Tuesday, October 31, 2017

Sate Makanan Khas Dari Indonesia Favorit Banyak Orang

Siapa yang ga kenal sate, salah satu makanan khas Indonesia yang konon berasal dari Jawa. Yang kemudian menyebar ke seluruh nusantara, hingga hampir di setiap kota di Indonesia kita bisa menjumpai sate.

Pada umumnya sate terbuat dari daging sapi, ayam atau kambing, yang dipotong-potong kotak atau pipih dan kemudian disusun memanjang pada tusukan sate. Setiap satu tusukan sate berjumlah tak lebih dari 4 potong daging. Yang membedakan antara sate yang satu dengan sate yang lain biasanya terletak pada proses pembuatan, proses pembakaran serta bumbu yang digunakan. 


Berikut ini beberapa jenis sate yang ada di Indonesia yang wajib anda cicipi, terutama yang mengaku sebagai pecinta kuliner :


   1. Sate Lilit

Sate Lilit merupakan sate khas Bali, yang dibuat dari olahan daging ikan, ayam atau sapi. Yang menjadi ciri khas dari sate lilit ini adalah daging tidak dipotong kotak atau pipih melainkan di cincang hingga lembut kemudian diberi bumbu rempah yang diantaranya terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, lengkuas dan kencur serta tambahan sedikit tepung tapioka. Kemudian daging tersebut dibentuk menjadi sebuah gumpalan memanjang dan yang istimewa tusuk sate yang digunakan bukanlah tusuk sate biasa yang terbuat dari potongan bambu, melainkan menggunakan batang serai.

                                            
Sate lilit khas Bali | pic : resephariini.com
                                                                                                
 
Oya, sedikit tepung tapioka sengaja digunakan supaya daging yang sudah dicincang dapat dibentuk dengan mudah dan salah satu tips apabila ingin membuat sate lilit di rumah, jangan lupa memarkan sedikit ujung batang serai supaya daging dapat menempel dengan baik, dan tak lepas ketika sedang dibakar.


    2. Sate Buntel

Sate buntel adalah sejenis sate yang terbuat dari daging kambing cincang, yang dibungkus dengan lemak kambing lalu dibakar. Bumbu utama yang digunakan adalah merica dan kecap manis. Sate buntel ini merupakan sate khas daerah Surakarta (Solo). Namun untuk anda yang ingin mencicipi sate buntel, ga usah jauh-jauh sengaja pergi ke Solo, karena di Bandung juga terdapat warung sate yang menjual sate buntel, seperti warung sate Kardjan dan warung sate Pak Gino.
 
Sate buntel kambing | pic : bonvoyagejogja.com

    3. Sate Ponorogo


Sesuai namanya, sate Ponorogo berasal dari daerah Ponorogo, yaitu sebuah kabupaten yang terdapat di provinsi Jawa Timur. Jujur saya sendiri belum pernah mencicipi sate Ponorogo. Dan kabarnya sate Ponorogo ini memiliki beberapa keistimewaan seperti sate yang tanpa lemak, serta bentuk potongan daging yang diris tipis memanjang dan tentu saja racikan bumbu kacangnya. Kacang yang digunakan adalah kacang tanah yang disangrai dan kulit kacangnya dibuang terlebih dahulu.


Seperti halnya sate buntel, untuk bisa mencicipi sate Ponorogo ini, anda tidak usah jauh-jauh sengaja datang Ponorogo, di Surabaya terdapat penjual sate ayam Ponorogo yang cukup terkenal yang berlokasi di jalan Dharmawangsa, Gubeng. Dan untuk di kota Bandung, di daerah jalan Dipatiukur juga terdapat penjual sate Ponorogo yang enak yaitu sate Ponorogo DU87. Noted, siap-siap ajakin paksu buat nyicipin sate ayam Ponorogo disana ah.



    4. Sate Padang

Sate Padang merupakan salah satu jenis sate yang menjadi favorit saya. Daging yang digunakan pada sate padang hanyalah daging sapi. Walaupun di Medan, sate padang ada juga  terbuat dari daging ayam atau kambing (sumber : Wikipedia.org). Yang menjadi ciri khas dari sate Padang ini adalah penggunaan bumbu kari pada kuahnya. Kuah sate Padang yang kental terbuat dari adonan tepung beras, yang dicampur dengan bumbu rempah seperti jahe dan bawang putih.


Sate Padang biasa dihidangkan diatas piring beralaskan daun pisang dan disantap dengan irisan ketupat. Jadi jangan heran apabila di penjual sate Padang, ketupat bisa dijumpai setiap saat. Nah, khusus untuk sate Padang ini, saya biasa makan dengan kuah terpisah, karena kuah sate Padang ini menurut saya agak-agak pedes tapi tetap enak.


    5. Sate Taichan


Sate taichan merupakan salah satu sate jaman now. Sate taichan ini hadir belum lama, kira-kira sekitar dua tahun-an yang lalu (cmiiw). Saya sendiri pertama kali mendengar tentang sate taichan ini dari media sosial. Dan kemudian baru mencicipinya sekitar beberapa bulan yang lalu.


Sate taichan ini sedikit unik, karena cara pengolahannya yang sedikit berbeda dibanding sate lain pada umumnya. Apabila sate biasa dibakar menggunakan arang, sate taichan ini dibakar diatas api kompor, sehingga tampilan sate tidak berubah warna dan tidak berubah gosong.

 
Sate Taichan yang rasanya endess asin, asem pedass

Selain itu ciri khas utamanya adalah racikan bumbu yang digunakan untuk melumuri daging sebelum dibakar, yang terdiri dari perasan jeruk nipis, lada, serta garam. Ditambah dengan bumbu sate yang digunakan sebagai cocolan adalah bumbu yang terbuat dari racikan cabe merah yang direbus terlebih dahulu dan baru kemudian ditumis. Waw mulai kebayang ga nih, gimana rasa si sate taichan ini. Sedikit asin, ada asemnya, dan pedes-pedes endess, bikin kapok tapi pengen lagi, gimanaa gituu haha.



Berani mencoba?


Yuk share disini pengalaman makan sate mu





Monday, October 30, 2017

Batagor Kingsley Oleh-Oleh Khas Kota Bandung

Kota bandung terkenal dengan kulinernya yang enak dan murah meriah. Ya, jajanan khas Bandung memang beragam dan diolah dengan kreatif sehingga menarik para pecinta kuliner. Termasuk diantaranya satu jenis makanan yang terbuat dari campuran tepung terigu dan ikan yaitu batagor. Batagor adalah singkatan dari baso tahu goreng. Yang awalnya baso tahu tersebut merupakan sebutan khusus orang Bandung untuk siomay dan teman-temannya. Namun ketika diolah dengan cara digoreng menjadi berubah nama menjadi batagor. 

batagor goreng yang bisa bikin ketagihan | pic : wikimedia.org
Entah kenapa orang sunda memang senang sekali menyingkat nama sebuah makanan seperti cilok (aci dicolok), cireng (aci digoreng), comro (oncom dijero) dan masih banyak lagi. Mungkin tujuannya supaya lebih mudah diingat ya haha.

Berbicara soal batagor khas kota bandung, siapa yang tak kenal dengan batagor Kingsley. Salah satu batagor yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh dan cukup terkenal di kalangan para wisatawan khususnya wisatawan asal Jakarta. Saya sendiri, sebagai warga bandung, jujur baru pernah mencicipi batagor Kingsley satu kali, dan itu pun udah lama banget, nah lho.


Batagor Kingsley Tidak Buka Cabang di Tempat Lain

Kedai batagor Kingsley berlokasi di jalan Veteran no 25 Bandung. Berada tak jauh dari rumah sakit Bungsu. Jalan Veteran ini merupakan jalan satu arah, yang seiring berjalannya waktu, mulai berubah menjadi kawasan wisata kuliner. Fyi salah satu toko kue kekinian milik salah seorang artis berhijab asal Bandung juga terletak di kawasan jalan Veteran ini.

Sejak buka pertama kali sampai sekarang, batagor Kingsley tidak membuka cabang di tempat lain, padahal penggemarnya tersebar di banyak tempat. Mungkin hal tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen pemilik kedai dalam menjaga orisinalitas produk mereka.
pic : pesonanusantara.co.id
Selain menjual dan memproduksi batagor sebagai ciri khasnya,  di batagor Kingsley juga terdapat menu lain seperti mie bakso, nasi goreng dan lain-lain serta berbagai macam minuman. Banyak pengunjung yang sengaja datang untuk makan di tempat dan tentu saja membungkus untuk oleh-oleh.

Batagor Kingsley Sering Dijadikan Sebagai Oleh-Oleh Khas Kota Bandung

Rasa batagor yang gurih serta bumbu kacangnya, menjadikan batagor sebagai makanan favorit yang digemari banyak orang. Anak-anak, tua dan muda semuanya suka. Maka tak heran apabila batagor ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai buah tangan.

Berdasarkan informasi terbaru, batagor Kingsley ini dijual dengan harga yang relatif mahal yaitu rp 13.500/buah. Untuk kalangan orang Bandung asli, harga sekian memang cenderung tinggi, namun bagi para wisatawan harga tersebut sepertinya tidak menjadi masalah, karena rasa batagor Kingsley memang istimewa dan berbeda dengan batagor lain pada umumnya. Terbukti sampai saat ini, batagor Kingsley tetap memiliki penggemar dan sering dikunjungi oleh pelanggan setianya.

Pelayanan di Batagor Kingsley

Jam operasional batagor Kingsley, buka setiap hari mulai Senin sampai Minggu, mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 21.00 malam. Dan tentunya lebih ramai pada saat weekend (Sabtu dan Minggu) dan hari libur.

Selain membeli langsung ke kedainya, batagor Kingsley juga memberikan jasa delivery order (bisa diantar ke alamat). Penikmat batagor bisa memesan melalui nomor telepon 022-4207104 dengan pilihan paket batagor yang sudah ditentukan, yang terdiri dari paket 5 batagor dan 5 siomay atau 10 batagor dan 10 siomay.

Apabila penasaran dan ingin tahu lebih lengkap mengenai batagor Kingsley ini, silahkan kunjungi langsung kedainya atau kontak via nomor telepon diatas. Makanan khas Bandung emang enak-enak, bikin penasaran and bikin ngangenin yah.

Selamat mencicipi dan selamat berkuliner ria.

Saturday, October 28, 2017

Bandung Surga Kuliner, Makanan Enak Harga Terjangkau

Bandung surga kuliner, istilah tersebut tentu sudah tak asing lagi di telinga, khususnya bagi para pecinta kuliner di nusantara. Siapa pun yang hobi jalan-jalan dan makan, kalo udah nyampe di Bandung, sepertinya bisa kalap, pengen nyicip makanan yang ini dan yang itu. Belum afdol rasanya kalo belum nyicipin langsung dan tentu saja kemudian ‘pamer’ di social media haha. Dan jujur, jajanan di kota Bandung memang suka ngangenin.

Tak heran, apabila kemudian, banyak orang Jakarta yang sengaja datang berkunjung ke Bandung (baca : bolak-balik Jakarta-Bandung-Jakarta), hanya demi mencicipi makanan yang ada di Bandung. Saat ini, jarak dari Jakarta ke Bandung memang dapat ditempuh hanya dalam waktu kurang lebih dua jam saja. Maka setiap weekend, kota Bandung pun penuh oleh para wisatawan yang datang dari luar kota khususnya Jakarta.
Dan sarapan di bandung pun bukan menjadi suatu keniscayaan lagi, sebagian orang sengaja datang ke Bandung hanya untuk menikmati sebuah menu sarapan.

Berikut ini beberapa menu sarapan di Bandung yang bisa dinikmati bareng keluarga atau teman :

    1. Kupat tahu Gempol

Sesuai namanya, penjual kupat tahu Gempol terletak di jalan Gempol, yang berada di kawasan jalan Dago (di kawasan Jalan Sultan Tirtayasa). Kupat tahu Gempol ini sudah ada sejak lama, dan masih bertahan hingga sekarang. Kupat tahu merupakan makanan khas Bandung yang terdiri dari irisan ketupat yang diberi potongan tahu goreng dan diberi sedikit taburan toge, yang kemudian disiram oleh kuah kacang yang gurih. Sepiring kupat tahu akan lebih nikmat apabila dimakan dengan kerupuk aci.  (fyi kupat adalah bahasa sunda yang artinya ketupat). Karena disukai banyak orang, maka tak heran sekitar jam 11 siang kupat tahu nya sudah habis.

    2. Toko kue Sari-Sari

Tak jauh dari jalan Gempol, Bandung, terdapat sebuah toko kue yang bernama toko Sari-Sari. Toko Sari-Sari tersebut menjual berbagai macam jenis kue basah termasuk diantaranya menu sarapan seperti nasi kuning, nasi uduk, nasi gudeg dan masih banyak lagi. Menu sarapan tersebut bisa dinikmati di tempat dengan ditemani segelas teh tawar hangat (free of charge) yang menurut saya Bandung banget. Karena selama kulineran, hanya di kota Bandung, yang penjual makanannya menyediakan minuman gratis berupa teh tawar hangat (cmiiw).
    3. Bubur ayam pak Zaenal

Masih di sekitar Bandung Utara, di dekat pasar Simpang Dago, terdapat penjual bubur ayam yang cukup dikenal. Yaitu bubur ayam pak Zaenal. Bubur ayam pak Zaenal mempunyai ciri khas yaitu buburnya yang lembut, kental dan gurih, karena diolah menggunakan santan kelapa. Satu porsi bubur ayam special dihargai Rp 15.000, tapi bisa juga dipesan dalam ukuran setengah porsi, karena porsinya lumayan besar untuk sebuah menu sarapan.

Nah, selain ke tiga pilihan menu sarapan diatas, masih banyak tempat sarapan di Bandung yang menjadi daya tarik bagi pecinta kuliner. Sekarang, banyak juga café-café atau restoran yang menawarkan paket menu sarapan yang lebih sehat dan modern yang cenderung disukai oleh kalangan muda.

Seperti halnya salah satu gaya hidup jaman sekarang, banyak orang yang mulai beralih dengan mengkonsumsi buah-buahan sebagai menu sarapan. Baik itu berupa buah potong segar ataupun diolah dalam bentuk jus.

Jadi, apapun menu sarapanmu, makanlah dengan porsi secukupnya, jangan kalap apalagi sampai nambah 😙.

Salam..

Tuesday, October 17, 2017

Jelang Ulang Tahun Ke 18, Alfamart Manjakan Konsumennya Dengan Banyak Hadiah

Sebagai ibu rumah tangga yang hobi belanja #eh, minimarket  menjadi salah satu tempat tujuan belanja, yang sering saya kunjungi. Keberadaan minimarket yang tersebar hampir di setiap titik keramaian, memudahkan saya dalam mendapatkan kebutuhan sehari-hari. Yes, Alfamart adalah salah satu minimarket yang sering saya kunjungi, untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari yang sifatnya urgent (dadakan). Jarak Alfamart yang dekat (kurang dari 1 km) dari rumah, sangat memudahkan saya dalam mendapatkan barang-barang kebutuhan rumah tangga, seperti  sabun, telur, roti hingga pulsa. Dan tak jarang saya pun membayar  tagihan listrik di Alfamart.  

Pelayanan di Alfamart tentu semakin berkembang dari waktu ke waktu, tak heran jelang ulang tahunnya yang ke 18, Alfamart ingin memanjakan konsumennya dengan cara memberikan berbagai macam hadiah berupa produk gratis, voucher belanja, barang elektronik hingga 1 unit mobil,  wahh..keren banget. FYI Alfamart berdiri pada tanggal 18 Oktober 1999 (baca : salah satu ciri pelanggan sejati mesti tahu tanggal ulang tahun Alfamart dong) haha.
 
Salah seorang emak pelanggan setia Alfamart yang bakalan ngoleksi koin starwars gara-gara mupeng pengen dapetin banyak hadiah..haha

Promo Alfamart Melalui Koin Starwars

Dalam memberikan hadiah-hadiah tersebut, Alfamart bekerjasama dengan Disney memproduksi koin starwars. Koin starwars tersebut berwarna silver dan memiliki diameter 3cm. Setiap kemasan berisi 3 keping koin dan dibandrol dengan harga 15.000 rupiah. 


Koin starwars tersebut bisa diperoleh konsumen mulai September 2017 sampai dengan Desember 2017 di seluruh cabang Alfamart di Indonesia.  Apabila beruntung, dalam  kemasan isi koin tersebut terdapat  satu buah koin khusus bertuliskan hadiah dari Alfamart (lucky pack), yang artinya koin Starwars Alfamart yang kita peroleh hanya 2 keping dan satu keping lagi adalah koin khusus bertuliskan hadiah

Selain koin starwars, di dalam kemasan tersebut terdapat satu lembar kertas yang berisi kode voucher hadiah (apabila beruntung).

Maka pastikan di lembaran kertas tersebut, tercetak kode voucher sebagai bukti validasi, untuk kemudian ditukarkan dengan hadiah langsung ke cabang Alfamart terdekat di kotamu. 

 Pastikan voucher kodenya tertera sebagai bukti validasi mendapatkan hadiah

Launching Koin Starwars 2017 di Bandung

Bertempat di Kapulaga Indonesian Bistro, Sabtu, 14 Oktober 2017 lalu, diadakan acara launching medallion (koin) Starwars. Dan Bandung menjadi kota pertama yang menyelenggarakan acara tersebut, dengan pertimbangan Bandung merupakan kota tempat berdirinya komunitas pecinta starwars. Dan saya pun baru tahu kalo di facebook ada grup khusus penggemar koin starwars alfamart, yang jumlah anggotanya mencapai puluhan ribu orang. Wah menarik nih.
Koin Starwars Alfamart collection edition
Di acara launching koin starwars tersebut hadir para undangan yang terdiri dari wartawan, blogger, member Alfamart dan tentunya fans starwars yang sengaja datang dari luar kota Bandung seperti Bogor dan Surabaya.
Peluncuran koin Starwars ini merupakan kali kedua sejak launching pertama di bulan Oktober 2016 lalu, mengingat respon konsumen yang positif, maka menjelang akhir tahun 2017 ini diadakan kembali produk koin starwars Alfamart khusus episode I - VII. Tahun ini koin starwars Alfamart hadir dalam 35 desain berbeda, dengan 7 koin limited edition (edisi terbatas). 

7 koin starwars alfamart limited edition yang hadir di tahun 2017
Satu pertanyaan yang muncul di benak saya ketika mendengar kata Starwars. Kenapa starwars ya? Yang kemudian terjawab oleh pernyataan Ibu Rani Wijaya selaku marketing communication manager Alfamart, bahwa mengingat mayoritas konsumen Alfamart adalah wanita, maka dipilihlah starwars  sebagai salah satu ikon film yang digemari oleh kaum pria, sehingga diharapkan konsumen Alfamart dapat menjaring semua kalangan, pria dan wanita hingga anak-anak.
 
Darth vader salah satu tokoh antagonis di film starwars

Selain sesi hiburan berupa pertunjukan musik dan seni tari, terdapat sesi interaktif berupa sesi tanya jawab serta kuis berhadiah. Serta sebuah sesi istimewa berupa lelang koin starwars langka (koin yang hanya terdapat 3 keping saja di dunia). Dan 2 dari 3 koin pun mulai dilelang dengan harga pembuka 500 ribu rupiah hingga akhirnya, 2 koin tersebut, masing - masing jatuh ke tangan pemiliknya yang baru, Rp 1.750.000 untuk koin pertama, menjadi milik fans koin starwars asal Bogor dan Rp 1.500.000 untuk koin kedua, diboyong oleh fans koin starwars asal Surabaya.

Bagi seorang kolektor, mendapatkan benda langka seperti koin starwars tersebut ternyata tak sekedar untuk memuaskan hobi saja, akan tetapi sudah terbukti bisa menghasilkan uang lebih, sehingga mereka tak sungkan untuk mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli benda-benda memorabilia yang memang digemari. 

Seperti paparan pak Ma’ruf asal Bogor yang bercerita bahwa salah satu koleksi koinnya ada yang dibeli oleh seorang kolektor koin asal Belgia dengan harga yang berlipat-lipat. Hobi yang bisa menghasilkan keuntungan. Seru juga ya.
  
So, jangan kalah sama kolektor koin starwars Alfamart ya, buat kamu pelanggan setia Alfamart boleh tuh mulai beli alias bela-belain beli koin starwars Alfamart, dengan harapan siapa tau beruntung dapet hadiah produk gratis dari alfamart, lumayan khan?..atau dapet voucher belanja..wih lumayan banget tuh..emak-emak pasti doyan..apalagi kalo dapet 1 unit mobil..waduhh..udah mimpi aja nih.
Koinnya bagus lho
Yaud..apapun hadiahnya..buruan deh beli koin Starwars di Alfamart. Semoga beruntung dapetin hadiah  yang diinginkan ya ☺☺












Saturday, October 14, 2017

Berkunjung Ke Roemah Tafira, Duhh Koleksi Enamelnya Bikin Mupeng

Apa yang terjadi ketika seseorang mempunyai hobi mengkoleksi sebuah benda selama 20 tahun lamanya? Tentu benda koleksinya sudah mencapai ratusan atau bahkan ribuan jumlahnya. Begitupun halnya dengan koleksi enamel milik ibu Tuti Yulianti. Seorang kolektor asal kota Bandung yang memiliki ratusan jenis peralatan makan dan minum yang terbuat dari enamel.

Ibu Tuti Yulianti mulai mengoleksi enamel sejak tahun 1997. jadi tak heran apabila jumlahnya sudah mencapai ratusan. Beliau menyimpan dan memajang koleksi barang-barang enamel miliknya di  rumahnya yang terletak di daerah KPAD, Gegerkalong, Bandung. 

Koleksi enamel milik ibu Tuti cantik-cantik banget yah, tiap orang yang liat pasti mupeng deh haha..termasuk saya ☺. Dan ibu Tuti bercerita bahwa semua koleksi enamel miliknya berasal dari beberapa kota di Indonesia. Hingga banyak online shop yang dengan sukarela menghubungi ibu Tuti untuk menginformasikan apabila ada koleksi enamel terbaru.
 
Berkunjung ke rumah Mam Tuti bareng mba Fira yang datang jauh-jauh dari Pontianak

Ternyata Mam Tuti adalah mantan model majalah loh..

Sekilas Mengenai Roemah Tafira

Ibu Tuti pun menyebut rumah tinggalnya dengan sebutan Roemah Tafira. Nama Tafira tersebut diambil dari nama tengah anak perempuannya yang merupakan singkatan dari Tanjung Pinang Riau, yaitu nama kota tempat kelahiran anak perempuan ibu Tuti, hehe..lucu juga ya..jadi gampang ngingetnya.

H
iasan enamel di dinding teras Roemah Tafira

Koleksi enamel yang dimiliki ibu Tuti beraneka ragam mulai dari piring, cangkir, mangkok, teko, sendok dan masih banyak lagi. Semuanya lucu-lucu dan cantik-cantik, dan warna –warni pula, duh, beneran deh..saya jadi tertarik pengen punya juga alat makan enamel, secara saya belum punya satu pun benda yang terbuat dari enamel (baca : pulang dari situ langsung mau hunting online shop yang jualan enamel ah). #eaa * ratjun banget yak

Benda Berbahan Enamel Identik Dengan Jaman Dulu (Vintage)

Koleksi enamel yang dimiliki ibu Tuti beragam warna dan motifnya, merah, hijau, coklat, biru, mulai dari yang polos, motif bunga, motif buah sedangkan motif blirik merupakan salah satu motif enamel yang paling kekinian.

Enamel polos warna hijau tua
 
Enamel warna merah dipadukan dengan koleksi benda warna merah lainnya ..cantik ya :)


Enamel motif blirik

Peralatan makan berlapis enamel, memiliki kesan jadul karena pada jaman dulu, orang-orang menggunakan alat makan berbahan enamel untuk makan dan minum sehari-hari. 

Kalo liat barang-barang ini langsung inget jaman dulu

Jadi ngingetin saya pada salah satu rumah makan yang terletak di daerah Trunojoyo, Bandung yang mengusung konsep jadul dan semua perlengkapan makannya menggunakan alat makan berbahan enamel. Konsep yang unik dan cukup menarik. terbukti rumah makan tersebut selalu ramai oleh pengunjung yang rindu akan suasana tempo dulu.

Roemah Tafira Dan Kerajinan Tangan

Selain mengoleksi berbagai macam benda enamel, ibu tuti juga membuat berbagai macam kerajinan tangan seperti aksesories (bros, anting dan kalung) dan juga kerajinan tangan lainnya seperti hiasan dinding yang sebagian besar merupakan benda-benda yang terbuat dari bahan daur ulang. 

Talenan yang didaur ulang menjadi hiasan dinding yang cantik

Barang-barang seperti kaleng bekas, botol bekas dan lain sebagainya disulap oleh ibu Tuti menjadi barang-barang yang memiliki nilai lebih sebagai hiasan, bahkan di halaman depan Roemah Tafira terdapat beberapa buah ban mobil bekas yang dicat dan dilukis yang kemudian beralih fungsi menjadi pot tanaman yang cantik. Bahkan ibu Tuti juga sering bekerja sama dengan beberapa UKM (Usaha Kecil Menengah) yang bergerak di bidang kerainan tangan, melalui kegiatan-kegiatan berupa pelatihan mengolah barang-barang bekas menjadi barang yang memiliki manfaat.

Tentunya hal tersebut merupakan sebuah kegiatan yang positif, yang bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk bisa melakukan hal kreatif yang bermanfaat.

Oya, selain mengoleksi alat makan berbahan enamel, ibu Tuti juga mengoleksi berbagai macam benda bermotif bunga matahari.
Spot khusus koleksi motif bunga matahari 
Motor pun di cat motif bunga matahari
Nah, kalo penasaran pengen liat lebih banyak koleksi enamel milik ibu Tuti, langsung intip aja akun instagram  @tutiyulianti ya :)

And yang hobi barang-barang vintage selamat mupeng ya ☺☺

Follow @sarrahgita On Instagram

© sarrah gita's blog. Made with love by The Dutch Lady Designs.