Cari Penginapan Murah Dieng Untuk Liburan Akhir Tahun


Cari Penginapan Murah Dieng Untuk Liburan Akhir Tahun – Ga berasa akhir tahun tinggal dua bulan aja lagi nih. Mulai deh sibuk cari tempat tujuan wisata buat menghabiskan liburan akhir tahun.
 
Jujur udah lama banget kepikiran pengen jalan-jalan ke Dieng bareng keluarga. Dieng adalah sebuah kawasan dataran tinggi vulkanik aktif di Jawa Tengah, yang masuk ke wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Dieng memiliki ketinggian rata-rata sekitar 2.000 m di atas permukaan laut. 

Hampir mirip-mirip Bromo gitu kali ya? Pengalaman yang tak terlupakan naik ke puncak gunung dan kemudian menikmati indahnya pemandangan sunrise di pagi hari. Wow. I love it.


Tempat Wisata Yang Recommended Di Dieng


Seperti biasa, sebelum mengunjungi sebuah tempat, saya pasti cari info dulu di internet, kira-kira tempat wisata apa yang recommended untuk dikunjungi selama di Dieng nanti.
Eh tapi saya baru inget, sekitar Juli 2018 lalu, seorang teman saya baru saja berkunjung ke Dieng bareng suaminya. Kenapa ga nanya langsung sama dia aja ya. 

Dari hasil tanya-tanya sama teman akhirnya dapetlah beberapa tempat yang recommended buat dikunjungi selama di Dieng. Diantaranya yaitu : Bukit Sikunir, Kawah Sikidang, Candi Arjuna, Telaga Warna, serta Batu Ratapan Angin. Yang terakhir ini kabarnya tempat wisata baru gitu di Dieng. 

Oya, tak hanya menyimpan objek pemandangan alam yang indah, di Dieng juga terdapat fakta-fakta menarik seperti berikut ini : 

     1. Desa tertinggi di pulau Jawa berada tak jauh dari Telaga Cebong dan Bukit Sikunir. Desa tersebut  berada di ketinggian 2300 m diatas permukaan laut dan bernama Desa Sembungan.

     2. Pada bulan-bulan tertentu kita bisa menemui buih-buih es di dataran tinggi Dieng. Dataran tinggi Dieng dikelilingi oleh bukit dan gunung. Yang membuat lembah Dieng yang sudah berada di dataran tinggi tersebut masih lebih rendah dibandingkan dengan bukit dan gunung di sekelilingnya.

Karena pengaruh angin malam yang mengarah ke bawah. Kontur yang berbentuk cekungan tersebut membuat suhu udara Dieng saat malam hari justru lebih rendah dibanding puncak di sekelilingnya. Dan saat musim kemarau suhu Dieng bisa mencapai minus 0 derajat celcius lho. 

Saat puncak musim kemarau tiba, kita bisa menemukan kristal es yang menempel di rumput dan pepohonan. Menarik nih. Ga sabar deh pengen segera berkunjung kesana.

 
     3. Di Dieng terdapat tanaman unik yang bernama Carica. Carica ini adalah nama sejenis buah yang oleh masyarakat setempat biasanya diolah menjadi minuman atau manisan. Tekstur dan rasanya sekilas mirip buah pepaya. Warna dan bentuknya pun hampir mirip, namun berukuran lebih kecil. Carica ini cocok banget buat dijadiin sebagai oleh-oleh.

     4. Setiap tahunnya di bulan Agustus, terdapat acara festival budaya berjudul ‘Dieng Culture Festival’ , diisi oleh berbagai acara seperti pertunjukan musik Jazz, kesenian, pesta lampion, pagelaran wayang kulit, kirab budaya, dan rangkaian ritual cukur anak berambut gimbal (yang hanya ada di wilayang Dieng). 
     
     Acara Dieng Culture Festival ini sudah diadakan selama sembilan kali (sejak 1999) dan berhasil menarik perhatian banyak wisatawan termasuk diantaranya wisatawan mancanegara.

Berarti saya tinggal cari info tentang penginapan murah di Dieng. Mudah-mudahan bisa dapet yang sesuai budget ya hehe. Setelah browsing and bandingin satu sama lain, akhirnya saya nemu penginapan wisata Dieng murah disini

Bisa pilih penginapan yang family friendly


Pesen via aplikasi diskonnya bisa dapet lebih banyak lho..aseek

Cobain deh n buktiin sendiri kalo pesen tiket di Traveloka emang praktis banget, sama sekali ga ribet, selain pilihan hotelnya lengkap di seluruh Indonesia bahkan dunia, pembayarannya pun mudah dan cepat. Noted!

So, kemana jadwal liburan akhir tahunmu?










Comments

  1. Aplikasi yang wajib dipunya nih traveloka, paling murah juga hehe

    ReplyDelete
  2. Pengen banget liburan ke Dieng bersama keluarga, pasti asyik banget, tfs tehh

    ReplyDelete
  3. Travleoka menu paket kumplit buat liburan ya teh dari booking tike pesawat sampe hotel sudah oke banget

    ReplyDelete
  4. Aku mau mudik doooong teh, hehe.

    ReplyDelete
  5. Wah Dieng. Salah satu destinasi impian nih. Noted deh penginapannya. Siapa tahu bisa ke Dieng segera :D

    ReplyDelete
  6. Akhir tahun bakalan stay aja nih di Bandung rencana mau lahiran soalnya

    ReplyDelete
  7. Noted pisan teh, pengen camping ke gn.prau belum kesampaian huhu, semoga nanti ada kesempatan ke Dieng.

    ReplyDelete
  8. tak kusangka cari penginapan di dieng udah ada di traveloka

    ReplyDelete
  9. Wah, pengen pisan liburan ke Dieng sama keluarga nih Teh, mudah-mudahan bisa kesampaian :))

    ReplyDelete
  10. Ini persis kalau diajak ngomong trus kaget, ngomongnya "Dieeeng".
    Hhahah **kriikriik

    Aku uda lama banget ga ke Dieng.
    Kira-kira, sekarang sudah berubah kaya apa yaa...?

    Ayooo...liburraaan.
    Bareng Traveloka.

    ReplyDelete
  11. Pengen banget bisa maen ke Dieng. Soalnya tempatnya tuh bagus banget. Suamiku pernah foto disana.
    Aku juga suka pakai traveloka utk pesan penginapan krn lbh mudah 😊

    ReplyDelete
  12. Aku penasaran pengen ngunjungi Dieng juga. *be right back ngumpulin tabungan yang banyak lagi*

    ReplyDelete
  13. Duuh jadi pengen ke Dieng, pas kemarin ke SItubondo, nggak sempat mampir ke sana, pemandangannya indah, ya

    ReplyDelete
  14. wah.. jadi keingetan kalau Bromo masih jadi wishlist yang belum kesampean.
    padahal saya udah naik gunung Semeru tapi tetep aja belum jodoh sama Bromo yang berdekatan =))

    ReplyDelete
  15. Huaaaa... sama, Teh. Pengin banget ke Dieng. Tapi belum kesampean. Hiks.

    ReplyDelete
  16. Udah dimasukin list ke Dieng. Ternyata ada penginapan yang harganya terjangkau ya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. :)
Maaf, karena semakin banyak SPAM, saya moderasi dulu komentarnya. Insya Allah, saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.

Recent Posts