Ciri Kualitas Telur Yang Baik Dan Sehat (Healthy Eggs)





Kalau ditanya jenis makanan apa yang harus selalu ada di rumah? Saya pasti akan menjawab “telur”.
 
Ya telur adalah salah satu makanan wajib yang harus selalu siap sedia di rumah. Selain praktis dan mudah untuk mengolahnya, telur merupakan sumber protein yang kita butuhkan supaya badan kita tetap sehat dan kuat dalam beraktifitas.

Konsumsi telur di keluarga kami sebenarnya ga terlalu banyak, hanya sekitar 1 kg setiap bulannya. Karena saya termasuk ibu rumah tangga yang jarang masak kecuali kepepet #eh.

FYI : jumlah konsumsi telur di Indonesia memang jauh lebih sedikit dibanding dengan negara lain.Hmm..
Dan untuk kebutuhan telur sehari-hari saya biasa membelinya di warung langganan dekat rumah ataupun di supermarket sekalian belanja bulanan.

Nah suatu waktu ketika saya berkunjung ke sebuah supermarket, saya melihat ada telur yang dikemas dalam kemasan karton berwarna coklat dengan gambar ayam di bagian depannya.

Ternyata telur tersebut adalah telur Healthy Eggs, telur baik dan sehat pelopor hypoallergenic pertama di Indonesia.

Apa Itu Hypoallergenic?

Ketika kita berbelanja sebuah produk susu atau produk kecantikan, biasanya terdapat label atau komposisi yang bertuliskan ‘Hypoallergenic’  atau dermatological tested. Keterangan tersebut ada kalanya kurang kita pahami artinya, namun sebenarnya istilah tersebut membantu kita dalam memilih produk mana yang sekiranya cocok untuk kita.

Hypoallergenic ini memiliki arti bahwa produk tersebut telah menggunakan seminimal mungkin bahan baku yang bisa menimbulkan reaksi alergi. Atau dapat diartikan dapat mengurangi risiko timbulnya alergi pada si pemakai produk tersebut.

Begitupun dengan produk telur Healthy Eggs ini, telur Healthy Eggs adalah telur pelopor hypoallergenic pertama di Indonesia karena tidak mengandung residu anti biotik. Sehingga tidak menyebabkan reaksi alergi. Sehat dan aman untuk dikonsumsi oleh siapapun, mulai dari anak-anak, orang dewasa, ibu hamil & menyusui hingga lansia. 

Dan saya sendiri baru tahu bahwa sekitar dua persen anak-anak di dunia alergi terhadap telur. Dan kabar baiknya 70% dari anak-anak yang pernah terkena alergi telur tersebut bisa terlepas dari kondisi itu ketika berusia 16 tahun. (sumber : American College Of Allergy, Asthma and Immunology (ACAAI).

Telur Yang Baik Dan Sehat Dihasilkan dari Ayam yang Sehat

Telur Healthy Eggs dihasilkan dari ayam yang sehat karena pakan ternak ayamnya diproduksi oleh sendiri lho. Berada di bawah naungan PT.Inti Prima yang berlokasi di Sukabumi.

Bahan baku yang digunakan sebagai pakan adalah bahan baku pilihan yang berkualitas. Di cek terlebih dahulu di laboratorium dan diproses melalui oven agar kadar airnya berkurang sehingga pakan tidak lembab dan tidak menimbulkan jamur. 

Membuat pakan alternatif sendiri dari bahan alami memiliki beberapa kelebihan yaitu meningkatnya kualitas ayam, produktivitas telur dan menghemat biaya pemeliharaan ayam.

Pilihan pakan yang baik tentu akan menghasilkan kualitas telur ayam yang baik pula. Berarti istilah You Are What You Eat juga berlaku untuk ayam ya hehe.

Oya, di bagian depan karton pembungkus telur Healthy eggs terdapat tulisan vegetarian based feed. Tulisan tersebut memiliki arti bahwa sayuran hijau adalah bahan pakan yang menjadi sumber vitamin dan mineral bagi ayam ternak Healthy Eggs Sayuran tersebut diberikan dalam bentuk segar setelah dicincang untuk memudahkan ayam memakannya. Ayam juga doyan makan sayuran lho. Hoho.

Vegetarian based feed : ayam penghasil telur Healthy Eggs di beri makan sayuran segar lho

Kelebihan Telur Ayam Healthy Eggs

Sebagai telur ayam yang memiliki kualitas baik dan sehat, telur ayam Healthy Eggs memiliki beberapa keunggulan antara lain :
  1. Telur ayam healthy eggs tidak memiliki bau amis dan rasanya lebih gurih. Karena ayam di peternakan Healthy Eggs mendapatkan perlakuan khusus dan terhindar dari stress.
  2.   Telur ayam Healthy Eggs memiliki cangkang kulit telur yang tidak mudah pecah (mengandung banyak kalsium) alias lebih tebal karena peternakan ayamnya mendapatkan sinar matahari yang cukup.
  3.  Healthy Eggs berasal dari ayam yang tidak divaksinasi semasa produksinya (hanya ayam berumur dibawah 10 atau 14 hari saja (DOC) yang diberi vaksin)
  4.  Bagian dalam telur bebas bakteri Salmonella (memiliki manajemen kandang yang baik) dan bebas bakteri E- Coli. Sumber air minum ayam petelur Healthy Eggs berasal dari air bawah tanah (min. 100m) untuk menekan bakteri E.Coli.
  5.  Mengkonsumsi bagian putih telur Healthy Eggs selama 2 minggu berturut-turut dapat membantu menurunkan gula darah dalam tubuh (terapi diabetes).
  6. Healthy Eggs dikemas dengan kemasan yang ramah lingkungan. (kemasan karton dapat mengurangi kehilangan air di dalam telur dan melindungi rasa telur itu sendiri dari aroma makanan lain yang mungkin terserap ke dalam telur).



Tempat Memperoleh Telur Ayam Healthy Eggs


Untuk memperoleh Telur ayam Healthy Eggs ini kita tinggal datang ke beberapa swalayan atau toko pilihan berikut ini :

Bandung :
Papaya Fresh Gallery (mal PVJ), Transmart Carrefour, Ujenk Mart (Jl. Dr Otten), Sakura Medical,  Apotik Pajajaran, dan Toko Organic Bandung (Jl.Cimanuk).

Jakarta :
Ranch Market, Farmers Market, Kem Chicks, Gelael, Lokka, Grand Lucky, Rezeki, Total Buah, Duta Buah, Jakarta Fruit Market, Koki Fruit, Market City serta Maxim.

Info lebih lengkap mengenai Healthy Eggs dapat diikuti melalui www.healthyeggs.co.id atau social media / akun instagram @healthy.eggs

Oya, harga telur ayam Healthy Eggs ini bervariasi tergantung dari ukurannya, ada yang ukuran kecil (small size) Rp 27.000/10 butir, ukuran sedang (medium size) Rp 32.000/10 butir dan ukuran besar (large size) Rp 43.500/10butir.

Jadi pilihlah telur dengan kualitas terbaik karena telur yang baik dan sehat memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Sumber :  wikipedia.org
                 www.cekalergi.com
                 IG : @healthy.eggs

Baca Juga : Kursus Bikin Kue di Arvian

Comments

  1. Alhamdulillah ya sekarang udah banyak yang perhatian sama telur jadi gak waswas

    ReplyDelete
  2. Naru tahu nih kalau Healthy Eggs bersifat hypoallergenic. Cocok nih dicoba buat yg punya alergi

    ReplyDelete
  3. Keluargaku termasuk banyak konsumsi telur. Bisa lebih dari 2 kg sebulan. Dan iya banget, telur itu diapa-apain emang enak.

    ReplyDelete
  4. Mantaff ya makin canggih aja nih peternakan di Indonesia 😂❤️

    ReplyDelete
  5. telur itu wajib banget ada di kulkas, jadi pengne cobain healthy egss, bebas alergi ya

    ReplyDelete
  6. Aku selalu nyetok telur dirumah, dan sangat bermanfaat disaat males masak hehe

    ReplyDelete
  7. Bener banget, telur itu wajib banget ada di rumah. Untung di rumah gak ada yang alergi

    ReplyDelete
  8. Dulu waktu kecil aku sering kena alergi telur teh karena emang suka banget. Baru tahu kalau setelah 16th bisa bebas dari alergi. Sekarang udah ada healthy eggs jadi tenang yah nggak takut kena alergi lagi.

    ReplyDelete
  9. Kusuka telur happy eggs ini. Kemarin nyobain buat bikin kue, nggak ada bau ais sama sekali.

    ReplyDelete
  10. Anak saya termasuk yg alergi telur hiks... Tp sama healthy eggs ini aman...

    ReplyDelete
  11. Aku tuh suka banget sama telur rebus, biasanya kalau mau rebus telur aku suka lap dulu cangkangnya karena banyak kotoran ayam, tapi HE ini engga yah, telur ayamnya tuh bersih banget, ku suka.

    ReplyDelete
  12. telur hypoallergenic berguna banget orang mereka yang memiliki tubuh sensitif.
    kalau aku sih sepanjang namanya telur, pasti bakalan dimakan, hihihi
    *badan badak*

    ReplyDelete
  13. Wah wah, telor jaman now mah bisa dikontrol ya kualitasnya. Kudu nyoba deh kayaknya. Anaka-anak di rumah kebetulan suka telor. Noted!

    ReplyDelete
  14. Sama teh aq pun jadiun telur bahan makanan yg harus ada. Tapi setengah kilo bisa awet banget. Kalah ama indomie yang bisa sedus sebulan. Telor mah dimasak kalo kepepet doang, hehehe. Padahal dari pada mie intan gizinya banyakan telor yaa.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.

Recent Posts