Thursday, November 30, 2017

5 Makanan Khas Jepang Yang Familiar Di Indonesia

Makanan Jepang merupakan salah satu jenis makanan yang cukup populer di Indonesia. Terlihat dari banyaknya restoran Jepang yang hadir di setiap sudut pusat perbelanjaan.

Sebenarnya cita rasa makanan Jepang yang ada di Indonesia, tidak sama persis dengan makanan Jepang  yang ada di negara asalnya. Makanan Jepang yang ada di Indonesia sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia yang menyukai makanan berbumbu (kaya akan rempah).


Dan berikut ini, 5 makanan khas Jepang yang familiar di Indonesia dan digemari banyak orang :
  
1. Sushi 

Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sayuran matang). Di negara asalnya, nasi pada Sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam dan gula. Kata sushi sendiri berasal dari bahasa kuno yang mengarah ke kata sifat yaitu masam. 

Saat ini Sushi tak hanya menjadi makanan bangsa Jepang saja, tetapi juga menjadi makanan favorit di Indonesia, terutama di kota besar seperti Jakarta. Tak heran Sushi banyak ditemui di berbagai tempat mulai dari restoran sampai ke penjual pinggir jalan.

Jenis sushi ternyata ditentukan berdasarkan bentuk kepalan nasinya. Biasanya sushi dimakan menggunakan tangan, yang kemudian ujung sushi dicelupkan ke dalam saus. Namun tak ada salahnya apabila memakan sushi dengan menggunakan sumpit.

Pretty Sushi
       2.   Ramen

Ramen adalah masakan mie kuah Jepang yang berasal dari China. Orang Jepang sendiri menyebut ramen dengan sebutan chuka soba atau shina soba ( soba dari Tiongkok). Soba sendiri dalam bahasa Jepang memiliki arti sebagai mie.

Di Jepang, ramen disajikan dengan kuah yang berasal dari kaldu babi, sedangkan di Indonesia kuah yang digunakan disesuaikan dengan budaya lokal yaitu menggunakan kaldu sapi atau ayam.

Dan beberapa tahun terakhir ini, ramen menjadi makanan favorit di kalangan anak muda. Penjual ramen di Indonesia mengemas ramen dengan sajian kuah kaldu pedas berwarna merah, yang rasanya terbukti sanggup menggugah selera dan bikin ketagihan.

3. Mochi 

Mochi adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sampai lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang kue mochi sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional (mochi tsuki) atau perayaan tahun baru. 

Sedangkan di Indonesia, mochi bisa ditemui kapan saja, dan entah bagaimana sejarahnya, mochi dikenal sebagai penganan khas kota Sukabumi, Jawa barat. Pada umumnya Mochi diberi isian kacang tanah, memiliki rasa manis dan lembut saat dimakan. 

Bahkan sekarang mochi hadir dalam varian mochi ice cream

      4.  Tempura

Tempura atau tenpura adalah makanan Jepang berupa makanan laut, sayur-sayuran atau tanaman liar, yang dicelup ke dalam adonan berupa tepung terigu dan kuning telur, yang diencerkan dengan air es, lalu digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga berwarna kuning muda. 

Dan Tempura yang pertama kali saya cicipi adalah tempura udang dan tempura buncis, dicocol ke dalam sausnya yang khas, rasanya sungguh nikmat dan gurih. Duh tempura ini memang salah satu makanan favorit saya.

      5.  Takoyaki

Selain mochi, ada satu lagi penganan khas Jepang yang berbentuk bulat yaitu Takoyaki. Takoyaki memiliki bentuk bulat kecil seperti bola pingpong (diameter 3-5cm). Takoyaki terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan potongan gurita di dalamnya.

Di negara asalnya, Takoyaki biasanya dijual di pinggir jalan, dan dinikmati sebagai camilan, dijual dalam bentuk set. 1 set takoyaki berisi 5, 6, 8 hingga 10 buah takoyaki. Dan dimakan menggunakan tusuk gigi ataupun sumpit.

Cemilan Takoyaki berkembang di Indonesia, baru-baru ini, namanya yang unik dan mudah diucapkan serta rasanya yang gurih dan enak, membuat camilan ini menjadi trend di kalangan anak muda.

Takoyaki disajikan dalam wadah berbentuk seperti perahu
Nah, buat anda penggemar kuliner terutama makanan Jepang, banyak sekali restoran jepang yang bisa anda temui, seperti halnya makanan Jepang di Lotte Shopping Avenue, Jakarta. di sana banyak sekali penjual makanan Jepang yang bisa anda cicipi dan siap-siap bikin anda ketagihan !

2 comments:

  1. Suka semuanya, enak sih apalagi sushi

    ReplyDelete
  2. semuanya kegemarannya anak-anaku nih. eh ramen mah ibu bapaknya ding, ehehehe

    ReplyDelete