3 Pempek Enak di Bandung, Dijamin Bikin Kamu Ketagihan

3 Pempek Enak di Bandung, Dijamin Bikin Kamu Ketagihan - Kalo ditanya, sebutkan salah satu kota di Indonesia yang ingin kamu kunjungi. Kayaknya saya bakalan jawab : Palembang. Kenapa Palembang? Dan jawabannya adalah karena saya doyan Pempek. Haha. Cetek banget ya😂

Yap pempek adalah salah satu makanan favorit saya. Saya doyan banget pempek.

Saya masih ingat dulu ketika pertama kali mencicipi pempek, yaitu sewaktu saya masih SD. 

Saat itu saya berkunjung ke rumah seorang teman. Yang kebetulan teman saya tersebut berasal dari Palembang. Dan ibunya suka bikin pempek. Percaya atau tidak waktu itu saya makan pempek pake nasi haha. 

Dan rasanya nikmat banget, inget terus sampe sekarang. Mungkin itu awalnya kenapa saya suka banget sama pempek 😄

Tapi walaupun keinginan tuk bisa makan pempek di kota asalnya langsung belum kesampean. Saya tetap bisa menikmati pempek enak yang ada di kota Bandung. 

Pempek enak yang rasanya juara dan udah bikin saya ketagihan.

Ini dia pempek enak favorit saya di kota Bandung :


       1.      Pempek Rama 

Sesuai namanya pempek Rama berlokasi di jalan Rama no 28 (daerah jl Pajajaran, Bandung). Menempati halaman sebuah rumah yang sederhana namun nyaman dan bersih. Pempek Rama ini merupakan salah satu kedai pempek legendaris di kota Bandung. 

Sudah berdiri sejak tahun 1988 silam. Yang artinya sudah lebih dari 30 tahun ada di kota Bandung. Selain di jalan Rama, pempek Rama ini juga buka cabang di jalan Lengkong Besar no 93, sebelum Atmosphere Café (sejajaran).

Di pempek Rama, tersedia aneka hidangan pempek yang lengkap. Mulai dari pempek Kapal Selam, pempek Lenjer (yang bentuknya panjang), pempek Adaan (yang bentuknya bulat), pempek Kulit, pempek Keriting, pempek Panggang hingga Tekwan tersedia disana. 

 Baca Juga : Temukan Berbagai Macam Kuliner Khas Nusantara di Sego Nusantara

pempek panggang
Pempek panggang dengan wadah daun pisang siap dipanggang | foto : IG @pempekrama

Selain itu tersedia juga aneka minuman seperti es campur ala pempek Rama yang sayang banget kalo dilewatkan.

es kacang merah
Es campur ala pempek Rama terdiri dari kacang merah, cingcau dan peuyeum (tape) yang diberi es serut dan sirup. yummy.
| foto IG : @pempekrama

Harga pempek Rama bervariasi tergantung jenis dan ukuran. Mulai Rp 7000 (mini size) hingga Rp 40.000 (pempek Ebi).  Seporsi pempek Rama disajikan dengan tambahan topping bihun dan irisan mentimun. Wow mantap!

pempek enak di bandung
Pempek Kapal Selam besar dijual dengan harga Rp 20.000 | foto : IG @pempekrama


Oya kuah cuko di pempek Rama tersedia dalam dua pilihan, ada yang pedas dan tidak pedas. Konsumen bisa pilih sesuai selera. Karena ada lho kedai pempek yang kuah cuko-nya lumayan pedas hingga saya yang ga begitu doyan pedas jadi kepedasan. Ga kuat makannya. 

Baca juga : 3 Makanan Khas Aceh Yang Bikin Saya Ketagihan


       2.      Pempek Pak Raden

Selain di kota Bandung, pempek pak Raden juga punya cabang di kota lain seperti di Jakarta dan beberapa daerah di Sumatra. Tuk di kota Bandung sendiri saya paling sering pesan pempek ke cabang pempek pak Raden yang ada di Jalan.PH.H Mustopha (Cikutra). Karena letaknya cukup dekat dari rumah.

Cabang pempek pak Raden lainnya di Bandung ada di Antapani (jl.Kuningan), Sarijadi (jl.Lemah neundeut) dan kabarnya pempek pak Raden juga buka cabang di jl. Rama no 21 dekat pempek Rama.

Ngomongin soal pempek, setiap pesan pempek saya pasti memilih pempek jenis Kapal Selam besar. Jenis pempek yang di dalamnya terdapat isian telur. Ada juga sih jenis pempek lain yang juga ada telurnya yaitu pempek Lenggang. Tapi bedanya telurnya ada di luar dan di dadar. Selain pempek kapal selam, pempek keriting yang bentuknya mirip kerupuk Palembang itu juga jadi favorit saya. Menurut saya rasanya lebih gurih dan nikmat.

pempek enak di bandung
Foto : www.instagram.com/sarrahgita

Yang saya suka dari pempek pak Raden ini rasa pempeknya lembut dan gurih serta dibuat dari ikan tenggiri asli. Kuah cukonya pun disajikan dalam botol yang terpisah. Jadi kita bisa tuang cuko sesuai kebutuhan. Namun berbeda dengan pempek Rama, pempek pak Raden hanya diberi topping mentimun saja. Harga pempek kapal selam di pempek pak Raden yaitu Rp 17.000

      3.      Pempek Veny

Pempek Veny bisa dijumpai di foodcourt Mal paskal 23, Jalan Pasirkaliki, Bandung. Waktu itu saya ga sengaja mencicipi pempek Veny karena tertarik dengan varian pempek charcoal yang ditawarkan. Unik juga ya ada pempek berwarna hitam. Karena pada dasarnya saya senang mencicipi menu makanan baru. Saya pun langsung memesan satu porsi.  

pempek enak di bandung
Seporsi pempek Veny harganya sekitar Rp 25.000 | foto : IG @pempekveny edited by sarrahgita

Dan setelah mencobanya ternyata rasanya sama dengan pempek biasa hehe cuma bedanya warnanya aja yang hitam. Charcoal adalah karbon yang dihasilkan dari tempurung kelapa sawit tua, bambu atau serbuk kayu yang telah melalui proses khusus sehingga aman untuk dikonsumsi. 

Pempek Veny ini termasuk pempek yang berani berinovasi. Selain pempek charcoal pempek Veny juga membuat varian pempek isi keju. Pempek Veny adalah pempek homemade yang dapurnya ada  di daerah Kopo (Taman Holis, Bandung).

Oya tuk pempek Veny dan pempek Rama juga menerima pesanan dan bisa dikirim ke luar kota lho. Dan masih banyak aneka kuliner Bandung lainnya yang sangat menggoda dan sayang untuk dilwatkan begitu saja.



31 comments:

  1. No. 2 dulu sering makan waktu masih ada cabang nya di DU
    No 1 dan 3 malah belum padahal dekat, pingin ah

    ReplyDelete
  2. Mbaaaa kamu hrs ke Palembang deh, ga bakal mau pulang nyicipin aneka kuliner yaaaa hahahahah... Aku pun suka kebangetan Ama pempek. Makanya trakhir ke Palembang, 4 HR berasa ga cukup. Kulinernya ga ada yg ga enaaak :p. Aku puas makan pempek, burgo, laksan, celimpungan, model, tekwan, mi celor, pindang udang, martabak har, ga keitung :D. Dan yg bikin happy itu, muraaaah. Di sana yaaa msh ada pempek seharga 1000 per butir, dan rasanya ttp ikan, bukan kebanyakan tepung GT. Di JKT mana adaaa hahahaha. Udh dijamin tepung semua isinya kalopun ada.

    Aku ke Bandung bulan April ini. Pempek Rama kayaknya bakal aku coba. Kalo pak Raden di JKT ada soalnya, jd ga penasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. omaygat..itu banget yang dicari mbaa..kuliner enak dan murah. surga banget ituuh. duh mba fanny dirimu bikin aku tambah ngiler aja tuk segera jalan2 kulineran ke Palembang

      Delete
  3. bandung emang ga habis-habis ya kulinernya. bahkan ada rencana bareng suami mau short escape ke sana khusus untuk kulineran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemon mba mega..short escape ke Bandung buat kulineran bareng suami. dijamin bakalan sering short escape ke Bandung hehe

      Delete
  4. Empek - empek bareng nasi, Bunda juga sukaak . . . seurieus enaak Teteh !

    ReplyDelete
    Replies
    1. sumuhun bunda..raos geuning nyak. apalagi kalo pempeknya pempek original buatan orang Palembang. Maknyus !

      Delete
  5. Duuhh., malem2 baca artikel ini langsung auto laper pengen jajan pempek

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat aku pempek cocok dimakan kapan aja. pagi siang or malem hehe

      Delete
  6. Setuju sama Pempek Rama dan Pempek Pak Raden, Kalau Venny belum nyoba deh. Unik ya ada varian charcoalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes unik dan enak.. dan berhasil bikin saya tertarik buat nyicipin.

      Delete
  7. Pempek Panggangnya keliatan menarik buat dicoba kak. Es kacang merah itu selalu ya jadi temen makannya pempek. Seger banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya es kacang merah itu semacam pasangan sejati pempek ya

      Delete
  8. Aku tinggal di Bandung, kebetulan udah nyobain ke sana. Tetapi yang variasi barunya belum. Kayak pempek panggang dan charcoal itu, belum uy...
    Musti menyambangi lagi nih. Makasih reviewnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. masama mba hani..kulineran di Bandung emang ga cukup sekali hehe

      Delete
  9. Wah ada mpek-mpek Pak Raden tuh yang terkenal banget ehehe. Aku penyuka mpek-mpek nih kak dan juga Es Kacang Merah, duh tetiba laper yaah hahah

    ReplyDelete
  10. Wah..penasaran dengan Pempek Panggang dan Pempek Hitam nih aku.. Belum pernah nyobain keduanya sih..hehe..

    ReplyDelete
  11. Pempek Rama pernah dengar tapi belum cobain. Yang lain juga belum semuanya. Hehe ... Itu ada yang charcoal pempeknya, baru tahu malah saya. Jadi pengen cobain, nih.

    ReplyDelete
  12. Woh, makan pempek pake nasi, sungguh budaya Indonesia ya :D

    Pempek Rama memang sudah terkenal ya. Bahkan sebelum aku lahir dia udah ada dong. Yang Pempek Pak Raden baru tau dan ternyata ada di Jl. Lemahnendeut, deket dari kost. Pankapan aku cek ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha..makan makanan berat pake nasi itu emang cuma ada di Indonesia. and i love Indonesia. ACI : Aku Cinta Indonesia

      Delete
  13. kepincut sama pempek no1 deh kak. ngebayangin aroma pempek sama aroma daun pisangnya. pasti jadi lebih seger y

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku juga kepincut banget sama tampilan daun pisangnya. semacam back to nature gitu ya :)

      Delete
  14. Aku yang urang Bandung jangan2 belum nyobajn tempat kuliner yang mbak Gita sebutin nih hahaha 🤣🤣🤣 Emang enak mpek mpek aku bilangnya bukan pempek 😁 Kapal selam dan kulit aku doyan banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo urang BAndung memang nyebutnya mpek-mpek ya hihi. lidah sundanese.

      Delete
  15. Nah, kalau untuk pempek, saya wajib aja suami. Sebagai orang yang berdarah Sumatera Selatan, dia termasuk pemilih soal pempek. Buat kata saya enak, buat dia belum hehehe. Tapi, kami belum pernah cobain 3 pempek di artikel ini. Nanti coba ya kalau ke Bandung, saya ajak suami cobain ini

    ReplyDelete
  16. Mana pas saya lagi di Bandung pula, kudu disempetin nih ngincipin pempek charcoal-nya pempek Veny.

    ReplyDelete
  17. Aku juga suka pempek mbak. Tosss.
    Daftar pempek enak di bandung ini aku simpan ah. Aku suka penasaran nyobain aneka jenis pempek, termasuk pempek charchoal yg hitam itu. Varian pempek makin hari makin banyak.

    ReplyDelete
  18. Itu yang pempek Veny unik juga warna hitam. Bahan dasar nya apa ya ??
    Aku juga penyuka makanan asal Palembang ini, apalagi cuko nya kalau racikannya pas itu suka bikin nagih

    ReplyDelete
  19. Ini pempek rasa baru ya sepertinya. Itu pempek panggangnya tampak lezat.Pempek hitam kapal selamnya juga beda nih... Kapan-kapan ke bandung aku harus cobain nih. :)

    ReplyDelete
  20. Kaget kok ada kuah hitamnnya ternyata Charcoal ya, aku suka banget pempek sejak tinggal di Palembang, untung ada pempek enak di Ungaran jadi kalau kangen tinggal cuss, kangen ke Palembang lagi makan pempek kulit depan SMA ku dulu hihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.