#TentangBelajarFotografi : Berkenalan Dengan Properti Foto

Dunia fotografi adalah sebuah dunia baru untuk saya. Dan saya masih ingat ketika pertama kali berkenalan dengan fotografi. Ga sengaja dari iseng hingga akhirnya ‘ketagihan’ sampai sekarang.

Jadi ceritanya waktu itu saya terpesona melihat foto-foto cantik yang berseliweran di timeline instagram. Hingga kedua mata saya tertuju pada deretan hashtag yang terdapat di bagian bawah postingan instagram tersebut. 

Hashtag plus mention beberapa akun di instagram yang merupakan  akun pepotoan dan sudah memiliki banyak pengikut (followers). Bahkan beberapa akun sudah memiliki banyak anggota yang tergabung dalam sebuah komunitas foto. Dan yang menarik sebagian besar anggotanya adalah kaum perempuan dan ibu rumah tangga. Wah menarik nih.


Akhirnya saya pun memutuskan untuk bergabung menjadi anggota di komunitas foto tersebut. Dan saya pun semakin jatuh cinta pada dunia fotografi walaupun sampai saat ini saya masih menggunakan smartphone sebagai sarana saya untuk memotret. Karena kesempatan belajar fotografi memang terbuka untuk siapa saja yang mau belajar, tidak terbatas pada perangkat yang digunakan. Yang penting kita mengenal dan menguasai alat foto yang kita pakai. Sekarang sudah banyak lho kamera smartphone dengan fitur canggih yang bisa menghasilkan foto secantik foto hasil jepretan kamera DSLR atau kamera mirrorless.

Oya di dalam kegiatan fotografi ini saya berkenalan dengan yang namanya properti foto. Properti foto adalah barang-barang penunjang yang diperlukan untuk mempercantik sebuah tampilan foto. Barang-barang tersebut biasanya berupa alas foto, tea set lucu, sendok, bunga kering dan masih banyak lagi.

Properti foto lucu dari @qiugallery

Contoh Properti Foto

Dan berikut ini adalah beberapa contoh properti foto yang bisa kita gunakan sebagai alat pendukung dalam kegiatan foto kita terutama kegiatan foto di dalam ruangan.

   1. Alas Foto

Khusus untuk kegiatan foto yang dilakukan di dalam ruangan, dibutuhkanlah alas foto sebagai alas yang akan kita gunakan untuk meletakkan barang-barang objek foto kita. Saat ini tersedia banyak sekali jenis alas foto yang bisa kita pilih sesuai selera dan kebutuhan Alas foto tersedia dalam berbagai macam bahan dan ukuran. Tuk alas foto sendiri biasanya berbahan dasar kertas (art paper), berbahan dasar kayu atau berbahan dasar styrofoam.

Aneka motif alas foto | foto : @mocca_treasure

   
        2. Peralatan Makan seperti sendok, garpu dan pisau

Peralatan makan seperti sendok, garpu dan pisau makan biasanya dibutuhkan untuk foto bertema makanan. Dan bentuk garpu atau sendok yang biasa saja dianggap kurang menarik. Maka hadirlah peralatan makan yang cantik dan menarik. Yang bisa digunakan sebagai properti foto. Contohnya seperti peralatan makan bernuansa emas yang bisa memberikan kesan mewah.

foto : @qiugallery

 3.  Cangkir Enamel

Selain sendok dan garpu, peralatan makan lainnya seperti piring, gelas atau cangkir juga bisa digunakan sebagai properti foto. Dan dari sekian banyak model cangkir, cangkir enamel merupakan salah satu properti foto yang bisa dipakai untuk menonjolkan nuansa vintage alias jadul. Dan kalo biasanya produk enamel hadir dengan warna hijau yang khas. Saat ini produk enamel juga hadir dengan pilihan warna yang lebih menarik.

Seperti contohnya cangkir enamel motif blirik yang satu ini. Warna-warni motif blirik pada cangkir bisa menjadi daya tarik khusus. Dan digunakan sebagai properti foto untuk tema makanan atau minuman (food photography).

Cangkir enamel motif blirik | foto : @multi.company


 4. Hiasan Daun Artificial

 Salah satu properti foto yang cukup diminati adalah hiasan daun artificial seperti berikut ini. Daun-daun hijau berbahan dasar plastik ini bisa digunakan sebagai properti foto yang bisa menambah cantik hasil foto kita. Sehingga objek foto kita bisa terlihat lebih segar.
    
Pilihan bentuk daun artificial |foto : @qiugallery
      
     3. Mini Note Book

Selain dedaunan, mini notebook (buku kecil berukuran 10,5 x 14,8 cm) juga bisa digunakan sebagai properti foto. Biasanya digunakan sebagai properti foto untuk angle flatlay (teknik fotografi dengan cara membidik beberapa objek, baik makanan, produk dan lainnya melalui jepretan kamera dari atas ke bawah lurus 90 derajat).

Aneka mini notebook | foto : @mocca_treasure


4. Hiasan Kunci Vintage

Printilan-printilan kecil yang unik dan menarik seperti hiasan kunci ini misalnya, bisa juga digunakan sebagai properti foto. Dan kita bisa memadukannya sesuai dengan kreativitas kita masing-masing.
Kunci vintage

Sebenarnya masih banyak benda-benda lain yang bisa digunakan sebagai properti foto. Dan saat ini banyak sekali online shop di instagram yang menjual berbagai macam properti foto.



Salam,

0 Comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .