Trend Kue Kekinian Di Kota Bandung

Sepanjang tahun 2017 lalu, Bandung diserbu oleh trend bisnis kue kekinian. Sebuah trend di dunia kuliner yang digawangi oleh para artis ibukota. 

Diawali oleh Laudya Cynthia Bella, seorang artis perempuan berhijab asal Bandung, yang pertama kali membuka toko kue kekinian di Bandung yaitu  Makuta. Dan beruntungnya Bella (nama sapaan Laudya Cintya Bella), karena sampai sekarang, kue Makuta milik Bella, menjadi salah satu kue favorit yang memiliki banyak penggemar. 

Terbukti dari ramainya antrian pengunjung di toko kue milik Bella, hingga banyaknya ‘calo-calo’ penjual kue yang ikut menjual kembali kue Makuta dengan menggunakan mobil di pinggir jalan. Sungguh sebuah fenomena yang menarik.

Dan sekarang Makuta memiliki 2 gerai di kota Bandung yaitu di jl. Van Deventer (daerah jl.Veteran) dan jl. Aruna (daerah jl.Pajajaran), Bandung.

  
Kue Makuta dengan jargonnya yang terkenal #iniTehNgangenin
Hingga, tak lama kemudian, bermunculanlah kue-kue kekinian milik artis-artis lain yang menyerbu kota Bandung. Seperti :
 
   1.    Princess cake

Nama Princess cake disematkan di nama kue ini, disesuaikan dengan nama pemiliknya yaitu Princess Syahrini. Ya, Princess cake ini merupakan brand toko kue milik artis papan atas Syahrini, yang akrab dengan nama sapaan princess atau incess, di kalangan penggemarnya.

Toko kue Princess cake berlokasi di Jl Cihampelas (setelah Mal Cihampelas Walk) yang identik sebagai jalur wisata. Banyak sekali wisatawan yang datang ke Bandung, sengaja berkunjung ke jalan Cihampelas.

Pembukaan gerai Princess cake yang diresmikan pada Juni 2017 itu, dihadiri oleh ibu Atalia (istri walikota Bandung). Cetar banget ga tuh. Para penggemar setia Syahrini pun rela datang berbondong-bondong tuk bisa berpartisipasi dalam acara tersebut. Apalagi ada kontes makan kue Princess cake yang berhadiah bisa dinner bareng Syahrini. Sungguh bikin penasaran.

Kue Princess Cake rasa tiramisu oreo yang bikin penasaran
    2.   Bandung Kanaya

Sama halnya dengan Princess Cake, toko kue Bandung Kanaya juga terletak di jl Cihampelas (sekitar 50m dari perempatan Ciumbuleuit). Bandung kanaya ini merupakan toko kue milik ibunda artis Raffi Ahmad, yaitu mama Amy.

Jujur sejak melihat kemasan kue Bandung Kanaya, saya tergoda ingin mencicipinya (kue Bandung Kanaya dikemas dalam bentuk paket, 1 kotak kue  beserta 1 toples saus / vla.
Kue Bandung Kanaya rasa matcha / green tea
Hingga akhirnya baru kemarin, di sebuah acara ulang tahun (27/01), saya mencicipi kue Bandung Kanaya ini, ternyata rasa kue Bandung Kanaya cocok banget di lidah saya, rasanya pas (tidak terlalu manis).

Dan cara makan kue Bandung Kanaya ini cukup unik lho, ada 2 cara yaitu dengan cara mengguyurkan saus / vla nya ke atas kue, ataupun dengan cara mencocolkan kue ke dalam saus / vla.

Saya sendiri lebih suka dengan cara yang kedua, karena ada sensasi tersendiri hehe. Oya, kue Bandung Kanaya sudah dipotong-potong berbentuk kotak kecil, sehingga memudahkan kita untuk memakannya, tinggal ‘hap’ aja. Dan ga kerasa 5 buah kue Bandung Kanaya pun masuk ke dalam perut saya dalam sekejap haha.

Kue Bandung Kanaya memiliki  beberapa varian rasa 
seperti original choco, matcha choco, dark orange, milky peanut dan white choco

Kalo penasaran pingin coba.. Langsung cuss aja ke gerainya yang ada di jalan Cihampelas no 316 atau ke jalan Riau ( The Outfit store).

   3.  Kunafe

Kunafe?..entah kenapa, pertama kali mendengar nama Kunafe, saya merasa sedikit janggal, karena warga Bandung yang mayoritas adalah suku sunda, tidak familiar dengan pengucapan kata yang mengandung unsur huruf f, seperti pada kata Kunafe.

Namun ternyata kata Kunafe ini merupakan sebuah kata plesetan yang berasal dari kata ‘kenapa’. Duo artis Irfan Hakim dan Ananda Omesh sebagai pemilik toko kue Kunafe ini memang dikenal sebagai sosok artis yang suka bercanda, sehingga nama yang dipilih pun mewakili sosok mereka berdua.

Mereka nyebutnya oleh-oleh jaman now
Kue Kunafe hadir dalam bentuk bulat (round cake). Tekstur kuenya lembut karena merupakan perpaduan antara Japanese cake dan butter cream. Walaupun menurut saya, rasanya relatif manis, saya masih penasaran lho sama Kunafe yang rasa durian, yang kalo kata orang sih, lebih enak dimakan dingin alias dimasukin ke kulkas dulu, duhh..kabitaa..

Selain rasa green tea, Kunafe rasa tiramisu merupakan best seller 😀
     4. Pevo cake

     Melihat trend bisnis kue kekinian yang semakin ramai di kota Bandung, di November 2017, artis pemain film, Pevita Pearce pun ikut serta membuka toko kue nya yang bernama Pevo Cake. 


     Pevo cake berlokasi di jl. Veteran no 40, masih satu area dengan gerai Makuta milik Bella. Ya, Jalan Veteran, Bandung sekarang sudah menjadi kawasan kuliner, Mulai dari bakso soun yang lagi hits di Bandung, toko kue, cafe, hingga pempek bisa ditemui di sepanjang jl. Veteran tersebut.

     Kabarnya Pevita terjun ke bisnis kue ini, karena terinspirasi oleh sang nenek yang tinggal di Inggris, yang suka dan gemar menyajikan makanan manis seperti kue sebagai dessert.
  
     Saya sendiri belom pernah nyicipin Pevo cake ini, tapi kalo liat tampilan dan varian rasa kue nya sih sepertinya cukup menggoda ya, apalagi ada rasa red velvet favorit saya. Tapi entah saya yang kudet ato kurang kekinian, pamor Pevo cake ini agak kurang terdengar gaungnya dibanding kue sejenis lain ya?
 

  5.  Madinah cake

Dan kue kekinian pendatang baru yang hadir di kota Bandung adalah Madinah cake. Artis kontroversial Angel Lelga,mencoba peruntungannya di bisnis kuliner, dengan membuka gerai Madinah cake yang berlokasi tepat di sebelah gerai Kunafe, Jl. Banda.

Gerai Madinah cake ini resmi dibuka pada awal Desember 2017 lalu, bertepatan dengan masa liburan panjang (long weekend). Yang tentunya mengundang antusias masyarakat Bandung dan juga para wisatawan lokal yang sedang berkunjung ke Bandung.
Madinah cake tampil dengan cake crumb dan warna-warnanya yang cantik


Hadirnya kue kekinian di tengah-tengah kita, memang merupakan sebuah fenomena baru, Masyarakat pun dibuat penasaran, ingin mencoba seperti apa sih rasa kue tersebut?

Promo marketing yang menarik serta nama besar sang artis pemilik toko kue tersebut, tentunya ikut memiliki peran, dalam mempertahankan eksistensinya sebagai kuliner yang kemudian disebut bisa dijadikan sebagai oleh-oleh dari Bandung.

Bagaimana menurutmu..setuju ga sih, kalo kue kekinian ini kemudian menjadi kuliner oleh-oleh khas Bandung?







Comments

  1. Enak2 ya. Sayangnya saya sudah menghindari makan kue seperti. Padahal tampilannya menggoda untuk dimasukin mulut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya enak teh..dan saya pun mulai mengurangi makan kue seperti ini..masih mengurangi belum menghindari hehe..soalnya masih suka kabitaan..duhh

      Delete
  2. Replies
    1. kalo boleh tau..kenapa nih setujunya buyayu?..kl saya sih jujurkurang setuju..soalnya ga mewakili identitas bandung alias cuma trend doang

      Delete
  3. bandung ya emang surganya kuliner, cake aja banyak macam rupanya cuco emm bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. bandung surga kuliner..setuju yes..mpe bingung milihnya hehe

      Delete
  4. Kemarin lihat ada yang baru, Kuenya Ayu punya Ayu Ting Ting buka gerai di Jatinangor. Tapi aku belum nyobain. Nah dari ke lima kue artis di atas, aku baru nyobain yang Kanaya dan juga lebih suka makannya dengan cara yang dicocol :D tapi susah euy. Ketinggalan mulu di sausnya. wkwkwk. Enaknya makan pakai tusuk garpu, bukan pakai stik eskrim :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya? wah tapi kue ayu ting2nya buka di jatinangor ya..lumayan jauh jg dr rmh..hihi..teh mita bodor..tantangan banget tuh makan bandung kanaya pk stik es krim

      Delete
  5. belum pernah nyobain semuanya teh kalau aku hahaha...kalau oleh2 bandung biasanya sodara yang tinggal diluar bandung malahan bukan minta beliin kue kekinian teh tapi malah pengennya teh dibeliin kek keripik tempe, bolen kartika nu karitulah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga penasaran ya teh hihi..iya sih akupun lebih setuju kalo oleh2 bandung diwakili sama keripik tempe dan sajabana..:)..lebih berasa bandungnya kyknya :)

      Delete
  6. Aku belum nyicipin yang Bandung Kanaya sama Kunafe nih. Slruuup

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo suka manis cobain kunafe..kl ga begitu suka manis cobain bandung kanaya.. tapi kalo penisirin..cobain aja dua2 nya haha

      Delete
  7. Bisa jadi sih oleh2 asal harga pas di kantong hehe.. soalnya kalau beli oleh2 buat pulkam kan harus banyak hoho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. asiik..siap2 borong nih..n yg pasti yg ga kekinian hrganya bisa relatif lbh murah kalao kata saya mah :)

      Delete
  8. Aku belum pernah nyobain semua...
    Berarti aku ga kekinian yaa, teh?
    Hiikss~~

    Sering ketemu mobilnya si Kunafe.
    Tapi yang bikin penasaran malah Madinah Cake.
    Hiihii...

    ReplyDelete
  9. Di antara sekian banyak, baru nyicip 2 😆

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts