3 Lokasi Menarik Di Yogyakarta Yang Ingin Saya Kunjungi Setelah Nonton Film AADC 2

3 Lokasi Menarik di Yogyakarta Yang Ingin Saya Kunjungi Setelah Nonton Film AADC 2 - Minggu sore di pertengahan bulan Februari. Kala itu cuaca Bandung sedang diguyur hujan. Lumayan dingin dan bikin mager. Saya pun memutuskan untuk leyeh-leyeh di rumah sambil nonton TV. Dan ada salah satu TV swasta yang sedang menayangkan sebuah film Indonesia yang sudah pernah saya tonton sebelumnya yaitu film AADC (Ada Apa Dengan Cinta) 2. 

Film AADC 2 adalah film lanjutan dari AADC yang pertama (rilis perdana di bioskop pada tahun 2002 silam). Dibintangi oleh Dian Sastro sebagai Cinta dan Nicholas Saputra sebagai Rangga. Film tersebut kemudian menjadi fenomenal dan hits pada jamannya. Jaman ketika saya masih kuliah. Dan saya masih ingat dulu saya nonton film tersebut rame-rame bareng temen kuliah. Sampe booking satu studio bioskop. It was so fun 😁. Sedangkan film AADC 2 tayang 14 tahun kemudian yaitu pada April 2016. Time flies soo fast.

Yang berbeda dari film sebelumnya, selain minus Alya yang dulu diperankan oleh Ladya Cheril, film AADC 2 mengambil lokasi syuting di kota Jogjakarta. Sebuah kota yang ingin bisa saya kunjungi lagi di tahun 2020 ini. Saya pun memutuskan untuk menonton film AADC 2 untuk kedua kalinya.

Dan saya baru ngeh kalo di film tersebut saya menemukan beberapa spot menarik di kota Jogjakarta yang sepertinya recommended untuk dikunjungi.

Terbukti ada 3 tempat di Jogjakarta yang kemudian banyak dikunjungi oleh wisatawan. Setelah tempat tersebut dipakai syuting film AADC 2. Seperti Sellie Coffee, Gereja Cakar Ayam dan Greenhost Hotel.

Namun ada 3 tempat lainnya yang menurut saya ga kalah menariknya. Saya pun jadi penasaran dan mencari tahu nama ketiga tempat tersebut. Supaya bisa saya jadikan referensi sebagai tempat yang akan saya kunjungi jikalau sewaktu-waktu saya akan berkunjung ke Jogjakarta.

3 Lokasi Menarik di Yogyakarta Yang Ingin Saya Kunjungi Setelah menonton Film AADC 2 :



        1. Villa Sunset Jogja

Seperti diceritakan di film AADC 2, Cinta (Dian Sastro) dan kawan-kawannya Carmen (Adinia Wirasti), Milly (Sissy Priscila), dan Maura (Titi Kamal) berangkat ke kota Jogjakarta untuk liburan. Selama di Jogjakarta mereka menginap di sebuah penginapan yang interior bangunannya terlihat klasik dan cukup menarik.  

Beberapa waktu terakhir ini saya memang tertarik pada segala sesuatu yang berhubungan dengan interior desain. Di penginapan tersebut saya memperhatikan ada salah satu bagian dinding ruang makan yang sangat eye catchy. Dinding ruang makan yang terbuat dari susunan batu alam dan berwarna putih.

Salah satu impian saya memiliki ruang makan dengan jendela besar menghadap taman | foto : IG @villasunsetjogja


Bentuk jendelanya unik banget | Foto : IG @villasunsetjogja


Ditambah dengan bentuk jendela yang unik yaitu berbentuk lingkaran. Kayak jendela di rumah-rumah jaman Belanda gitu. 

Setelah saya cari tahu, ternyata penginapan tersebut bernama Villa Sunset Jogja. 


Dari informasi yang saya baca, harga menginap per malam di Villa Sunset jogja, relatif tinggi, yaitu sekitar Rp 2 juta-an / malamnya. Tapi harga segitu tentunya sepadan dengan fasilitas yang diperoleh.

Selain bisa digunakan oleh seluruh anggota keluarga. Villa sunset jogja menyediakan beberapa fasilitas seperti  : tempat parkir yang luas, kolam renang outdoor, dapur yang bebas digunakan, menu sarapan, wifi gratis, fasilitas barbekyu, boleh bawa binatang peliharaan serta fasilitas tambahan (by request) berupa antar jemput dari bandara Adi sucipto, Jogjakarta. Wah lengkap ya.

Suasana serta pemandangannya juga indah banget ya😍. Bikin saya pengen buru-buru liburan.  




        2. Via via Restoran & Bakery

Jalan-jalan di Jogjakarta tentu kurang lengkap kalo ga sambil kulineran. Di film AADC 2 ada salah satu adegan ketika Carmen dan Milly datang ke sebuah toko untuk membeli roti. Di adegan tersebut terlihat deretan keranjang berbentuk kotak yang terbuat dari anyaman rotan yang berisikan aneka roti. Saya pun langsung tergiur melihatnya. 

Foto : IG @viaviajogja

Toko roti yang menjual roti-roti tersebut bernama Via-via resto & bakery. Antara restoran dan toko roti (bakery) tempatnya saling bersebelahan.

Foto : IG @viaviajogja

Via via restoran menyajikan aneka menu western sedangkan Via via bakery menjual aneka roti, kue dan pastry. Oya Via via bakery ini adalah sebuah Artisan bakery.

Artisan bakery adalah sebuah konsep pembuatan roti dimana roti yang dibuat harus dalam keadaan segar (fresh). Roti Artisan biasanya diproduksi langsung di toko dan langsung dijual disana. Makan makanan yang dibuat langsung dan disantap ketika masih fresh memang terasa lebih nikmat.

Di Bandung juga ada salah satu toko roti favorit saya yang merupakan artisan bakery. Namanya Mom’s Bakery. Lokasinya ada di jalan Progo No 18, sekitar 100m dari studio foto hits di kota Bandung yaitu Jonas Banda.


Oya selain sebagai restoran dan artisan bakery, Via via Jogja ini juga menyediakan jasa tour & travel, guest house dan fair trade shop (toko souvenir). Barang-barang yang dijual di Via via Jogja sebagian besar merupakan produk lokal seperti batik, dompet etnik, mainan anak-anak yang populer di Indonesia dan benda-benda lainnya yang menonjolkan ciri khas daerah Jogja bahkan rempah-rempah juga ada seperti teh, kopi dan lain sebagainya.

        3. Klinik Kopi

Selain makanan, tempat ngopi menjadi pilihan yang tepat buat nongkrong bareng teman. Sambil ngobrol dan mengenang masa lalu. *eh

Seperti halnya ketika Cinta mengajak Rangga untuk datang ke sebuah warung kopi di salah satu sudut kota Jogja. Warung kopi tersebut bernama Klinik Kopi.

Ternyata Klinik Kopi ini bukan sembarang warung kopi. Klinik kopi memiliki keunikan tersendiri. Yang membuatnya sedikit berbeda dengan warung kopi lainnya.

Konsep warung kopi dengan tanaman di dalamnya. I love it 😍 | foto : IG @ klinikkopi

Jadi menurut informasi yang saya baca, di Klinik Kopi setiap pengunjung yang datang harus mengambil nomor antrian terlebih dahulu. Dan kemudian dipanggil ke dalam satu persatu. Beneran mirip klinik kayak mau periksa kesehatan ya. Hehe.

Nah di dalam ruangan, setiap pengunjung akan berkenalan dengan kopi. Mulai dari memilih jenis kopi yang ingin diminum, mencium aroma kopi dan juga mengetahui sejarah tentang kopi. Dan yang menjadi ciri khas sekaligus pembeda dari warung kopi lainnya. Klinik kopi ini berlokasi di dalam sebuah gang. Menarik ya. Jadi berkunjung ke klinik kopi bukan hanya sekedar tuk menikmati kopi tapi juga sekaligus ‘berpetualang’.

Semoga wishlist saya tuk bisa berkunjung lagi ke Yogyakarta bisa segera terwujud di tahun 2020 ini. Secara saya terakhir kali berkunjung ke Jogja lebih dari sepuluh tahun yang lalu. Jogja, wait for mee !

Referensi :  tribunnews.com
                   arifsetiawan.com
                   tesyablog.com

7 Comments

  1. ketika suatu film mengena dihati biasanya yg bikin penasaran adalah lokasi syutingnya, dan akujuga penasaran sama lokasi syuting film aadc ini. cuman blm ada kesempatan untuk ke jogya lagi

    ReplyDelete
  2. Aku aja yang orang Jogja belum pernah ke villa itu, ehe ehe
    Kalau ke klinik kopi, bisa sih, ketemu kang Pepeng juga pernah. Biasanya tiap ada acara kopi kopi gitu beliau hadir

    ReplyDelete
  3. aku stay di Jogja, yang belum pernah kayaknua di gereja Ayam ya. Kalau via-via sih lumayan sering walau pesan kopi doang, haha

    ReplyDelete
  4. Aku belum nonton AADC2 tapi jelas pengin banget berkunjung ke tiga tempat ini, Mbak. Bakery mah kesukaan kami sekeluarga hehe, lanjut makan bakpia haha. Apalagi klinik kopi, bakal jadi pembelajaran buat anak-anak juga sebab bisa mengenal jenis kopi dan cara milihnya. Mupeng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mas tonton film AADC2..mumpung #DiRumahAja hehe. Film hasil karya Miles production (mba Mira Lesmana dan sutradara Riri Riza emang keren2).

      Delete
  5. Mupeng nongkrong di klinik kopi dong huhuhu

    ReplyDelete
  6. Setting AADC 2 memang asyik dan seru, bikin penonton penasaran dan pengin mengunjungi lokasi yang dipakai. Kalau ke Jogja nongkrong di sana ah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.