Thursday, December 6, 2018

Bersyukurlah Setiap Hari



Bersyukurlah Setiap Hari - Ini adalah salah satu quotes favorite saya. Quotes yang selalu mengingatkan saya untuk selalu bersyukur setiap saat. Karena sebagai manusia terkadang kita suka lupa bersyukur. Kita cenderung mensyukuri sesuatu ketika kita merasakan sebuah kesenangan atau kebahagiaan saja.

Namun nyatanya, bersyukur itu bisa dilakukan setiap saat. Bersyukur ketika kita mendapatkan ujian dan bersyukur untuk hal-hal kecil yang sudah kita dapatkan. Seperti halnya nikmat sehat dan nikmat usia yang selama ini sering kita abaikan. Sering terlupakan. Dan hanya diingat ketika kita sedang sakit atau ketika sedang berulang tahun.

Ngomongin soal sehat banyak sekali resolusi yang ingin saya capai yang berkaitan dengan hidup sehat. Sehat secara fisik dan spiritual.

Selama ini masih banyak aktifitas yang berkaitan dengan hidup sehat yang belum rutin saya lakukan. Saya ingin sekali mulai melakukan 5 poin berikut, supaya tujuan hidup sehat yang saya inginkan bisa tercapai :

     1. Rajin Olahraga


Sebuah wacana yang selalu saya catat dan ingin saya lakukan tapi jarang dilakukan. Haha. Mulai deh mencari alasan. Yang pasti  melakukan kegiatan olahraga itu ga mesti yang mahal-mahal. Berbekal niat pengen sehat kita bisa berolahraga hanya dengan rutin berjalan kaki selama minimal 30 hari setiap hari. Kalo rajin olahraga badan memang terasa lebih segar, sistem pernafasan pun bisa menjadi lebih lancar. Sehingga badan terasa lebih fit dalam menjalankan semua aktifitas sehari-hari. Selain itu rajin olahraga juga terbukti bisa bikin awet muda lho. Siapa sih yang ga kepengen awet muda kayak hot mama Sofia Latjuba?

     2. Cerdas Memilih Makanan Yang Akan Disantap


Selain ingin mulai rajin olahraga, saya juga ingin mulai hidup sehat dengan cerdas memilih jenis makanan yang akan disantap. Jadi kalo selama ini saya makan makanan yang saya inginkan. Seiring bertambahnya usia saya ingin badan saya lebih sehat. Karena saya melihat salah satu sumber penyakit itu berasal dari makanan yang kita makan. Selama ini orang lebih banyak mengkonsumsi makanan olahan atau makanan siap saji yang mudah sekali kita temui di sekeliling kita.

Saya tertarik pada salah satu metode clean eating. Alias ‘makan bersih’ yang dapat diartikan sebagai hanya mengkonsumsi makanan yang berasal dari alam, seperti buah-buahan, sayuran segar dan umbi-umbian. Dan idealnya makanan tersebut diolah sendiri alias dimasak sendiri di rumah sehingga jauh lebih higienis dan aman karena kita tahu bahan-bahan apa saja yang digunakan.

     3. Rutin Shaum Senin Kamis


Berkaitan dengan asupan makanan. Shaum atau puasa adalah salah satu bentuk ‘detoks’ yang baik untuk dilakukan. Selain sebagai bagian dari ibadah (bagi umat muslim), dengan melakukan shaum (minimal seminggu dua kali) badan akan jauh lebih sehat karena organ pencernaan seperti usus dan lambung bisa istirahat sejenak. Dan dengan rutin melakukan shaum kita jadi lebih terlatih untuk mengelola dan mengendalikan emosi menjadi lebih tenang.

     4. Banyak Minum Air putih


Terlihat sepele namun banyak minum air putih adalah salah satu aktifitas yang masih sering saya abaikan. Entah karena kebiasaan atau malas, saya termasuk yang jarang minum air putih. Padahal minum air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Bisa membantu melembabkan kulit, melancarkan pencernaan dan masih banyak lagi. Dan sekarang saya mulai rajin minum air putih terutama minum air putih hangat.

     5. Banyak berdoa


Siapapun pasti setuju kalo sehat itu berlaku tidak hanya untuk fisik saja. Sehat fikiran juga sangat penting. Selain selalu berpikir positif, rajin beribadah dan banyak berdoa bisa memberikan sugesti positif yang baik untuk kesehatan spiritual kita.



#bloggerperempuan
#day12
#bpn30daychallenge2018

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.

Follow @sarrahgita On Instagram

© sarrah gita's blog. Made with love by The Dutch Lady Designs.