Ency Koffee, Library Café Homey Dengan Sejuta Kenangan

Ency Koffee, Library Café Homey Dengan Sejuta Kenangan - Setiap orang pasti punya me time. Dan buat saya menikmati me time di library café adalah salah satu hal yang menyenangkan.

Ada beberapa library café di kota Bandung yang pernah saya kunjungi. Namun di awal februari lalu, saya menemukan sebuah library café yang sangat menarik. Karena library café ini memiliki latar belakang sejarah sebagai taman bacaan tertua di kota Bandung.

Adalah Encykoffee sebuah library café yang berlokasi di jalan Sabang (dekat jl Cihapit, Bandung) yang saya kunjungi pada hari Sabtu (01/02) lalu.

Jujur saya sendiri baru ngeh, kalo di jl.Sabang terdapat sebuah taman bacaan legendaris. Padahal saya terbilang cukup sering hilir mudik di sekitar area jalan Sabang. Karena di sekitar sana ada dokter gigi langganan keluarga dan gado-gado enak langganan saya.

Mungkin karena lokasi Encykoffee yang sedikit tak terlihat karena sekilas dari luar bentuknya mirip rumah tinggal biasa ditambah dengan ukuran plang tulisan yang tidak begitu besar.


 library cafe bandung

Selamat Datang Di Ency Koffee


Encykoffe berlokasi di jalan Sabang no 28, Bandung atau tepatnya berada persis di belakang toko kue Vitasari yang ada di jalan Cihapit.

Kesan pertama ketika memasuki Ency Koffee, suasananya sangat homy sekali. Menempati sebuah area di teras rumah. Dengan interior yang bernuansa klasik.

Di salah satu sudut terdapat sebuah kipas angin jadul dan sebuah meja kayu yang cukup menarik perhatian saya. Sudut yang cukup instagramable dan nyaman untuk dijadikan sebagai tempat duduk sambil baca buku dan ngemil makanan or minuman.



Di area dekat pintu pagar terdapat sebuah open bar yang dijadikan sebagai tempat untuk meracik makanan bagi para pengunjung yang datang ke Encykoffee. 

 

Sedangkan di area bagian dalam rumah terdapat sebuah ruangan yang berisi ribuan buku bacaan. Wahh. Saya merasa surprise sekali melihatnya.

Berdasarkan informasi total jumlah buku bacaan yang ada di taman bacaan tersebut mencapai lebih dari 7000 buku bacaan. Banyak banget yaa. Dan kesemuanya adalah buku-buku bacaan lawas yang kondisinya masih dalam keadaan utuh dan bagus.

 taman bacaan di bandung ency koffee

Sejenak ingatan saya pun melayang ke lebih dari dua puluh tahun yang lalu. Ke masa-masa dimana saya masih sekolah dasar. Duh nemu taman bacaan di Encykoffee ini serasa menemukan harta karun. Dan berhasil membuat saya sejenak terbang ke masa lalu.



Ke masa jaman kanak-kanak dulu ketika saya masih baca buku komik  favorit seperti Donal bebek, Petualangan Tintin, Komik Mari Chan dan masih banyak lagi. Oya salah satu novel hits di jaman 90an dulu seperti Lima Sekawan juga ada lhoo di sana. Omaygat.

 buku lima sekawan

 komik marichan

 lucky luke

Buku Bacaan dan Cemilan Enak di Ency Koffee


Buat saya membaca buku tanpa ditemani cemilan ibarat sayur tanpa garam. Halah. Dan saya senang karena EncyKoffee menyediakan beberapa menu makanan dan minuman yang bisa dinikmati sambil baca buku. Bahkan Encykoffee juga memutarkan musik slow yang mendayu-dayu menambah betah duduk berlama-lama disana.

Adalah Bitter ballen (salah satu cemilan asal negeri Belanda) dan milkshake strawberry (salah satu minuman favorit saya yang terbuat dari campuran susu yang dikocok). Yang saya cicipi di Encykoffee dan rasanya enak banget. berhasil bikin saya ketagihan.


roti bakar
Buku bacaan, roti bakar dan milkshake strawberry. Triple combo. Perfecto! 



bitterbalen enak
Bitterbalen nya juga juara banget. Bitterbalen ter-enak yang pernah saya cicipi


Hmm, 4 buah bola-bola bitterbalen ini rasanya ga cukup buat menemani me time saya membaca buku di Encykoffee.


strawberry milkshake

Rasa milkshake strawberynya pun menurut saya cukup istimewa karena teksturnya yang kental dengan tambahan saus strawberry gitu. Menambah cantik tampilan warnanya. Pinkish. My fav colour. 

Eits tapi jangan khawatir karena masih banyak menu lain yang tersedia di Encykoffee. Tersedia beberapa menu makanan berat seperti nasi bakar, rice bowl, indomie, roti bakar, kentang goreng sosis hingga minuman kekinian seperti es kopi susu pun tersedia disini.




Disajikan dengan nama menu yang cukup bikin penasaran dan membuat pengunjung ingin memesan. Terdiri dari 3 varian yaitu es kopi susu rumahan, es kopi susu butiran debu dan es kopi susu gundukan salju.

Es kopi susu rumahan dan Es Matcha



es kopi susu kekinian
Es kopi susu gundukan salju..ada topping es krim nya..yumm


Nah buat man-teman yang ingin berkunjung ke Encykoffee untuk baca buku atau untuk nongkrong bareng teman sambil ngopi. Ada penawaran menarik nih. yaitu gunakan kode promo GITAENCY supaya man-teman bisa mendapatkan promo buy 1 get 1. Yang berlaku untuk semua jenis minuman yang ada di Encykoffee.

Sayang lho kalo dilewatkan. Dan promo ini berlaku selama bulan Februari 2020 aja ya.

Sekilas Tentang Encykoffee


Encykoffee hadir sejak tahun 2017. Dan saya baru tau 3 tahun kemudian dong. Hehe.tapi gapapa, yang penting sekarang saya punya tempat nongkrong baru yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menikmati me time saya.  

Oya pemilik Encykoffe ini adalah seorang pria muda bernama Derian. Derian merupakan cucu dari pemilik taman bacaan legendaris TB.Hendra. 



TB.Hendra merupakan taman bacaan tertua di kota Bandung. Yang didirikan pada tahun 1969 silam. Wih, luar biasa ya.

Sebuah prestasi tersendiri, apabila sebuah usaha keluarga bisa bertahan selama lebih dari 50 tahun. Encykoffee adalah salah satu bentuk inovasi dan kolaborasi yang patut diacungi jempol.

Semoga Encykoffee bisa terus eksis, terus berkreasi dan terus berinovasi. Supaya jumlah pengunjung yang datang ke EncyKoffee bisa terus bertambah. Dan sekaligus bisa menumbuhkan minat baca para pengunjung milenial yang datang ke Encykoffee.

Encykoffee

Jl. Sabang no 28

IG : @encykoffee






























1 comment:

  1. nongkrong sambil baca-baca buku jaman SD dulu emang nostalgia banget, bisa lama-lama kalo disini

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.