Kuliah Bisnis Digital untuk Penuhi Kebutuhan di Era Teknologi Modern

digital business innovation

Tanpa disadari, perkembangan teknologi saat ini memunculkan banyak sekali peluang bagi para pelaku bisnis. Tidak sedikit perusahaan yang kemudian turut terjun ke dunia bisnis digital dengan membuka e-commerce

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan peminat kuliah bisnis digital Bandung, khususnya di perguruan tinggi BINUS semakin meningkat.

Untuk kamu yang bermimpi ingin menjadi incaran perusahaan-perusahaan besar, maka bisa banget kuliah di BINUS @Bandung. 

Dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat terkait Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu memahami dunia bisnis digital, saat ini BINUS @Bandung juga menawarkan program studi bisnis digital atau yang dikenal sebagai jurusan Digital Business Innovation.

Tentang Jurusan Bisnis

kuliah jurusan digital bisnis
foto : IG @binus_bandung

Jurusan bisnis digital atau Digital Business Innovation merupakan bidang studi yang di dalamnya mempelajari tentang bagaimana cara merancang bisnis yang dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi digital. 

Jurusan ini sejatinya perpaduan dari ilmu bisnis, sistem informasi, teknik informatika dan manajemen.

Bagi saya, dengan adanya jurusan bisnis digital ini membuat banyak orang lebih siap menghadapi tantangan bisnis di masa depan yang diprediksi akan didominasi penggunaan teknologi canggih dan sistem digital. 

Artinya, jurusan ini dibuka untuk mempersiapkan SDM agar bisa menguasai berbagai bidang seperti, big data, market place, startup digital hingga artificial intelligence sehingga membutuhkan kajian yang mendalam, terstruktur dan berkelanjutan agar bisa memutuskan strategi bisnis dengan tepat.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jurusan bisnis digital ini mencakup banyak bidang, sehingga mata kuliah yang dipelajari juga cukup beragam. 

Di jurusan ini, kamu juga akan menjumpai teori dasar tentang bisnis secara umum. Seperti, perilaku konsumen, manajemen, pengantar bisnis dan lain sebagainya.

Selama kuliah berlangsung, kamu pasti akan mempelajari tentang banyak hal tentang social media management, user experience, e-commerce hingga programming

Beberapa mata kuliah yang menarik juga siap menanti kamu jika mengambil jurusan ini seperti, pemasaran internet, manajemen strategi, fintech industry, akuntansi manajemen dan masih banyak lagi yang lainnya.

Alasan Memilih Kuliah Bisnis Digital Bandung

tips pilih jurusan
foto : IG @binus_bandung

Ada banyak alasan yang mendorong kamu memilih jurusan bisnis digital di BINUS  @Bandung. Berikut adalah beberapa alasan yang perlu diketahui diantaranya.

1. Menjadi Bekal Untuk Memulai Bisnis Sendiri

Jika kamu memiliki jiwa pebisnis, maka jurusan ini sangat cocok kamu pilih. 

Terlebih di BINUS @Bandung, kamu tidak hanya akan diberikan teori saja, namun juga pengalaman praktek lapangan yang bisa dijadikan bekal untuk berkarir sendiri di masa depan,

2. Lulusan yang Menjadi Incaran Perusahaan

Perkembangan dunia digital yang semakin melesat, banyak pelaku usaha yang kemudian beralih ke digital. 

Tidak heran jika lulusan bisnis digital banyak diincar perusahaan, terlebih untuk alumni BINUS @Bandung yang nilai akademiknya tinggi. 

Sebelum lulus pun, pasti sudah ada perusahaan yang mengantri untuk merekrut kamu.

3. Menyeimbangi Ilmu Zaman Sekarang

Diperkirakan, beberapa tahun ke depan, perkembangan bisnis digital masih akan berkembang lebih pesat lagi. Beberapa jenis bisnis yang potensial juga akan masuk ke dunia digital.

Prospek Kerja Setelah Lulus Kuliah Bisnis Digital Bandung

peluang kerja lulusan binus
foto : IG @binus_bandung

Sebagai salah satu jurusan di BINUS @Bandung, jurusan bisnis digital akan membantu mahasiswa agar mampu beradaptasi secara cepat untuk menghadapi era global yang semakin canggih. 

Menurut saya, jurusan ini sangat menarik dan memiliki prospek bagus di masa mendatang. Kira-kira apa saja prospek kerja setelah lulus dari program studi ini? 

Berikut informasi selengkapnya untuk kamu.

1. Konsultan bisnis

Tugas seorang konsultan bisnis adalah memberi saran kepada pelaku usaha untuk kegiatan bisnis yang dijalankan agar berjalan dengan baik, khususnya untuk bisnis digital. 

Profesi ini juga bisa membantu pelaku bisnis untuk mengidentifikasi masalah yang sedang dihadapi perusahaan yang kemudian menawarkan solusi dan mendampingi kliennya dalam membuat perencanaan bisnisnya.

2. Digital Marketer

Prospek kerja selanjutnya adalah menjadi seorang digital marketer atau pemasaran digital. 

Profesi yang satu ini terbilang yang paling banyak dicari. Menjadi seorang digital marketer, kamu harus bisa menjalankan strategi marketing pada berbagai channel digital suatu perusahaan. Misalnya, e-commerce, social media, website dan lain sebagainya.

3. Product Manager

Profesi ini bertanggung jawab penuh terhadap sebuah produk yang dijual, mulai dari proses planning, development dan maintenance

Kamu juga memiliki tugas mengidentifikasi produk potensial dengan cara melakukan riset pasar, menentukan spesifikasi dan jadwal produk, merumuskan harga pokok dan segala hal yang terlibat untuk pengembangan strategi marketing.

4. Pebisnis Online

Selain mendedikasikan diri pada perusahaan, kamu juga bisa membangun bisnis atau usaha sendiri. 

Dengan bekal pengetahuan dan pengalaman yang telah diberikan selama menjalani kuliah, saya rasa ini tidak akan sulit untuk dilakukan. 

Seperti yang kita tahu, teknologi internet membuat pelaku bisnis menjadi lebih mudah dalam mengekspansi usahanya.

Dibukanya jurusan Digital Business Innovation di BINUS @Bandung diharapkan agar para mahasiswa mampu menyesuaikan diri dengan bisnis yang saat ini mulai beralih ke komunitas digital. 

Tidak hanya itu, dengan kuliah bisnis digital Bandung, para mahasiswa juga diharapkan mampu bersaing secara global dalam membangun sekaligus mentransformasi bisnis yang digelutinya tersebut.

Baca juga : Fasilitas Lengkap Kampus Binus Bandung, Ada Program Beasiswa Lho

kampus binus bandung
Kampus Binus Bandung berlokasi di Paskal Hyper Square Jl Pasirkaliki no 25-27, Bandung



20 Comments

  1. Digital Business Innovation, ini jurusan yang sangat bagus menurut saya. Mempersiapkan mahasiswa BINUS untuk siap jadi tenaga kerja maupun pebisnis di masa depan, yang mengintegrasikan penggunaan teknologi digital

    ReplyDelete
  2. Cocok banget untuk calon mahasiswa yang punya jiwa bisnis.
    Lebih sempurna lagi, dari sekolah sudah pandai jualan atau sudah punya bisnis eh kuliahnya jurusan bisnis digital
    Dijamin bisnisnya berjalan dan semakin maju dah tuh...

    ReplyDelete
  3. Aku dulu kuliah IT tapi juga ada mata kuliah bisnisnya. Emang penting banget, apalagi hari gini, zaman semakin maju dan kebutuhan dunia bisnis pun sudah merambah digital. Aku kepoin kuliah bisnis digitalnya BINUS ini. Keren banget bisa dapetin 5 bintang versi QS Stars.

    Secara QS (Quacquarelli Symonds) Stars itu merating universitas untuk mengukur kualitas pendidikan tinggi di seluruh dunia. Jadi kalau dapat 5 bintang kebayang jaminan kualitasnya ya kan.

    ReplyDelete
  4. Wahh selengkap itu ternyata kuliah di Binus @Bandung jurusan Bisnis Digital, ya? Layaknya kita sudah dipersiapkan dengan matang sebagai pebisnis muda di era digital saat ini, keren!

    ReplyDelete
  5. Waw, ternyata sekeren ini
    Keponakan ku nih kuliah di Binus Bandung
    Tapi gak tau bahwa prodinya sekeren ini
    Cuma tau kalo kampusnya keren
    karena sering kulineran di dekat sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur saya juga baru ngeh nih kalo program studi di Binus Bandung keren-keren. Menyesuaikan dengan kebutuhan jaman now banget ini mah. Jadinya lulusan Binus lebih mudah untuk dapat pekerjaan yang memang banyak dibutuhkan di jaman sekarang

      Delete
  6. teknologi digital yang berkembang jadinya membuka peluang dalam kesempatan kerja dan juga jurusan kuliah seperti di Binus ini. Cuss, genks, semangat belajarnya

    ReplyDelete
  7. Penjurusan yang benar-benar pas dengan kebutuhan kekinian ya. Perkembangan dunia digital begitu pesat dan bukan tak mungkin akan semakin berkembang di masa yang akan datang. Untuk itu butuh banyak pekerja ahli di bidang ini agar majunya teknologi digital bisa segaris lurus dengan SDM yang tersedia. Penyelenggara pendidikannya BINUS pula. Institusi pendidikan level A yang terkenal sudah menelorkan tenaga ahli di berbagai bidang.

    ReplyDelete
  8. Jurusan yang sangat siap bekerja dengan perusahaan ataupun berbisnis sendiri ya kalau menyelesaikan kuliah BIsnis Digital ini, apalagi kalau lulusan BINUS yang sudah diakui dari dulu kualitas lulusannya.

    ReplyDelete
  9. Saat ini emang bagusnya nyari kuliah yang tidak hanya akan diberikan teori saja, namun juga pengalaman praktek lapangan juga biar bisa dijadikan bekal untuk berkarir sendiri di masa depan seperti BINUS @Bandung ini ya mbak.

    ReplyDelete
  10. Jurusan yg sepertinya berpotensi besar saat ini memang bisnis digital ya. Binus keren sih, fasilitas nya jg top

    ReplyDelete
  11. keren banget ya jurusannya juga dibutuhkan jaman now, cocok buat gen z untuk mengasah kemampuan

    ReplyDelete
  12. Kuliah bisnis relevan dengan kebutuhan saat ini ya kak emang harus jeli sih melihat peluang spya ketika ambil jurusan bisa sesuai dengan yang dibutuhkan dunia kerja

    ReplyDelete
  13. BINUS cukup menarik perhatian masyarakat dengan menghadirkan program studi yang kekinian seperti bisnis digital, dan lainnya

    ReplyDelete
  14. Prospek kerja setelah lulus kuliah itu penting banget! Ini juga jadi obrolan di rumah, ketika anak-anak kutanya akan milih jurusan apa selepas kuliah.

    ReplyDelete
  15. cukup tercerahkan,. Kebetulan adik sy minat dengan jurusan ini. Semoga ada peluang yg lebar untuk jurusan ini ya. mengingat ke depannya juga makin banyak orang yang memiliki ijasah sama.

    ReplyDelete
  16. Digital marketing emang menarik si buat jadi pilihan jurusan. Dulu pas aku mau kuliah jurusan berbau IT belum semenarik sekarang. Mungkin kalau paham kalau perkembangan teknologi bakal sepesat ini mungkin aku bakal ambil jurusan berbau IT hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, ga nyangka juga ya kalo teknologi diigtal bakal sepesat sekarang perkembangannya

      Delete
  17. prospek kerja makin banyak pilihan ya, anakku juga kuliah jurusan bisnis digital, semoga kelak dimudahkan dapat kerjaan, aamiin

    ReplyDelete
  18. Kuliah bisnis di Binus tuh menguntungkan banget. Program kuliah yang berkualitas, tenaga pengajar yang gak kaleng-kaleng, ditambah prospek mudah mencari pekerjaan. Binus jadi pilihan tepat untuk teman-teman yang mau kuliah bisnis digital.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .