5 Makanan Swiss yang Terkenal , Cita Rasanya Bikin Terkesima

makanan Swiss yang terkenal

Negara Swiss terkenal akan gunungnya yang indah. Selain itu Swiss juga terkenal akan coklatnya yang lezat. 

Ya sebanyak 70% produksi coklat di Swiss di ekspor ke berbagai negara di seluruh dunia.

Namun banyak yang belum tahu kalo Swiss juga memiliki berbagai macam kuliner khas yang ga kalah terkenal dan menarik untuk dicicipi. 


5 Makanan yang Terkenal di Swiss

Sebagian besar makanan di Swiss mendapatkan pengaruh dari beberapa negara di sekitarnya seperti Jerman, Prancis serta Italia utara.

Berikut ini 5 makanan yang terkenal di Swiss dan menjadi favorit banyak orang. Simak yuk !


1. Raclette

raclette cheese
foto : wikipedia

Raclette adalah keju cair yang dihidangkan dengan kentang panggang isi (Gschwellti), cocktail Gherkins dan bawang (sejenis acar).

Raclette sendiri merupakan jenis keju yang berasal dari Wallis di Swiss dan Savole di Prancis. Raclette dibuat dari susu keju yang dipasteurisasi.

Raclette memiliki aroma yang cukup kuat sehingga cocok untuk penikmat keju.


2. Alplermagronen

alplermargronen
foto : tarasmulticulturaltable.com

Alplermagronen adalah hidangan sejanis gratin yang dihidangkan dengan kentang, keju, krim dan bawang serta saus apel.

Mengutip dari Wikipedia, Gratin adalah sebuah teknik kuliner dimana bahan makanan ditaburi dengan remahan yang mencoklat, biasanya menggunakan tepung roti, parutan keju, telur dan atau mentega.


3. Rosti

potato rosti
foto : corriecooks.com

Rosti adalah sejenis kue kentang yang disajikan sebagai hidangan utama atau lauk. Rosti ini biasanya berbentuk flat (datar). 

Cara membuat rosti ini yaitu dengan mengupas kentang dan memarutnya terlebih dahulu kemudian menggorengnya menggunakan mentega atau lemak panas.

Rosti ini biasanya dipadukan dengan bahan makanan lain seperti telur goreng, keju sayuran, jamur atau daging.

Setiap kota di Swiss memiliki resep rosti masing-masing. Dan makanan ini sangat cocok dengan lidah orang Indonesia, karena sekilas hampir mirip dengan perkedel.


4. Bircher Muesli

bircher muesli
foto : gordonramsaysrestaurant.com

Secara garis besar Bircher muesli merupakan salah satu breakfast cereals dengan tipe ready to eat (siap makan) yang terbuat dari rolled oats dan bahan lain seperti dried fruit (buah kering), biji-bijian dan kacang-kacangan.

Bircher muesli diciptakan pada tahun 1900-an oleh seorang dokter Bernama Maximilian Oskar Bircher Brenner.

Bircher muesli khas Swiss terdiri dari oats flakes, jus lemon, susu kental, apel parut serta kacang hazelnut atau almond.


5. Cheese Fondue

cheese fondue
foto  goodhousekeeping.com

Cheese fondue adalah olahan keju asal Swiss yang cara menyantapnya terbilang cukup unik yaitu dengan mencocol roti dengan keju yang sudah dilelehkan di atas panci. 

Roti pada hidangan cheese fondue di Swiss biasanya berbentuk kubus dan menggunakan panci tradisional khusus yang bernama Caquelon.

Cara menyantap cheese fondue : tusuk roti menggunakan garpu kemudian cocolkan ke dalam keju yang meleleh di dalam panci.

Kata fondue sendiri berasal dari bahasa Prancis yang berarti melelehkan.


Sekilas tentang Swiss Chocolate 

Ngomongin soal makanan Swiss yang terkenal, tentu tak lengkap kalo tidak membahas soal Swiss chocolate alias coklat Swiss.

Mengutip dari myswitzerland.com, coklat datang ke benua Eropa pada sekitar abad ke 16. Dan sejak abad 17 coklat pun mulai dikenal dan diproduksi di Swiss.

Pada pertengahan abad ke 19 coklat asal Swiss pun mulai terkenal ke luar negeri.

Penemuan coklat susu oleh Daniel Peter serta pengembangan coklat fondant oleh Rodolphe Lindt sangat erat kaitannya dengan kebangkitan kemasyhuran coklat Swiss.

coklat Swiss
Salah satu merek coklat asal Swiss yang terkenal di Indonesia | foto : Lazada

Namun Swiss tak hanya mengekspor coklatnya ke luar negeri. Pembuat coklatnya juga pergi ke luar negeri dan nama mereka tetap terkenal hingga saat ini.

Contoh : Josty bersaudara yang membuat toko coklat terkenal mereka di Berlin, Jerman. Solomon Wolf dan Tobias Beranger yang mengelola café di St. Petersburg, Amerika Serikat.

Cloetta bersaudara yang membuka pabrik coklat di Skandinavia. Dan di saat yang sama Karl Frazer sedang membangun pabrik coklatnya di Helsinki, Finlandia dan masih banyak lagi.


Penutup

So, bagi kamu yang akan berkunjung ke Swiss, jangan lupa cicipi berbagai makanan Swiss yang terkenal yang disebutkan di atas.

Karena berkunjung ke sebuah negara tidak akan lengkap apabila tidak mencicipi aneka makanan khasnya.

Selain itu dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar negara Swiss di blog Sediksi dengan mengetikkan kata kunci Swiss di kolom Cari.





2 Comments

  1. Yg aku pernah coba cuma raclette dan rosti. Krn kebetulan di GI ada yg jual 😁👍. Enaak sih. Walopun aku pasti masih pengin cobain rasa asli di negaranya langsung mba.

    Penasaran. Secara aku juga sukaaa banget Ama keju2an, dan Swiss punya banyak aneka keju enak.

    Kalo coklatnya juga ga usah tanya. Enak2, termasuk Lindt, Toblerone dll. Untung aja banyak coklat Swiss yg udah masuk Indonesia kan. Jadi ga susah kalo kangen makan coklatnya 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mba, ternyata makanan Swiss udah banyak dijual di mal2 yang ada di kota besar di Indonesia. Tapi tetep aja penasaran pengen coba yang versi negara aslinya.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .