dimiliki mulai dari pemula hingga investor senior.

Salah satu metode yang mengklasifikasikan kepribadian ini yaitu model psikografi. Model ini adalah cara untuk mengategorikan individu berdasarkan perilaku, sifat dan kecenderungannya.

Kepribadian investor dapat dilatar belakangi oleh beberapa hal, salah satunya yaitu pengalaman di masa lampau ketika memutuskan berinvestasi. 

Jika seseorang memiliki pengalaman kegagalan investasi yang besar, besar kemungkinan ia akan berhati-hati di kemudian hari.

Pada kesempatan ini, penelitian Bailard, Biehl, dan Kaiser akan dibahas untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai klasifikasi kepribadian investor. 

Apakah Anda penasaran mengenai jenis kepribadian dalam berinvestasi yang Anda dimiliki?


Pentingnya Mengetahui Tipe-Tipe Kepribadian Investor

Terdapat investor yang siap menerima kerugian besar dengan untung yang besar. Di samping itu, investor lain lebih memilih risiko kecil dengan keuntungan yang kecil. 

Berdasarkan dua kasus tersebut, investor memiliki kecenderungan yang berbeda.

Tujuan dari mengategorikan ini yaitu untuk mengetahui perilaku investasi dan mendapatkan keputusan terbaik saat mengalokasikan aset. 

Terdapat dua penelitian paling populer yang mengklasifikasikan investor, yaitu Barnewall tahun 1987 serta Bailard, Biehl, dan Kasier tahun 1986.

Kepribadian investor juga sangat penting untuk diketahui guna melakukan investasi sesuai tujuan dan toleransi risiko yang ada. 

Untuk itu, mari simak selengkapnya dan ketahui kepribadian Anda dalam berinvestasi!


Kepribadian Investor Menurut Bailard, Biehl, dan Kaiser

Tipe kepribadian Bailard, Biehl, dan Kaiser adalah berdasarkan dua sumbu, yaitu vertikal atau tinggi dari kepercayaan diri investor, serta horizontal atau metode tindakan. 

Dua aspek tersebut sangat penting dan menggambarkan pilihan emosi dalam mengambil keputusan.

Pada aspek kedua atau sifat tindakan, akan diketahui apakah investor memiliki sikap hati-hati ataupun emosional dan tidak sabaran. 

Kedua aspek mewujudkan jenis kepribadian investor sebagai berikut:

  • Adventure

Tipe adventure menggambarkan bahwa investor tersebut cukup percaya diri dalam menanggung risiko atau mengadu nasib di dunia investasi. 

Tipe ini cenderung menanam aset cukup besar untuk investasi karena kepercayaan dirinya yang tinggi.

Namun, terdapat kelemahan dari tipe ini. investor dengan kepribadian adventure sulit menerima saran karena memiliki pendirian sendiri dalam berinvestasi. 

Mereka cenderung berubah pikiran dalam berinvestasi, tetapi berani mengemban risiko yang tinggi.

  • Celebrity

Tipe celebrity cenderung memiliki kekhawatiran tinggi dan tidak sabar. Mereka banyak bereaksi dalam investasi karena tidak percaya diri dan khawatir mendapat kerugian. 

Tipe ini tidak memiliki ide dan pendirian yang cukup kuat dalam investasi.

tipe investor berdasarkan kepribadian


  • Individualist

Seperti artinya, investor ini lebih mementingkan dirinya sendiri. Tipe ini suka melakukan investasi sesuai cara mereka masing-masing tanpa membutuhkan bantuan pihak lain. 

Tipe ini memiliki keberanian untuk membuat keputusan sendiri.

Meskipun begitu, investor individualist selalu berhati-hati dalam bertindak. Mereka memiliki kepercayaan diri yang tinggi terhadap kemampuan dalam berinvestasi.

  • Guardian

Tipe kepribadian investor ini banyak dimiliki oleh investor senior atau mereka yang memulai persiapan dana masa tua. 

Mereka sangat berhati-hati dalam membuat keputusan dan menimbang risiko dengan detail.

Hal ini karena mereka perlu memaksimalkan waktu investasi dan tidak ingin mengalami kerugian tinggi. 

Tipe guardian cenderung melindungi aset miliknya dan tidak tertarik lagi mengadu nasib dalam risiko tinggi, walaupun keuntungan yang ditawarkan juga tinggi.

  • Straight Arrow

Dibandingkan tipe-tipe sebelumnya, investor straight arrow berada pada tengah-tengah. Artinya, mereka memiliki tingkat kepercayaan diri dan pengambilan tindakan yang seimbang. 

Bisa dikatakan bahwa investor ini yang paling seimbang di antara keempat kepribadian di atas. Mereka banyak berinvestasi pada produk dengan risiko sedang atau medium.

Demikian lima jenis kepribadian investor berdasarkan penelitian Bailard, Biehl, dan Kaiser. Manakah tipe yang paling sesuai dengan Anda? Lima tipe di atas dapat menjadi acuan dalam berinvestasi.


Investasi Obligasi Pemerintah DBS Treasures

Apapun jenis kepribadian investasi Anda, Obligasi merupakan salah satu instrumen yang bisa dijadikan pilihan. Instrumen ini memberikan kupon Obligasi yang dibayarkan selama periode tertentu. 

Dalam berinvestasi, Anda tentu memerlukan dukungan perbankan prioritas seperti DBS Treasures. 

Berinvestasi bersama DBS Treasures memiliki sejumlah keunggulan, yaitu:

  1. Anda bisa mendapatkan pendapatan berupa kupon yang dibayarkan secara berkala
  2. Anda dapat memperoleh peluang capital gain atau keuntungan
  3. Anda bisa mendapatkan tingkat kupon di atas bunga deposito berjangka pada umumnya
  4. Tiada biaya tambahan selain spread, yaitu selisih antara harga beli dengan harga jual
  5. Segala transaksi Obligasi dapat diakses 24 jam non stop melalui Aplikasi digibank by DBS

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. 

Dapatkan pula peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). 

Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Mari investasi jenis Obligasi bersama DBS Treasures dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan. 

Informasi lengkap dapat Anda akses di sini. Bersama DBS Treasures, investasi lebih lancar, praktis dan terarah.


0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .