AADC (Ada Apa Dengan Cappadocia) ?

Kalo ditanya tentang sebutkan nama satu tempat yang menjadi impianmu saat ini. Dan saya pun akan menjawab Cappadocia ! Ya, Cappadocia adalah nama sebuah tempat wisata popular di Turki yang ingin sekali saya kunjungi.  

Bukan karena terinspirasi oleh mimpi seorang Kinan, tokoh istri yang tersakiti di salah satu web series berjudul Layangan Putus yang lagi viral itu yak hehe.

Kenapa Cappadocia ? Dan jawabannya adalah karena saya pengen banget naik balon udara sambil menikmati pemandangan landscape kota Turki yang indah.

Cappadocia merupakan sebuah daerah bersejarah di Anatolia, Turki, yang berlokasi sekitar 1 jam dari kota Istanbul, ibukota Turki (apabila menggunakan pesawat) atau sekitar 12 jam apabila ditempuh menggunakan jalur darat (bis).



cappadocia balloon
Sebuah balon udara bisa ditumpangi oleh maksimal 20 orang dan bisa terbang dengan ketinggian 600 kaki. foto : IG @juntos_viajando

Beneran deh. Apalagi kalo liat postingan instagram Viktoriya Sener @tiebowtie tentang keindahan Cappadocia. Mupeng banget Akutuu. 

Saya pun tertarik dan mencari tahu lebih banyak informasi tentang tempat wisata Cappadocia ini.


Dan berikut ini beberapa fakta menarik  tentang Cappadocia yang baru saya ketahui :



      1.    Cappadocia merupakan sebuah tempat yang unik karena semua bangunannya (rumah, restoran, museum dan hotel) terletak di bawah bebatuan. Jadi semacam kota bawah tanah gitu. 
 
      Hal tersebut terjadi karena sebuah proses alami berupa erosi bebatuan vulkanik. Dimana letusan gunung api purba menutupi wilayah tersebut dengan abu tebal, yang kemudian mengeras menjadi batuan lembut yang disebut Tuff

      Setelah beberapa lama, angin dan air mengikis batuan Tuff ini dan mengubahnya menjadi pilar berbentuk jamur yang disebut fairy chimneys.

cappadocia winter
Foto : Ig @tiebowtie

      
2.    Sifat batuan Tuff yang lembut, memungkinkan penduduknya untuk memahat gua dan menjadikannya sebagai tempat tinggal dan tempat persembunyian, baik di atas maupun di bawah tanah. 
      
     Cappadocia pun terkenal sebagai kompleks pahatan batu terbesar di dunia

 
4.   3. Cappadocia memiliki luas sekitar 5000 km persegi dan terbentang antara 3 provinsi di  Anatolia Tengah yaitu Keyseri, Nevsehir dan Nigde, tepat di jantung Negara Turki.

cappadocia is my dream
Foto : IG @tiebowtie

      4.    Pada jaman dulu, wilayah Cappadocia terkenal akan kudanya. Dan diyakini nama Cappadocia berasal dari kata Persian kuno ‘Katpatukya’ yang berarti wilayah dengan kuda yang indah. 
     
      Pada masa itu kuda menjadi hadiah atau upeti untuk dipersembahkan kepada raja-raja Asyur dan Persia kuno.
P

cappadocia adalah
Foto : IG @tiebowtie

      5.   Untuk bisa berwisata naik balon udara di Cappadocia, para pengunjung dikenakan biaya sekitar 120 euro per orang (sekitar Rp 2 juta).  

      Tapi worthed banget soalnya balon udara tersebut akan terbang membawa para pengunjung menikmati indahnya pemandangan kota selama kurang lebih 1,5 jam. Wah seru yaa !


      6.  Cappadocia adalah salah satu Unesco World Heritage Site (situs warisan dunia versi Unesco). 
      
      Mengutip dari Wikipedia situs warisan dunia adalah suatu tempat budaya dan alam, serta benda yang berarti bagi umat manusia dan menjadi sebuah warisan bagi generasi berikutnya.
     
      Program ini bertujuan untuk mengkatalog, menamakan dan melestarikan tempat-tempat yang sangat penting agar menjadi warisan manusia dunia. 
     
      Tempat-tempat yang didaftarkan dapat memperoleh dana dari Dana Warisan Dunia dengan syarat-syarat tertentu. 
      
      Dan program ini diciptakan melalui pertemuan mengenai pemeliharaan warisan kebudayaan dan alamiah dunia yang diikuti oleh konferensi umum UNESCO pada 16 November 1972.

      
      7. Di Cappadocia terdapat bangunan bersejarah yaitu museum Goreme open air museum. 

      Goreme open air museum adalah museum di ruangan terbuka yang terdiri dari gua-gua dan merupakan museum terbuka terbesar di dunia. 

      Tempat ini merupakan kompleks biara dan gereja berupa bangunan kuno yang berasal dari abad 11 dan sangat menarik untuk dikunjungi.



wisata cappadocia
foto : cappadocia4u.com


      So siapa yang tertarik juga pengen mengunjungi Cappadocia dan berwisata naik balon udara sambil menikmati keindahan landscape kota-kota di Turki yang terkenal akan keindahannya. Hayuuks !



Referensi : Tribunnews.com
                  Kumparan.com
                  Cheria-travel.com
                 



14 Comments

  1. Ah jadi ikutan mupeng, ngebayangin serunya naik balon udara sama keluarga. Seru banget pastinya bisa menikmati keindahan view from the top ditemani sejuknya angin pegunungan. Semoga dimudahkan jalannya bisa sowan ke Cappadocia ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes bikin mupeng kan ya mas hehe. Anak-anak pasti happy banget. Aamiin

      Delete
  2. Impian terpendam aku!
    Saking inginnya, aku sampe menggambar aneka balon udara - padahal aku termasuk takut ketinggian juga- hanya saja lucu gitu kalau lukisannya ada balon udara.

    Cappadocia ini menarik ya, aku baru tahu ada tuff itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih mau dong digambarin balon udara sama mba Tanti. Buat dipajang sebagai afirmasi hehe.

      Delete
    2. Naaaah sini sini tak gambarin! Japri aku atau WA yaaa buat detailnya

      Delete
    3. Asiiik, siyap bosque..makasii :)

      Delete
  3. Hm, kapan aku bisa kesana ya. Sangat unik memang. Perpaduan antara sejarah yang kental dan banyak bangunan artistik yang membuat kerasan siapapun yang singgah kesana. Suasananya juga sangat welcome ya. Indah banget..

    ReplyDelete
  4. Kirain bener terinspirasi dari Kinan, tapi rupanya tulisan ini sudah terpublish jauh sebelum series itu viral. Dan bicara Cappadocia saya juga termasuk yang ingin menikmati wisata balon udara ini. Sempat nabung demi ikut tur ke Turki sekitar 12,5 jutaan tapi memang belum termasuk sewa balon ini yang harganya bisa mencapai 2 juta rupiah ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya, semenjak web series tersebut viral, ternyata banyak yang mampir ke tulisan ini, yaud skalian aku update aja deh. oya kabarnya kurs Lira Turki lagi turun ya, tiket dari Indo ke Turki start 9 jutaan, bahkan ada yg 7 juta juga

      Delete
  5. indah banget yaa tempatnya. Saya jadi pengen ke sana juga, membayangkan naik balon udara bersama orang tercinta rasanya pasti nyaman banget

    ReplyDelete
  6. Aku sesungguhnya baru tahu Cappadocia dari kisah yang viral itu, teh..
    Sebelumnya gak pernah kebayanga ada kota yang indah dan bisa dinikmati melalui balon udara. Gambarnya aja kaya lukisan yaa.. Cantik sekali.

    ReplyDelete
  7. Oh ini ya Cappadocia yang lagi viral itu
    Memang cantik ya tempatnya
    Naik balon udara pasti seru ya
    Melihat keindahan Cappadocia dari ketinggian
    It's my dream ya, hehe

    ReplyDelete
  8. Aku sempet nonton vlognya Yulia Balstchun yang jalan-jalan ke Turki dan Cappadocia ini. Jebul harga untuk menginap di sana dan naik balon udaranya itu mahal yaa. Makceleguk, hahaha.

    Tapi emang itu my dreams sih

    ReplyDelete
  9. Pinginnnnnn, mau nabung buat ke sini. Tapi tetap nggak bisa move on juga dari Bali. Kita lihatlah nanti, yang penting jauh2 koronce dulu. Kira-kira harganya bisa turun nggak ya kalau paket keluarga 5 orang (hahhahha berharap diskon).

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya :)
Untuk menghindari Spam yang masuk, komentarnya saya moderasi dulu ya. .