Skip to main content

Pengalaman Menarik Mengikuti Pelatihan Jurnalistik Bareng Siswa SMU

Sore itu, udara di kampung Sampireun cukup dingin, apalagi sebelumnya hujan sempat turun. Namun cuaca dingin tersebut, tidak mengurangi antusias para peserta yang sedang berada di aula, untuk menyimak beberapa materi tentang ilmu jurnalistik.

Ya, sekitar hampir 60 orang siswa dan siswi dari dua sekolah menengah atas di Bandung (SMA Negeri 10 dan SMK Bahagia, Bandung), turut serta dalam sebuah acara pelatihan yang diadakan oleh Dinas komunikasi dan informatika (Diskominfo) kota Bandung.

Suasana pelatihan jurnalistik di Aula Kampung Sampireun
Setiap tahun, Diskominfo kota Bandung mengadakan berbagai macam pelatihan, sebagai bagian dari program kerja mereka (agenda rutin tahunan). 

Dan di acara pelatihan yang diadakan menjelang akhir tahun 2017 ini, tema yang dipilih adalah Pelatihan Jurnalistik Bagi Relawan TIK Kota Bandung
Relawan TIK merupakan inisiasi dari kementrian komunikasi dan informatika untuk membangun komunitas pegiat teknologi, informasi dan komunikasi. Dimana anggota relawan TIK tersebut terdiri dari berbagai latar belakang seperti akademis (guru/dosen), siswa sekolah, blogger dan sebagainya.

Dan saya bersama teman-teman dari komunitas emak2 blogger (KEB) Bandung, turut hadir di acara pelatihan jurnalistik tersebut sebagai bagian dari relawan TIK kota Bandung. 

*fyi relawan TIK adalah relawan di bidang teknologi informasi dan komunikasi, yang tersebar di seluruh kota di Indonesia

Ketika Siswa SMU Berkenalan Dengan Ilmu Jurnalistik

Apabila mendengar kata jurnalistik, ingatan kita biasanya langsung tertuju pada sebuah profesi yaitu wartawan atau biasa disebut jurnalis. 

Jurnalis adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik, atau orang yang secara teratur menuliskan berita (berupa laporan) dan tulisannya dikirimkan/dimuat di media massa secara teratur.

Mengenal profesi jurnalis
Walaupun tidak semua orang sanggup dan mampu menulis sebuah berita, terutama berita yang baik dan benar, setiap orang bisa belajar untuk mulai menulis dan membuat berita.

Dimana berita itu sendiri terdiri dalam berbagai macam bentuk, yaitu antara lain :

1. News (berita fakta)
2. Views (berita berdasarkan opini/sudut pandang seseorang)
3.Wawancara (berita berdasarkan hasil wawancara dengan sebuah nara sumber   terpercaya)
4. Paper Trail (berita yang diperoleh berdasarkan penelusuran info dan dokumen). info dan dokumen tesebut bisa berasal dari banyak sumber seperti data publik, dokumentasi & kliping, penggalian bahan online, makalah, pidato dsb)

Nah di sela acara pelatihan tersebut, salah seorang pemateri yaitu kang Ari Syahril yang juga adalah ketua APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), meminta semua peserta pelatihan, untuk membuat sebuah berita singkat berupa views (sudut pandang masing-masing), tentang perjalanan dari Bandung menuju Garut.

Tak disangka kegiatan praktek menulis berita tersebut, mendapat respon beragam dari para peserta, terutama dari para siswa sekolah, yang rata-rata masih kebingungan dan ragu untuk mulai menulis. 

Padahal menurut kang Ari, mau memulai adalah salah satu poin penting dalam kegiatan menulis / pelaporan, selain tentunya memperbanyak referensi serta usahakan untuk menggunakan kalimat aktif dalam setiap penulisan berita.

Dan kami cukup terhibur dengan isi tulisan salah seorang siswa yang isinya sangat polos sekali, yang bercerita tentang minuman bajigur...kalo inget itu saya jadi suka senyum-senyum sendiri tuh..jadi inget tulisan saya jaman abege dulu..hehe..

Suasana acara pelatihan sore itu cukup hangat dan santai. Walaupun cuaca cukup dingin plus turun hujan membuat saya sedikit kurang fokus pada isi materi yang disampaikan. #mencarialasan #haha

Beberapa materi yang disampaikan adalah materi seputar perkembangan jurnalistik di Indonesia, bagaimana cara membuat berita yang baik dan benar, serta beberapa bahasan mengenai kode etik dalam bidang jurnalistik. 

Hingga mengundang perhatian beberapa orang guru dan kepala sekolah yang turut hadir mendampingi para siswa, untuk bertanya tentang salah satu kejadian di masa lampau yang pernah mereka alami.

Hal tersebut melibatkan beberapa orang oknum wartawan yang melakukan pemerasan, hingga oknum wartawan yang menulis berita hoax dan sempat mencoreng nama institusi sekolah mereka. Sebuah pengalaman yang tidak seharusnya terjadi karena meninggalkan kesan yang cukup negatif bagi para jurnalis kita.

Diskominfo Kota Bandung Dan Program Kerja

Selain pemberian materi tentang ilmu jurnalistik, pihak panitia dari Diskominfo, memberikan sesi pertanyaan berupa kuis, sehingga suasana pun terasa lebih akrab dan interaktif

Pertanyaan kuis pun diberikan langsung oleh Kepala Diskominfo kota Bandung, Ibu dr. Ahyani Raksanagara, M.Kes, sebagian besar pertanyaan berkaitan dengan hal-hal yang menyangkut penyebaran berita hoax (berita yang tidak jelas isi dan sumbernya), perisakan (bullying) di internet, ujaran kebencian (hate speech) serta bagaimana cara mengatasinya.

Melalui acara pelatihan tersebut, diharapkan semua peserta, khususnya para siswa, memiliki cukup pengetahuan tentang literasi digital.
Mudah-mudahan Diskominfo kota Bandung secara kontinyu membuat program kerja yang tepat sasaran dan memiliki manfaat maksimal khususnya yang berkaitan dengan melek teknologi terutama teknologi media internet.

Terima kasih Diskominfo.

Baca juga : Pentingnya Literasi Digital Di Era Milenial

Comments

Popular posts

Resep kuah suki

Suki adalah salah satu menu makanan enak dan sehat yang bisa kita nikmati rame-rame bersama teman dan keluarga.

Menu makanan khas negara-negara di Asia timur ini dikenal sebagai salah satu makanan sehat karena, minim penggunaan minyak dan bebas lemak.

Cara memasak suki yaitu dengan cara merebus. Kita tinggal memilih beraneka ragam jenis Suki yang rata-rata terbuat dari berbagai macam seafood, seperti baso udang, baso kepiting, baso ikan dan sebagainya. Dan ada  juga sayuran nya berupa sawi hijau dan jamur untuk kemudian dimasukkan / direbus ke dalam panci/pan yang berisi kuah sup panas. Suki sangat nikmat apabila disajikan hangat, tinggal diberi cocolan saus Suki yang khas.

3 Toko Kue Ulang Tahun Di Bandung Yang Recommended

Hari ulang tahun adalah hari yang istimewa bagi setiap orang. Adakalanya kita menginginkan sesuatu yang istimewa seperti halnya kue ulang tahun.
Walaupun tidak dirayakan secara meriah,biasanya kehadiran kue ulang tahun bisa membawa kesan tersendiri bagi orang yang sedang berulang tahun. #SayItWithCakes 😘
Dan saya pun kerap membeli kue ulang tahun, khusus untuk orang-orang tersayang di tiga tempat berikut :



3 Toko Kue Ulang Tahun di Bandung, Yang Recommended Versi Saya :
1.Cizz Cheesecake &  Friends
Siapa sih yang ga kenal sama toko kue Cizz, toko yang khusus menyediakan kue berbahan dasar keju yaitucheese cake. Ya toko kue Cizz adalah toko kue favorit saya, yang sudah berdiri sejak tahun 2004, dan tetap bertahan hingga saat ini.
Toko berukuran mungil yang berada di jl.Laswi no 1A Bandung ini, memang sudah memiliki banyak pelanggan setia.Dan setiap berkunjung ke toko kue Cizz saya pasti memilih Fruity Cheese Cake untuk ibu saya. Perpaduan krim keju dan buah-buahannya terasa pas di lidah…

Arti kucing datang ke rumah (belajar tentang sebuah keikhlasan dari seekor kucing)

Disadari atau tidak, banyak sekali kejadian sepele yang terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Dan hal tersebut ternyata memiliki arti banyak untuk kita, seperti halnya sebuah kejadian yang saya alami beberapa minggu yang lalu. Hingga kemudian saya pun belajar memaknai akan arti dari kedatangan seekor kucing ke rumah saya. 
Sore itu, ketika pulang ke rumah, saya mendapati seekor kucing yang sedang duduk di bawah pohon dekat pintu pagar. Seekor kucing hitam dengan warna putih di bagian dada serta ke empat bagian ujung kakinya. Pertama melihatnya, saya langsung memanggilnya dengan sebutan kucing kaos kaki yang kemudian saya singkat dengan sebutan Mengkoska ☺.

Beberapa lama kemudian,saya masih mendapati kucing tersebut duduk di bawah pohon. Posisi badannya kelihatan sedikit terkulai,saya pun menghampirinya dan memegangnya ternyata kaki belakang si kucing  lemas sehingga si kucing tidak bisa berjalan dengan normal. Melihat hal tersebut, saya jadi merasa kasihan dan membawanya masuk ke tera…

Mie Ayam Enak Di Bandung, Yang Mana Favoritmu ?

Selain mie bakso, salah satu makanan favorit yang digemari banyak orang adalah mie ayam. Mie ayam sedikit berbeda dibanding mie bakso. Yang membedakan adalah ukuran mie nya yang sedikit lebih besar, racikan minyak, sawi hijau serta taburan ayam suir yang sudah dibumbui dengan rasa manisnya yang khas. 
Biasanya mie ayam disajikan dengan pangsit goreng, namun ada kalanya mie ayam juga dinikmati dengan tambahan bakso. Penjual mie ayam di kota Bandung identik dengan pedagang keliling dengan gerobak dorongnya yang berwarna biru tua. Walaupun ada juga beberapa penjual mie ayam yang berjualan menetap di sebuah tempat.

Keseruan Acara Hokben Blogger Gathering Bdg Bersama Menu Hoka Suka

Irasshaimase .. Ya itu adalah sambutan istimewa bagi setiap customer yang datang ke store Hokben. Sebuah sapaan hangat yang memiliki arti Selamat Datang. 
Saya jadi inget masa kuliah dulu nih, pernah ngambil jurusan bahasa Jepang, punya impian pengen pergi ke Jepang dan beberapa hari yang lalu saya baru saja berkunjung ke sebuah restoran Jepang..lengkap deh haha 😁.

Belajar Berkuda dan Memanah di Muslimah Academy

Tak kenal maka tak tahu, seperti itulah yang saya rasakan, sebelumnyasaya tidak mengenal sama sekali seperti apa kegiatan berkuda dan seperti apa kegiatan memanah. 
Yang saya tahu berkuda identik dengan hobinya princess Syahrini haha atau sebatas mengantar anak-anak untuk naik kuda di hari minggu haha (baca : naik kuda beda bangetdengan berkuda). 
Kalo naik kuda, sebagai penumpang kita cenderung 'pasrah' dan hanya duduk manis di atas kuda karena si kuda dituntun oleh si mamang, tetapi melalui berkuda kita belajar untuk menjadi seorang leader (pemimpin) untukberani mengarahkan dan mengendalikan kuda supaya berjalan sesuai tujuan. 
Begitupun dengan memanah, yang saya tahu sebelumnya, memanah hanya dilakukan oleh para atlet ataupun identik dengan sebuah aktivitas bagian dari peperangan di jaman dahulu..hehe. 
Ternyata memanah merupakan salah satu kegiatan olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk wanita dan anak-anak. Di jaman sekarang kegiatan memanah sudah mulai famili…

RS Melinda Bandung, Rumah Sakit Nyaman Dengan Pelayanan Lengkap

Setelah sekian lama tak berkunjung ke rumah sakit. Siang itu saya datang berkunjung ke RS Melinda bersama empat orang teman. Namun di kunjungan kali ini, kita tidak datang untuk berobat ataupun untuk menjenguk orang lain. Kita datang untuk melakukan hospital tour (tour berkeliling rumah sakit Melinda1 dan Melinda 2) dengan tujuan untuk mengetahui layanan dan fasilitas apa saja yang tersedia di rumah sakit Melinda.