Pentingnya Business Etiquette Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Soft Skill

business etiquette adalah

Selain hard skill, setiap orang hendaknya juga memiliki kemampuan di bidang soft skill.

Soft skill meliputi keterampilan di bidang sosial, komunikasi dan berbagai bidang kecerdasan sosial lainnya.

Nah untuk meningkatkan keterampilan sosial atau soft skill ini, kita bisa memperolehnya melalui berbagai cara, mulai dari sering berinteraksi dengan orang lain, mengikuti magang di Perusahaan, hingga rajin mengikuti kegiatan seminar atau kursus singkat dan masih banyak lagi.

Apalagi di era teknologi digital seperti sekarang banyak sekali program self development baik gratis maupun berbayar yang diselenggarakan oleh Perusahaan-perusahaan pemerintah maupun swasta.

Maka program-program tersebut bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan kemampuan soft skill kita.

Begitupun halnya pada Kamis, 16 Mei 2024 lalu, saya memanfaatkan kesempatan untuk meningkatkan soft skill dengan mengikuti sesi zoom online bertema Personality Development for Blogger secara gratis.

 

Personality Development Program bagi Blogger ISBxDutaBangsa

Sebagai seorang blogger (orang yang suka menulis di blog) saya sadar kalo saya harus senantiasa menumbuhkan soft skill yang saya miliki.

Maka ketika saya mengetahui bahwa ada program personality development bagi blogger yang diselenggarakan oleh komunitas ISB saya pun langsung tertarik untuk ikut mendaftar.

program personality development
para bloggers peserta zoom online personality development ISBxDutaBangsa


Personality Development for Blogger diselenggarakan oleh komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) berkolaborasi dengan Duta Bangsa.

Jujur saya tertarik untuk mengikuti kursus singkat ini tak lain dan tak bukan karena profil Duta Bangsa sebagai perusahaan penyedia layanan training (training provider) yang sudah terpercaya sejak tahun 2001.

Sebagai informasi Duta Bangsa yang berdiri di bawah bendera PT Para Duta Bangsa juga merupakan anak Perusahaan dari CT Corp milik bapak Chairul Tanjung.

Dirintis oleh ibu Dra. R. Mien Uno bersama ibu Drg. Anita Ratnasari Chairul, MARS. Yang sama-sama memiliki minat di dunia pendidikan.

Tak heran hingga saat ini Duta Bangsa sudah memiliki banyak klien serta memiliki banyak program training yang sangat menarik dan variatif untuk berbagai kalangan usia mulai dari anak usia sekolah, anak kuliah hingga professional (umur 24 tahun ke atas).

 

program duta bangsa
salah satu program menarik di Duta Bangsa bagi para mahasiswa


Materi Kursus Singkat Seputar Business Etiquette for Bloggers

Dalam aktivitasnya seputar kegiatan menulis, mungkin blogger terlihat lebih banyak bekerja sendirian.

Namun faktanya seorang blogger juga kadang harus berinteraksi dengan orang lain, seperti ketika sedang hadir di sebuah event untuk meliput atau ketika sedang pitching pekerjaan dengan calon klien.

Maka tema pada sesi zoom online yang dipresentasikan oleh bapak Rudi Hilman selaku direktur program development Duta Bangsa ini mengangkat salah satu tema yang erat kaitannya dengan professional kerja yaitu seputar Etiket Bisnis.

Dalam hal ini etiket bisnis merupakan seperangkat aturan yang memandu kita dalam berinteraksi dengan orang lain dalam lingkungan professional .

Etiket bisnis menjunjung tinggi kesopanan dan rasa hormat agar selalu tetap terjaga.

 

Contoh Etiquette Business

Berikut ini beberapa contoh etiket bisnis yang terkadang dianggap sepele namun memiliki peran yang sangat penting dalam lingkungan bisnis, antara lain :

1.       Tersenyum
2.       Menyapa
3.       Cara berjabat tangan
4.       Cara membuat kontak mata
5.       Tidak memotong pembicaraan lain
6.       Cara memperkenalkan rekan kerja (berdasarkan usia, gender)
7.       Cara bertukar kartu nama

 

cara bertukar kartu nama
Yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika bertukar kartu nama dengan relasi kerja


Oya kata etiquette ini berasal dari bahasa Prancis. Secara umum etiket juga memiliki arti sebagai tata cara pergaulan yang baik antar sesama manusia dan bersifat relatif (etiket dapat berubah sesuai dengan waktu, lokasi atau situasinya).

Selain berfungsi untuk memelihara agar suasana tetap menyenangkan, etiket juga bisa menimbulkan rasa saling menghargai, meningkatkan efisiensi kerja hingga meningkatkan citra pribadi atau lembaga.

 

Kesimpulan

Materi seputar etiket bisnis ini sangat bermanfaat dan applicable untuk diterapkan pada setiap aktivitas yang berhubungan dengan membangun relasi di bidang pekerjaan.

Karena dengan menguasai social skill, terbukti bisa membuka peluang bisnis menjadi lebih lebar dan mendatangkan kesempatan-kesempatan baru lainnya.

So tak ada istilah berhenti belajar. Upgrade terus kemampuan soft skill kita untuk mencapai berbagai tujuan dalam hidup.

Salah satunya dengan mengikuti berbagai training pengembangan diri yang tersedia di Duta Bangsa.

Info lebih lengkap silahkan kunjungi akun Instagramnya di @duta_bangsa

 

0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .