AADC (Ada Apa Dengan Cappadocia) ?

by - December 09, 2018


Kalo ditanya tentang sebutkan nama satu tempat yang menjadi impianmu saat ini. Dan saya pun akan menjawab Cappadocia ! Ya, Cappadocia adalah nama sebuah tempat wisata popular di Turki yang ingin sekali saya kunjungi. Cappadocia merupakan sebuah daerah bersejarah di Anatolia, Turki, yang berlokasi sekitar 1 jam dari kota Istanbul, ibukota Turki (apabila menggunakan pesawat) atau sekitar 12 jam apabila ditempuh menggunakan jalur darat (bis).

Kenapa Cappadocia ? Dan jawabannya adalah karena saya pengen banget naik balon udara sambil menikmati pemandangan landscape kota Turki yang indah.

Satu buah balon udara bisa ditumpangi oleh maksimal 20 orang dan bisa terbang dengan ketinggian 600 kaki. foto : IG @juntos_viajando

Beneran deh. Apalagi kalo liat postingan instagram mba Viktoriya Sener @tiebowtie tentang keindahan Cappadocia. Mupeng banget akutu. Saya pun tertarik dan mencari tahu lebih banyak informasi tentang tempat wisata Cappadocia ini.


Dan berikut ini beberapa fakta menarik  tentang Cappadocia yang baru saya ketahui :




      1.    Cappadocia merupakan sebuah tempat yang unik karena semua bangunannya (rumah, restoran, museum dan hotel) terletak di bawah bebatuan. Jadi semacam kota bawah tanah gitu. Hal tersebut terjadi karena sebuah proses alami berupa erosi bebatuan vulkanik. Dimana letusan gunung api purba menutupi wilayah tersebut dengan abu tebal, yang kemudian mengeras menjadi batuan lembut yang disebut Tuff. Setelah beberapa lama, angin dan air mengikis batuan Tuff ini dan mengubahnya menjadi pilar berbentuk jamur yang disebut fairy chimneys.

Foto : Ig @tiebowtie

      
      2.    Sifat batuan Tuff yang lembut, memungkinkan penduduknya untuk memahat gua dan menjadikannya sebagai tempat tinggal dan tempat persembunyian, baik di atas maupun di bawah tanah. Cappadocia pun terkenal sebagai kompleks pahatan batu terbesar di dunia.

ig : @goreme

       3. Cappadocia memiliki luas sekitar 5000 km persegi dan terbentang antara 3 provinsi di  Anatolia Tengah yaitu Keyseri, Nevsehir dan Nigde, tepat di jantung Negara Turki.

Foto : IG @tiebowtie

      3.    Pada jaman dulu, wilayah Cappadocia terkenal akan kudanya. Dan diyakini nama Cappadocia berasal dari kata Persian kuno ‘Katpatukya’ yang berarti wilayah dengan kuda yang indah.

Foto : IG @tiebowtie

      4.   Untuk bisa berwisata naik balon udara di Cappadocia, para pengunjung dikenakan biaya sekitar 120 euro per orang (sekitar Rp 2 juta). Tapi worthed banget soalnya balon udara tersebut akan terbang membawa para pengunjung menikmati indahnya pemandangan kota selama kurang lebih 1,5 jam. Wah seru ya.




      5.  Cappadocia adalah salah satu Unesco World Heritage Site (situs warisan dunia versi Unesco).
     
     6. Di Cappadocia terdapat bangunan bersejarah yaitu museum Goreme open air museum, yang di dalamnya terdapat 11 bangunan kuno berupa biara dan gereja yang menarik untuk dikunjungi.

So siapa yang tertarik juga pengen mengunjungi Cappadocia dan berwisata naik balon udara sambil menikmati keindahan landscape kota-kota di Turki yang terkenal akan keindahannya. Hayuuks !

#bpn30daychallenge2018
#Day13

Referensi : Tribunnews.com
                  Kumparan.com
                  Cheria-travel.com
                 



You May Also Like

0 comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.