Tuesday, May 23, 2017

3 Toko Kue Basah di Bandung Utara Yang Recommended, Selain Prima Rasa dan Kartika Sari

 
Makanan pencuci mulut seperti kue basah, menjadi salah satu makanan favorit saya. Ga tau kenapa, wujud kue basah yang mungil dan biasanya warna-warni itu tampak menarik di mata, dan membuat saya mudah tergoda untuk mencicipinya awalnya sih satu buah dan akhirnya pasti nambah hehe, one is never enough :)

Sama seperti halnya kalo makan  gorengan, satu ga pernah cukup. Iya ga sih? Guilty pleasure yang masih belum bisa saya kendalikan sampai sekarang :). Gorengan mudah sekali kita temui dimana saja, di setiap pinggir jalan pasti ada saja tukang gorengan yang mangkal, namun untuk toko yang menjual kue basah yang sesuai selera dan harganya cukup terjangkau masih bisa dihitung oleh jari.

Untuk toko kue, biasanya ingatan saya  langsung tertuju pada toko kue terkenal di kota Bandung yang berinisial PR dan KS, walah walah pake inisial segala yahh, macam rahasia aja haha, padahal di judul udah terpampang jelas tuh :).

Namun, seiring dengan popularitas kedua toko kue tersebut, yang selalu ramai dikunjungi pengunjung terutama wisatawan, maka harga kue-kue di tempat tersebut  menurut saya cenderung menjadi  lebih mahal .


Nah, berikut ini, 3 toko kue basah di daerah Bandung utara yang recommended dan bisa kamu kunjungi, apabila sewaktu-waktu membutuhkan kue-kue basah untuk menjamu tamu :

       1. Toko kue Sari-Sari


Toko kue Sari-Sari terletak di daerah Dago yaitu di jalan Sultan Tirtayasa dekat toko buah Total. Lokasinya yang berada di jalur yang tak terlalu ramai menjadikannya sedikit luput dari perhatian. Namun begitu masuk ke dalam ruangan, kita akan langsung disambut oleh  2 etalase berisi kue-kue basah yang memikat hati dan berderet memanjang di bagian kiri ruangan.
Tampak depan toko kue Sari-Sari | photo source cullinary-travelling.blogspot.co.id


Berbagai macam kue basah di Sari-sari yang membuat saya tergoda untuk mencicipi | photosource : buahatiku.com

Selain varian kue basah, toko kue Sari-Sari juga menjual berbagai macam menu sarapan seperti nasi kuning, nasi gudeg, rujak dan sebagainya. Pengunjung pun bisa menikmati langsung makanan-makanan tersebut sambil duduk dengan bonus minuman teh hangat tawar yang memang sengaja disediakan gratis untuk para pengunjung.


2. Toko kue Vitasari

Entah hoki atau kebetulan, nama toko kue rata-rata mengandung unsur nama sari, selain Kartika Sari dan Sari-Sari ada juga Vitasari :). Toko kue Vitasari terletak di sebuah ruko di pinggir jalan Surapati (dekat lapangan gasibu), tepatnya di sebelah rumah makan khas sunda Sindang Reret.



Toko kue Vitasari cabang Surapati sudah berdiri sejak tahun 1998 yang artinya sudah hampir  20 tahun ya, wahh, hebat ya masih bertahan sampai sekarang :). Maka tak heran apabila toko kue Vitasari mempunyai banyak pelanggan setia.


Tampak depan toko kue Vitasari cabang Surapati | photo source : zomato.com

Selain berbagai macam kue basah seperti lemper, soes, risoles, kue pelita, kue bingka dan lain sebagainya, roti juga menjadi salah satu jenis makanan yang khas di toko kue Vitasari ini. Berbagai macam roti isi menjadi salah satu makanan favorit pelanggan karena merupakan roti buatan sendiri (home made), dan harganya sangat terjangkau.



Dan selain di jl.Surapati no 55A yang paling deket sama lokasi rumah saya :), toko Vitasari juga  tersebar di beberapa wilayah lain di kota Bandung yaitu di daerah Cihapit (Jl.Sabang   samping pasar Cihapit), daerah Jl.Kurdi (daerah Moh.Toha), daerah Buah batu (sebrang Domino Pizza dan McD), dan daerah Holis (cijerah).


3. Toko kue Vitarasa  

Toko kue Vitarasa, terletak di daerah Sukaluyu yaitu  di Jl. Sidomukti no 92, berada di sebuah rumah yang bagian halamannya dimanfaatkan menjadi tempat  makan. 

Toko kue Vita rasa berada di jl Sidomukti no 92 tak jauh dari Taman Makam Pahlawan Bandung
Walaupun varian kuenya tidak selengkap di Vitasari dan Sari-Sari, rasa kue di Vitarasa lumayan istimewa, enak dan cocok dengan selera saya. Puding marmer dan bubur sumsum nya favorit saya :). Dan  untuk menghemat waktu, toko kue Vitarasa juga bekerjasama dengan salah satu perusahaan ojek online yang menyediakan jasa layanan pesan antar makanan yaitu go-food sehingga kita tinggal pesan melalui aplikasi dan menunggu kue diantar ke alamat, praktis dan lebih cepat. 

Oya selain kue basah,  toko kue Vitarasa juga menyajikan menu makanan dan minuman sebagai menu sarapan atau makan siang. Dan saya suka sekali nasi goreng kampung di Vitarasa ini karena jarang sekali saya menemukan tempat makan yang menyajikan menu nasi goreng kampung. Nasi goreng kampung adalah nasi goreng yang disajikan tanpa kecap, original dan itu yang menjadikannya istimewa.
  
Jadi, kalo perlu kue basah, langsung kunjungi saja 3 toko kue tersebut dan saya jamin kamu bakal lapar mata, pengen nyicip karena one is never enough :)

8 comments:

  1. Aku baru tau loh mba 3 toko ini *kuper*, taunya cuma kartikasari sama primarasa doang haha TT. Boleh banget ntr ke bandung coba beli kue di toko tsb juga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba cinta :) kue-kue di 3 toko kue basah diatas rasanya ga kalah enak loh sama toko sebelah yang sudah terkenal itu :)

      Delete
  2. Aduh BuSui mauuu, dulu rumah deket Sukaluyu tapi belum pernah icip2 ke Vitarasa heheu tfs ya Teh^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho dulu deket sukaluyu ya rumahnya?..rumahku juga deket sukaluyu hehe :)..kapan atuh main2 lagi ke daerah sukaluyu,,kita jajan ke vita rasa :)

      Delete
  3. Yang sari-sari baru denger nih, makasih rekomendasinya teh :*

    ReplyDelete
  4. wah sering lewat vitasari malah belum pernah mampir #tepokjidat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ambu, kalo perlu kue basah tinggal mampir kesitu :)

      Delete